Market Targeting: Pengertian, Strategi, dan Tips Sukses Melakukannya

market targeting

Dalam hal pemasaran, jika Anda mencoba berbicara dengan semua orang, Anda akan kesulitan menjangkau siapa pun, pesan yang Anda sampaikan tidak jelas dan kecil kemungkinannya untuk beresonansi dengan audiens daripada komunikasi langsung yang spesifik – itulah sebabnya market targeting sangat penting dalam proses pemasaran Anda.

Orang-orang tidak lagi mencari pesan umum untuk semua. Mereka ingin perusahaan menjadi spesifik dan langsung.

Di zaman sekarang, personalisasi adalah kuncinya. Ketika bisnis Anda tahu siapa yang mereka targetkan, katakanlah itu adalah pria berusia empat puluhan yang akan segera menjadi ayah, Anda memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan dan tentu saja lebih banyak ruang untuk terhubung.

Hal ini pada gilirannya akan membantu bisnis Anda berkembang dengan berfokus pada pelanggan yang senang menemukan solusi yang tepat untuk kebutuhan mereka.

Pada artikel ini kita akan membahas apa itu market targeting lebih jauh dan strategi yang bisa Anda gunakan untuk mencari tahu tahu market targeting dan membuat pemasaran dalam bisnis Anda berhasil.

Apa itu Market Targeting?

market targeting

Market targeting hanyalah mekanisme pemasaran yang membantu Anda berkomunikasi dengan audiens Anda dengan lebih berhasil.

Saat Anda menggunakan strategi market targating, Anda mencoba meningkatkan efisiensi kampanye dengan mengarahkan strategi Anda ke audiens tertentu, terpisah dari audiens umum.

Strategi sangat bergantung pada daya tarik segmen pasar. Daya tarik ini menentukan apakah perusahaan harus menyelaraskan diri dengan segmen tertentu atau tidak.

Hal ini didasarkan pada faktor-faktor seperti profitabilitas, kapasitas perusahaan untuk melayani segmen tersebut, dan intensitas persaingan.

Sederhananya, market targeting adalah tentang memilih pasar tertentu dari seluruh segmen pasar.

Bahkan internet menganggap penargetan pasar sangat serius. Siapa yang belum membeli sesuatu dari internet, baik hal yang mereka butuhkan butuhkan atau tergiur karena mereka melihatnya di gawai mereka?

Semua suka Anda dan interaksi lainnya membentuk algoritme dari semua hal yang Anda minati. Algoritme inilah yang menentukan pos dan iklan yang muncul di umpan.

Jadi mari kita pahami bagaimana strategi market targeting dapat membantu bisnis Anda dan bagaimana Anda harus menerapkannya!

Banner 1 kledo

Mengapa Strategi Market Targeting Penting untuk Bisnis Kita?

Tidak mungkin pendekatan pemasaran yang sama akan efektif kepada ‘7 miliar orang’. Orang ingin merasa istimewa dan ingin disapa secara langsung.

Tahukah Anda bahwa 76% konsumen mengharapkan perusahaan memahami kebutuhan dan harapan mereka!

Rencana market targeting atau penargetan pasar tertentu yang baik akan mewujudkan hal itu. Ini membantu bisnis untuk memahami audiensnya dengan lebih baik dan juga akan menghilangkan biaya penargetan yang berlebihan.

Katakanlah, sebuah hotel mewah ‘X’ memiliki beberapa waralaba yang menargetkan kelompok pelanggan terpisah.

Waralaba A bertindak sebagai motel untuk pelanggan yang bepergian atau pelancong yang lelah, sedangkan Waralaba B bertindak sebagai hotel mewah untuk orang-orang yang tidak keberatan membayar harga premium dan Waralaba C adalah tempat bagi para profesional yang berpindah-pindah, yang membutuhkan tempat untuk tinggal lebih lama.

Dengan cara ini bisnis dapat mensegmentasi semua pasar yang dapat dilayaninya, dengan berbagai iklan, produk, dan layanan yang secara khusus mengidentifikasi dengan audiens.

Dengan cara ini juga mereka hanya akan menggunakan teknik yang paling relevan yang benar-benar sempurna dan benar!

Mari kita lihat beberapa keuntungan lainnya:

1. Membangun Loyalitas Pelanggan

Pelanggan Anda ingin merasa bahwa mereka bukan hanya ‘sekedar konsumen’ untuk perusahaan Anda.

Market targeting membantu Anda memperbaiki pasar dan mempersonalisasi pendekatan Anda terhadap pelanggan.

Dengan cara ini, Anda hanya mengarahkan promosi dan iklan yang memenuhi kebutuhan pelanggan di segmen pasar tertentu.

Dengan demikian, pelanggan Anda merasa dihargai dan memiliki pengalaman yang memperkaya dengan merek Anda.

Kemampuan seperti itu untuk menjangkau pelanggan Anda pada tingkat yang lebih pribadi membantu mempertahankan pelanggan sampai batas tertentu.

Pelanggan yang pernah membeli produk atau menggunakan layanan Anda tidak akan pernah melupakan bagaimana Anda membantu mereka dengan masalah masa lalu mereka dan meningkatkan loyalitas mereka kepada Anda dengan merekomendasikan merek Anda kepada lebih banyak orang.

Dan 89% milenial lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga daripada klaim merek.

Dengan demikian, loyalitas ini akan menghasilkan pengembalian yang lebih besar bagi perusahaan Anda!

Baca juga: Pahami Fungsi Kepuasan Pelanggan Ini untuk Bisnis, Penting!

2. Menghasilkan Prospek Berkualitas Tinggi

Ketika Anda menemukan strategi market targeting yang sempurna untuk menarik audiens Anda dan mencoba menghubungkan mereka dengan iklan yang relevan, ada kemungkinan lebih besar mereka membeli produk Anda.

Dan ini didukung dengan bukti!

Sesuai survei ini, 78% konsumen lebih cenderung membeli produk jika kontennya relevan secara pribadi bagi mereka dan 50% konsumen akan membayar lebih jika kontennya lebih dipersonalisasi!

Artinya, bahwa prosedur penargetan pasar yang tepat akan mengarahkan Anda ke prospek berkualitas lebih tinggi yang pada gilirannya akan membuat Anda mendapatkan pelanggan yang membayar!

3. Penggunaan Sumber Daya yang Optimal

Apa pun produk yang ditawarkan merek Anda, bisnis Anda tidak dapat berkembang jika tidak memanfaatkan sumber dayanya secara maksimal!

Saat Anda menargetkan pasar, Anda meminimalkan jangkauan ke satu atau dua pasar tertentu.

Dengan melakukannya, Anda membuat rencana yang lebih disesuaikan dan spesifik segmen pasar yang akan membuat penggunaan sumber daya Anda lebih efisien.

Misalnya, sebuah start-up baru dengan sumber daya yang terbatas dan minimal akan jauh lebih berhasil jika memanfaatkan sumber dayanya di pasar tertentu daripada di pasar yang lebih besar.

Penargetan pasar akan membantu Anda menghilangkan upaya yang sia-sia dan memastikan bahwa bisnis Anda mengalokasikan semua sumber dayanya ke pasar yang tepat di mana ia akan menuai keuntungan besar.

Baca juga: Apa itu FOMO dan Bagaimana Cara Menerapkannya dalam Pemasaran

4. Fokus Lebih Baik

Pikirkanlah, sekarang Anda telah memilih segmen pasar yang didambakan untuk bisnis Anda, setiap aspek operasi akan disesuaikan untuk melayani mereka secara khusus.

Rencana pemasaran Anda akan berfokus pada pembuatan kampanye yang dipersonalisasi, tim R&D Anda akan mencoba dan menemukan cara inovatif untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar ini, dan banyak lagi.

Ketika Anda menghentikan upaya yang salah sasaran ke basis pasar yang besar, seluruh perusahaan Anda menjadi lebih fokus untuk melayani satu segmen.

Penargetan pasar akan membantu bisnis Anda jatuh ke tempat yang tepat dan membantu bisnis Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena fokus barunya.

5. Mendukung Keunggulan Kompetitif

Pada akhirnya, semua kebutuhan bisnis Anda adalah pelanggan yang puas, keuntugan yang sesuai harapan, dan keunggulan kompetitif yang kokoh.

Sekarang setelah Anda menandai dua yang pertama, penargetan pasar akan membantu Anda mencapai yang terakhir juga.

Itu mudah!

Ketika Anda menawarkan produk yang dikombinasikan dengan pengetahuan tentang permintaan pelanggan Anda berdasarkan segmen pasar, Anda akan lebih mampu menangani dan memenuhi kebutuhan ini.

Penargetan dan personalisasi pasar yang disesuaikan seperti itu dapat memberikan ROI 5 hingga 10 kali lebih banyak untuk pengeluaran pemasaran Anda!

Pelanggan juga dapat memahami nilai sebenarnya yang ditawarkan merek Anda yang membedakan merek Anda dari yang lain.

Dan dengan cara ini Anda pasti akan meninggalkan pesaing Anda dan meninggalkan bekas yang tak terhapuskan di hati pelanggan Anda!

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang manfaatnya, mari kita lihat bagaimana merancang strategi market targeting yang sempurna untuk perusahaan Anda.

Baca juga: Strategi Online Shop Ini Wajib Dilakukan untuk Raih Kesuksesan

Strategi Untuk Membuat Market Targeting yang Efektif

market targeting

1. Segmentasikan Pasar Anda

Rencana market targeting dimulai dengan segmentasi pasar. Dengan segmentasi pasar, Anda dapat mengetahui niche dan audiens yang dapat Anda targetkan.

Segmentasi membantu perusahaan Anda tetap selangkah lebih maju dari bisnis yang menggunakan model ‘satu ukuran cocok untuk semua.’

Pasar dapat disegmentasi berdasarkan banyak variabel, beberapa di antaranya adalah:

  • Demografis
  • Gaya hidup
  • Keyakinan & Nilai
  • Lokasi

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini untuk menganalisis keputusan Anda:

  • Apakah produk saya terjangkau oleh masyarakat di segmen ini?
  • Apakah target saya akan mendapat manfaat dari produk/layanan saya?
  • Dapatkah saya menjangkau mereka dengan pesan saya?

Identifikasi segmen apa yang paling menarik bagi bisnis Anda dan kemudian pertimbangkan daya tariknya.

2. Daya Tarik

Sebelum kita mulai menargetkan pasar, kita perlu mengevaluasi daya tariknya dengan alasan berikut:

  • Ukuran
  • Profitabilitas
  • Kompetisi yang ada
  • Kemampuan perusahaan untuk melayani pasar ini

Pilih hanya satu segmen untuk fokus pada satu waktu.

Evaluasi ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran singkat tentang apa yang ditawarkan pasar, seberapa baik Anda dapat melayani mereka, dan apakah Anda dapat berkembang di segmen itu.

Sebagai contoh:

Pertimbangkan perusahaan pakaian yang menjual pakaian anak-anak, pakaian formal, dan seragam siswa.

Dari ketiganya, mereka menyadari bahwa segmen yang paling menguntungkan bagi mereka saat ini adalah pakaian anak-anak. Statistik mengungkapkan itu adalah pasar yang cukup besar daripada dua lainnya. Kemudian, itu adalah segmen yang harus Anda ikuti.

3. Cocokkan Pesan Anda dengan Audiens Anda

Seluruh tujuan memilih strategi market targeting adalah untuk mengirim pesan yang tepat, pada waktu yang tepat, kepada orang yang tepat.

Sesuaikan rencana pemasaran dan iklan Anda sesuai audiens Anda. Susun pesan yang menyentuh rumah dengan audiens mendapatkan tingkat konversi yang lebih baik.

Mengapa personalisasi sangat diperlukan?

Karena 86% pemasar telah melihat peningkatan yang terukur dalam hasil bisnis dari kampanye personalisasi mereka.

Percayalah pada kami, imbalan seperti itu sangat berharga!

4. Jangkau Audiens Anda

Sekarang setelah Anda memilih segmen pasar Anda dan juga memutuskan pesan apa yang menyertainya, inilah saatnya untuk bertindak dan menjangkau audiens Anda!

Ada beberapa cara Anda dapat melakukan ini, misalnya mengirim email yang dipersonalisasi!

Bahkan banyak toko mewah di luar negeri seperti Rolex dan Tiffany & Co., memastikan bahwa mereka menyesuaikan pemasaran mereka dengan mengirimkan surat yang disesuaikan sebagai iklan!

Pastikan bahwa rencana periklanan dan pemasaran Anda dikuratori berdasarkan profil dan karakteristik audiens target Anda.

Misalnya, jika target pasar Anda termasuk remaja, tidak bijaksana untuk menempatkan iklan Anda di surat kabar atau majalah, tetapi gunakan media sosial untuk segmen pasar seperti itu!

Baca juga: Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

5. Mengaudit Kinerja

Setelah Anda menargetkan pasar dan menerapkan strategi Anda, saatnya untuk memantau kinerjanya.

Periksa apakah pesan beresonansi dengan audiens dan seberapa besar perbedaan yang terjadi sejak rencana Anda sebelumnya.

Jangan hanya membuat asumsi, lakukan survei pelanggan dengan pelanggan baru dan lama Anda, tanyakan apa yang mereka suka atau tidak.

Anda bahkan dapat menggunakan Google Analytics untuk memeriksa waktu rata-rata yang dihabiskan pengguna di halaman Anda, rasio pentalan (pengguna yang keluar tanpa melakukan tindakan apa pun), dan banyak lagi.

Pastikan lalu program refferal Anda dioptimalkan dan jika tidak, temukan cara untuk meningkatkannya!

Bergabunglah dalam mendengarkan sosial dan awasi apa yang orang pikirkan tentang merek Anda di media sosial.

Secara keseluruhan, upaya pertama Anda mungkin tidak mencapai 100%, tetapi akan menjadi lebih baik seiring waktu karena Anda memahami segmen pasar Anda dengan lebih baik!

Terus terapkan penyesuaian dan optimasi hingga Anda menemukan perpaduan sempurna yang tidak hanya menarik bagi penonton tetapi juga memberikan hasil yang memuaskan.

Kesimpulan

Mengetahui audiens mana yang ingin Anda konversi melalui market targeting adalah langkah penting dalam memaksimalkan upaya pemasaran Anda.

Singkatnya, market targeting adalah rencana yang pasti untuk mendapatkan tingkat konversi yang lebih baik bagi perusahaan Anda, memperkuat status merek Anda, dan menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen Anda.

Catat juga seluruh alur transaksi termasuk pengeluran dan pemasukan pada bisnis pada pembukuan yang baik dan sesuai standar untuk mendapat laporan keuangan dan data finansial untuk optimasi bisnis yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki fitur terbaik dan harga yang terjangkau.

Hanya dengan 130 ribu perbulan Anda bisa mendapatkan fitur yang bisnis Anda butuhkan seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, otomatisasi pembuatan faktur, penghitungan dan pemantauan stok secara realtime, payroll, otomatisasi lebih dari 30 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *