Raih Sukses dengan 10 Ide Usaha Kreatif ini

raih sukses dengan 10 usaha kreatif ini

Usaha kreatif merupakan sebuah usaha yang berasal dari daya cipta pendirinya. Dalam suatu negara, usaha kreatif dipandang sebagai pendukung kesejahteraan dalam perekonomian. Usaha ini juga dapat membuka lapangan kerja baru dan mengurangi jumlah pengangguran. Lalu apa apa saja kelebihan yang didapatkan dari usaha kreatif?

Mengapa Usaha Kreatif?

Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, usaha kreatif juga berkembang semakin pesat. Dengan adanya teknologi ini, persaingan di dunia usaha juga semakin ketat. Untuk itu diperlukan kekreatifan untuk dapat bertahan di industri ini. Tanpa adanya kekreatifan ini, bisnis akan ketinggalan jaman dan tidak diminati di pasar. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis kreatif ini?

Kelebihan Usaha Kreatif

1. Tidak Ada Matinya

Selagi masih bisa terus berinovasi, usaha kreatif akan terus bertahan di pasaran.

2. Tidak Diperkukan Modal Besar

Karena berbekal kreatifitas, usaha satu ini bisa dimulai tanpa modal besar. Bahkan bisa tanpa modal, lho. Untuk artikel lengkap bisnis tanpa modal bisa dibaca di sini.

3. Bisa Mengurangi Pengangguran

Ketika peminat dari usahamu semakin banyak, saatnya untuk merekrut karyawan. Biasanya ketika usahamu semakin dikenal, pesanan akan semakin banyak. Tentu kamu tidak dapat handle sendiri, untuk itu kamu harus merekrut karyawan. Selain bisa membantu usahamu, kamu juga turut membantu pengurangi jumlah pengangguran.

Kekurangan Usaha Kreatif

1. Diperlukan Kreativitas yang Tinggi

Usaha kreatif seperti ini memerlukan kreativitas yang tinggi. Setiap hari harus ada ide untuk menciptakan inovasi produk agar tidak kalah di pasaran. Tentu hal ini bukan sesuatu yang mudah, tapi kamu menyiasatinya dengan berdiskusi bersama teman atau tim.

2. Keterbatasan SDM

Dikarenakan bermodalkan kekreatifan, tidak semua orang bisa menjadi partner untuk bisnis ini. Ketika kamu ingin merekrut karyawan, kamu harus benar-benar selektif dalam memilihnya.

3. Terbatasnya Akses Pasar

Usaha kreatif biasanya memiliki pasar tersendiri. Kamu harus pintar-pintar dalam promosi agar produkmu menjangkau pasar yang tepat.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari usaha kreatif, lalu apa saja usaha kreatif yang bisa kamu jalankan?

5 Ide Usaha Kreatif yang akan Membuatmu Sukses

1. Katering Sehat

katering sehat

Katering merupakan bisnis yang telah ada sejak lama. Banyak orang yang memiliki usaha satu ini dan bisa jadi teman atau kerabat kamu sudah ada yang punya bisnis ini. Namun kamu masih bisa lho mendirikan bisnis satu ini, namun dengan konsep berbeda. Salah satunya dengan konsep katering sehat.

Katering sehat ini dijalankan sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Kamu bisa membuka pesanan sesuai dengan permintaan pelanggan, seperti misalnya katering untuk penderita diabetes, untuk penderita kolestrol tinggi atau untuk penderita asam urat.

Selain itu kamu juga bisa menerima katering khusus untuk pelanggan yang sedang program diet. Seperti diet mayo yang akan masak khusus dengan garam yang rendah.

Untuk membuka usaha ini, kamu bisa bekerja sama dengan ahli gizi atau mereka yang tahu tentang kesehatan dan gizi makanan. Selain bisa menambah penghasilan, bisnis ini juga bisa membantu orang lain untuk lebih sehat.

2. Fotografer

fotografer

Dari dulu hingga sekarang bisnis fotografer tidak pernah redup. Meski saat ini semua ponsel memiliki fitur kamera di dalamnya, orang-orang masih membutuhkan jasa fotografer untuk momen-momen tertentu. Terlebih untuk saat ini kebutuhan fotografer jauh lebih banyak, mulai dari untuk foto wisuda, foto pre-wedding, foto pernikahan, foto maternity atau kehamilan, foto anak, foto bareng teman, dll.

Selain untuk dokumentasi momen-momen tertentu, fotografer juga biasanya digunakan perusahaan untuk promosi bisnis mereka. Seperti untuk pembuatan konten di media sosial, pamflet atau profil perusahaan. Para influencer saat ini juga banyak yang menggunakan jasa fotografer untuk pembuatan konten mereka.

Tapi kan, fotografer pekerjaan yang memerlukan keterampilan dalam memotret. Eits, jangan menyerah dulu. Kamu bisa kok memulainya dari sekarang. Kamu bisa memperlajarinya dari hal yang paling dasar. Kamu juga bisa belajar dari apa yang kamu miliki saatnya, misalnya dengan penggunakan ponsel.

3. Fashion Desain

fashion desainer

Pakaian merupakan kebutuhan pokok yang biasanya disebut dengan sandang. Jika dulu pakaian diciptakan untuk melindungi diri dari panas dan dingin, saat ini fungsi pakaian lebih dari itu. Salah satunya adalah untuk menunjang penampilan. Makanya jangan heran jika benda satu ini laris manis di pasaran. Apalagi buat para wanita, punya pakaian selemari aja bilangnya nggak punya.

Karena kebutuhan pasar itulah, industri fashion saat ini banyak diminati. Banyak bermunculan fashion desainer baru di Indonesia. Buat kamu yang emang menyukai dunia fashion boleh banget untuk mencoba usaha satu ini. Kamu bisa mendesain pakaian, menjahitnya kemudian memasarkannya. Atau kamu juga bisa menerima pesanan dan hasilnya disesuaikan keinginan pemesan.

4. Sovernir Pernikahan

usaha kreatif sukses sovernir pernikahan

Pernikahan menjadi momen membahagiakan bagi pasangan kekasih yang akan memulai ke jenjang kehidupan baru. Tidak hanya dekorasi, baju pengantin dan rias wajah, biasanya pengantin juga menyiapkan sovernir pernikahan untuk para tamu undangan. Tujuannya untuk kenang-kenangan dari pengantin kepada mereka yang telah datang.

Tentu ini bisa kamu jadikan peluang usaha. Kamu bisa membuat sendiri seperti bros, gantungan kunci atau kamu bisa menerima permintaan khusus dari pengantin. Tentu ini akan menjadi kelebihan dari usahamu dan menjadi nilai lebih yang bisa kamu gunakan untuk promosi.

5. Jual Barang Antik

barang antik

Bagi beberapa orang, barang antik sering dianggap barang yang tidak memiliki nilai guna. Namun untuk orang-orang tertentu barang antik jutsru menjadi sesuatu yang sangat berharga. Kamu pasti pernah melihat iklan uang kertas jadul yang dibeli dengan harga mahal? Bagi para kolektor barang-barang antik, harga barang antik jauh lebih mahal daripada barang yang masih baru.

Salah satu nilai dari barang antik adalah untuk mengenang masa lalu. Selain itu untuk menjadi hiasan di rumah agar terkesan retro. Kamu bisa memanfaatkan ini dengan menjadikannya usaha. Nggak ada salahnya kan kamu menjadi pemburu barang antik kemudian menjualnya melalui toko online.

6. Menyewakan Perlengkapan Bayi

perlengkapan bayi

Saat memiliki bayi, seseorang akan dihadapkan dengan berbagai kebutuhan. Mulai dari pakaian, kesehatan, makanan sampai popok. Belum lagi kebutuhan lainnya seperti tempat tidur, ayunan, kereta bayi dan lainnya yang biasanya hanya dibutuhkan untuk umur tertentu. Daripada harus membelinya lalu tidak terpakai, akan lebih hemat dengan menyewa.

Di sini kamu bisa menjadikannya peluang bisnis. Kamu bisa memberikan tarif sesuai dengan lama waktu penyewaan. Jika sudah semakin besar kamu juga bisa merambah ke perlengkapan-perlengkapan lainnya yang dibutuhkan ibu hamil dan ibu menyusui.

7.Penyewaan Alat Fotografi

usaha kreatif sukses alat fotografi

Di momen-momen spesial dalam hidup, biasanya seseorang melakukan sesi fotografi untuk mengabadikan momen tersebut. Namun tidak semuanya melakukannya dengan menyewa fotografer, ada juga yang membawa alat fotografi sendiri.

Seperti yang diketahui alat-alat fotografi tidak dijual dengan harga yang mudah. Jika kamu punya alat fotografi atau punya modal untuk membuka bisnis penyewaan alat-alat ini, jangan sampai melewatkannya.

8. Desain Seserahan

usaha kreatif sukses desain seserahan

Di zaman sekarang, saat hari pernikahan pasangan ingin seserahan pernikahan terlihat unik. Jika dulu biasanya pasangan calon pengantik akan mendesain sendiri seserahan pernikahan mereka, sekarang sudah ada jasa desain seserahan. Mereka tinggal terima beres.

Buat kamu yang memang tertarik dengan usaha satu ini dan di lingkunganmu belum ada, boleh dicoba usaha ini. Kamu bisa membuat dua pilihan, mendesainkan dengan semuanya untuk pengantin atau mendesainkan dengan perlengkapan seserahan sistem sewa.

9. Produk Daur Ulang

usaha kreatif sukses produk daur ulang

Saat ini sampah menjadi permasalahan lingkungan yang cukup serius. Padahal jika kita jeli memanfaatkannya, sampah-sampah yang tidak berguna itu dapat menjadi barang bernilai jual.

Kamu pernah melihat miniatur kendaraan yang dibuat dari koran bekas? Itu merupakan salah satu contoh produk daur ulang yang dibuat dari sampah. Selain memanfaatkan koran, ada banyak benda-benda yang bisa didaur ulang seperti kaleng, plastik atau kain perca.

10. Bisnis Roti dan Kue

usaha kreatif sukses roti dan kue

Meski sudah banyak bisnis roti dan kue di luaran sana, namun kekuatan dari bisnis satu ini adalah kreativitas. Makanya bisnis satu ini masuk ke dalam usaha kreatif. Tanpa kekreatifan, bisnis ini pasti akan ketinggalan zaman. Biasanya pengusaha roti dan kue akan membuat inovasi-inovasi di produk mereka seperti tanpa bahan pengawet, variase toping atau isian, atau variasi bahan yang jarang ditemui pada produk serupa.

Buat kamu yang ingin memulai bisnis ini, jangan lupa untuk manage keuangan dengan baik. Jika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa banget gunakan software keuangan dan akuntasi yang ada di internet. Seperti software akuntansi gratis kledo, selain bisa membantumu mengatur keuangan, software satu ini juga bisa membuatmu nggak boros dimana-mana.

Tips Usaha Kreatif Tetap Eksis

Memulai sebuah bisnis bukan sesuatu yang mudah, namun mempertahankannya jauh lebih tidak mudah. Sebagai seorang pengusaha, tentu tidak mau kan usahamu hanya berumur jagung. Setiap pengusaha pasti ingin usahanya bisa tetap eksis. Untuk mencapai itu, diperlukan tips-tips yang harus kamu terapkan ke usahamu.

Apa saja tipsnya? Baiklah, kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Berikan Pelayanan Terbaik

Sebagai pemilik usaha, kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan menjadi hal pertama yang menjadi prioritas konsumen untuk membeli lagi. Kamu bisa melayani konsumen dengan ramah dan mendengarkan apa yang diinginkan oleh konsumen. Ini tidak hanya berlaku untuk usaha kreatif tapi di semua jenis usaha.

2. Terus Lakukan Inovasi

Agar terus eksis , kamu harus selalu melakukan inovasi dan membuatnya berbeda dari produk lainnya. Kamu dapat melakukan pembaruan produk dengan ide-ide yang baru agar masyarakat merasa penasaran dengan produk-produkmu. Seperti yang pernah aku bilang, kunci dari usaha kreatif adalah kekreatifan yang ada. Jadi semakin kreatif, semakin usaha ini akan diminati.

3. Ikuti Tren yang Ada di Pasaran

Tren merupakan sesuatu yang banyak diminati oleh suatu kalangan dalam waktu tertentu. Sebagai seorang pengusaha, kamu bisa menjadikan tren sebagai bentuk inovasi produkmu. Tujuannya agar produkmu bisa lebih dekat dengan konsumen. Namun selalu usahakan produkmu memiliki pembeda dengan produk lainnya agar produkmu memiliki ciri khas dan tidak terkesan menjiplak.

Kesimpulan

Salah satu usaha yang saat ini sedang banyak diminati adalah usaha kreatif. Hal ini dikarenakan usaha kreatif tidak ada matinya. Selagi terus memberikan inovasi, usaha kreatif akan memiliki pasar tersendiri. Buat kamu yang tertarik dengan usaha kreatif ini bisa banget mencoba salah satu usaha kreatif di atas. Kamu bisa mencobanya dari apa yang kamu minati dan kamu sukai. Jangan lupakan juga untuk terus berinovasi agar produkmu tetap ada di hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *