Tips Manajemen Rantai Pasok dan Pengertian Lengkapnya

manajemen rantai pasok

Dalam bisnis, menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan Anda adalah pekerjaan utama Anda dan menyediakan barang tanpa proses yang sistematis adalah mustahil. Proses sistematis yang kami maksud adalah manajemen rantai pasok atau supply chain management.

Jika Anda terlibat dalam bisnis atau bahkan ingin memulainya, Anda harus mengenal baik istilah manajemen rantai pasok. Ini tidak hanya akan mempermudah Anda dalam memulai bisnis tetapi juga akan mempercepat pertumbuhan bisnis Anda yang sudah ada.

Jika Anda sudah penasaran, maka artikel ini akan membantu Anda mempelajari semua tentang manajemen rantai pasok.

Pada akhir artikel ini, Anda akan memiliki wawasan tentang:

  • Apa itu Manajemen Rantai Pasok?
  • Mengapa Manajemen Rantai Pasok Penting?
  • Apa tiga besar manfaat dari manajemen rantai pasok?
  • Bagaimana cara kerja manajemen rantai pasok?
  • Tips untuk meningkatkan manajemen rantai pasok

Jadi, mari kita baca secara lengkap:

Apa itu Manajemen Rantai Pasok?

manajemen rantai pasok

Manajemen rantai pasok atau supply chain management adalah proses mengelola perkembangan tenaga kerja juga produk dan menggabungkan semua siklus yang mengubah bahan mentah menjadi produk akhir.

Ini mencakup perampingan dinamis proses output pasokan bisnis. Proses ini untuk memperkuat nilai pelanggan dan mendapatkan keunggulan atas yang lain di pasar.

Manajemen rantai pasok membahas semua upaya yang dilakukan oleh pemasok untuk membuat dan menjalankan rantai pasokan yang cukup efektif dan efisien seperti yang diharapkan.

Rantai pasokan mencakup semuanya mulai dari, pembuatan produk, peningkatannya hingga kerangka kerja data yang diharapkan untuk mengoordinasikan upaya ini.

Kedengarannya seperti proses penting, bukan? Biarkan kami menjelaskan secara mendalam apa arti manajemen rantai pasok bagi bisnis Anda.

Mengapa Manajemen Rantai Pasok Penting dalam Bisnis?

Dunia ini dapat dilihat sebagai satu jaringan rantai pasokan yang sangat besar. Pelanggan dan produsen berbicara satu sama lain dalam semua diskusi yang terkait dengan bisnis. Setiap item melewati tahapan yang berbeda sebelum tiba di tujuannya.

Jaringan produksi mengelola isu-isu signifikan yang berkaitan dengan pengembangan perusahaan, asosiasi, perluasan merek di seluruh dunia, dan evaluasi ulang.

Supply chain management merupakan kebutuhan bagi berdirinya setiap perusahaan. Manajemen rantai pasok yang kuat mengatasi masalah dua produsen dan pembeli dan mengadopsi strategi yang terkoordinasi.

Jika kegiatan di berbagai bidang saling berkoordinasi dan berbagi, ini dapat membuat rantai pasokan jauh lebih efektif.

Itu membuat logistik perusahaan mana pun juga jauh lebih mudah untuk melacak dan menangani semua aspek jaringan rantai pasokan dalam memberikan informasi persediaan dan pengadaan yang didukung oleh lebih dari satu cabang.

Ini dapat meningkatkan bisnis Anda dalam beberapa cara yang akan segera kita bahas.

Manajemen rantai pasok yang kuat memungkinkan Anda meningkatkan layanan pelanggan secara signifikan.

Item yang tepat dan jumlah yang tepat harus dikirimkan dengan nyaman untuk menenangkan produsen dan grosir.

Konsumen harus memiliki pilihan untuk mengetahui daerah yang tepat mereka harus pergi untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Secara umum, manajemen pasokan yang unggul pada akhirnya akan mendorong bisnis menjadi lebih baik.

Mari kita lihat apa tiga manfaat besar dari manajemen rantai pasokan yang akan Anda menangkan dengan praktik ini.

Manfaat Manajemen Rantai Pasok dalam Bisnis

Pengurangan Biaya

Dengan mengoordinasikan pemasok dan menerapkan inovasi, bisnis dapat menurunkan biaya kerja dengan bereaksi lebih progresif terhadap kebutuhan klien. Mengelola barang, memproduksi barang sesuai permintaan.

Manajemen rantai pasokan memastikan bahwa bisnis tidak memproduksi secara berlebihan, sehingga mengurangi tenaga kerja dan menambah biaya persediaan, dan mengganggu proses manajemen persediaan.

Produsen juga bergantung pada manajemen rantai pasokan untuk mengirimkan bahan mentah secara andal ke pabrik perakitan untuk menghindari kekurangan bahan yang akan menghentikan produksi.

Selain itu, mereka juga bergantung padanya untuk merancang jaringan yang memenuhi tujuan layanan pelanggan dengan biaya total paling rendah. Rantai pasokan yang efisien memungkinkan perusahaan menjadi lebih kompetitif di pasar.

Peningkatan Pendapatan

Saat ini, karena organisasi menggunakan inovasi dan teknologi untuk mendekati permintaan dan minat pelanggan dengan cepat. Dalam kebanyakan kasus, barang tetap dapat diakses oleh pelanggan untuk dibeli.

Ketika barang-barang manufaktur disederhanakan, pekerjaan dan bahan dapat diberikan untuk membuat barang-barang baru untuk ditawarkan kepada pelanggan dan membangun merek lebih jauh.

Selain produksi, ini mungkin juga berarti memberikan kontribusi administrasi yang berbeda kepada pelanggan.

Penggunaan Aset yang Efisien

Dengan bantuan supply chain management yang efektif, organisasi dapat memanfaatkan sumber daya rumah, transportasi, atau perangkat keras dengan paling memadai.

Mungkin dengan menambahkan jarak tempuh yang tidak perlu ke peralatan perakitan, organisasi dapat memenuhi kebutuhan dan tidak menyia-nyiakan sumber daya.

Ini memastikan bahwa organisasi mengirimkan barang dengan kecepatan yang lebih tinggi, menjamin bahwa barang dapat diakses, tidak ada masalah kualitas, dan melakukan pengembalian barang dengan mudah, pada akhirnya mengembangkan nilai lebih lanjut, baik di dalam organisasi maupun bagi pelanggan.

Organisasi menghargai supply chain manager karena ia mengurangi penggunaan aset tetap besar seperti pabrik, gudang, dan kendaraan dalam rantai pasokan.

Ini adalah beberapa manfaat menarik dari manajemen rantai pasokan. Sementara Anda baru saja bersiap untuk memiliki supply chain management yang lebih baik di perusahaan Anda, biarkan kami dengan cepat memberi tahu Anda cara kerja supply chain management.

Baca juga: Memahami Kebijakan Moneter dari Jenis dan Instrumennya

Bagaimana Manajemen Rantai Pasok Bekerja?

manajemen rantai pasok

Ada lima tahapan utama yang terlibat dalam proses supply chain management yang membuat proses rantai pasokan menjadi efisien.

Tahap 1: Perencanaan

Anda merencanakan dan mengelola semua aset yang diperlukan, sumber daya yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Hal ini diperlukan untuk meramalkan permintaan bahkan sebelum Anda mulai melakukan bisnis Anda.

Setelah Anda menyiapkan rantai pasokan, Anda dapat melacak metrik pergerakan Anda, dan mengukur apakah rantai pasokan berfungsi dengan baik atau tidak.

Anda juga bisa mencari tahu apakah itu memenuhi harapan pelanggan dan tujuan perusahaan atau tidak.

Tahap 2: Pemilihan pemasok

Tahap kedua adalah tahap yang krusial. Tahap ini melibatkan pemilihan pemasok yang akan memberi Anda barang, bahan baku, atau jasa untuk membantu mencapai target Anda selain fakta bahwa ini termasuk membuat beberapa perjanjian yang mengawasi pemasok, namun juga mengawasi dan mengamati koneksi yang ada.

Sebagai komponen dalam pemilihan pemasok yang tepat, tim rantai pasokan mengawasi siklus pemesanan barang, menerima inventaris, mengawasi inventaris, menyetujui faktur untuk pemasok, dan memastikan prosesnya mudah.

Tahap 3: Manufaktur

Proses supply chain management tambahan melibatkan proses yang membantu dalam pembuatan produk akhir.

Ini terutama mencakup eksplorasi dan pengelolaan bahan baku, pengujian kualitas barang, bundling mereka.

Untuk sebagian besar, organisasi menilai kualitas, keluaran, dan kegunaan pekerja untuk menjamin oleh dan pedoman besar dipertahankan.

Tahap 4: Delivering

Pada kebanyakan kasus, manajemen rantai pasok dalam sebuah bisnis akan selalu gagal tanpa tahap ini. Setelah Anda membuat barang, barang itu harus dikirim ke tangan yang tepat.

Tahap ini mencakup mengelola pesanan, menjadwalkan pengiriman barang, mengirim barang, menagih barang, dan menyelesaikan pembayaran tepat waktu.

Pada umumnya dalam proses pengiriman, armada kendaraan harus diselaraskan agar transportasi, perpindahan barang dapat dilakukan dengan lancar.

Semuanya berada di bawah supply chain management, dari truk besar hingga truk mini hingga bahkan kendaraan roda dua yang terlibat dalam pengiriman kecil. Ada juga saat-saat ketika organisasi mengalihdayakan proses pengiriman atau transportasi.

Tahap 5: Pengembalian Barang

Ini mungkin merupakan skenario kasus yang jarang terjadi bagi sebagian besar perusahaan, tetapi penting bahwa ada proses bertahap dan terencana untuk mengembalikan barang.

Lagi pula, ini adalah tentang layanan pelanggan yang Anda berikan.

Hal ini terkadang melibatkan penolakan atau pengiriman ulang produk yang tidak sempurna; di tempat lain, itu mungkin hanya berarti mengembalikan barang ke pusat distribusi.

Pada tahap ini, organisasi harus mampu dan beradaptasi untuk membantu kebutuhan dukungan pelanggan.

Itulah cara kerja manajemen rantai pasokan. Jika Anda sudah memiliki proses di tempat kerja, Anda mungkin ingin memperbaikinya untuk hasil yang lebih baik.

Jadi di sini kami memiliki beberapa tips untuk meningkatkan dan meningkatkan manajemen rantai pasok Anda menjadi yang kuat.

Tips agar Manajemen Rantai Pasok pada Bisnis Berjalan Optimal

Anda tidak ingin pertumbuhan bisnis Anda stagnan. Bisnis harus terus meningkat. Dengan sistem supply chain management yang kuat, Anda akan selalu selangkah lebih dekat untuk mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

Untuk membantu Anda memperkuat manajemen rantai pasokan Anda, kami memiliki daftar tips.

Otomatiskan Proses dengan Teknologi

Mengamati tingkat persediaan dari banyak gudang membutuhkan banyak waktu dan upaya dari pemilik bisnis atau karyawan Anda.

Namun, Anda dapat mengurangi waktu dan upaya yang Anda dedikasikan dengan bantuan teknologi, seperti menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur persediaan terlengkap, contohnya Kledo.

Mengingat salah satu komponen utama dari manajemen rantai pasokan adalah mempertahankan tingkat persediaan yang optimal, menggunakan fitur persediaan pada software akuntansi Kledo bisa sangat berguna.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah mencatat dan memantau tingkat persediaan pada bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau sehingga jumlah persediaan bisnis Anda sesuai dengan permintaan pasar.

Memiliki Sistem Standar

Sebuah sistem standar adalah kunci untuk pencapaian dari setiap manajemen rantai pasok.

Dengan memiliki sistem standar seperti penggunakan software akuntansi, Anda bisa melakukan hal yang lebih berguna bagi bisnis Anda, sambil menyisihkan waktu dan uang.

Keuntungan lain adalah bahwa pekerja akan berbagi seperangkat alat dan perangkat standar, yang akan membangun akurasi, memberdayakan kolaborasi, dan mengesampingkan segala jenis miskomunikasi.

Lebih Transparan

Selalu ada kemungkinan terjadi kesalahan. Mungkin ada pemborosan barang, kesalahan pemborosan, dan bahkan penipuan sering terjadi dalam manajemen rantai pasokan. Untuk mengekang ini, Anda harus memiliki sistem yang transparan.

Mungkin masalah yang paling serius adalah mengakomodasi nomor produk dengan penghitungan stok yang sebenarnya. Beberapa produk diabaikan atau pada dasarnya hilang.

Memperbaiki manajemen rantai pasokan Anda lebih transparan akan mengurangi kemungkinan kemalangan yang bisa terjadi dengan perusahaan Anda.

Baca juga: Apa itu Distributor? Berikut Adalah Penjelasan Lengkapnya

Pastikan Data Akurat

Proses manajemen persediaan bergantung pada informasi dan data yang akurat. Memiliki laporan berkelanjutan yang dapat diakses secara real-time akan memberikan pemahaman yang signifikan tentang keberhasilan rantai pasokan.

Penggunaan software akuntansi memungkinkan pengguna memiliki opsi untuk mendapatkan informasi persediaan, pembelian, dan informasi lainnya dengan cepat untuk tujuan dinamis utama.

Dengan Kledo, Anda dapat memiliki laporan real time dan memperkuat supply chain management Anda.

Banner 3 kledo

Evaluasi Kinerja Vendor

Kerangka rantai pasokan yang mudah dijalankan membutuhkan kinerja vendor yang baik. Akibatnya, harus diamati dan dievaluasi melalui pengukuran efektif yang dapat diakses dengan mudah melalui Kledo.

Dengan beberapa klik mouse, pemilik bisnis dapat mengaudit durasi proses merchant dan tingkat kesalahan. Informasi ini penting untuk proses bisnis dan memastikan Anda bekerja sama dengan vendor yang tepat

Perhatikan Setiap Biaya

Ada banyak faktor yang akan membuat biaya tidak terkira dalam bisnis. Oleh karena itu, Anda harus memastikan Anda mengetahui setiap biaya yang Anda keluarkan dalam setiap proses pengelolaan pasokan Anda.

Memiliki informasi moneter terpadu menunjukkan dengan tepat kapan dan di mana Anda mengeluarkan uang.

Ini akan memberdayakan korespondensi dan sistem terkait biaya untuk menyatukan biaya dan memperlancar setiap langkah supply chain management.

Buat Manajemen Pengembalian yang Solid

Seperti yang telah kami beri tahu diatas bahwa proses pengembalian adalah komponen penting dari manajemen rantai pasokan, Anda harus memiliki sistem manajemen pengembalian yang solid.

Setiap teknik manajemen rantai pasokan yang kuat membutuhkan pengembalian yang mahir ke kerangka kerja eksekutif.

Pembuat harus memiliki opsi untuk menangani pengembalian dengan baik sehingga mereka dapat dengan cepat berinteraksi kembali atau membuat ulang item atau unit yang dikembalikan.

Just In Time Inventory

Anda tidak siap untuk permintaan pelanggan, tetapi Anda ingin memenuhi kebutuhan mereka. Dalam hal ini, pilihan terbaik Anda adalah Just In Time Inventory.

Sistem Kledo secara alami bekerja dengan baik dengan manufaktur just-in-time dan Manajemen Persediaan JIT untuk mengurangi biaya persediaan dan meningkatkan rasio perputaran persediaan.

Akibatnya, akan ada lebih sedikit biaya overhead dan kesalahan komunikasi pemenuhan pesanan. Beroperasi pada tingkat persediaan yang optimal dan mengurangi biaya gudang.

Kembangkan Departemen Supply Chain

Anda harus mendirikan departemen administrasi yang menawarkan prosedur yang wajar untuk kegunaan dan produktivitas.

Departeman rantai adalah untuk mengelola dan menyesuaikan tujuan organisasi manajemen rantai pasokan.

Ini akan membantu Anda menghilangkan hambatan dalam organisasi. Ini juga berfungsi pada korespondensi lintas-utilitarian bisnis.

Ini membuka pintu bagi para perintis untuk memberikan jaringan toko yang layak kepada para eksekutif di tugas-tugas masa depan.

Review Selalu Prosedur Manajemen Rantai Pasok Anda

Manajemen rantai pasok harus meninjau strategi dan metodologi survei untuk menjamin produktivitas dan konsistensi proses.

Ini juga untuk menghindari hambatan dalam jaringan produksi, merampingkan tugas, dan mengurangi bahaya pencurian dan pemerasan.

Survei normal membantu membedakan komponen bahaya yang berbeda dan menilai efek moneternya. Dengan cara ini, Anda dapat membuat proses Anda lebih konkret.

Perkuat Manajemen Rantai Pasok Anda menggunakan Kledo

Seperti setiap bisnis, kami yakin Anda membidik keuntungan yang tinggi juga, dan dengan Kledo, kami dapat membantu Anda mencapai target yang Anda inginkan.

Software akuntansi Kledo akan meningkatkan manajemen rantai pasokan Anda dengan cara yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Mari kita memahami apa cara-cara ini.

Untuk memulainya, dengan Kledo, Anda dapat membuat manajemen rantai pasokan Anda menjadi mudah. Kelola penjualan dan pesanan Anda dari awal hingga akhir.

Buat perkiraan dan konversikan ke faktur setelah konfirmasi. Menerima dan mencatat pembayaran secara otomatis. Penuhi pesanan dan pantau harga pokok penjualan Anda.

Kelola dan ketahui level persediaan Anda dengan Kledo dalam beberapa klik.

Kesulitan untuk mengetahui level stok saat ini di gudang Anda? Jangan khawatir! Software akuntansi Kledo memperbarui stok Anda secara real-time dan memungkinkan Anda melihat ketersediaan stok di setiap gudang dalam hitungan detik.

Mengakses tingkatpersediaan Anda tidak pernah semudah ini. Kledo memberdayakan Anda untuk membuat keputusan yang tepat guna mengoptimalkan manajemen persediaan Anda dan mengurangi biaya secara signifikan.

Inilah keajaiban Kledo yang akan Anda lewatkan jika tidak mengikuti uji coba gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − six =