Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna hanya dapat dicapai jika terdapat karakteristik tertentu. Kondisi hipotetis seperti informasi produk yang lengkap, biaya untuk bertransaksi rendah dan tidak ada keuntungan jangka panjang adalah aspek dari struktur pasar teoretis yang disebut persaingan sempurna.

Persaingan sempurna membutuhkan pasar di mana persaingan selalu ada pada tingkat maksimum.

Namun pertanyaannya, apakah keadaan pasar seperti itu mungkin?

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan pasar persaingan sempurna, menjelaskan karakteristik yang diperlukan untuk itu dan mengeksplorasi keuntungan dan kerugian dari penerapan model ini ke dunia nyata.

Apa itu Persaingan Sempurna?

pasar persaingan sempurna

Persaingan sempurna mewakili skenario ideal di mana pasar memiliki begitu banyak pembeli dan penjual yang memiliki informasi tinggi sehingga monopoli tidak dapat terjadi. Akibatnya, harga komoditas diinformasikan oleh permintaan dan tidak dipengaruhi oleh pembeli dan penjual.

Kebalikannya adalah pasar tidak sempurna, yang terjadi ketika standar pasar yang sempurna tidak terpenuhi. Itu berarti setiap pasar adalah pasar yang tidak sempurna, secara default. Konsep persaingan sempurna versus tidak sempurna adalah teori ekonomi pasca klasik.

Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Ketika karakteristik ini terlihat di pasar, kita dapat menganggapnya sebagai persaingan sempurna. Mari kita lihat lebih detail di bawah ini.

1. Banyak perusahaan bersaing

Pasar persaingan sempurna memiliki banyak pembeli dan penjual. Ini berarti bahwa perusahaan dikenal sebagai ‘penerima harga’. Dengan kata lain, perusahaan harus menjual pada harga ‘ekuilibrium’ – di sinilah perusahaan menjual ketika penawaran dan permintaan sejajar.

Jika tidak, mereka akan gulung tikar, karena ada banyak perusahaan lain yang menjual barang yang sama dengan harga lebih rendah. Akibatnya, pelanggan memiliki sedikit biaya untuk beralih ke barang pengganti.

Banyaknya pesaing di pasar berarti setiap perusahaan dicegah untuk menaikkan harga. Jika mereka melakukannya, maka mereka akan dipaksa keluar dari pasar karena konsumen dapat beralih ke alternatif yang lebih murah.

2. Produk yang dijual serupa

Dalam persaingan sempurna, pesaing menjual produk serupa. Ini juga dikenal sebagai ‘homogen’ – dalam jargon ekonomi. Secara sederhana, itu berarti produknya serupa.

Bisnis individu mungkin tidak dapat dibedakan dengan pelanggan rata-rata. Alhasil, kemampuan dan kemauan untuk beralih menjadi mudah dan tanpa biaya.

Susu adalah contoh penting. Misalnya, banyak petani menjual susu ke supermarket, tetapi produknya sangat mirip. Faktanya, supermarket mengubah kontrak dengan produsen susu tanpa disadari oleh pelanggan.

3. Pangsa pasar yang sama

Semua pesaing memiliki pangsa pasar yang sama karena perusahaan tidak dapat bersaing dalam harga.

Karena perusahaan berproduksi di mana Pendapatan Marginal = Biaya Marginal, tidak ada ruang untuk menurunkan harga.

Jika sebuah perusahaan menurunkan harga, ia akan mulai merugi – karena biaya pembuatannya lebih mahal daripada penjualannya, yang berarti perusahaan tersebut akan gulung tikar.

Pada saat yang sama, jika ada perusahaan yang menaikkan harga, ada persaingan yang cukup untuk menarik pelanggan dari toko itu dan membuat mereka gulung tikar. Pada gilirannya, ini membatasi kemampuan perusahaan untuk mendapatkan pangsa pasar.

Baca juga: Biaya Implisit: Pengertian, Jenis, Cara Hitungnya, dan Perbedaanya dengan Biaya Eksplisit

4. Pembeli memiliki informasi lengkap

Dalam jargon ekonomi, kami menyebutnya ‘Informasi Sempurna’. Di sinilah pelanggan tahu bahwa bisnis di ujung jalan menjual produk yang sama dengan harga lebih rendah. Akibatnya, bisnis enggan menaikkan harga di depan pesaing.

Selain itu, pelanggan juga sadar akan kualitas suatu produk. Misalnya, satu perusahaan dapat mengurangi biaya untuk menyediakan produk dengan kualitas lebih rendah dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Karena pelanggan memiliki informasi yang sempurna, mereka akan tahu bahwa produknya lebih rendah. Pada gilirannya, mereka akan beralih ke pesaing – membuat perusahaan asli gulung tikar.

5. Kemudahan masuk dan keluar pasar

Perusahaan dapat masuk dan keluar pasar dengan sedikit biaya. Ini bisa datang dalam bentuk keuangan, waktu, atau informasi.

Misalnya, industri minyak dan gas membutuhkan investasi awal yang tinggi. Dengan demikian, ini adalah penghalang masuk bagi pesaing. Di bawah persaingan sempurna, biaya ini tidak ada atau sebenarnya tidak signifikan.

Selain itu, perusahaan dapat keluar dari pasar dengan mudah di bawah persaingan sempurna.

Misalnya, sebuah perusahaan mungkin memiliki kontrak jangka panjang. Tetapi mereka tidak dapat meninggalkan pasar tanpa biaya yang signifikan.

Syarat Agar Tercipta Pasar Persaingan Sempurna

Persaingan sempurna adalah pasar yang ideal, dan untuk mencapainya persyaratan tertentu harus terpenuhi.

Ini adalah daftar persyaratan untuk menciptakan kondisi yang perlu disatukan untuk membentuk persaingan sempurna

Perusahaan selalu masuk: Tidak ada skala ekonomi atau efek lain yang akan mengurangi jumlah bisnis yang dapat hadir. Selalu ada bisnis dalam model ekonomi ini.

Produk yang setara: Semua produk di pasar dapat memberikan substitusi yang sama satu sama lain karena tidak ada pemasok yang mengungguli yang lain pada produk atau layanan yang sama.

Setiap penjual adalah penetap harga: Ini berarti tidak ada peserta yang dapat menetapkan harga pasar

Tanpa hambatan: Bisnis apa pun dapat masuk atau keluar dari pasar kapan saja.

Tidak ada campur tangan pihak ketiga: Tidak ada yang mempengaruhi pasar, termasuk lembaga pemerintah, manfaat dan biaya tidak memengaruhi pihak ketiga dalam model ini.

Tidak ada biaya transaksional: Tidak ada biaya untuk berpartisipasi dalam model pasar ini.

Banyak pembeli dan penjual: Prinsip pertama dari model pasar ini adalah memiliki banyak pembeli dan penjual untuk berpartisipasi.

Informasi sempurna: Semua pembeli dan penjual memiliki pengetahuan tentang harga pokok, produksi, utilitas, dan lainnya yang digunakan untuk membuat suatu produk.

Hak milik: Ini adalah hak yang didefinisikan dengan baik yang menentukan apa yang dapat dijual dan tanggung jawab apa yang dialihkan kepada pembeli saat pembelian.

Mobilitas faktor sempurna: Ini terjadi ketika semua faktor diselaraskan dengan pertumbuhan, skalabilitas, dan penyesuaian dengan kondisi pasar jangka panjang.

Model pembeli rasional: Pembeli bebas melakukan perdagangan yang berdampak pada utilitas ekonomi.

Peraturan: Peraturan yang menghilangkan tindakan anti-persaingan diasumsikan.

Maksimalisasi keuntungan penjual: Penjual menjual di area di mana mereka cenderung menghasilkan uang paling banyak dan dengan cara yang efisien.

Baca juga: Inflasi dan Deflasi: Pengertian, Penyebab, dan Perbedaannya

Kelebihan Model Pasar Persaingan Sempurna

pasar persaingan sempurna

Ada beberapa keuntungan untuk persaingan sempurna, secara teori. Model persaingan sempurna menciptakan skenario ideal di mana kebutuhan pembeli dan penjual terpenuhi, dan ekonomi semacam ini memiliki sejumlah manfaat yang menjadikannya alat yang berguna untuk dibandingkan. Ini adalah beberapa kelebihannya:

Pengetahuan sempurna: Karena pengetahuan yang sempurna ada, dapat dianggap bahwa pengetahuan pasar dibagi secara merata di antara pembeli dan penjual.

Tidak ada monopoli: Tanpa hambatan yang mencegah persaingan usaha kecil, tidak pernah ada kekhawatiran tentang monopoli di pasar.

Laba: Laba adalah hal yang normal dan dapat diandalkan, penjual hanya menghasilkan cukup untuk menutupi biaya dasar dan memiliki sisa.

Pencitraan merek dan pemasaran tidak relevan: Ini adalah keuntungan karena bisnis tidak perlu mengeluarkan uang untuk beriklan atau merek di pasar yang sempurna di mana semua produk sama.

Efisiensi maksimum: Di pasar yang ideal, ada kinerja dan efisiensi maksimum dan pilihan konsumen maksimum.

Efisiensi puncak: Dalam model persaingan sempurna, bisnis menjalankan efisiensi puncak, metrik yang tidak mudah dicapai di pasar reguler.

Kekurangan Model Pasar Persaingan Sempurna

Ada beberapa kelemahan model persaingan sempurna. Menariknya, kelemahan model pasar ini adalah realita yang terjadi pada saat ini, berikut adalah beberapa kelemahannya:

Tidak realistis: Sebagian besar keuntungan yang tercantum di bagian sebelumnya didasarkan pada gagasan bahwa kondisi pasar yang sempurna dapat terjadi, yang bukan merupakan premis yang realistis.

Bias dalam pengambilan keputusan: Pengambilan keputusan bisnis jarang sempurna, dan model ini tidak memperhitungkan bias yang ada saat bisnis membuat keputusan tentang cara mendekati pasar.

Cakupan: Tidak ada ruang lingkup untuk skala ekonomi, sebagai sifat yang melekat pada persaingan sempurna karena tingginya jumlah perusahaan yang harus bersaing untuk eksis.

Tidak ada diferensiasi produk: Dalam pasar yang homogen semua produk pada dasarnya sama, atau setara satu sama lain. Itu tidak menyisakan ruang untuk inovasi untuk membuat produk yang khusus untuk konsumen.

Dampak penelitian: Tanpa bisnis yang memiliki uang untuk riset, mereka cenderung tidak berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan yang memajukan teknologi dan sains.

Tidak ada insentif untuk berinovasi: Antara kurangnya diferensiasi produk dan konsep bahwa semua pembeli dan penjual memiliki semua pengetahuan yang mereka butuhkan untuk membeli, ini menjadikan konsep model pasar ini tidak ada ruang untuk pertumbuhan inovasi.

Banner 1 kledo

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Sering dikatakan bahwa persaingan sempurna sebenarnya tidak ada di dunia nyata. Sampai batas tertentu, proposisi ini benar.

Misalnya, persaingan sempurna mungkin telah ada pada abad-abad sebelumnya ketika komoditas merupakan sumber utama kegiatan ekonomi. Secara khusus, batu bara, minyak, logam, dan jagung adalah bagian utama dari perekonomian. Pada saat yang sama, mereka homogen dan memenuhi 5 karakteristik.

Jika kita kembali berabad-abad ke pasar kuno, kita akan menemukan banyak pembeli dan banyak penjual dari produk yang sama.

Misalnya, mungkin banyak tukang roti yang datang ke pasar untuk menjual roti. Produk homogen, dengan sejumlah besar pembeli dan penjual yang dapat masuk atau keluar pasar.

Waktu telah berubah. Kita sekarang hidup dalam ekonomi di mana perusahaan bersaing dengan menawarkan produk yang berbeda.

Pelanggan kini mengandalkan merek sebagai bentuk memperoleh informasi. ‘Informasi sempurna’ sebenarnya tidak dapat dicapai karena banyaknya produk yang kita beli.

Pada abad-abad sebelumnya, ‘informasi sempurna’ lebih mudah didapat karena hanya sedikit produk yang tersedia. Namun hari ini, ada jutaan.

Dengan itu, ada beberapa contoh penting yang masih ada sampai sekarang; meskipun mereka jarang.

Baca juga: Apa itu Rencana Anggaran Biaya? Berikut Pengertian dan Cara Membuatnya

Pertanian

Di pasar ini, produk sangat mirip. Wortel, kentang, dan biji-bijian semuanya generik, dengan banyak petani yang memproduksinya.

Karena produknya homogen, mudah untuk membeli tanah dan mengolahnya. Selain itu, juga mudah untuk meninggalkan pasar. Jadi pasar ini memiliki tanda-tanda utama persaingan sempurna.

Pasar Valuta Asing:

Di pasar ini, pedagang menukar mata uang. Karena hanya ada satu Dolar AS, satu Pound Inggris Raya, dan satu Euro, produknya homogen. Selain itu, ada banyak penjual dan pembeli di pasar.

Selain itu, mudah untuk membeli beberapa mata uang, dan juga mudah untuk menjualnya. Dengan demikian, ada pengecualian dalam kenyataan bahwa pedagang mungkin tidak memiliki ‘informasi yang sempurna’.

Pembeli dan penjual normal mungkin dirugikan dibandingkan dengan pedagang profesional yang melakukannya untuk mencari nafkah. Meski begitu, ini adalah salah satu contoh terdekat dari persaingan sempurna yang dapat kita temukan saat ini.

Belanja online

Kita mungkin melihat internet sebagai pasar yang berbeda. Namun, internet adalah rumah bagi banyak pembeli dan penjual. Misalnya, kita hanya perlu melihat eBay sebagai contoh.

Sebenarnya, inilah pasar meskipun tidak pada tingkat fisik.

Internet memungkinkan pelanggan untuk membandingkan dan mengumpulkan ‘informasi sempurna’ pada suatu produk.

Pertimbangkan buku tertentu: ada banyak pembeli dan banyak distributor. Dalam hal ini, mungkin termasuk Amazon, Waterstones, atau Barnes & Noble. Pada saat yang sama, umumnya ada sedikit perbedaan harga.

Jadi ada banyak pembeli dan penjual yang menjual produk serupa. Selanjutnya, masuk dan keluar mudah dengan biaya rendah.

Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Persaingan yang tidak memenuhi salah satu syarat yang melekat pada persaingan sempurna adalah persaingan tidak sempurna. Di bawah jenis persaingan ini, perusahaan dapat dengan mudah mempengaruhi harga suatu produk di pasar dan meraup keuntungan surplus.

Di dunia nyata, sulit untuk menemukan persaingan sempurna di industri mana pun, tetapi ada begitu banyak industri seperti telekomunikasi, mobil, sabun, kosmetik, deterjen, minuman dingin, dan teknologi, di mana Anda dapat menemukan persaingan tidak sempurna.

Berdasarkan hal ini, persaingan tidak sempurna juga dianggap sebagai persaingan dunia nyata.

Ada berbagai bentuk persaingan tidak sempurna, dijelaskan di bawah ini:

  • Monopoli: Penjual tunggal mendominasi seluruh pasar.
  • Duopoli: Dua penjual berbagi seluruh pasar.
  • Oligopoli: Hanya sedikit penjual yang bertindak dalam persaingan.
  • Monopsoni: Banyak penjual dan satu pembeli.
  • Oligopsoni: Banyak penjual dan sedikit pembeli.
  • Persaingan Monopolistik: Banyak penjual yang menawarkan produk unik.

Perbedaan Utama Antara Persaingan Sempurna dan Persaingan Tidak Sempurna

Poin utama perbedaan antara persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna dalam ilmu ekonomi digambarkan di bawah ini:

  • Pasar kompetitif, di mana terdapat sejumlah besar pembeli dan penjual, dan penjual memasok produk yang identik kepada pembeli; itu dikenal sebagai persaingan sempurna. Persaingan tidak sempurna terjadi ketika satu atau lebih kondisi persaingan sempurna tidak terpenuhi.
  • Persaingan sempurna adalah situasi hipotetis, yang sangat jarang berlaku di dunia nyata. Sebaliknya, Persaingan Tidak Sempurna adalah situasi yang ditemukan di dunia saat ini.
  • Dalam persaingan sempurna, ada banyak pemain di pasar, tetapi dalam persaingan tidak sempurna, bisa ada sedikit hingga banyak pemain, tergantung pada jenis struktur pasar.
  • Dalam persaingan sempurna, penjual memproduksi atau memasok produk yang identik. Sebaliknya, dalam persaingan tidak sempurna produk yang ditawarkan oleh penjual dapat bersifat homogen atau terdiferensiasi.
  • Jika kita berbicara tentang persaingan sempurna, tidak ada hambatan masuk dan keluar dari perusahaan yang hanya berlawanan dalam kasus persaingan tidak sempurna.
  • Dalam persaingan sempurna, diasumsikan bahwa perusahaan tidak mempengaruhi harga suatu produk. Oleh karena itu mereka adalah pengambil harga tetapi dalam persaingan tidak sempurna, perusahaan adalah pembuat harga.

Berikut adalah bagan perbandingannya

DASAR UNTUK PERBANDINGANPASAR PERSAINGAN SEMPURNAPASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
ArtiPersaingan Sempurna adalah jenis pasar yang kompetitif di mana ada banyak penjual yang menjual produk atau layanan homogen kepada banyak pembeli.Persaingan yang tidak sempurna adalah struktur ekonomi, yang tidak memenuhi kondisi persaingan yang sempurna.
Sifat konsepTeoretisPraktis
Diferensiasi ProdukTidakSedikit ke Substansial
PemainBanyakSedikit untuk banyak
Entri terbatasTidakYa
Perusahaan adalahPrice TakersPrice Makers

Kesimpulan

Sempurna adalah struktur pasar yang terdengar baik jika diterapkan. Namun perlu diingat, metode pasar ini tidak selalu efektif jika diberlakukan pada komoditas tertentu dikarenakan kelebihan dan kekurangan yang tadi kami bahas diatas.

Jika Anda tertarik untuk membuat bisnis, mulailah dengan memilih jenis pasar yang tepat dan rencakan strategi dan pembukuan bisnisnya. Hal ini penting untuk memantau perkembangan bisnis secara bertahap.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan yang memakan waktu, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, membuat faktur dan laporan keuangan secara otomatis, manajemen aset dan persediaan, dan masih banyak lagi fitur Kledo yang akan berguna dalam membantu memudahkan proses bisnis Anda.

Hanya dengan 130 ribu perbulan, Anda sudah dapat menggunakan seluruh fitur tersebut.

Tertarik? Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + one =