10 Tips Marketing Bisnis Paling Jitu di Tahun Ini, Apa Saja?

tips marketing bisnis

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa tips marketing yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, menghasilkan penjualan, dan mendorong pertumbuhan.

Jika Anda ingin memulai bisnis, Anda tentu tahu betapa pentingnya menarik pelanggan baru. Tanpa pelanggan baru, bisnis Anda tidak akan berkembang. Dan salah satu cara tercepat untuk memperluas basis pelanggan Anda adalah dengan memanfaatkan kekuatan marketing.

Tetapi pemasaran bisnis bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja dalam semalam. Strategi yang sukses membutuhkan banyak perencanaan, penelitian, dan upaya dengan didukung informasi yang tepat.

Untuk membantu Anda memulai rencana pemasaran bisnis kecil Anda, Kledo telah menyusun 10 tips marketing untuk memasarkan bisnis Anda.

10 Tips Marketing Bisnis yang Telah Teruji

tips marketing bisnis

Pemasaran adalah salah satu aspek bisnis yang sangat dinamis karena bisa berubah begitu cepat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut adalah 10 tips marketing untuk mengoptimalkan strategi pemasaran bisnis Anda.

1. Ketahui cara menargetkan audiens Anda

Saat Anda memulai memasarkan bisnis, penting untuk menargetkan audiens yang tepat. Dengan mengembangkan strategi yang berfokus pada pelanggan ideal Anda, Anda akan dapat menjangkau lebih banyak orang yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Jadi bagaimana Anda melakukan ini? Berikut adalah beberapa tips untuk menargetkan audiens Anda secara efektif:

  • Ketahui target pasar Anda
  • Tentukan niche Anda
  • Teliti pesaing Anda
  • Buat persona pembeli
  • Gunakan data demografi
  • Segmentasikan audiens Anda
  • Sesuaikan pesan Anda
  • Jangan lupa pemasaran offline

Baca juga: Mau Pelanggan Melakukan Repeat Order? Lakukan Strategi Ini

2. Meningkatkan kesadaran merek

Meningkatkan kesadaran merek adalah salah satu langkah paling penting dalam membangun bisnis yang sukses. Anda dapat melakukan ini dengan membuat strategi media sosial yang efektif dan menjadikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran di industri Anda.

Memiliki merek yang kuat juga dapat menarik bagi pelanggan potensial. Pelanggan lebih cenderung membeli dari merek yang mereka percayai, jadi mengembangkan reputasi yang kuat sangat penting untuk membangun bisnis Anda.

Layanan pelanggan adalah aspek penting lainnya dalam membangun merek yang hebat. Anda perlu memberi pelanggan pengalaman pelanggan terbaik untuk memenangkan mereka.

Ini bisa dilakukan dengan memberika feedback yang cepat di media sosial, menjawab pertanyaan dan pertanyaan dengan cepat melalui dukungan email, atau bahkan memberikan dukungan melalui telepon untuk pelanggan yang menginginkannya.

Baca juga: Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian Lengkap dan Cara Mengukurnya

3. Pemasaran email

Email adalah cara yang bagus untuk memasarkan bisnis yang cepat, mudah, dan murah.

Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk memamerkan produk dan layanan Anda dan membawa orang kembali ke situs web Anda. Pemasaran email juga memungkinkan Anda menargetkan kelompok pelanggan tertentu berdasarkan data analitik Anda, yang dapat membantu meningkatkan ROI bisnis.

Selain itu, pemasaran email adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan membuat mereka tetap terlibat dengan merek Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan pemasaran email sebagai bagian dari strategi bisnis kecil Anda:

  1. Gunakan buletin untuk membangun hubungan dengan pelanggan.
  2. Kirim kupon dan diskon menggunakan pemasaran email.
  3. Gunakan pemasaran email untuk mempromosikan acara khusus.
  4. Buat orang merasa menjadi bagian dari merek Anda dengan mengirimkan konten eksklusif kepada mereka.
  5. Tawarkan promo gratis atau diskon dengan imbalan alamat email.
  6. Selalu follow up pembeli.

Apa pun yang terjadi, pastikan upaya pemasaran email Anda selaras dengan tujuan bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki cara untuk mengukur seberapa efektif kampanye Anda, maka tidak ada gunanya mengirimkan email.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing? Ini Penjelasan dan Tips Sukses Menggunakannya

4. Iklankan bisnis secara online

Ketika mengiklankan bisnis Anda, ada beberapa strategi berbeda yang dapat Anda gunakan. Namun, tidak semua strategi ini akan efektif untuk bisnis Anda. Untuk menemukan strategi pemasaran terbaik untuk bisnis, Anda perlu melakukan riset dan mencoba beberapa taktik berbeda.

Salah satu taktik pemasaran online yang paling populer adalah iklan media sosial. Ini melibatkan penggunaan platform seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn untuk mempromosikan bisnis Anda.

Anda dapat membuat iklan yang menargetkan demografi tertentu, atau Anda dapat memposting tentang bisnis Anda di halaman media sosial Anda.

Strategi pemasaran online populer lainnya adalah search engine optimation (SEO). SEO akan mengoptimalan situs web Anda sehingga muncul lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

Ada banyak teknik SEO berbeda yang dapat Anda gunakan dan penting untuk memilih yang tepat untuk bisnis Anda.

Jika Anda memiliki anggaran terbatas, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan alat pemasaran online seperti Google AdWords atau Iklan Facebook. Alat ini memungkinkan Anda untuk menargetkan pemirsa tertentu dengan iklan Anda, yang dapat membantu Anda menghemat uang untuk biaya iklan.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Penjualan Berbasis Online yang Wajib Dicoba

5. Bekerja sama dengan influencer

Dalam hal memasarkan bisnis, Anda tidak boleh mengabaikan kekuatan influencer. Influencer adalah individu dengan pengikut online besar yang dapat mempengaruhi pendapat pengikut mereka.

Dengan kata lain, jika influencer mempromosikan produk atau layanan Anda, pengikut mereka cenderung tertarik dengan merek Anda.

Ada beberapa cara untuk bekerja dengan influencer untuk membangun kesadaran bisnis. Salah satu pilihan adalah dengan menghubungi mereka secara langsung dan meminta mereka untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Pilihan lainnya adalah bermitra dengan agensi pemasaran influencer yang dapat menghubungkan Anda dengan influencer yang cocok dengan merek Anda.

Baca juga: Tips Memilih Influencer Untuk Pemasaran yang Berhasil

6. Kolaborasi dengan bisnis lokal

Salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis adalah terhubung dengan bisnis lokal. Saat Anda bermitra dengan bisnis lain di wilayah Anda, Anda dapat berbagi sumber daya dan saling mempromosikan kepada pelanggan Anda. Anda juga dapat berkolaborasi dalam inisiatif dan acara pemasaran.

Untuk terhubung dengan bisnis lokal, mulailah dengan berjejaring dengan pemilik bisnis lain di komunitas Anda. Hadiri acara bisnis dan bergabunglah dengan forum dan grup online yang berfokus pada kolaborasi bisnis lokal. Anda juga dapat menjangkau bisnis lokal secara langsung dan menawarkan untuk berkolaborasi.

Baca juga: Kolaborasi Bisnis: Pengertian dan 10 Tips Melakukannya, Mudah!

7. Menawarkan insentif dan diskon

tips marketing
Group of diverse people having a business meeting

Tips marketing ini bisa dalam bentuk potongan harga asli atau menawarkan gratis produk tertentu. Anda juga dapat menawarkan program loyalitas, yang memberikan penghargaan kepada pelanggan untuk perlindungan yang berkelanjutan.

Apa pun insentif atau diskon yang Anda pilih untuk ditawarkan, pastikan itu adalah sesuatu yang menurut pelanggan Anda berharga.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Pelanggan yang Kecewa?

8. Pemasaran konten

Pemasaran konten tidak harus mahal atau memakan waktu. Anda dapat menulis artikel untuk situs web atau blog Anda, membuat video dan membagikannya di media sosial, atau mengambil foto produk Anda yang dapat Anda posting di Instagram atau Pinterest.

Semakin banyak konten yang Anda buat, semakin besar peluang Anda untuk menarik pelanggan baru melalui mesin pencari seperti Google dan Bing.

Sebagai bagian dari kampanye pemasaran masuk yang baik, Anda harus fokus pada pembuatan konten berkualitas tinggi yang relevan dengan audiens Anda. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun kepercayaan dengan calon pelanggan dan menjadikan diri Anda ahli dalam industri Anda.

Baca juga: Gimmick Marketing: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

9. Pemasaran video

Pemasaran video dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari video penjelasan sederhana yang menjelaskan apa yang dilakukan perusahaan Anda hingga produksi besar-besaran dengan aktor dan efek khusus.

Video tersebut tergantung pada berapa banyak yang ingin Anda belanjakan dan dari mana Anda berharap mendapatkan lalu lintas.

Saat Anda membuat video untuk bisnis Anda, video tersebut harus berkualitas tinggi sehingga terlihat profesional dan menarik pemirsa. Anda juga harus memiliki nada yang konsisten di setiap video sehingga pemirsa tahu apa yang diharapkan dari setiap video.

Anda dapat mengunggah video di berbagai platform media sosial, termasuk Facebook, Instagram, atau YouTube, sehingga memudahkan orang di seluruh dunia untuk melihatnya.

Beberapa praktik terbaik untuk pemasaran video yang harus Anda ikuti meliputi:

  • Buat skrip untuk video Anda dan pastikan itu singkat, menarik, dan to the point.
  • Pertahankan pesam yang konsisten di setiap video sehingga pemirsa tahu apa yang diharapkan dari setiap video.
  • Jangan menjejalkan terlalu banyak informasi ke dalam satu video karena akan sulit diikuti oleh pemirsa.
  • Pastikan setiap video memiliki call to action sehingga pemirsa tahu apa yang Anda ingin mereka lakukan setelah menontonnya.

Pemasaran video adalah cara yang efektif untuk menjangkau audiens yang besar dan membangun merek Anda. Ini juga merupakan bagian penting dari setiap strategi pemasaran digital, terutama jika Anda ingin menjangkau orang-orang yang tinggal di luar wilayah Anda.

Selama Anda mengikuti praktik terbaik untuk pemasaran video, akan mudah untuk membuat video yang disukai orang.

Baca juga: Pentingnya Video Marketing, Jenis, Contoh, dan Panduan Lengkapnya

10. Desain situs web

Desain situs web penting karena menentukan bagaimana bisnis Anda direpresentasikan secara online. Situs web Anda harus mudah dinavigasi dan informasi di dalamnya harus mudah ditemukan.

Anda juga harus memastikan bahwa situs Anda mobile friendly sehingga orang dapat melihatnya di ponsel atau tablet tanpa harus memperbesar atau menggulir.

Anda dapat meningkatkan situs web Anda dengan memastikan semua tautan berfungsi dan menambahkan konten seperti posting blog dan video. Anda juga harus menambahkan formulir kontak sehingga orang dapat menghubungi Anda jika mereka menginginkan informasi lebih lanjut tentang layanan atau produk Anda.

Anda juga perlu memasukkan SEO ke situs web Anda sehingga website muncul pada bagian teratas di hasil mesin pencari. Anda dapat melakukan ini dengan memasukkan kata kunci dalam konten Anda dan menggunakannya dalam judul posting blog Anda.

Akan sangat membantu untuk menambahkan tautan media sosial ke situs Anda sehingga orang yang menyukai apa yang mereka lihat dapat membagikannya dengan teman dan pengikut mereka secara online.

Situs web yang kuat sangat penting untuk bisnis apa pun, tetapi sangat penting bagi penjual layanan dan produk. Bahkan jika Anda tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan di situs web Anda, ada banyak cara untuk memastikannya terlihat profesional dan menarik.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

Pelacakan pengunjung situs web

Menggunakan alat analitik seperti Google Analytics dapat membantu Anda memahami siapa yang mengunjungi situs Anda dan apa yang ingin mereka lihat. Ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang dapat Anda tingkatkan, seperti membuat situs Anda lebih mobile friendly atau meningkatkan kualitas konten Anda.

Anda juga dapat memasukkan pelacakan ke dalam kampanye iklan Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan Google Ads atau Google Adwords untuk mempromosikan situs web Anda, Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk melacak berapa banyak orang yang mengklik iklan Anda.

Hal tersebut dapat membantu Anda menentukan apakah kampanye berhasil dan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan di Website dengan Teknik SEO Ini, Wajib Coba!

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Itulah 10 tips marketing yang telah digunakan banyak perusahaan besar dan terbukti mampu meningkatkan penjualan dan profitabilitas bisnis. Anda bisa memilih salah satu atau menggabungkan beberapa tips marketing di atas yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan perusahaan Anda.

Dalam menjalankan bisnis, Anda juga perlu mengelola keuangan dan gunakan software akuntansi online Kledo yang memudahkan proses pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang dibekali dengan berbagai fitur mulai dari akuntansi, aplikasi invoice, pajak, hingga manajamen aset dan multi gudang yang mudah digunakan.

Mulai dari 139 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Anda juga bisa menvoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × one =