Customer Satisfaction: Ini Cara Terbaik Meningkatkannya

customer satisfaction

Customer satisfaction merupakan tujuan sebuah bisnis karena jika sudah memiliki dengan tingkatan tinggi, itu artinya bisnis Kawan Kledo telah meraih kesuksesan. Semakin tinggi customer satisfaction ini maka semakin baik untuk bisnis Kawan Kledo.

Hal yang paling penting dalam customer satisfaction adalah kepuasan pelanggan ini akan sangat mempengaruhi pendapatan bisnis Kawan Kledo. Tingkat kepuasan pelanggan yang rendah berarti tingkat retensi Kawan Kledo kemungkinan juga akan rendah.

Penelitian Kolsky mengungkapkan bahwa hanya 1 dari 26 pelanggan yang tidak bahagia yang benar-benar mengeluh. Lebih penting lagi, 91% dari pelanggan yang tidak puas yang bukan pengeluh pergi begitu saja.

Dengan mengingat hal itu, dapatkah Kawan Kledo kehilangan 91% dari pelanggan yang tidak bahagia? Jika tidak, lihat tips di bagian berikutnya dan cari tahu cara mengidentifikasi klien yang tidak puas dengan mengumpulkan umpan balik pelanggan:

Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

customer satisfaction

Jadi, bagaimana Kawan Kledo dapat meningkatkan customer satisfaction di dunia yang berpusat pada pelanggan saat ini? Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kumpulkan umpan balik pelanggan

Untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan, Kawan Kledo perlu mendengarkan mereka dan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Dengan menggunakan survei, Kawan Kledo dapat mengukur kepuasan pelanggan dan menemukan peningkatan apa yang diminta pelanggan.

2. Ubah umpan balik pelanggan menjadi tindakan

Sekarang setelah Kawan Kledo mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, saatnya untuk mengubah umpan balik mereka menjadi tindakan. Misalnya, jika pelanggan mengatakan sesi orientasi yang dilakukan tidak membantu, ada baiknya bekerja dengan tim untuk meningkatkannya.

3. Tingkatkan produk atau layanan

Kawan Kledo harus terus berupaya meningkatkan produk atau layanan Anda berdasarkan umpan balik pelanggan. Misalnya, jika pelanggan meminta fitur yang belum dapat berikan, selalu perbarui perkembangannya. Ini memungkinkan Kawan Kledo menjaga tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi.

4. Tindak lanjuti dengan pelanggan

Sudahkah Kawan Kledo membuat peningkatan berdasarkan apa yang pelanggan katakan? Tindak lanjuti dengan pelanggan untuk memberi tahu mereka tentang hal itu. Menjaga pelanggan Kawan Kledo dalam lingkaran menunjukkan bahwa bisnis Kawan Kledo menghargai umpan balik pelanggan.

Jadi, meningkatkan custome satisfaction adalah dengan mengumpulkan umpan balik pelanggan dan kemudian menindaklanjutinya. Untuk alasan ini, 8 tips ini akan membantu meningkatkan Kawan Kledo kepuasan pelanggan:

  • Menawarkan dukungan multi-saluran
  • Jadikan pengumpulan umpan balik sebagai proses perusahaan
  • Ukur kepuasan pelanggan secara teratur
  • Mintalah umpan balik di semua titik kontak
  • Secara aktif meminta umpan balik dari pelanggan
  • Bagikan umpan balik ke semua tim Anda
  • Balas semua umpan balik
  • Bertindak atas keluhan dan ulasan negatif

Kepuasan pelanggan sangat penting untuk menjaga pelanggan Anda saat ini dan mempertahankan yang baru. Pelanggan yang tidak puas adalah risiko retensi, dan kehilangan mereka akan merusak merek Anda. Mari kita lihat mengapa kepuasan pelanggan (CSAT) sangat penting bagi kesuksesan merek.

Baca Juga: Survei Kepuasan Pelanggan dalam Bisnis, Penting Nggak Sih?

Lima Alasan Utama Mengapa Kepuasan Pelanggan Itu Penting

Sangat penting untuk memahami pentingnya customer satisfaction. Berikut lima faktor utama yang membuat kepuasan pelanggan menjadi penting:

1. Pelanggan berulang

Pelanggan yang puas kemungkinan besar akan repeat order atau membeli ulang produk Kawan Kledo. Salah satu cara mudah untuk mengetahui hal ini adalah melalui survei kepuasan pelanggan.

Minta mereka untuk menilai tingkat kepuasan mereka dalam skala 1 hingga 10 dan lihat siapa yang akan dengan senang hati membeli produk Kawan Kledo di masa mendatang.

Pelanggan yang memberi peringkat 7 atau lebih puas dan kemungkinan akan terlibat lagi dengan bisnis Kawan Kledo. Skor 6 atau di bawahnya patut dikhawatirkan; pelanggan ini tidak senang dan merupakan risiko gesekan yang besar.

Pelanggan yang diberi peringkat 9 atau 10 adalah pendukung terbesar dan pelanggan paling setia. Kawan Kledo dapat menggunakannya untuk mempromosikan merek dan meningkatkan skor CSAT.

2. Pembeda kompetisi

Customer satisfaction adalah kunci untuk membuat atau menghancurkan merek. Dalam dunia yang kompetitif dengan sejumlah besar merek, kepuasan pelanggan harus menjadi fokus strategi pemasaran.

Tidak ada jumlah kampanye pemasaran dan promosi yang paling efektif jika pelanggan Kawan Kledo tidak merasa puas. Merek yang memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang rendah kemungkinan besar akan musnah di masa depan.

Merek yang memiliki pendukung kemungkinan besar akan lebih baik daripada merek yang tidak memiliki pendukung. Kawan Kledo bisa memiliki pendukung merek ketika Kawan Kledo memiliki pelanggan yang puas.

Jadi, seperti yang telah Kawan Kledo lihat, semuanya dimulai dan diakhiri dengan kepuasan pelanggan.

3. Mengurangi customer churn

Berlawanan dengan kepercayaan populer, harga bukanlah alasan utama terjadinya customer churn atau persentase pelanggan berhenti menggunakan layanan Kawan Kledo. Ya, Kawan Kledo berhasil menebaknya dengan benar yaitu layanan pelanggan.

Kami tahu beberapa merek yang memiliki basis pelanggan yang besar meskipun harga tinggi. Kawan Kledo dapat menggunakan skor kepuasan pelanggan dan masukan dari survei CSAT untuk meningkatkan proses layanan pelanggan.

Kualitas layanan pelanggan yang buruk akan merugikan Kawan Kledo dan merugikan pelanggan dalam jangka panjang. Carilah umpan balik pelanggan terus menerus untuk melacak kemajuan dan secara rutin membagikannya dengan perwakilan layanan pelanggan Kawan Kledo.

4. Kurangi kata-kata negatif dari mulut ke mulut

Menurut penelitian McKinsey, pelanggan yang tidak senang akan menceritakan pengalaman mereka kepada 9-15 orang. Mempertimbangkan jumlah pelanggan yang tidak puas yang mungkin Kawan Kledo miliki, itu banyak pers negatif.

Ini akan berdampak langsung pada pendapatan bisnis dan reputasi merek Kawan Kledo. Perjalanan bisnis yang berulang untuk kepuasan pelanggan, dan pelanggan yang tidak senang akan merugikan bisnis Kawan Kledo.

Churn customer akan selalu ada, tetapi pastinya Kawan Kledo tidak ingin kehilangan pelanggan hanya karena berita buruk dari mulut ke mulut. Melakukan survei CSAT (skor kepuasan pelanggan) secara teratur akan membantu Kawan Kledo mengukur kepuasan pelanggan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mungkin menghambat skor CSAT Kawan Kledo.

5. Mempertahankan pelanggan untuk menghemat biaya

Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru adalah 6-7 kali lebih banyak daripada mempertahankan pelanggan yang ada saat ini. Ini menempatkan ke dalam perspektif betapa pentingnya kepuasan pelanggan ini.

Daripada menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan pelanggan baru, belanjakan sebagian kecil darinya untuk meningkatkan proses dan sistem yang ada untuk mempertahankan pelanggan. Ini akan sangat menghemat biaya dan meningkatkan pendapatan bisnis Kawan Kledo.

Baca Juga: Customer Retention: Pengertian, Cara Hitung dan Strategi Efektifnya

5 Manfaat Utama Kepuasan Pelanggan

Sebuah brand perlu memahami manfaat customer satisfaction sebelum mereka menginvestasikan upaya dan sumber daya dalam proses dan sistem untuk meningkatkan skor CSAT (kepuasan pelanggan) mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari kepuasan pelanggan yang perlu diperhatikan oleh semua merek.

1. Loyalitas pelanggan

Ketika pelanggan Kawan Kledo merasa puas, mereka percaya pada merek dan menjadi loyal. Loyalitas pelanggan ini memberikan merek bisnis yang berulang dan merupakan bagian utama dari pendapatan.

Kehilangan pelanggan sangat merugikan pendapatan bisnis Kawan Kledo dan jumlah pelanggan yang berhenti. Laporan Adobe mengatakan pelanggan setia menghabiskan 67% lebih banyak daripada pelanggan baru melalui repeat order, upsells, dll.

Tambahkan ke berita positif dari mulut ke mulut ke teman dan keluarga dari pelanggan setia, dan itu benar-benar mulai bertambah. Pelanggan lama yang puas merasa bahwa mereka dapat mempromosikan merek tersebut kepada orang yang mereka cintai untuk pengalaman hebat yang mereka miliki.

2. Pilar pendukung

Pelanggan yang puas lebih mungkin untuk bertahan pada saat krisis; mereka peduli dengan merek dan ingin melihatnya berkembang. Ini telah diamati dalam banyak kasus untuk merek besar seperti McDonald’s, ketika ada rumor ulat dalam makanan mereka, mereka tetap mempercayai merek dan memahami segala kekurangan atau krisis yang mungkin menimpa mereka.

3. Pendapatan penjualan

Merek yang berfokus pada kepuasan pelanggan secara aktif memiliki pendapatan penjualan yang sehat. Mereka tidak kehilangan pelanggan lama dan memiliki aliran pendapatan yang stabil dari bisnis yang berulang.

Kepuasan pelanggan dan peningkatan pendapatan berkorelasi langsung. Pelanggan yang puas tetap setia pada merek Kawan Kledo, berinteraksi dengannya, sering membeli, dan membuat rekomendasi kepada kolega, teman, dan keluarga mereka.

Jalankan survei pelanggan online untuk mengetahui area mana yang berdampak negatif terhadap kepuasan pelanggan dan perlu perbaikan. Ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi churn pelanggan.

4. Tingkatkan reputasi dan popularitas merek

Kepuasan pelanggan berdampak pada reputasi dan popularitas merek. Lihat umpan balik pelanggan dan cari tahu area mana yang dapat ditingkatkan dan meningkatkan kepuasan.

Apakah itu akun atau layanan pelanggan? Jangan takut untuk bertanya kepada pelanggan; umpan balik yang jujur ​​akan membantu mengelola harapan dan bertindak sesuai dengan itu. Merek-merek terkenal memiliki tim dan inisiatif yang berdedikasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yang membantu mereka mencapai angka penjualan yang tinggi.

5. Kurangi biaya pemasaran

Pelanggan yang puas adalah pendukung terbesar Kawan Kledo. Dari mulut ke mulut review yang positif akan meningkatkan popularitas dan membantu mendapatkan pelanggan baru.

Ini juga akan membantu Kawan Kledo menghemat banyak uang yang biasanya dihabiskan untuk kampanye pemasaran dan promosi untuk mendapatkan pelanggan baru.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Ini Pengertian Lengkap dan Strategi Meningkatkannya

Bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan?

customer satisfaction

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Kawan Kledo gunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan bisnis:

Survei NPS

Survei Net Promoter Score membantu menganalisis loyalitas pelanggan dan sering digunakan secara teratur dalam survei CSAT.

Survei intersep web

Survei intersep web memungkinkan sejumlah pengunjung online Kawan Kledo menanggapi survei pelanggan online. Pengunjung situs web akan diperlihatkan pesan tentang survei pelanggan, dan mereka mendapatkan opsi untuk berpartisipasi dalam survei.

Mereka disukai oleh banyak merek karena tidak mengganggu dan dapat memastikan Kawan Kledo tidak kehilangan pengunjung situs web Anda.

Survei layanan pelanggan

Survei layanan pelanggan membantu menganalisis apakah pelanggan senang dengan layanan pelanggan suatu merek. Ini biasanya dipicu setelah pelanggan berinteraksi dengan perwakilan layanan pelanggan dan memeriksa apakah pelanggan puas dengan interaksi dan pertanyaan mereka diselesaikan.

Pegangan media sosial

Ketika pelanggan berbicara tentang merek, produk, atau layanannya bisnis Kawan Kledo, itu menunjukkan bagaimana mereka menganggap bisnis atay brand Kawan Kledo. Dengan media sosial, pelanggan memiliki kemampuan untuk memberikan umpan balik instan.

Ini bisa baik atau buruk. Menggunakan saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, atau Twitter dapat membantu Kawan Kledo mengukur kepuasan pelanggan, menggunakan saluran ini, dan memanfaatkan alat mereka seperti ulasan, jajak pendapat langsung, dll.

Obrolan situs web langsung

Semua situs web sekarang memiliki kemampuan untuk mendukung obrolan langsung, dan sebagian besar bisnis besar dan kecil memilikinya untuk berinteraksi dengan pelanggan. Ini membantu dalam menyelesaikan pertanyaan, harapan pelanggan, membimbing mereka ke mana mereka harus pergi, dll, mengumpulkan umpan balik, dll.

Gunakan obrolan langsung untuk terlibat dengan pelanggan dan mencari umpan balik mereka untuk memastikan Kawan Kledo memberi mereka pengalaman yang memuaskan. Kawan Kledo juga dapat menggunakan riwayat untuk melihat obrolan lama dan mempelajari pola untuk menjembatani kesenjangan yang mungkin ada.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai customer satisfaction yang wajib Kawan Kledo ketahui. Selain harus selalu memperhatikan customer satisfaction ini, pastikan juga Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan bisnis.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 1 =