Lakukan Pengambilan Keputusan dalam Bisnis dengan Strategi Ini

pengambilan keputusan

Baik Anda mengelola usaha kecil di pinggir jalan atau mengepalai perusahaan besar, kesuksesan Anda dan kesuksesan perusahaan Anda bergantung pada Anda pada pengambilan keputusan yang tepat—dan terus belajar dari keputusan yang salah.

Namun banyak dari pemilik bisnis yang salah dalam melakukan pengambilan keputusan berdasarkan data atau catatan kegagalan yang terjadi di masa lalu.

Pada artikel ini kita akan membahas strategi dalam proses pengambilan keputusan untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih menguntungkan termasuk dalam proses pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Nantinya, Anda akan dapat mencegah pengambilan keputusan yang tergesa-gesa dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih terarah ketika Anda menerapkan proses pengambilan keputusan formal.

Apa itu Pengembilan Keputusan dan Jenisnya

pengambilan keputusan

Proses pengambilan keputusan bisnis adalah proses langkah demi langkah yang memungkinkan para pemilik bisnis atau manajer untuk memecahkan masalah dengan menimbang bukti, memeriksa alternatif, dan memilih jalan dari sana.

Proses yang didefinisikan ini juga memberikan kesempatan, pada akhirnya, untuk meninjau apakah keputusan itu benar.

Pilihan yang sulit mungkin harus dibuat untuk kebaikan bersama organisasi. Ada tiga jenis keputusan dalam bisnis:

  • Strategis
  • Taktis
  • Operasional

Berikut adalah tabel perbedaannya

StrategisTaktisOperasional
Jangka panjangjangka menengahSehari
komplekskurang kompleksSederhana dan rutin
Dibuat oleh manajer seniorDibuat oleh manajer menengahdibuat oleh manajer junior
Misalnya bertujuan untuk menjadi pemimpin pasarmisalnya meluncurkan produk baru / membuka cabang barumisalnya pemesanan reguler persediaan / membuat rotasi staf

Jenis Staregi dalam Pengambilan Keputusan

Ada empat jenis keputusan strategis yang dapat Anda mulai terapkan secara langsung dalam bisnis.

Pengambilan Keputusan Analitis

Strategi ini adalah ketika Anda memiliki semua informasi yang relevan dengan situasi tertentu di ujung jari Anda.

Ini adalah cara metodis dan melibatkan urutan langkah-langkah yang tertata dengan baik untuk sampai pada keputusan.

Anda mengandalkan informasi yang objektif dan dapat dengan mudah diamati. Ini adalah strategi yang sangat menarik karena cara memecah keputusan yang kompleks dalam susunan potongan-potongan kecil yang saling terkait.

Namun, berhati-hatilah dengan metode ini, karena membangun logika terkadang bisa menyesatkan. Anda mungkin memutuskan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk mempertahankan bisnis Anda selama sisa tahun ini tanpa benar-benar melihat situasi arus kas Anda.

Pengambilan keputusan analitis sangat ideal ketika Anda memiliki tujuan yang jelas dan mudah ditentukan, dapat mengakses semua informasi yang Anda butuhkan, dan memiliki pengalaman untuk mengetahui informasi mana yang relevan dan informasi mana yang tidak.

Anda juga perlu memiliki waktu untuk melalui seluruh proses analitis.

Kelebihan

Ini adalah strategi serbaguna dan metodis dan cukup mudah untuk berkomunikasi dengan kolega dan karyawan Anda. Ini bekerja dengan baik ketika Anda dapat mewakili variabel dan hasil dalam bentuk angka.

Kekurangan

Ini hanya berguna dalam keadaan yang cukup spesifik untuk memenuhi semua persyaratan.

Itu juga membutuhkan pengalaman untuk melakukannya dengan cepat. Oleh karena itu, mungkin tidak mudah untuk dilakukan bagi pemula.

Baca juga: Tips Jualan Makanan Online Ini Terbukti Sukses, Berani Coba?

Pengambilan Keputusan Heuristik

Strategi ini paling tepat ketika Anda tidak memiliki semua informasi yang Anda butuhkan tetapi memiliki campuran beberapa informasi dan pengalaman yang Anda inginkan.

Heuristik pada dasarnya memungkinkan Anda membuat generalisasi berdasarkan sedikit informasi yang Anda miliki.

Ambil situasi saat Anda mengemudi. Anda melihat dua lampu merah muncul kira-kira selebar mobil tepat di depan Anda dan Anda secara naluriah menginjak rem.

Anda tidak melalui proses analitis yang panjang untuk mencari tahu apakah itu benar-benar lampu rem mobil dan apa artinya.

Anda hanya ingat dari pengalaman masa lalu bahwa lampu merah seperti itu biasanya lampu rem mobil dan Anda tahu bagaimana menanggapinya.

Heuristik tidak bekerja sepanjang waktu, tetapi mereka bekerja cukup sering sehingga kita dapat mempercayai mereka dalam banyak situasi. Anda harus menggunakannya ketika Anda memiliki heuristik yang tepat untuk situasi tersebut dan sangat percaya pada mereka dan akurasinya. Juga seharusnya tidak ada konsekuensi yang sangat besar karena salah.

Kelebihan

Ini adalah strategi yang sederhana dan cepat dan dapat menjadi alam bawah sadar dengan latihan yang cukup, membuat pikiran Anda bebas untuk memikirkan hal-hal lain.

Kekurangan

Heuristik dapat membuat Anda masuk ke dalam rasa aman yang salah, yang bisa berbahaya ketika berhadapan dengan situasi baru.

Anda mungkin juga mengandalkan isyarat yang salah untuk memandu keputusan Anda, yang jelas akan menghasilkan keputusan yang salah.

Pengambilan Keputusan Berdasarkan Keahlian

Pengambilan keputusan semacam ini bergantung pada keahlian dan kompetensi Anda di suatu bidang. Ini adalah saat Anda tahu banyak tentang sesuatu dan memiliki pengalaman yang cukup sehingga sebagian besar keputusan Anda bersifat intuitif.

Anda mengenali informasi dan menggabungkannya tanpa terlalu memikirkannya, bahkan ketika informasi itu tampaknya tidak cocok di mata orang lain.

Seorang pelaut berpengalaman, misalnya, biasanya akan tahu jika hujan akan turun lebih awal dan jauh lebih mudah daripada seorang pemula.

Terkadang semua informasi yang mereka butuhkan hanyalah angin kencang. Seorang pemula mungkin perlu melihat lebih banyak, seperti pembentukan awan dan sebagainya.

Pengambilan keputusan semacam ini berfungsi ketika Anda memiliki pengalaman yang cukup di suatu area dan dapat dengan mudah memeriksa keputusan Anda terhadap heuristik yang tepat.

Kelebihan

Pengambilan keputusan keahlian cukup cepat dan merupakan penyebab dari banyak keputusan akurat yang biasanya terjadi pada tingkat bawah sadar.

Kekurangan

Karena kenyataan bahwa sebagian besar keputusan terjadi pada tingkat bawah sadar, itu adalah hal yang sulit untuk diajarkan, terutama hal-hal yang dilihat ahli sebagai jelas, yang akan dianggap cukup sulit oleh orang lain.

Juga, ada kecenderungan orang berpikir bahwa hanya karena mereka ahli di satu bidang maka mereka juga ahli di bidang lain.

Baca juga: Apa Itu Firma? Berikut Pengertian Lengkap dan Perbedaannya Dengan Badan Usaha Lainnya

Pengambilan Keputusan Pilihan Acak

Ini mungkin tampak aneh, tetapi melempar koin dapat dan sering kali merupakan cara yang sangat baik untuk membuat keputusan.

Ini adalah metode paling sederhana dan dapat menghemat waktu Anda dan bahkan efektif bila Anda menggunakannya dengan tepat.

Katakanlah Anda harus membagi karyawan Anda ke dalam tim yang berbeda dan ketahuilah bahwa dinamika interpersonal dapat menyulitkan individu untuk memutuskan tim mana yang akan mereka ikuti.

Pengambilan keputusan secara acak dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan tim orang tanpa harus berurusan dengan dinamika interpersonal yang mengikutinya.

Strategi ini merupakan kombinasi paling efektif dari konsekuensi minimal, waktu terbatas, dan kurangnya strategi lain yang tepat untuk dipilih.

Anda juga harus menggunakannya ketika alternatif yang Anda pilih memiliki hasil yang serupa atau ambigu sehingga tidak praktis untuk membedakannya.

Kelebihan

Ini adalah strategi yang cepat dan sederhana.

Kekurangan

Anda tidak akan memiliki kendali atas hasilnya.

Tahapan dalam Pengambilan Keputusan

Meskipun ada banyak variasi kecil dari kerangka pengambilan keputusan yang beredar di Internet, dalam buku teks bisnis, dan dalam presentasi kepemimpinan, para profesional paling sering menggunakan tujuh langkah ini.

1. Identifikasi masalah

Untuk membuat keputusan, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi masalah yang perlu Anda pecahkan atau pertanyaan yang perlu Anda jawab.

Tentukan dengan jelas keputusan Anda. Jika Anda salah mengidentifikasi masalah untuk dipecahkan, atau jika masalah yang Anda pilih terlalu luas, Anda akan membuat keputusan yang bias dan tidak sesuai dengan masalah yang Anda bisnis Anda hadapi

Jika Anda perlu mencapai tujuan tertentu dari keputusan Anda, buatlah itu terukur dan tepat waktu sehingga Anda tahu pasti bahwa Anda memenuhi tujuan di akhir proses.

2. Kumpulkan informasi yang relevan

Setelah Anda mengidentifikasi masalah dan keputusan Anda, saatnya untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan pilihan itu.

Lakukan penilaian internal, melihat di mana organisasi Anda telah berhasil dan gagal di bidang yang terkait dengan keputusan Anda.

Juga, cari informasi dari sumber eksternal, termasuk studi, riset pasar, dan, dalam beberapa kasus, evaluasi dari konsultan berbayar.

Hati-hati: Anda dapat dengan mudah terjebak oleh terlalu banyak informasi—fakta dan statistik yang tampaknya berlaku untuk situasi Anda mungkin hanya memperumit prosesnya.

3. Identifikasi alternatif-alternatifnya

Dengan informasi yang relevan sekarang di ujung jari Anda, identifikasi kemungkinan solusi untuk masalah Anda.

Biasanya ada lebih dari satu opsi untuk dipertimbangkan ketika mencoba mencapai tujuan—misalnya, jika perusahaan Anda mencoba untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan di media sosial, alternatif Anda dapat mencakup iklan sosial berbayar, perubahan dalam strategi media sosial organik Anda, atau kombinasi dari keduanya.

4. Timbang seluruh fakta

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa alternatif, pertimbangkan bukti dan fakta yang mendukung atau menentang alternatif tersebut.

Lihat apa yang telah dilakukan perusahaan di masa lalu untuk berhasil di bidang ini, dan perhatikan baik-baik kemenangan dan kerugian organisasi Anda sendiri.

Identifikasi potensi jebakan untuk setiap alternatif Anda, dan timbanglah dengan kemungkinan imbalannya.

Baca juga: Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang: Pengertian Lengkap dan Bedanya dengan Perusahaan Jasa

5. Pilih di antara alternatif

Inilah bagian dari proses pengambilan keputusan di mana Anda, Anda tahu, membuat keputusan. Mudah-mudahan, Anda telah mengidentifikasi dan mengklarifikasi keputusan apa yang perlu dibuat, mengumpulkan semua informasi yang relevan, dan mengembangkan serta mempertimbangkan jalur potensial yang harus diambil.

Anda sangat siap untuk memilih.

6. Ambil tindakan

Setelah Anda membuat keputusan, bertindaklah! Kembangkan rencana untuk membuat keputusan Anda nyata dan dapat dicapai.

Kembangkan rencana proyek yang terkait dengan keputusan Anda, dan kemudian lepaskan tim dalam tugas mereka begitu rencana itu ada.

7. Tinjau keputusan Anda

Setelah jangka waktu yang telah ditentukan—yang Anda tetapkan pada langkah pertama dari proses pengambilan keputusan—lihat kembali keputusan Anda dengan jujur. Apakah Anda memecahkan masalah? Apakah Anda menjawab pertanyaan? Apakah Anda memenuhi tujuan Anda?

Jika demikian, perhatikan apa yang berhasil untuk referensi di masa mendatang. Jika tidak, belajarlah dari kesalahan Anda saat Anda memulai proses pengambilan keputusan lagi.

Hubungan Laporan Keuangan dan Pengambilan Keputusan pada Bisnis

pengambilan keputusan

Laporan keuangan Anda mengungkapkan data historis bisnis Anda untuk menginformasikan pengmbilan keputusan Anda di masa depan.

Mengambil keputusan dari laporan laba rugi

Laporan laba rugi adalah daftar pendapatan dan pengeluaran bulanan atau triwulanan. Kadang-kadang disebut laporan pendapatan atau income statement.

Anda dapat menyiapkan sendiri laporan laba rugi satu langkah sederhana, tetapi itu tidak akan memberi Anda wawasan sebanyak laporan yang lebih komprehensif.

Jika kesulitan membuat laporan laba rugi secara manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk mendapatkan kemudahan dalam pengambilan keputusan bisnis Anda.

Keputusan seperti apa, Anda bertanya? Pertanyaan bagus.

Kami telah melihat bahwa pemilik usaha kecil bersandar pada laporan laba rugi karena mereka memberikan detail penting, termasuk:

  • Pendapatan dalam (penjualan, akrual, dan piutang);
  • Pengeluaran (seperti harga pokok penjualan dan biaya operasional);
  • Pendapatan non-operasional (misalnya, pengembalian investasi bisnis dan keuntungan modal); dan
  • Biaya non-operasional (pikirkan pajak, bunga yang dibayarkan, dan kerugian modal).

Bandingkan laba kotor dan laba bersih dari laporan laba rugi terakhir Anda dengan angka yang sama dari laporan bulan ini.

Putuskan apa yang ingin Anda kurangi atau hal apa yang ingin Anda tingkatkan. Beberapa pemimpin mengambil kesempatan ini untuk mengatasi pemborosan dan mencapai efisiensi yang lebih baik.

Keputusan lain yang dapat Anda buat dengan cerdas sekarang adalah apa yang Anda butuhkan.

Laporan laba rugi memberikan data yang Anda butuhkan untuk mengetahui apakah akan meminjam — dan itu memberi pemberi pinjaman atau untuk memperpanjang kredit. Apakah Anda membutuhkan (atau menginginkan) pendanaan? Dan dengan mempertimbangkan data baru ini, dapatkah Anda menarik modal ventura?

Sekarang Anda juga dapat memutuskan apakah dan di mana akan berinvestasi dalam inisiatif baru seperti karyawan baru, peralatan, atau pasar geografis.

Atau Anda dapat memutuskan untuk mengurangi pengeluaran di area yang tidak mendukung strategi jangka panjang Anda atau menghasilkan pendapatan.

Setelah melihat laporan laba rugi baru Anda, salah satu keputusan bisnis terpenting yang dapat Anda buat saat ini adalah menentukan apakah penetapan tujuan dan penganggaran Anda tepat atau perlu dilakukan. Gunakan laporan laba rugi Anda untuk membandingkan anggaran versus aktual.

Juga, lihat total pendapatan dan pengeluaran Anda saat ini melalui strategi yang Anda buat. Buat keputusan untuk mengubah data yang Anda lihat berdasarkan rencana suksesi Anda, meskipun peristiwa itu masih jauh di masa depan.

Teliti juga keuntungan Anda. Putuskan apakah Anda terlalu menguntungkan untuk struktur bisnis Anda saat ini, dan buat perubahan untuk menyiapkan diri Anda untuk pajak yang lebih rendah di masa depan.

Banner 3 kledo

Ketahui Posisi Keuangan Anda

Penilaian Anda secara keseluruhan dikombinasikan dengan detail yang membentuk penilaian terbaik akan menunjukkan lebih banyak pilihan kepada Anda.

Pahami neraca Anda

Singkatnya, neraca adalah kompilasi hutang dan aset Anda. Cuplikan memberi Anda gambaran bagus tentang penilaian keseluruhan perusahaan dan bagian-bagian kecil yang membentuk garis bawah itu.

Neraca biasanya disiapkan setiap triwulan atau tahunan.

Seperti laporan laba rugi, neraca juga memiliki beberapa julukan. Itu disebut “laporan posisi keuangan,” atau kadang-kadang “laporan kondisi keuangan.”

Kami menyukai nama-nama itu karena deskriptif ketika memikirkan kepemimpinan strategis dan pengambilan keputusan. Mengetahui posisi dan kondisi Anda adalah dasar dari semua keputusan yang baik.

Neraca Anda menunjukkan aset dan kewajiban Anda, ekuitas pemilik, dan rasio penting tentang bisnis.

Anda dapat menggunakan data ini untuk memutuskan bagaimana meningkatkan posisi Anda. Misalnya, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Memutuskan untuk mengurangi risiko Anda, atau mengambil risiko terukur melalui “pengungkit”. Bandingkan rasio utang Anda dengan tolok ukur sektor untuk melihat ambang batas umum. Bagaimana perbandingan rasio Anda saat ini?
  • Memutuskan untuk menarik atau membagikan keuntungan atau dividen. Berdasarkan neraca Anda, Anda dapat menghapus beberapa keuntungan dan cadangan kas dari bisnis dan menyerahkan hasil panen itu ke tangan pemilik bisnis.
  • Memutuskan untuk menginvestasikan kembali surplus tersebut ke dalam aset yang lebih berwujud dan tidak berwujud. Ini bisa dilakukan sebagai strategi pajak atau pengungkit pertumbuhan — atau keduanya.
  • Memutuskan untuk menjual atau menukar aset dalam skala kecil atau besar. Tingkatkan likuiditas Anda dengan menjual aset, atau hindari peristiwa kena pajak dengan menukar aset.
  • Memutuskan untuk mengakuisisi pesaing atau bisnis pelengkap untuk meningkatkan posisi Anda.

Seperti yang Anda lihat, mengetahui apa yang Anda miliki dan utang Anda adalah kunci untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih sukses.

Baca laporan arus kas Anda

Laporan arus kas Anda adalah pandangan yang membuka mata tentang di mana dan kapan semua transaksi terjadi.

Dari situ, Anda dapat menguraikan mengapa transaksi ini cenderung terjadi secara rutin ketika mereka melakukannya. Laporan ini juga disebut “cashflow statement”.

Mengetahui bagaimana uang operasional Anda bergerak sangat penting. Jika Anda pernah mendengar diri Anda berkata, “Saya tahu kami menghasilkan uang, tetapi sepertinya tidak pernah cukup,” maka arus kas mungkin menjadi penyebabnya.

Laporan arus kas menjelaskan waktu antara semua pendapatan dan arus keluar. Ini memberi Anda ritme keseluruhan tentang apa yang terjadi secara finansial.

Menerapkan data dari laporan arus kas Anda menjadi lebih mudah setelah Anda memiliki visibilitas baru ini.

Tentukan dulu seberapa nyaman Anda dengan laju arus kas masuk dan keluar dari bisnis Anda saat ini.

Bergantung pada tujuan Anda, putuskan untuk menargetkan aktivitas operasi, investasi, atau pendanaan Anda untuk meningkatkan arus kas di satu atau semua area ini.

Mulai sekarang, ketika Anda menghadapi gangguan dan kejutan tak terduga, Anda juga dapat memutuskan untuk mempertimbangkan aliran ini dan merespons dengan lebih cerdas.

Keputusan lain yang dapat Anda buat adalah menggunakan data arus kas untuk meningkatkan profitabilitas Anda.

Cukup perhatikan hubungan antara kecepatan likuiditas kas melalui bisnis Anda dan profitabilitas Anda. Kemudian, putuskan apakah Anda senang dengan sebab-akibat saat ini dan perubahan apa yang akan Anda buat untuk memperbaikinya.

Ketahuilah bahwa tingkat arus kas Anda berkontribusi pada kesehatan bisnis Anda. Putuskan sekarang apakah arus kas Anda saat ini merupakan aset bagi Anda, sesuatu untuk ditunjukkan kepada investor, atau hambatan yang harus diatasi.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Laba Pada Bisnis? Berikut Cara dan Panduannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang strategi, tahapan dan hubungan antara data keuangan terhadap pengambilan keputusan pada bisnis. Seperti yang kita baca diatas, proses pengambilan keputusan tidak bisa lepas dari data keuangan yang ada.

Maka dari itu, penting untuk Anda mencatat dan membuat laporan keuangan dengan baik dan sesuai standar agar seluruh informasi yang dihasilkan faktual.

Hindari proses pencatatan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan mulailah menggunakan software akuntansi untuk meningkatkan efisiensi pada keseluruhan bisnis Anda.

Gunakan Kledo sebagai software akuntansi dalam bisnis Anda untuk mengoptimalkan proses pencatatan, penghitungan pajak, manajemen aset dan stok, pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur yang akan memudahkan Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *