Manajemen SDM: Pengertian, Fungsi, Aktivitas, dan Tips Mengelolanya

manajemen sdm

Manajemen sumber daya manusia atau SDM adalah bagian penting dari organisasi yang membantu membuat tempat kerja beroperasi secara efisien.

Tim manajemen SDM ini sering menjadi penghubung antara pemberi kerja atau manajer dan karyawan, menengahi konflik, menyelesaikan perselisihan dan memberikan jawaban berdasarkan kebijakan dan prosedur.

Belajar tentang tim manajemen sumber daya manusia dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda ingin mengejar posisi kepemimpinan ini.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan manajemen SDM, menjelaskan apa fungsi dan lingkupnya dan tips dalam mengelola manajemen SDM dalam bisnis.

Apa itu Manajemen SDM?

manajemen sdm

Manajemen sumber daya manusia atau SDM adalah kelompok yang mengelola karyawan perusahaan, termasuk staf sumber daya manusia (SDM) lainnya.

Manajer sumber daya manusia adalah posisi di perusahaan yang melibatkan fungsi yang sama dengan manajemen sumber daya manusia, seperti menangani pelatihan dan orientasi, kebijakan dan prosedur, dan operasi.

Manajer SDM dan tim mereka merupakan bagian integral dari tugas departemen dan struktur perusahaan.

Para profesional ini menulis deskripsi pekerjaan, memiliki pengetahuan tentang struktur gaji dan mendokumentasikan tindakan dan aktivitas karyawan.

Manajer sumber daya manusia juga tetap mengikuti undang-undang perburuhan, persyaratan nasional, demografi, dan budaya perusahaan.

Lingkup Aktivitas Manajemen SDM

Kepegawaian

Ini termasuk kegiatan mempekerjakan karyawan penuh waktu atau paruh waktu baru, mempekerjakan kontraktor, dan mengakhiri kontrak karyawan

Kegiatan kepegawaian meliputi:

  • Mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan bakat (melalui rekrutmen, terutama)
  • Memanfaatkan berbagai teknologi rekrutmen untuk mendapatkan pelamar dalam jumlah besar (dan menyaring berdasarkan pengalaman)
  • Mengakhiri kontrak bila perlu
  • Mempertahankan praktik perekrutan yang etis dan menyelaraskan dengan lingkungan peraturan
  • Menulis kontrak karyawan dan menegosiasikan gaji dan tunjangan

Development

Mengangkat karyawan baru dan menyediakan sumber daya untuk pengembangan berkelanjutan adalah investasi utama bagi organisasi, dan SDM bertanggung jawab untuk mempertahankan pendekatan pengembangan terhadap sumber daya manusia yang ada.

Kegiatan pengembangan meliputi:

  • Melatih dan mempersiapkan karyawan baru untuk peran mereka
  • Memberikan kesempatan pelatihan (pelatihan internal, program pendidikan, konferensi, dll) agar karyawan tetap up to date di bidangnya masing-masing
  • Mempersiapkan prospek manajemen dan memberikan umpan balik kepada karyawan dan manajer

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Kompensasi

Gaji dan tunjangan juga termasuk dalam lingkup manajemen sumber daya manusia. Ini termasuk mengidentifikasi kompensasi yang sesuai berdasarkan peran, kinerja, dan persyaratan hukum.

Kegiatan kompensasi meliputi:

  • Menetapkan tingkat kompensasi agar sesuai dengan pasar, menggunakan tolok ukur seperti standar industri untuk fungsi pekerjaan tertentu
  • Menegosiasikan tarif asuransi kesehatan kelompok, rencana pensiun, dan manfaat lainnya dengan penyedia pihak ketiga
  • Membahas kenaikan dan/atau kenaikan dan/atau penurunan kompensasi lainnya dengan karyawan dalam organisasi
  • Memastikan kepatuhan terhadap ekspektasi hukum dan budaya dalam hal kompensasi karyawan

Keamanan dan kesehatan

Mencapai praktik terbaik di berbagai industri termasuk mempertimbangkan dengan cermat masalah keselamatan dan kesehatan bagi karyawan.

Kegiatan keselamatan dan kesehatan kerja meliputi:

  • Memastikan kepatuhan terhadap persyaratan hukum berdasarkan fungsi pekerjaan untuk langkah-langkah keselamatan (yaitu topi keras dalam konstruksi, konseling yang tersedia untuk penegakan hukum, peralatan keselamatan yang sesuai untuk ahli kimia, dll.)
  • Menerapkan langkah-langkah keamanan baru ketika undang-undang berubah di industri tertentu
  • Membahas keselamatan dan kepatuhan dengan departemen pemerintah terkait
  • Membahas keselamatan dan kepatuhan dengan serikat pekerja

Baca juga: Apa itu FOMO dan Bagaimana Cara Menerapkannya dalam Pemasaran

Hubungan Karyawan dan Tenaga Kerja

Mempertahankan hak-hak karyawan, berkoordinasi dengan serikat pekerja, dan menengahi perselisihan antara organisasi dan sumber daya manusianya juga merupakan fungsi inti dari manajemen SDM.

Kegiatan kepegawaian dan hubungan kerja meliputi:

  • Mediasi perselisihan antara karyawan dan pengusaha
  • Mediasi perselisihan antara karyawan dan karyawan lainnya
  • Mempertimbangkan klaim pelecehan dan pelanggaran di tempat kerja lainnya
  • Membahas hak-hak karyawan dengan serikat pekerja, manajemen, dan pemangku kepentingan
  • Bertindak sebagai suara organisasi dan/atau suara karyawan selama masalah organisasi yang lebih luas yang berkaitan dengan kesejahteraan karyawan.

Fungsi Manajemen SDM

Fungsi manejerial

Perencanaan Sumber Daya Manusia

Dalam fungsi manajemen SDM ini, jumlah dan jenis karyawan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi ditentukan.

Penelitian merupakan bagian penting dari fungsi ini, informasi dikumpulkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi kebutuhan sumber daya manusia saat ini dan masa depan dan untuk meramalkan perubahan nilai, sikap, dan perilaku karyawan dan dampaknya terhadap organisasi.

Pengorganisasian

Dalam sebuah organisasi tugas-tugas dialokasikan di antara para anggotanya, hubungan diidentifikasi, dan kegiatan diintegrasikan menuju tujuan bersama.

Hubungan dibangun di antara karyawan sehingga mereka secara kolektif dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan organisasi.

Pengarahan

Mengaktifkan karyawan pada tingkat yang berbeda dan membuat mereka berkontribusi maksimal pada organisasi dimungkinkan melalui arahan dan motivasi yang tepat.

Merekam potensi maksimum karyawan dimungkinkan melalui motivasi dan perintah.

Baca juga: Manajemen Mutu: Pengertian, Fungsi, Komponen, Prinsip dan Contohnya

Pengendalian

Setelah perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan, kinerja aktual karyawan diperiksa, diverifikasi, dan dibandingkan dengan rencana.

Jika kinerja aktual ditemukan menyimpang dari rencana, tindakan pengendalian harus diambil.

Fungsi Operasi

Rekrutmen dan Seleksi

Rekrutmen kandidat adalah fungsi sebelum seleksi, yang membawa kumpulan calon kandidat untuk organisasi sehingga manajemen dapat memilih kandidat yang tepat dari kumpulan ini.

Analisis dan Desain Pekerjaan

Analisis pekerjaan adalah proses menggambarkan sifat pekerjaan dan menentukan persyaratan manusia seperti kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman kerja untuk melakukan pekerjaan itu.

Desain pekerjaan bertujuan untuk menguraikan dan mengatur tugas, tugas, dan tanggung jawab ke dalam satu unit kerja untuk pencapaian tujuan tertentu.

Penilaian Kinerja

Profesional sumber daya manusia diharuskan melakukan fungsi ini untuk memastikan bahwa kinerja karyawan berada pada tingkat yang dapat diterima.

Pelatihan dan Pengembangan

Fungsi manajemen sumber daya manusia ini membantu karyawan memperoleh keterampilan dan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif. P

rogram pelatihan dan pengembangan diselenggarakan baik untuk karyawan baru maupun yang sudah ada.

Karyawan dipersiapkan untuk tanggung jawab tingkat yang lebih tinggi melalui pelatihan dan pengembangan.

Administrasi Upah dan Gaji

Manajemen sumber daya manusia menentukan apa yang harus dibayar untuk berbagai jenis pekerjaan.

Manajemen sumber daya manusia memutuskan kompensasi karyawan yang meliputi – administrasi upah, administrasi gaji, insentif, bonus, tunjangan, dan lain-lain.

Kesejahteraan Karyawan

Fungsi ini mengacu pada berbagai layanan, manfaat, dan fasilitas yang diberikan kepada karyawan untuk kesejahteraan mereka.

Pemeliharaan

Sumber daya manusia dianggap sebagai aset bagi organisasi. Perputaran karyawan dianggap tidak baik bagi organisasi.

Manajemen sumber daya manusia selalu berusaha untuk menjaga karyawan berkinerja terbaik mereka dengan organisasi.

Baca juga: Manajemen Logistik: Pengertian dan Tips Untuk Mengoptimalkannya

Hubungan Tenaga Kerja

Fungsi ini mengacu pada interaksi manajemen sumber daya manusia dengan karyawan yang diwakili oleh serikat pekerja.

Karyawan berkumpul dan membentuk serikat pekerja untuk mendapatkan lebih banyak suara dalam keputusan yang mempengaruhi upah, tunjangan, kondisi kerja, dll.

Riset Personalia

Riset personalia dilakukan oleh manajemen sumber daya manusia untuk mengumpulkan pendapat karyawan tentang upah dan gaji, promosi, kondisi kerja, kegiatan kesejahteraan, kepemimpinan, dll,.

Penelitian semacam itu membantu dalam memahami kepuasan karyawan, pergantian karyawan, pemutusan hubungan kerja, dll.

Catatan Personil

Fungsi ini mencakup pencatatan, pemeliharaan, dan pengambilan informasi terkait karyawan seperti – formulir aplikasi, riwayat pekerjaan, jam kerja, penghasilan, absen dan hadiah karyawan, pergantian karyawan, dan data lain yang terkait dengan karyawan.

Fungsi Penasehat

Manajemen Sumber Daya Manusia ahli dalam mengelola sumber daya manusia sehingga dapat memberikan nasihat tentang hal-hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia organisasi. Manajemen Sumber Daya Manusia dapat menawarkan saran untuk:

Penasihat kepada Manajemen Puncak

Manajer SDM memberi saran kepada manajemen puncak dalam perumusan dan evaluasi program, kebijakan, dan prosedur personalia.

Memberi saran kepada Kepala Departemen

Manajer SDM memberi saran kepada kepala berbagai departemen tentang hal-hal seperti perencanaan tenaga kerja, analisis pekerjaan, desain pekerjaan, rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan, penilaian kinerja, dll.

Tips Terbaik dalam Mengelola Manajemen SDM pada Bisnis Anda

manajemen sdm

Pahami orang-orangmu

Triknya adalah menjadi tangguh tetapi berempati pada saat yang sama. Sebagai pemimpin SDM, Anda harus akrab dengan kehidupan pribadi dan profesional karyawan Anda.

Kecuali tentu saja seorang karyawan individu ingin mempertahankan kebijaksanaan. J

ika tidak, penting bagi seorang pemimpin SDM untuk setidaknya mengetahui tentang detail pribadi dan profesional yang penting karena detail ini memengaruhi kinerja karyawan harian pada tingkat tertentu atau lainnya.

Jadi, penting untuk mengawasi kekuatan dan kelemahan karyawan Anda ketika menjadi pemimpin SDM, Anda dapat membantu mereka menjadi lebih baik dan berkinerja lebih baik. Ini adalah investasi besar tetapi ini adalah investasi yang terbayar dalam jangka pendek maupun jangka panjang!

Kenali peran Anda

Manajer SDM adalah mitra bisnis strategis dari setiap organisasi. Sebagai pemimpin SDM, Anda fokus pada keterlibatan karyawan, manajemen kinerja, manajemen bakat, Anda mendorong inovasi dan membantu mewujudkan kolaborasi di seluruh perusahaan dengan memecahkan stereotip dan menangani konflik internal. Itulah yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia yang sukses.

Oleh karena itu, Anda harus menyelaraskan peran Anda dengan tujuan dan visi bisnis dan membuat rencana bisnis SDM yang melengkapi perencanaan strategi perusahaan, yang sepenuhnya berorientasi pada hasil.

Baca juga: Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, Tips, Dan Pembahasan Lengkapnya

Jadilah ahli teknologi

Hari ini, adalah suatu keharusan untuk memahami pengetahuan teknologi dan membuat rencana kerja berdasarkan di sekitar mereka.

Jika Anda perlu mengintegrasikan perangkat lunak SDM ujung ke ujung, maka memiliki pengetahuan teknis adalah suatu keharusan. Ini karena Anda harus mengetahui berbagai penawaran dan fungsi perangkat lunak untuk mengelola penggajian, melacak cuti dan kehadiran, mengelola informasi karyawan, pajak, penjadwalan, dan banyak lagi.

Tingkatkan jaringan Anda

Cara tercepat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda, dan memperluas koneksi bisnis Anda adalah melalui jaringan.

Dengan cara ini Anda dapat bertemu dengan profesional lain di domain Anda, mencari tahu bagaimana mereka mengelola kebijakan SDM di organisasi masing-masing dan apa perbedaan yang mereka lakukan untuk memastikan bahwa karyawan mereka puas, terlibat, dan mampu berkinerja lebih baik setiap kuartal.

Dengan pengetahuan ini, Anda akan memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk berpartisipasi dalam rapat perencanaan dan pelaksanaan strategi bisnis.

Berkomunikasi secara teratur

Sebagai pemimpin SDM atau pemilik bisnis, sangat penting untuk selalu berhubungan dengan karyawan Anda.

Anda harus menjadi bahu mereka untuk bersandar setiap kali mereka dalam kesulitan dan tidak dapat menemukan arah atau fokus pada pekerjaan mereka.

Ini karena adalah normal dan manusia kadang-kadang terganggu atau tersesat. Di sinilah pengetahuan Anda tentang SDM dan keahlian menjadi berguna dan berguna untuk mengembalikan energi yang hilang dari karyawan Anda.

Tetap teratur

Tetap teratur adalah tanggung jawab terbesar dari setiap pemimpin dan profesional SDM.

Menjadwalkan wawancara, berinteraksi dengan kandidat, membantu karyawan dengan pekerjaan dan masalah pribadi mereka, mengevaluasi strategi dan perencanaan bisnis, melakukan evaluasi tepat waktu dan adil, dan banyak lagi.

Semua ini hanya mungkin jika Anda tetap terorganisir.

Menjadi contoh

Sebagai pemimpin SDM atau profesional, Anda harus memberi contoh di seluruh perusahaan dengan mengikuti contoh ini sendiri. Anda harus selalu menjalankan pembicaraan.

Jika Anda mengharapkan karyawan Anda tepat waktu di tempat kerja maka Anda sendiri harus berada di tempat kerja pada saat mereka mencapai atau bahkan sebelum mereka.

Jika perusahaan secara keseluruhan mengharapkan karyawannya untuk berperilaku dan mengendalikan perilaku mereka dengan cara tertentu maka sebagai pemimpin SDM, Anda harus mematuhi aturan ini untuk mendorong karyawan melakukan hal yang sama.

Dokumentasikan proses untuk konsistensi

Konsistensi penting, istirahat semuanya sekunder. Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat mempertahankan pendekatan yang konsisten dalam pekerjaan Anda, maka mendokumentasikan proses adalah kuncinya.

Jika Anda ingin melatih dan membantu profesional SDM lainnya berkembang dalam karir mereka, maka berbagi dokumentasi ini dengan mereka harus menjadi tugas pertama dan terpenting.

Ketika profesional SDM baru membaca lebih lanjut tentang budaya dan praktik perusahaan, maka mereka akan dapat fokus pada arah yang benar dan memberikan hasil yang lebih baik.

Pekerjakan orang yang lebih baik dari Anda

Ada trik dalam mengikuti tips ini. Dalam kebanyakan kasus, apa yang terjadi adalah pewawancara merasa bahwa kandidat mencoba meniadakan apa pun yang mereka katakan atau mencoba menjadi lebih pintar daripada pelamar.

Namun, analitik SDM menunjukkan bahwa kandidat yang tidak setuju dengan Anda akan membantu Anda mendapatkan perspektif baru dan segar terhadap bisnis dan budaya kerja Anda.

Tidak diragukan lagi, perbedaan pendapat mungkin tidak sejalan dengan visi dan tujuan perusahaan Anda, tetapi selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari tentang bisnis Anda jika Anda terbuka untuk itu.

Jadi, pekerjakan orang yang lebih baik dari Anda yang dapat menunjukkan kepada Anda strategi bisnis yang sama di bawah cahaya yang berbeda, dan mungkin lebih baik.

Berikan perhatian khusus pada orientasi, pelatihan, dan pengembangan

Memberi perhatian khusus pada orientasi, pelatihan, dan pengembangan karyawan adalah fitur penting untuk menciptakan pengalaman kandidat yang mulus.

Beberapa bulan pertama sangat penting untuk mengembangkan karyawan yang baru bergabung karena orang tersebut sekarang dikelilingi oleh lingkungan kerja yang baru.

Butuh waktu untuk merasa nyaman dan menyesuaikan diri dengan wajah dan kebijakan baru.

Oleh karena itu, merupakan bagian penting dari manajemen sumber daya manusia untuk membantu mereka merasa nyaman dengan sesi reguler, materi pembelajaran, dan pengalaman langsung.

Banner 2 kledo

Libatkan karyawan dalam proses

Ketika Anda membuat proses di tempat kerja, umumnya untuk kepentingan karyawan.

Oleh karena itu, melibatkan karyawan saat menciptakan proses itu penting dan agak perlu. Jika tidak, itu akan seperti membangun rumah untuk seseorang tanpa mengetahui apa kebutuhan dan kesukaan mereka.

Anda selalu dapat melakukan sesi dengan karyawan Anda untuk lebih melibatkan mereka dalam proses perusahaan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang para kandidat, Anda harus mengetahui tip dan trik tertentu agar nyaman dengan wawancara telepon.

Aktifkan penyelarasan strategis untuk membangun merek

Penyelarasan strategis adalah yang mengacu pada keselarasan dengan tujuan dan visi bisnis. P

enting bagi setiap karyawan untuk berada di halaman yang sama dan berkontribusi dengan cara mereka sendiri menuju tujuan bersama.

Ini adalah bagaimana perusahaan berhasil dan pemimpin SDM menjadi sukses. Ini penting untuk pertumbuhan perusahaan dan membangun merek.

Identifikasi area fokus

Ketika Anda tahu tentang area yang perlu Anda fokuskan, Anda dapat membimbing karyawan Anda dengan lebih baik.

Apakah rekrutmen menjadi fokus area? Apakah ada yang salah dengan perekrutan? Apakah Anda tidak dapat mempertahankan talenta terbaik karena kelambatan atau miskomunikasi tertentu?

Anda harus memikirkan semuanya sebelum membuat rencana bisnis atau menetapkan tujuan untuk kuartal berikutnya.

Luncurkan komunitas talenta

Komunitas talenta adalah yang berkontribusi besar pada manajemen sumber daya manusia karena ini tentang penanaman talenta.

Anda ingin merekrut talenta yang tepat untuk organisasi Anda dan begitu mereka masuk, Anda ingin mempertahankannya.

Oleh karena itu, meluncurkan komunitas bakat adalah hal yang membuat mereka ketagihan, terlibat, dan terdorong untuk berkinerja baik di setiap kuartal.

Komunitas talenta akan mendorong para top performer untuk terus berprestasi. Ini akan lebih mendorong karyawan lain untuk memberikan 100% mereka.

Hasilnya, proses tersebut akan berkontribusi untuk membangun budaya kerja yang otentik dan kolaboratif. Dalam hal ini, semua orang belajar dari semua orang.

Ada tampilan minimum kompetisi dan kecemburuan. Konflik internal berada pada tingkat minimal karena semua orang bersemangat untuk belajar lebih banyak dan meningkatkan diri.

Bangun hubungan dan koneksi emosional

Penting bagi para pemimpin dai manajemen SDM untuk membangun hubungan profesional yang sehat dengan karyawan mereka. Ini karena harus ada seseorang di tempat kerja yang dengannya karyawan dapat mencurahkan isi hatinya.

Sebanyak semua orang menghindari membicarakannya tetapi kadang-kadang karyawan menjadi stres. Itu terjadi ketika ada terlalu banyak pekerjaan atau terlalu banyak hal yang terjadi dalam kehidupan pribadi mereka.

Oleh karena itu, hubungan pribadi dan emosional adalah apa yang membuat mereka terus maju dan membantu mereka fokus pada pekerjaan mereka dengan lebih baik.

Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah cara terbaik untuk membangun dan meningkatkan jaringan Anda.

Ini adalah salah satu saluran terbaik untuk membaca tentang apa yang terbaru dalam teknologi SDM. Anda mengetahui bagaimana organisasi lain membantu karyawan mereka menjadi lebih baik dalam apa yang mereka lakukan.

Media sosial membantu para pemimpin SDM tetap terhubung. Mereka berbagi pandangan mereka tentang budaya perusahaan, bagaimana mereka menangani konflik internal dan praktik terbaik untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Utamakan kualitas daripada kuantitas

Baik itu tentang rekrutmen atau retensi, Anda harus selalu memprioritaskan kualitas daripada kuantitas. Beberapa perusahaan salah dengan percaya bahwa meningkatkan frekuensi akan berhasil.

Namun, itu tidak benar atau etis. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa karya Anda asli dan otentik.

Jadi, sepanjang proses Anda dapat menjaga konsistensi dengan mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang manajemen SDM, ruang lingkup, fungis dan tips yang bisa Anda gunakan dalam mengelola manajemen SDM yang baik bagi bisnis Anda.

Selain manajemen SDM, hal yang tidak kalah penting dalam pengelolaan bisnis adalah manajemen keuangan. Tanpa proses manajemen keuangan yang efisien bisnis Anda bisa berujung pada kegagalan.

Dasar manajemen keuangan yang baik adalah dengan melakukan pencatatan pembukuan untuk setiap tranasaksi yang terjadi pada bisnis. Hindari proses pembukuan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan dan beralihlah menggunakan software akuntansi yang sudah teruji dan terbukti seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dengan harga yang paling terjangkau dan memiliki fitur terlengkap.

Hanya dengan 130 ribu perbulan Anda bisa mendapatkan segala fitur yang bisnis Anda butuhkan seperti pencatatan pembukuan, manajemen aset dan persediaan, multi gudang, penghitungan perpajakan bisnis, otomasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =