Inbound Marketing: Cara Mudah dan Murah Meningkatkan Penjualan

Inbound Marketing

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Kawan Kledo dapat lakukannya dengan cara membuat marketing plan atau Kawan Kledo juga bisa menggunakan teknik inbound yang akan di bahas di artikel ini. Jika biasanya pemilik bisnis lebih suka menggunakan teknik outbound marketing, sekarang banyak bisnis yang menggunakan teknik inbound. Sebenarnya apa itu inbound marketing dan apa perbedaannya dengan teknik marketing lainnya?

Apa Itu Inbound Marketing?

inbound marketing

Inbound marketing merupakan pendekatan dalam pemasaran dengan cara membantu konsumen untuk menemukan bisnis yang Kawan Kledo kelola. Iya, Kawan Kledo nggak salah dengar. Inbound marketing memang teknik pemasaran yang akan membuat konsumen datang sendiri. Hal ini tentu berkebalikan dengan teknik marketing yang biasanya bisnis yang mencari konsumen. Cara inbound marketing dianggap ampuh untuk meningkatkan penjualan dibandingkan cara outbound marketing atau pasar tradisional yang terkesan monoton dan membuat konsumen tidak nyaman.

Sejarah Inbound Maarketing

inbound marketing

Inbound marketing pertama kali muncul pada tahun 2005 dan dikenalkan oleh CEO dan co-founder HubSpot, Brian Halligan. Inbound marketing sendiri merupakan bagian dari SEO (Search Engine Optimization) yang semakin terkenal pada tahun 2007 dan benar-benar tumbuh berkembang pada tahun 2012. Sejak saat itu teknik inbound marketing banyak digunakan para digital marketing karena teknik ini dianggap lebih efektif dibandingkan teknik pemasaran tradisional yang biasanya digunakan. Dengan teknik inbound marketing ini sebuah bisnis dapat memaksimalkan tujuan dari bisnis.

Metodologi Inbound Marketing

marketing

Ada beberapa metodologi inbound marketing yang akan memudahkan Kawan Kledo untuk memahaminya. Berikut 4 (empat) metodologi yang harus Kawan Kledo ketahui sebelum menggunakan teknik pemasaran ini:

1. Attract (Menarik Perhatian)

Tahap pertama yang harus Kawan Kledo lakukan dalam inbound marketing adalah attract atau menarik perhatian. Pada tahap ini Kawan Kledo (pemilik bisnis/bagian marketing) fokus untuk menarik perhatian konsumen yang dituju. Hal ini dilakukan karena konsumen belum mengetahui bisnis yang sedang Kawan Kledo kembangkan dan untuk itu Kawan Kledo harus memperkenalkannya. Untuk memperkenalkannya, Kawan Kledo dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

  • SEO
  • Content marketing
  • Social media marketing
  • Digital Advertising

Dari cara-cara tersebut, Kawan Kledo bisa membuat konten-konten yang menarik untuk menarik perhatian konsumen yang ingin dituju. Menarik di sini maksudnya adalah konten Kawan Kledo tidak hanya menampilkan produknya saja, namun juga ada nilai berupa informasi yang bermanfaat bagi target pasar. Salah satu contoh yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah saat Kawan Kledo memasarkan produk kosmetik atau skincare, Kawan Kledo dapat memberikan tips dan trik mengatasi jerawat atau bisa juga membuat konten tentang bahan-bahan alami untuk perawatan kulit dan wajah. Dengan begitu, konsumen yang awalnya hanya sebagai pembaca dapat menjadi konsumen produk yang Kawan Kledo jual dan menjadi salah satu pengikutnya.

2. Convert

Dari tahap pertama yang Kawan Kledo lakukan, Kawan Kledo telah mendapatkan pengikut baru, namun ternyata mendapatkan pengikut tidak cukup. Kawan Kledo harus mengubah pengikut menjadi orang-orang yang potensial untuk membeli. Untuk itu Kawan Kledo harus mendapatkan kontak mereka, baik berupa alamat email, nomor handphone, atau informasi sejenisnya. Buat Kawan Kledo yang bingung bagaimana mendapatkan informasi kontak konsumen, Kawan Kledo dapat menggunakan beberapa cara ini:

  • Form
  • Landing page
  • Lead magnet

Jika Kawan Kledo pernah mengunjungi suatu website di internet dan meminta Kawan Kledo berlangganan koran atau berita dari mereka, ini yang disebut dengan convert. Dari berlangganan itu, Kawan Kledo akan mendapatkan informasi informasi kontak konsumen, seperti misalnya saat akan mengunduh file Kawan Kledo diminta untuk mengisi data diri sebelum melakukan pengunduhan. Setelah mendapatkan kontak informasi yang bisa dihubungi, kira-kira apa yang akan dilakukan? Dari kontak ini Kawan Kledo dapat menghubungi calon konsumen secara personal dan menarik mereka untuk melakukan pembelian produk yang Kawan Kledo jual.

3. Close

Pada tahap ‘Close’ ini saatnya Kawan Kledo mengubah calon kosumen menjadi konsumen. Kawan Kledo dapat melakukannya dengan menggunakan informasi kontak yang Kawan Kledo dapatkan pada tahap convert dan kirimkan konten atau pesan yang akan membuat mereka tertarik. Sebagai contoh, bisnis kosmetik dan skincare memberikan kupon diskon kepada konsumen yang sedang mencari produk kosmetik dan skincare. Dengan begitu, yakin deh calon konsumen akan tertarik untuk membelinya. Siapa sih yang nggak suka dikasih diskon di saat sedang butuh produk tersebut?

4. Delight

Tahap terakhir yang harus Kawan Kledo lakukan adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen dan tahap ini harus dilakukan sepanjang Kawan Kledo menjalankan bisnis. Dengan menjalin hubungan baik dengan konsumen Kawan Kledo dapat menjadikan mereka pelanggan setia produk Kawan Kledo. Menjalin hubungan baik dengan konsumen sangat penting untuk dilakukan karena nyatanya mencari konsumen baru jauh lebih sulit dibandingkan mempertahankan konsumen yang pernah mencoba produk Kawan Kledo. Kawan Kledo tetap bisa menggunakan informasi kontak konsumen untuk menjalin hubungan baik dan Kawan Kledo juga bisa melakukan survey kepada konsumen untuk mengukur tingkat kepuasan mereka dan juga sebagai bahan untuk melakukan perbaikan bisnis ke depannya.

Outbond Marketing

outbound

Sebelum mengenal istilah inbound marketing, outbound marketing sudah terlebih dahulu dipakai untuk mempromosikan produk yang dijual. Apa sebenarnya outbound marketing dan apa perbedaannya dengan inbound marketing?

Outbound marketing merupakan salah satu teknik dalam pemasaran yang bertujuan untuk menjangkau konsumen dari luar. Outbound marketing ini menggunakan media seperti TV, telepon, atau iklan di media cetak atau media eletronik. Teknik outbound marketing ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu antara lain:

  • Outbound marketing tidak memperhatikan karakter konsumen yang dituju sehingga teknik ini sering tidak tepat sasaran. Karena tidak tepat sasaran ini membuat teknik pemasaran ini peluangnya kecil untuk mendapatkan konsumen
  • Teknik pemasaran outbound ini terkesan mengganggu dan sering memaksa calon konsumen hingga menimbulkan kesan negatif.
  • Biaya yang digunakan untuk inbound marketing jauh lebih besar karena menggunakan media mainstream.

Perbedaan Outbound Marketing dan Inbound Marketing

Berbeda dengan outbound marketing yang fokus menarik konsumen dari luar, inbound marketing menggunakan cara yang berbanding terbalik dengan outbound marketing. Inbound marketing dilakukan dengan cara membuat calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan tanpa adanya paksaan.

Perbedaan di antara keduanya adalah pada bagian outbound marketing konsumen diperkenalkan produknya terlebih dahulu dan jika mereka tertarik mereka akan membeli, sedangkan pada inbound marketing pihak pemilik bisnis membuat konten dan dari konten tersebut dipromosikan bisnis secara tidak langsung. Dengan fokus kepada konten yang menarik dan memiliki manfaat bagi konsumen, dengan sendirinya konsumen akan tertarik dengan manfaat dari produk yang ditawarkan. Dengan cara ini konsumen tidak akan merasa terganggu, justru mereka merasa menemukan solusi dari permasalahan yang selama ini dihadapi. Dengan begitu, potensi menjadikan mereka pelanggan yang loyal akan semakin tinggi.

Manfaat yang Didapatkan dengan Inbound Marketing

inbound marketing

Dengan semua kelebihan yang dibiliki oleh inbound marketing, apa saja manfaat yang didapatkan oleh konsumen dengan teknik pemasaran ini?

Dapat menjadi Penghubung dengan Konsumen di Internet

Berapa banyak orang yang menggunakan iklan baris atau iklan di media cetak untuk mencari produk yang mereka inginkan? Pasti sudah sangat jarang, bukan? Hal ini dikarenakan saat ini 80% konsumen menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai produk yang mereka butuhkan. Terlebih di internet, konsumen bisa memperoleh semua informasi yang ingin mereka dapatkan. Dengan tingginya jumlah pengguna internet akan menjadi peluang yang besar bagi bisnis untuk mendapatkan target konsumen di sini.

Meningkatkan Penjualan

Dengan teknik inbound marketing ini pemilik bisnis dapat meningkatkan penjualan karena promosi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih murah. Kawan Kledo dapat mempromosikan produk Kawan Kledo dengan lebih murah. Kuncinya hanya bagaimana caranya Kawan Kledo membuat konten yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Lebih Hemat

Dibandingkan dengan marketing tradisional, inbound marketing memiliki harga yang jauh lebih mudah. Bayangkan saja berapa biaya yang dikeluarkan untuk satu kali penayangan iklan di media cetak atau media massa. Bedakan dengan promosi di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Meski ada fitur iklan berbayar di media sosial, namun pengguna tetap bisa menggunakan fitur gratis untuk promosi.

Dapat Menjangkau Pengguna Smartphone

Manfaat selanjutnya yang didapatkan dengan inbound marketing adalah Kawan Kledo dapat menjangkau pengguna smartphone sebagai target konsumen. Tentu ini tidak bisa dilakukan jika Kawan Kledo masih menggunakan teknik outbound marketing karena outbound marketing lebih fokus beriklan di TV dan media massa lainnya. Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone saat ini, ini akan menjadi peluang pasar yang sangat besar.

Kesimpulan

Inbound marketing saat ini lebih sering dipilih untuk mempromosikan bisnis dibandingkan outbound marketing yang terkesan monoton dan tidak menarik. Kawan Kledo juga bisa menjadi salah satu pemilik bisnis yang menggunakan teknik inbound marketing dengan cara-cara di atas.

Promosi bisnis memang sangat penting bagi perkembangan bisnis, namun ternyata promosi bisnis saja tidak cukup. Kawan Kledo harus mengelola keuangan bisnis dengan baik agar bisnis Kawan Kleod dapat berkembang dengan baik. Untuk memudahkannya Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang tentunya akan membuat pengelolaan keuangan jauh lebih mudah dan menyenangkan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *