Aktifkan Shopee Paylater dengan Cara Ini, Apa Kelebihannya?

Saat ini belanja online makin digemari oleh masyarakat Indonesia. Terlebih dengan banyaknya marketplace yang memberikan berbagai kemudahan berbelanja. Kawan Kledo tidak perlu datang ke toko di suatu tempat untuk membeli sesuatu. Kawan Kledo cukup ‘tap-tap’ layar smartphone, Kawan Kledo bisa membeli semua barang yang Kawan Kleod butuhkan. Tidak hanya itu, dalam pembayaran dan pengiriman marketplace juga sangat mudah. Kawan Kledo bisa membayar melalui minimarket, transfer bank, ataupun uang elektronik. Untuk pengiriman, ada berbagai jasa pengiriman yang telah bekerja sama. Buat Kawan Kledo yang menggunakan markteplace, khususnya Shopee, pasti sudah tahu bukan kemudahan yang ditawarkan? Salah satu kemudahan dalam pembayarannya adalah dengan adanya Shopee Paylater. Apa sih sebenarnya Shopee Paylater? Semuanya akan Kledo bahas di sini, jadi pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai, ya!

Apa Itu Shopee Paylater?

aktifkan shopee paylater

Buat Kawan Kledo yang sering menggunakan marketplace Shopee untuk berbelanja, pasti sudah nggak asing dengan Shopee Pay, tapi bagaimana dengan Shopee Paylater? Pernahkah Kawan Kledo menggunakan Shopee Paylater ini? Shopee Paylater merupakan fitur yang dimiliki oleh Shopee yang memberikan pinjaman kepada penggunanya dengan persyaratan tertentu. Pinjaman ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas pesanan yang dibuat di Shopee dan pembayaran dapat ditagihkan bulan berikutnya atau bisa juga dibayar dengan cicilan.

Dengan menggunakan fitur Shopee Paylater ini, pengguna tidak perlu menunda proses transaksi dan bisa langsung melakukan pembayaran dengan saldo yang ada di Shopee Paylater. Setelah melakukan transaksi, tagihan Shopee Paylater Kawan Kledo akan dimasukan ke bulan berikutnya. Namun perlu Kawan Kledo ketahui, Shopee Paylater ini memiliki sistem yang mirip dengan sistem kartu kredit, dimana Shopee akan memberikan limit pinjaman kepada pengguna dan juga bunga ketika pengguna menggunakan fitur Shopee Paylater ini. Jadi, pastikan Kawan Kledo menyesuaikan penggunaan Shopee Paylater ini dengan dana yang Kawan Kledo miliki, jangan sampai Kawan Kledo tidak mampu membayarnya.

Keuntungan Menggunakan Shopee Paylater

tagihan shopee paylater

Sebelum memilih untuk menggunakan Shopee Paylater, pasti Kawan Kledo ingin mengetahui apa saja keuntungan yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan menggunakan Shopee Paylater. Berikut keuntungan yang dijanjikan oleh Shopee Paylater yang membuat Kawan Kledo wajib mempertimbangkannya:

1. Dapat Langsung Membeli Barang yang Diinginkan

Kemudahan pertaa yang ditawarkan oleh Shopee Paylater adalah Kawan Kledo bisa langsung menyelesaikan transaksi dengan pembayaran Shopee Paylater ini. Tentu ini akan sangat membantu bagi Kawan Kledo yang ingin mengikuti flash sale. Kawan Kledo bisa langsung menyelesaikan pembayaran tanpa harus ke minimarket atau transfer melalui ATM.

2. Bunga Sangat Ringan

Selain memudahkan penyelesaian transaksi, bunga yang dibebankan oleh Shopee Paylater juga sangat ringan. Kawan Kledo tidak perlu khawatir tagihan Shopee Paylater akan membengkak karena bunga Shopee Paylater ini sangatlah rendah.

3. Limit yang Disesuaikan dengan Kemampuan Pengguna

Keuntungan ketiga yang akan didapatkan dengan mengaktifkan Shopee Paylater adalah limit pinjaman yang diberikan Shopee Paylater disesuaikan dengan kemampuan penggunanya. Biasanya limit ini dinilai dari keaktifan pengguna di Shopee. Jika Kawan Kledo sering melakukan transaksi atau membeli di Shopee, limit yang diberikan juga akan semakin besar. Dengan penyesuaian limit ini tentunya akan membuat Kawan Kledo dapat mengontrol belanja di Shopee.

Mengaktifkan Shopee Paylater, Bagaimana Caranya?

aktifkan shopee paylater

Agar Kawan Kledo dapat menikmati fitur Shopee Paylater, Kawan Kledo harus mengaktifkan fitur Shopee Paylater ini. Berikut langkah-langkah yang bisa Kawan Kledo ikuti untuk mengaktifkan fitur Shopee Paylater:

  1. Klik bagian menu Saya kemudian pilih Shopee Paylater/SPaylater
  2. Lalu klik Aktifkan Sekarang
  3. Shopee akan mengirimkan kode OTP, ketik Kode OTP yang diterima tersebut.
  4. Selanjutnya, Kawan Kledo harus mengunggah foto KTP sesuai ketentuan yang berlaku. Pastikan data yang tercantu sudah benar dan foto yang Kawan Kledo unggah jelas dan tidak buram.
  5. Setelah pengunggahan KTP, selanjutnya adalah menuliskan Nomor Induk Kepedudukan atau NIK yang Kawan Kledo miliki. Pastikan juga data NIK yang Kawan Kledo unggah sesuai dengan yang ada di KTP Kawan Kledo.
  6. Masukkan nomor atau kontak darurat yang dapat dihubungi untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu akun Shopee yang Kawan Kledo miliki bermasalah atau disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.
  7. Terakhir, Kawan Kledo akan diminta untuk memverifikasi wajah. Shopee akan memberikan frame wajah sebagai petunjuk verifikasi wajah yang tepat. Pastikan pencahayaan di wajah cukup terang agar foto mudah terlihat.
  8. Setelah melakukan semua proses di atas, pihak Shopee akan memproses pengajuan pengaktifan Shopee Paylater Kawan Kledo dan Kawan Kledo akan mendapatkan notifikasi jika pengajuan disetujui.

Sistem Pembayaran dan Sistem Penagihan

belanja online

Sistem pebayaran Shopee Paylater seperti sistem pembayaran kartu kredit, yaitu setelah melakukan transaksi pembelian dengan Shopee Paylater, pengguna diwajibkan membayar tagihan sesuai pilihan saat melakukan pembayaran. Bisa langsung lunas atau berupa cicilan. Untuk memilih sistem pembayaran Shopee Paylater ini, pengguna akan diberikan pilihan saat melakukan checkout.

shopee paylater

Sedangkan untuk tagihan bisa dilihat di sini:

tagihan

Jika Kawan Kledo memiliki tagihan, maka pada bagian jumlah yang harus dibayar bulan ini akan tertulis berapa tagihan yang harus Kawan Kledo bayar. Untuk pembayaran tagihan ini bisa dibayar melalui transfer bank, lewat minimarket, atau dengan Shopeepay.

Fakta-Fakta Shopee Paylater yang Wajib Diketahui

shopee paylater

Sebelum memutuskan untuk mengaktifkan Shopee Paylater, Kawan Kledo wajib mengetahui beberapa fakta tentang Shopee Paylater berikut ini:

1. Diawasi OJK

Proses verifikasi identitas yang dilakukan saat mengaktifkan Shopee Paylater diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ini dapat dijadikan rekam finansial jika Kawan Kledo terlambat atau tidak membayar tagihan Shopee Paylater.

2. Hanya untuk Satu KTP

Untuk bisa menggunakan fitur Shopee Paylater, Kawan Kledo hanya dapat mendaftarnya satu KTP untuk satu akun. Ketentuan ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan keamanan saat melakukan transaksi dan mengecilkan risiko penipuan oleh pihak yang tidka bertanggung jawab.

3. Ingin Limit Lebih Tinggi? Tingkatkan Transaksi

Ingin limit Shopee Paylater lebih tinggi? Kawan Kledo bisa mendapatkan limit Shopee Paylater dengan meningkatkan transaksi Kawan Kledo di Shopee. Semakin sering Kawan Kledo menggunakan Shopee, limit Shopee Paylater Kawan Kledo akan dipertimbangkan untuk dinaikan.

4. Rincian Tagihan Update Setiap Tanggal 25

Rincian tagihan dari barang yang dibeli oleh Kawan Kledo akan diupdate setiap tanggal 25 bulan berjalan. Setelah mendapatkan rincian tagihan tersebut, Kawan Kledo akan diberikan batas waktu maksimal pembayaran. Jadi, pastikan Kawan Kledo selalu memeriksa kapan batas waktu pembayaran dan jangan sampai telat membayar.

5. Refund Limit Shopee Paylater

Ingin menggunakan Shopee Paylater lagi setelah pelunasan transaksi bulan sebelumnya? Jangan khawatir! Buat Kawan Kledo yang telah melunasi tagihan Shopee Paylater maka limit Shopee Paylater akan dikembalikan dan dapat digunakan kembali untuk pembelian barang. Begitu juga jika Kawan Kledo melakukan pembatalan pemesanan.

Kesimpulan

Shopee Paylater memang menjadi pilihan terbaik buat Kawan Kledo yang ingin membeli kebutuhan dan sedang tidak memiliki uang. Dengan kemudahan bertransaksi dan kecilnya bunga yang dibebankan, Shopee Paylater sangat cocok untuk digunakan pengguna Shopee. Meski demikian, pastikan Kawan Kledo menggunakannya Shopee Paylater ini dengan baik dan juga melakukan pebayaran tagihan Shopee Paylater tepat waktu. Ini dilakukan agar Kawan Kledo tidak dikenakan sanksi berupa denda atau penagihan terus menerus seperti yang telah dialami oleh beberapa pengguna Shopee Paylater.

Nah, agar Kawan Kledo bisa membayar tagihan Shopee Paylater di waktu yang tepat, tentunya Kawan Kledo harus mengelola keuangan bisnis dengan baik. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Kawan Kledo akan mengetahui berapa laba yang diperoleh setiap bulan. Untuk memudahkannya, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan dan menjadikan pengelolaan keuangan jadi super mudah. Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *