Pengertian, Pentingnya, dan 8 Cara Membangun Reputasi Online

membangun reputasi online

Di era digital, reputasi online memainkan peran penting dalam kesuksesan dan pertumbuhan bisnis. Bahkan reputasi online negatif sekecil apa pun bisa cukup untuk mengusir pelanggan. Oleh karenanya, setiap bisnis harus mampu membangun reputasi online yang baik.

Membangun reputasi online merupakan langkah pentin untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Untuk itu, cari tahu di artikel ini apa itu reputasi online, mengapa itu penting dan bagaimana cara membangun reputasi online untuk bisnis Anda.

Pengertian Reputasi Online

membangun reputasi online

Reputasi online atau reputasi digital adalah reputasi perusahaan, orang, produk, layanan, atau apa pun di internet dan platform digital. Sederhananya, opini yang terbentuk dari pengguna tentang perusahaan melalui semua informasi yang dapat ditemukan di Internet. 

Pemilik bisnis tidak memiliki kendali penuh atas reputasi online bisnis mereka. Reputasi digital bergantung pada dua faktor utama: 

  • Informasi yang disediakan oleh perusahaan itu sendiri ada di web. Ini mencakup semua informasi yang disebarluaskan melalui daftar Google Bisnis, situs web, dan jejaring sosial yang digunakannya (Facebook, Instagram, dll.)
  • Pendapat yang dibagikan pengguna lain di Internet tentang perusahaan atau profesional tertentu. Misalnya, ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan di platform seperti Google Bisnis atau komentar yang ditinggalkan di halaman media sosial seperti Facebook atau Instagram. 

Baca juga: Analisis Industri: Pengertian dan 5 Komponen yang Perlu Anda Ketahui

Pentingnya Membangung Reputasi Online 

Jika memiliki kehadiran online penting untuk ditemukan oleh pelanggan, memiliki reputasi online yang baik sangat penting untuk dipilih. Ini adalah beberapa alasan utama mengapa, jika Anda adalah pemilik UMKM atau pekerja lepas, Anda tidak boleh mengabaikan reputasi digital Anda.

Berikut ini merupakan alasan pentingnya membangun reputasi online bisnis Anda:

Menarik Pelanggan Baru dan Meningkatkan Keuntungan

Diperkirakan 9 dari 10 orang membaca ulasan dari pengguna lain sebelum memilih profesional atau bisnis. Jika ulasan Anda tidak positif atau Anda tidak memilikinya, pengguna tidak akan memilih Anda dan kehadiran online Anda akan sia-sia.

Misalnya, apakah Anda pernah pergi ke dokter gigi atau restoran dengan peringkat 2 dari 5 bintang? 

Tingkatkan Visibilitas Anda di Google

Reputasi online adalah salah satu dari tiga kriteria yang diperhitungkan Google saat menyarankan bisnis kepada penggunanya. Google memberi peringkat bisnis dengan reputasi merek online yang sangat baik di bagian atas hasil Google.

Ini berarti bahwa jika Anda memiliki reputasi online yang positif, Google dan Google Maps kemungkinan besar akan menempatkan Anda di antara hasil pertama dan dengan demikian meningkatkan visibilitas Anda.

Loyalitas Pelanggan 

Loyalitas pelanggan juga tergantung pada reputasi perusahaan online yang baik. Mengumpulkan umpan balik pelanggan memungkinkan Anda untuk menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa pendapat mereka penting dan bahwa Anda terus berusaha untuk memberikan layanan terbaik.

Baca juga: Pengertian Disposable Income, Cara Hitung, dan Manfaatnya

Cara Menganalisis Reputasi Online Bisnis

membangun reputasi online

Menganalisis reputasi online bisnis Anda sangat penting untuk mengidentifikasi masalah dan ide baru untuk perbaikan yang dapat Anda terapkan. 

Google adalah tempat pertama di mana sebagian besar pengguna akan menemukan informasi tentang bisnis Anda. Jadi mulailah mencari nama bisnis Anda di Google dan lihat informasi apa yang muncul tentang Anda. 

Cara mudah untuk memeriksa status reputasi Anda adalah dengan menggunakan fitur yang disebut Google Suggest. Fitur ini diaktifkan ketika pengguna mulai mengetik di bilah pencarian Google yang menyarankan istilah yang terkait dengan hasil awal mesin pencari.

Jika perusahaan Anda telah menjadi pusat kontroversi atau baru saja menghadapi krisis reputasi, Google Suggest akan menyarankan pencarian negatif kepada pengguna. Beginilah cara alat yang cepat digunakan ini dapat memberi Anda petunjuk tentang status reputasi Anda. 

Alat lain yang disediakan oleh Google adalah Google Alert. Ini akan memungkinkan Anda untuk memilih satu atau lebih kata kunci yang keberadaannya di web ingin Anda pantau.

Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nama perusahaan Anda di antara kata kunci yang akan dilacak dan Anda akan menerima pemberitahuan setiap kali nama Anda disebutkan secara online. Manfaatkan lansiran Google untuk melihat apakah pengguna membicarakan bisnis Anda dengan istilah yang menyanjung atau tidak.

Terakhir, membaca ulasan yang ditinggalkan pelanggan Anda di komentar Google dan media sosial Anda adalah cara yang bagus untuk memahami apa yang orang pikirkan tentang Anda dan bagaimana mereka memengaruhi reputasi online Anda secara positif atau negatif.

Banner 2 kledo

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

Tips Membangun Reputasi Online

Membangun dan mengelola reputasi online Anda adalah langkah penting untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Ada begitu banyak cara untuk merusak reputasi Anda, dan Anda harus mengambil inisiatif untuk membuat reputasi Anda menjadi positif. Akan lebih baik jika Anda bertanggung jawab atas reputasi online Anda.

Nah, berikut ini merupakan panduan membangun reputasi online yang bisa Anda praktikkan langsung untuk bisnis Anda:

Mendorong Ulasan Positif

Ulasan  negatif dapat bertahan di web selama bertahun-tahun. Sebaliknya, ciptakan kehadiran online yang positif dan dorong orang untuk menulis komentar positif. Ini akan membantu menangkal komentar negatif dan membantu bisnis Anda mendapatkan lebih banyak eksposur.

Selain itu, ulasan positif lebih cenderung lebih baru daripada yang buruk. Ini akan meningkatkan kehadiran online Anda dan membuatnya lebih dapat dipercaya.

Pantau Reputasi Online Anda

Strategi manajemen reputasi online yang baik dimulai dengan memantau reputasi merek Anda. Alat tersedia untuk membantu Anda memantau dan mengelola reputasi Anda, termasuk Mention dan Google Alerts.

Untuk manajemen reputasi online yang efektif, Anda harus aktif di media sosial. Anda harus membuat akun di Twitter, Facebook, dan Google+ sesegera mungkin. Yang terbaik adalah aktif di sebanyak mungkin situs jejaring sosial.

Pantau Kehadiran Online

Kehadiran online yang terpelihara dengan baik adalah merek yang berkembang dengan baik. Pastikan pesan Anda konsisten di semua platform dan kompatibel.

Reputasi online positif terdiri dari tidak ada hasil pencarian negatif dan artikel positif, ulasan, percakapan, dan diskusi seputar nama Anda. Penting juga untuk memantau dan menanggapi setiap komentar negatif.

Fokus pada Kata Kunci yang Tepat

Mengelola reputasi Anda di media sosial sangat penting untuk bisnis Anda. Tidak hanya memengaruhi peringkat situs web Anda, tetapi juga memengaruhi keputusan pembelian pelanggan Anda.

Kehadiran media sosial Anda harus mewakili merek Anda dalam pencarian populer. Namun, Anda juga harus fokus pada reputasi merek Anda di media sosial. Gabungkan taktik SEO tradisional, ke dalam strategi Anda untuk menghindari hasil pencarian negatif.

Baca juga: Jenis Pajak Penjualan di Indonesia dan Cara Menghitungnya

Pantau Reputasi Anda

Selain pentingnya menjaga reputasi online yang positif, juga penting untuk mengelola keberadaan online Anda. Anda harus menjaga tingkat transparansi yang tinggi di perusahaan Anda. Anda harus menghindari ulasan palsu dan memastikan reputasi online Anda tetap positif.

Jika bisnis Anda tidak transparan dan tidak mendengarkan umpan balik dari pelanggan Anda, Anda kehilangan kredibilitas dan visibilitas.

Bersikap Proaktif

Menjadi responsif terhadap ulasan sangat penting untuk membangun dan mengelola reputasi online Anda. Jika Anda menerima ulasan negatif, pastikan untuk merespons secepat mungkin.

Anda akan terlihat sebagai perusahaan yang lebih kredibel dan dapat dipercaya dengan melakukan ini. Ini juga membantu jika Anda membalas ulasan buruk secara proaktif. Ini akan membuat perbedaan dunia dalam kehadiran online Anda.

Aktif di Forum dan Media Sosial

Menjadi berita akan meningkatkan kredibilitas dan posisi pasar Anda. Aktiflah di platform dan sampaikan cerita Anda kepada jurnalis jika Anda berkecimpung dalam industri ini. Ini akan membantu Anda mendapatkan wawasan berharga tentang pesaing Anda.

Ini pada akhirnya akan membantu Anda mengelola reputasi online Anda. Jika Anda adalah sebuah merek, Anda juga dapat dipercaya oleh pelanggan Anda, dan mereka akan membeli produk Anda.

Pantau Reputasi Merek Anda

Mengelola reputasi online Anda melibatkan pemantauan nama merek Anda. Ini adalah proses berkelanjutan yang dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mempertahankan reputasi yang baik.

Jika Anda tidak mengelola reputasi Anda, itu bisa membahayakan bisnis Anda. Anda tidak dapat mengontrol apa yang orang tulis tentang Anda, tetapi Anda dapat memengaruhi cara orang lain memandang perusahaan Anda. Selain itu, Anda harus memiliki kehadiran online yang sangat baik untuk tetap berada di depan pesaing Anda.

Baca juga: Crowdfunding Adalah: Berikut Pembahasan Lengkapnya

Kesimpulan

Secara keseluruhan, melalui reputasi online yang efisien, Anda dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan sepenuhnya untuk merek Anda. Dengan reputasi yang tinggi, Anda dapat memperoleh persepsi yang baik dari calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada.

Dan pada akhirnya menghasilkan peningkatan penjualan dan pendapatan. Dengan demikian, menjaga reputasi Anda di internet menjadi sangat penting untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Anda.

Tentunya, peningkatan penjualan dan pendapatan tersebut harus disertai dengan melakukan pembukuan yang dicatat secara mendetail dan sistematis. Guna memudahkan proses pembukuan, Anda perlu menggunakan bantuan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang dibekali berbagai fitur mulai dari akuntansi, pembuatan faktur, hingga manajemen aset dan inventory. Software ini bisa Anda gunakan melalui laptop maupun cukup lewat handphone sehingga Anda bisa memantau performa bisnis dari mana saja dan kapan saja.

Mulai dari 140 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 4 =