Ingin Menjadi Star Seller Shopee? Yuk Coba Cara Mudah Ini!

start seller shopee

Shopee kini menjadi marketplace yang menjadi tempat bertemunya penjual dengan pembeli secara online. Shopee dipilih karena memiliki berbagi fitur yang sangat memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi jual beli. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah fitur gratis ongkir.

Sebelumnya Kledo pernah membahas tentang cara daftar gratis ongkir Shopee. Selain gratis ongkir Shopee, ada fitur lainnya yang tidak kalah menarik dari fitur gratis ongkir yaitu fitur Star Seller. Star Seller merupakan fitur bagi penjual di Shopee yang ditentukan dengan syarat-syarat tertentu.

Apa saja syarat-syaratnya? Lalu bagaimana caranya agar bisa menjadi Star Seller ini? Kawan Kledo pasti sudah penasaran dengan fitur ini, yuk langsung baca artikel ini hingga selesai.

Star Seller Shopee

star seller

Star Seller merupakan apresiasi yang diberikan Shopee kepada penjual yang aktif dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik. Bagi penjual, status Star Seller akan membuat lapak atau toko di Shopee menjadi lebih mentereng karena status yang lebih tinggi. Dengan begitu penjualan di Shopee akan semakin meningkat karena dengan adanya status Star Seller ini pembeli akan lebih percaya dengan toko tersebut. Dengan semua jaminan itu, siapa sih penjual di Shopee yang tidak ingin mendapatkan Star Seller ini?

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

cara star seller

Setelah mengetahui apa itu Star Seller Shopee, pasti Kawan Kledo penasaran apa saja keuntungan yang didapatkan dengan menjadi Star Seller di Shopee, bukan? Nah, agar Kawan Kledo semakin tergiur dengan fitru Star Seller ini, berikut keuntungan yang didapatkan dengan menjadi Star Seller Shopee:

1. Meningkatkan Kredibilitas Toko di Shopee

Keuntungan pertama yang didapatkan dengan menjadi Star Seller di Shopee adalah Kawan Kledo atau penjual dapat meningkatkan kredibilitas yang baik di Shopee. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan status Star Seller Kawan Kledo atau penjual harus lolos uji kualifikasi pelayanan pelanggan yang ditentukan oleh Shopee.

2. Dapat Meningkatkan Penjualan

Selain mendapatkan kredibilitas yang baik, dengan status Star Seller Kawan Kledo juga bisa meningkatkan penjualan di Shopee. Hal ini karena pembeli percaya dengan produk yang dijual di toko Kawan Kledo dan penilaian-penilaian yang baik di Shopee juga dapat memengaruhi pembeli lainnya untuk membeli di toko Kawan Kledo.

Baca juga: Cara Daftar Gratis Ongkir di Shopee Paling Mudah dan Cepat

3. Banyak Konsumen yang Melihat Produk

Keuntungan lainnya yang didapatkan dengan menjadi Star Seller di Shopee adalah produk Kawan Kledo akan dipajang di halaman depan sehingga banyak yang melihat produk Kawan Kledo tersebut. Dengan begitu Kawan Kledo dapat meningkatkan omzet penjualan.

4. Dapat Menjadi Toko Favorit

Keuntungan selanjutnya yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan menjadi Star Seller di Shopee adalah toko Kawan Kledo dapat menjadi toko favorit di Shopee. Siapa sih yang tidak suka belanja di toko yang memiliki banyak stok barang, respon chat yang cepat, pengiriman cepat dan aman, dan kualitas produk yang baik.

Cara Menjadi Star Seller

cara star seller

Agar toko Kawan Kledo di Shopee menjadi Star Seller, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Apa saja persyaratan-persyaratan untuk menjadi Star Seller di Shopee?

Persyaratan Mendaftar Star Seller Shopee

  1. Memiliki KTP yang telah terdaftar dan disetujui oleh Shopee.
  2. Persentase Chat Dibalas toko tersebut > 80%.
  3. Penialaian toko minimal 4.5.
  4. Persentase dan jumlah produk pre-order toko minimal 20% selama 5 hari (Perhitungan hanya dilakukan ketika memiliki minimal 300 produk pre-order di toko) di bulan sebelumnya.
  5. Persentase jumlah transaksi berhasil minimal 30 pesanan atau pendapatakn bersih di bulan sebelumnya minimal 100 juta.
  6. Toko melayani setidaknya 10 pembeli pada bulan sebelumnya.
  7. Tidak ada poin penalti toko.
  8. Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, terdapat keganjalan pada aktivitas akun, ataupun menyalahkan program Shopee untuk kepentingan pribadi.
Banner 3 kledo

Proses untuk Bergabung menjadi Star Seller

Program Star Seller ini diperuntukan bagi toko yang terpilih. Kawan Kledo tidak perlu mendaftarkannya karena ketika toko Kawan Kledo memenuhi persyaratan, toko Kawan Kledo akan mendapatkan undangan langsung dari Shopee untuk bergabung Star Seller. Jika Kawan Kledo sudah memenuhi semua kriteri tersebut, Kawan Kledo akan mendapatkan undangan untuk bergabung menjadi Star Seller di Shopee pada hari Kamis pukul 16.00 WIB.

Cara Mempertahankan Star Seller

marketplace-indonesia

Setelah Kawan Kledo berhasil mendapatkan status Star Seller, Kawan Kledo harus mempertahankan agar toko Kawan Kledo tetap berstatus Star Seller. Berikut cara-cara yang harus Kawan Kledo lakukan untuk mempertahankan status Star Seller di toko Shopee Kawan Kledo:

  1. Persentase chat dibalas yang dimiliki oleh toko minimal 70%.
  2. Toko memiliki penilaian minimal 4.5.
  3. Persentase dan jumlah produk pre-order toko minimal 20% selama 5 hari (Perhitungan hanya dilakukan ketika memiliki minimal 300 produk pre-order di toko) di bulan sebelumnya.
  4. Persentase jumlah transaksi berhasil minimal 15 pesanan atau pendapatakn bersih di bulan sebelumnya minimal 15 juta.
  5. Penalti yang dimiliki toko maksimal 3 poin.
  6. Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, terdapat keganjalan pada aktivitas akun, ataupun menyalahkan program Shopee untuk kepentingan pribadi.
  7. Toko telah melayani pembeli setidaknya 9 pembeli pada bulan sebelumnya.

Tips Menjadi Star Seller Shopee dengan Cepat

cara star seller

Dengan status Star Seller, Kawan Kledo dapat meningkatkan omzet penjualan. Oleh karena itu, banyak seller atau penjual di Shopee berlomba-lomba mendapatkan status Star Seller. Berikut cara-cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mendapatkan status Star Seller dengan cepat:

1. Verifikasi No KTP

Cara pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk menjadi Stasr Seller di Shopee adalah dengan memverifikasi No. KTP Kawan Kledo di Shopee. Kawan Kledo dapat melakukannya dengan cara mengunggah No. KTP dan foto Kawan Kledo bersama KTP. Jika disetujui maka Kawan Kledo akan mendapatkan status toko yang telah terverifikasi dan akan mendapatkan fasilitas gratis ongkir untuk tahap awal. Jika terjadi penolakan biasnaya karena foto kurang jelas atau KTP yang dipegang menutupi wajah.

2. Balaslah Chat Konsumen dengan Rajin

Untuk mendapatkan status Star Seller, Kawan Kledo harus memiliki persentase membalas chat minimal 70%. Untuk itu Kawan Kledo harus rajin membalas chat yang dikirimkan oleh konsumen. Chat ini akan akan menjadi penilaian tim Shopee.

3. Rating Toko Minimal 4.5

Untuk mendapatkan rating yang tinggi, Kawan Kledo harus rajin meminta pelanggan untuk memberikan rating yang baik bagi toko Kawan Kledo. Rating yang baik ini tentunya akan memengaruhi toko Kawan Kledo.

4. Perhatikan Jumlah Penjualan Setiap Bulan

Kawan Kledo juga harus memperhatikan jumlah penjualan setiap bulannya. Untuk bergabung menjadi Star Seller setidaknya Kawan Kledo harus memiliki jumlah penjualan sebesar 50 penjualan setiap bulan. Meskipun terbilang besar, namun jumlah ini tidaklah sulit jika memang toko Kawan Kledo memiliki kualitas yang baik dan stabil dalam melakukan penjualan.

Baca juga: 5 Fitur Terbaik di Shopee, Jualan Mudah Untung Berlimpah

5. Jangan Sampai Terjadi Pembatalan Pesanan Lebih dari 10%

Cara terakhir yang harus Kawan Kledo lakukan agar bisa cepat bergabung menjadi Star Seller di Shopee adalah Kawan Kledo harus berhati-hati dalam menjaga konsumen dan stok produk agar tidak terjadi pembatalan terlalu sering. Jika sampai terjadi pembatalan melebihi 10% ini akan menghalangi toko Kawan Kledo untuk segera berstatus Star Seller.

Kesimpulan

Memiliki status Star Seller adalah tujuan dari setiap penjual yang ada di Shopee. Dengan segala keuntungan yang didapatkan, status Star Seller akan membuat toko di Shopee menjadi lebih terkenal dan akan berpengaruh ke omzet penjualan. Buat Kawan Kledo yang berjualan di Shopee bisa menggunakan cara-cara yang ada di atas untuk mendapatkan status Star Seller dari Shopee.

Ketika sudah menjadi Star Seller dan mendapatkan kenaikan omzet, jangan lupa untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa Kawan Kledo lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis dan memiliki fitur integrasi dengan marketplace shopee. Anda dapat melhat cara integrasinya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − seven =