5 Fitur Terbaik di Shopee, Jualan Mudah Untung Berlimpah

5 Fitur Terbaik di Shopee

Saat ini ada banyak pilihan buat Kawan Kledo yang ingin menjual produk secara online. Selain bisa berjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram, Kawan Kledo juga bisa berjualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada. Salah satu marketplace yang saat ini banyak digunakan adalah Shopee. Shopee dilengkapi berbagai fitur yang membuat penggunanya sulit untuk pindah ke lain hati. Mungkin Kawan Kledo salah satunya. Buat Kawan Kledo yang sudah lama menggunakan Shopee pasti tahu beragam fitur yang ada di sana. Namun buat Kawan Kledo yang belum pernah memakai Shopee pasti bertanya-tanya fitur apa saja sih yang ada di Shopee sampai penggunanya betah dengan marketplace tersebut?

Sebelum membahas tentang fitur-fitur di Shopee, aku mau bahas apa saja kelebihan yang dimiliki Shopee. Kira-kira apa saja kelebihan yang diberikan Shopee? Yuk langsung baca!

Kelebihan Shopee

shopee

Kelebihan atau keunggulan merupakan sesuatu yang dimiliki oleh suatu produk yang membuat produk tersebut dipertimbangkan untuk digunakan. Setiap produk yang dijual ke pasaran pasti memiliki kelebihan. Jika tidak ada, produk tersebut pasti akan menciptakannya. Shopee merupakan sebuah marketplace yang memiliki kantor di Singapura dan di bawah SEA Group. Shopee didirikan pada tahun 2009 oleh Forrest Li. Saat ini Shopee sangat terkenal di Indonesia. Bahkan, dalam promosi marketplace satu ini nggak pernah tanggung, mulai dari menggaet artis papan atas Indonesia sampai artis-artis luar negeri seperti Blackpink.

Namun sebagai pengguna, brand ambasador bukan alasan utama dalam memilih menggunakan Shopee. Ada kelebihan-kelebihan yang membuat Shopee menjadi pilihan. Berikut kelebihan-kelebihan yang diberikan Shopee kepada penggunanya:

1. Memiliki Banyak Konsumen

Shopee merupakan salah satu marketplace yang memiliki banyak konsumen. Banyak dari mereka menggunakan Shopee karena kemudahan dalam berbelanja. Konsumen tidak perlu keluar rumah untuk bisa membeli barang-barang yang dibutuhkan. Mudahnya lagi, banyak barang-barang yang tidak bisa ditemukan di pasar, bisa ditemukan di Shopee. Bahkan baru-baru ini Shopee juga melayani pembelian pulsa, tiket kereta, tiket pesawat, dan lainnya. Makanya nggak heran jika banyak yang memilih Shopee sebagai tempat belanja.

2. Banyak Program Menarik bagi Pengguna

Kelebihan kedua yang dimiliki Shopee adalah Shopee memiliki banyak program menarik yang bisa dinikmati oleh setiap penggunanya. Tidak hanya untuk pengguna yang menggunakan Shopee untuk belanja, program-program ini juga memudahkan penjual untuk menjual produknya di Shopee. Salah satu program di Shopee yang sangat membantu konsumen dan penjual adalah program gratis ongkir. Bagi konsumen, dengan adanya program ini mereka bisa membeli barang yang diinginkan tanpa dibebani ongkos kirim. Bagi penjual dengan adanya program ini penjual dapat meningkatkan penjualan mereka.

3. Shopee Terintegrasi dengan Sistem Pengiriman Paket

Kelebihan ketiga yang dimiliki Shopee adalah Shopee sudah terintegrasi langsung dengan sistem pengiriman paket. Dari akun Shopee yang dimiliki, baik penjual atau pembeli dapat memantau sampai dimana paketan mereka berada. Pengguna cukup klik bagian paket yang dikirim dan disana akan tertulis jelas dimana paket mereka berada. Dengan begitu pengguna dapat memastikan keamanan paketnya. Dengan semua kelebihan itu, siapa sih yang nggak mau pakai Shopee?

Fitur-Fitur Terbaik di Shopee

Setelah mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Shopee, selanjutnya adalah fitur-fitur apa saja sih yang ada di Shopee yang membuat marketplace ini menarik di mata penggunanya? Berikut fitur-fitur tersebut:

1. Gratis Ongkir

fitur shopee gratis ongkir

Fitur pertama yang dimiliki oleh Shopee adalah fitur yang bernama Shopee Gratis Ongkir. Seperti yang sudah dijelaskan di atas salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Shopee adalah adanya program gratis ongkir yang memudahkan penjual dan pembeli di Shopee. Penjual bisa mendaftarkan tokonya dengan fitur gratis ongkir di Shopee dengan cara sangat mudah. Biasanya diperlukan beberapa hari untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir ini dan jika sudah disetujui, pada postingan produk akan muncul tulisan gratis ongkir.

2. Cash on Demand (COD)

fitur shopee cod

Fitur kedua yang dimiliki oleh Shopee adalah Cash on Demand atau yang biasanya kita tahu dengan COD. COD atau Cash on Demand merupakan fitur dimana bisa melakukan pembayaran di tempat saat barang sampai. Untuk menggunakan fitur ini, Kawan Kledo harus menggunakan ekspedisi dari JNT dengan cara saat check out pilih Bayar di Tempat pada pilihan pembayaran.

3. Cashback dan Voucher

fitur shopee voucher

Fitur ketiga yang dimiliki Shopee yang semakin memanjakan penggunanya adalah fitur cashback dan voucher yang akan memberikan potongan saat pembelian. Cashback di Shopee ada dua jenis yaitu dalam bentuk Shopee Pay atau dalam bentuk Shopee Koin. Dua-duanya bisa digunakan untuk pemotongan belanja selanjutnya. Untuk mendapatkan fitur ini cukup dilakukan klaim pada saat penawaran dan saat check out pengguna memasukan voucher tersebut sebelum menyetujui pembayaran. Gampang bukan?

4. Shopee Koin dan Shopee Pay

fitur shopee koin

Fitur selanjutnya yang dimiliki Shopee adalah Shopee Koin dan Shopee Pay. Shopee Koin sering digunakan sebagai reward pada saat mendapatkan voucher cashback atau saat bermain Shopee Game. Sedangkan Shopee Pay merupakan uang elektronik yang dimiliki oleh Shopee. Sama seperti uang yang ada di rekening, Shopee Pay bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Shopee Pay juga bisa dikirim dari dan ke rekening. Tidak hanya itu, ada beberapa toko yang uang memberikan diskon khusus dengan pemakaian Shopee Pay. Dengan Shopee Pay pengguna juga bisa belanja dengan lebih mudah dan cepat.

5. Shopee Game

game

Fitur kelima yang dimiliki oleh Shopee selanjutnya adalah Shopee Game. Fitur ini hadir di Shopee belum lama ini dan yang menjadikan pengguna makin betah di Shopee. Ada berbagai jenis game yang bisa dimainkan di Shopee, mulai dari Goyang Shopee, Shopee Potong, Shopee Goyang Jari, Shopee Poli, Shopee Tanam, Shopee Candy, Shopee Lempar, dan yang terbaru adalah Shopee Candy dan Shopee Link.

Ada banyak reward yang diberikan Shopee Game ini, mulai dari koin Shopee, beragam voucher, sampai hadiah-hadiah menarik seperti Smartphone bagi pengguna yang telah mencapai target yang ditentukan Shopee.

Cara Jualan di Shopee

Langkah pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk bisa jualan di Shopee adalah mengunduh aplikasi Shopee di Playstore atau Appstore. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa membukanya di PC atau Laptop dengan mengakses https://shopee.co.id. Setelah mengunduh dan menginstal Shopee di smartphone, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat akun di Shopee dan klik daftar, setelah itu lakukan verifikasi no. HP dan email.
  2. Lengkapi Profil Toko lewat Seller Centre atau bisa melalui Aplikasi Shopee.
  3. Tambahkan produk, kemudian lengkapi keterangan dan deskripsi produk, lengkapi juga dengan foto dan jasa pengiriman. Pastikan juga produk yang diupload tidak masuk dalam daftar barang yang dilarang dijual di Shopee.
  4. Buat promosi pada produk yang Kawan Kledo jual.
  5. Setelah mendapatkan pesanan pertama, kemas produk dan segera kirim.

Tips Jualan di Shopee

Meski Shopee menjadi marketplace yang banyak diminati oleh orang, namun tidak ada jaminan jualan kamu bakal laris di sini. Hal ini dikarenkan di Shopee ada banyak persaingan antar penjual. Apalagi banyak dari penjual yang memasang harga dengan jauh lebih murah. Untuk itu ada tips jualan di Shopee yang harus Kawan Kledo lakukan agar jualannya laris.

Gunakan Foto Produk yang Paling Menarik

Tips pertama yang bisa dilakukan agar jualan di Shopee laris manis adalah dengan menggunakan foto produk yang menarik. Foto merupakan salah satu pertimbangan calon membeli sebelum membeli suatu produk. Jika dari foto yang diberikan tidak meyakinkan, pasti calon pembeli mundur dan memilih seller lain. Untuk itu pastikan Kawan Kledo menggunakan foto produk yang menarik dan jelas. Usahakan menggunakan foto asli atau real pict karena pembeli biasanya lebih percaya dengan foto asli yang diberikan.

Berikan Deskripsi yang Jelas dan Lengkap

Tips selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan memberikan deskripsi yang jelas dan lengkap. Setiap memposting produk yang dijual, ada kolom khusus tentang deskripsi produk yang harus diisi oleh penjual. Pastikan Kawan Kledo mengisi deskripsi ini dengan jelas dan lengkap. Lengkapi juga dengan ketentuan pembelian dan keadaan produk secara jujur, hal ini dilakukan agar pembeli tidak perlu bertanya tentang kelengkapan produk yang dijual.

Layani Pembeli dengan Baik

Melayani pembeli dengan baik tidak hanya dilakukan saat Kawan Kledo menjual produk secara offline. Melayani berlaku untuk semua jenis penjualan, baik online ataupun offline. Bersikaplah seramah mungkin dengan pembeli yang ada di Shopee. Biasanya banyak pembeli yang bertanya melalui chat sebelum membeli produk yang dijual. Saat itu usahakan melayani pembeli dengan ramah. Di Shopee ada penilaian tersendiri tentang pelayanan ini dan jika Kawan Kledo melayani dengan kurang menyenangkan, pembeli bisa memberikan ulasan yang akan berdampak buruk terhadap penjualan.

Berikan Promosi

Promosi menjadi daya tarik tersendiri agar konsumen membeli produk yang Kawan Kledo jual. Ada banyak cara promosi yang dilakukan, mulai dari cashback hingga diskon. Kawan Kledo bisa ikut mendaftar program-program yang diadakan Shopee, salah satunya yang bisa diikuti adalah Shopee Flash Sale.

Beri Harga Terbaik

Di Shopee banyak produk yang menjual barang serupa dengan barang yang Kawan Kledo jual, untuk itu Kawan Kledo harus memberikan harga terbaik agar dapat bersaing dengan produk sejenis. Kawan Kledo bisa memberikan harga yang lebih murah namun tetap perhatikan kualitas ya!

Kesimpulan

Shopee menjadi tempat jualan yang sangat popular di Indonesia. Di sana banyak konsumen yang setiap hari berbelanja kebutuhan. Dengan banyaknya pengguna, tentu ini menjadi peluang menjanjikan bagi Kawan Kledo yang ingin menjual produknya di Shopee. Ada berbagai fitur yang disediakan di Shopee yang akan memudahkan penggunanya dalam berbelanja, salah satunya gratis ongkir. Selain gratis ongkir ada fitur lainnya yang bisa Kawan Kledo temukan di atas.

Selain jualan di Shopee, ada hal lain yang tak kalah penting dalam bisnis, yaitu pengelolaan keuangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan dari cara yang ribet sampai cara paling mudah. Tentu Kawan Kledo ingin cara yang paling mudah bukan? Buat Kawan Kledo yang ingin mengelola keuangan dengan mudah dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang tidak hanya simpel tapi juga akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *