Tips Membangun Usaha Konveksi dan Raih Kesuksesan

usaha konveksi

Di kota-kota besar usaha konveksi menjadi salah satu usaha yang banyak dipilih oleh perusahaan-perusahaan besar. Bisnis konveksi ini merupakan bisnis yang bergerak di bidang pakaian secara massal atau partai besar berdasarkan pesanan yang masuk.

Jika bisnis pakaian biasanya dilakukan per pieces, usaha konveksi ini dilakukan dalam jumlah besar. Dengan adanya usaha ini pastinya membuat perusahaan dapat menyerap karyawan dalam jumlah besar dan mengurangi pengangguran.

Kabar baiknya, bisnis ini ternyata tidak hanya bisa dilakukan di kota besar. Kawan Kledo yang tinggal di kota kecil atau pedesaan juga bisa memulai usaha ini.

Dengan kemudahan promosi di internet dan media sosial, serta akses pengiriman ekspedisi yang telah merata ke desa membuat usaha ini juga memiliki peluang yang menjanjikan di desa. Jadi, bisa nih dijadikan pilihan oleh Kawan Kledo yang memang memiliki minat di usaha konveksi.

Lalu bagaimana agar bisnis konveksi ini bisa meraih kesuksesan? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Usaha Konveksi?

usaha konveksi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, usaha konveksi merupakan usaha yang bergerak di bidang produksi pakaian secara massal. Pakaian yang diproduksi di industri konveksi ini antara lain seragam perusahaan atau organisasi, kaos, jaket, kemeja, dan lainnya.

Bisnis konveksi menjadi salah satu industri yang menyerap karyawan cukup banyak. Tidak hanya untuk mereka yang bisa menjahit, industri konveksi juga mempekerjakan karyawan bagian memotong bahan hingga finishing.

Baca Juga: Memulai Bisnis Pakaian Custom, Bagaimana Caranya?

Peluang Usaha Konveksi

Seperti yang diketahui pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh seseorang. Oleh karena itu, bisnis ini selalu memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Peluang bisnis ini semakin meningkat ketika hari-hari tertentu, misalnya saat lebaran atau hari-hari besar. Ketika hari besar seperti lebaran, omzet bisnis ini akan mengalami peningkatan.

Bisnis ini juga memiliki peluang karena banyak sekolah-sekolah atau perusahaan yang membuat seragam untuk acara-acara tertentu. Kawan Kledo bisa mengajukan kerjasama dengan perusahaan atau sekolah dalam rangka penyediaan seragam ini.

Kelebihan Usaha Konveksi

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh usaha konveksi, apa saja?

1. Usaha Konveksi dapat Dimulai dengan Modal Minim

Kata siapa memulai bisnis konveksi ini membutuhkan modal yang besar? Buat Kawan Kledo yang tertarik dengan bisnis ini, Kawan Kledo bisa lho memulainya dengan modal minim yaitu hanya Rp5 juta hingga Rp15 juta.

Dengan modal minim itu, Kawan Kledo bisa menyesuaikan dengan peralatan, tempat usaha, karyawan, biaya untuk marketing, dan kuantitas produksi. Nah ketika bisnis Kawan Kledo semakin besar, Kawan Kledo bisa menambah modal dari keuntungan yang didapat.

2. Pasar Usaha Konveksi Luas

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh bisnis ini adalah pasarnya yang luas. Terlebih untuk bisnis yang kaos yang banyak dibutuhkan, misalnya untuk kaos distro.

Selain itu, biasanya konveksi mendapatkan pesanan untuk acara-acara tertentu seperti saat kampanye politik atau seminar yang membutuhkan kaos dalam jumlah besar. Ini pastinya menjadi peluang yang cukup menjanjikan bagi Kawan Kledo yang memiliki bisnis di bidang ini.

3. Tidak Memiliki Batas Gender

Bisnis konveksi merupakan salah satu bisnis yang tidak memiliki batas gender. Siapapun bisa memiliki usaha ini dan pelanggan dari bisnis ini juga bisa dari berbagai jenis gender. Jadi, siapapun memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis ini.

4. Bisa Dikerjakan secara Full Time atau Part Time

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis ini tetapi masih memiliki kerjaan lainnya, Kawan Kledo bisa mengerjakan bisnis ini secara part time. Selain part time, Kawan Kledo juga bisa melakukan pekerjaan ini full time jika ingin lebih fokus dengan bisnis ini.

Jadi, dapat dikatakan bisnis konveksi ini cukup fleksibel untuk dikerjaan secara part time ataupun full time.

5. Strategi Pemasaran yang Fleksibel

Bisnis konveksi juga memiliki strategi pemasaran yang fleksibel. Kawan Kledo dapat menggunakan strategi pemasaran digital, seperti pemasaran di internet, pemasaran di media sosial, ataupun menggunakan strategi pemasaran lainnya seperti memasang iklan atau mengajukan kerjasama dengan pihak lain.

Tips Membangun Usaha Konveksi

Berikut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk membangun bisnis konveksi, apa saja?

1. Lakukan Analisis Pasar

Tips pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk menyukseskan bisnis konveksi yang Kawan Kledo miliki adalah dengan melakukan analisis pasar. Analisis pasar ini menjadi bagian penting yang harus dilakukan oleh setiap bisnis, termasuk bisnis konveksi.

Lakukan analisis pasar ini secara mendalam untuk mengetahui peluang-peluang yang dapat Kawan Kledo gunakan untuk mengembangkan bisnis. Ada beberapa yang dapat Kawan Kledo lakukan saat melakukan analisis pasar, antara lain analisis peluang, analisis potensi, analisis kompetitor, analisis modal, hingga analisis fakto SWOT.

2. Kerjasama dengan Supplier

Tips kedua yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis konveksi dengan mudah adalah dengan melakukan kerjasama dengan supplier. Supplier yang dimaksud di sini adalah supplier yang akan menyediakan bahan-bahan untuk proses produksi konveksi, seperti kain, benang, hingga perlatan lainnya.

Bekerja sama dengan supplier akan membuat Kawan Kledo bisa mendapatkan harga lebih murah dibandingkan membeli di tempat lain. Dengan begitu modal yang dikeluarkan dapat dikurangi dan keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal.

3. Lakukan Branding

Branding menjadi bagian penting yang akan membuat bisnis Kawan Kledo lebih dikenal secara luas. Oleh karenanya Kawan Kledo sebaiknya melakukan branding ini dengan baik agar usaha Kawan Kledo lebih dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas.

Branding pada bisnis konveksi dilakukan dengan cara melakukan kerjasama dengan perusahaan lain atau dengan melakukan promosi di media sosial. Semakin baik Kawan Kledo melakukan branding semakin besar pula kesempatan bagi bisnis Kawan Kledo untuk dikenal secara luas.

4. Pilih Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi yang tepat akan mempengaruhi bisnis konveksi yang sedang Kawan Kledo bangun. Untuk bisnis konveksi dengan skala besar, Kawan Kledo pasti membutuhkan tempat yang besar pula.

Namun buat Kawan Kledo yang memulai bisnis ini dengan skala kecil, Kawan Kledo bisa memulainya dari rumah. Jika Kawan Kledo memiliki ruangan atau gedung yang tidak digunakan juga bisa menjadikannya sebagai lokasi produksi konveksi.

5. Pertahankan Kualitas

Kualitas menjadi bagian penting yang akan menarik minat pelanggan untuk membeli produk yang Kawan Kledo hasilkan. Kualitas ini juga turut mempengaruhi pelanggan untuk repeat order atau melakukan pemesanan ulang.

Jadi, pastikan Kawan Kledo menjaga dan mempertahankan kualitas terbaik yang sudah ada. Kawan Kledo juga bisa meningkatkannya untuk membuat pelanggan tertarik dengan produk Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa melakukan survei pelanggan atau evaluasi untuk menilai kualitas produk yang selama ini dihasilkan. Lakukan evaluasi ini selama beberapa bulan sekali untuk memperbaiki apa yang kurang dan mempertahankan yang masih baik untuk dilanjutkan.

6. Pilih Model Bisnis B2B

Model bisnis B2B atau Business to Business merupakan salah satu pilihan yang bisa Kawan Kledo terapkan ke dalam bisnis konveksi ini. B2B merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara menjual produk kepada perusahaan.

Strategi B2B ini dipercaya dapat membantu perusahaan menjadi lebih mudah berkembang karena biasanya perusahaan melakukan pemesanan dalam jumlah yang besar.

7. Terapkan Sistem Grosir

Tips ketujuh yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan menerapkan sistem grosir di bisnis konveksi ini. Kawan Kledo memberikan harga yang lebih murah kepada pelanggan yang membeli secara grosir dibandingkan pelanggan yang membelinya secara ecer.

Meskipun Kawan Kledo mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit dengan sistem grosir ini, namun karena kuantitasnya lebih besar akan membuat perputaran bisnis menjadi lebih besar. Dengan begitu keuntungan yang sedikit dapat menjadi lebih besar karena pemesanan dalam jumlah besar ini.

8. Lakukan Promosi dengan Tepat

Promosi dilakukan agar produk Kawan Kledo dapat dikenal secara luas. Ada berbagai cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mempromosikan produk ini.

Sistem grosir bisa menjadi salah satu promosi untuk bisnis konveksi. Cara promosi lainnya yang dapat Kawan Kledo lakukan antara lain memberikan harga khusus pada saat pembukaan, memberikan harga khusus di hari-hari tertentu, atau mengadakan giveaway di media sosial.

9. Pakai Sistem Reseller dan Dropship

Selain sistem grosir, Kawan Kledo juga bisa bekerjasama dengan reseller dan dropshipper untuk meningkatkan penjualan bisnis konveksi ini. Buka sistem reseller dan dropshipper di media sosial atau marketplace dengan cara memberikan harga yang lebih mudah sehingga reseller dan dropshipper bisa mendapatkan keuntungan.

Dengan menggunakan sistem ini, Kawan Kledo bisa meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

10. Kelola Keuangan dengan Baik

Setelah melakukan semua tips-tips yang ada di atas untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang besar, tips terakhir yang harus Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Catat transaksi yang masuk dengan sebaik mungkin dan pisahkan antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Dengan fitur-fitur akuntansi yang dimilikinya, Kledo akan membuat pengelolaan keuangan lebih mudah dan menyenangkan.

Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Banner 3 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips membangun usaha konveksi hingga sukses yang dapat Kawan Kledo lakukan. Temukan tips-tips bisnis lainnya dan juga informasi mengenai akuntansi hanya di Blog Kledo.

Jangan lupa juga untuk menggunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − one =