Crowdfunding Adalah: Berikut Pembahasan Lengkapnya

crowdfunding adalah

Jika Anda seorang pemula bisnis, crowdfunding adalah  cara sempurna untuk mendapatkan eksposur  dan pendanaan untuk bisnis Anda. Dengan menggunakan platform crowdfunding, Anda dapat terhubung dengan calon investor dan pelanggan dan menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Ada banyak platform crowdfunding untuk dipilih, dan masing-masing memiliki manfaat uniknya sendiri.

Meskipun penggalangan dana adalah tujuan utama, crowdfunding juga merupakan cara yang bagus untuk memvalidasi ide bisnis Anda dan mendapatkan umpan balik dari komunitas crowdfunding. Artikel ini menyelam jauh ke dalam dunia crowdfunding dan menjelaskan bagaimana startup dapat mengambil manfaat darinya.

Pengertian Crowdfunding Adalah:

crowdfunding adalah

Sederhananya, crowdfunding adalah kampanye pengumpulan dana yang biasanya untuk memulai atau mendukung bisnis atau proyek dengan dari sejumlah besar investor individu. Crownfunding sebagian besar dilakukan melalui media sosial dan situs dan platform crowdfunding.

Dalam cara tradisional untuk mengumpulkan modal untuk bisnis atau dana, sebagian besar negara memberlakukan batasan hukum tertentu yang dirancang untuk melindungi individu yang tidak berpengalaman dari menginvestasikan terlalu banyak tabungan mereka ke dalam bisnis yang mungkin gagal.

Di sinilah platform crowdfunding masuk. Dengan crowdfunding, siapa pun dapat menginvestasikan sejumlah uang, tidak peduli seberapa besar atau kecil uang yang diinvestasikan.

Ini adalah ide yang luar biasa karena Anda tidak lagi harus mengajukan pinjaman bisnis atau menjalin hubungan baik dengan sponsor kaya sebagai bagian dari kampanye pendanaan Anda.

Salah satu manfaat terbesar dari crowdfunding adalah Anda dapat mengajukan ide Anda kapan saja dan jika investor menyukainya, mereka dapat mendukungnya dengan uang sebanyak yang mereka pikir bernilai untuk ide Anda.

Baca juga: Persediaan Barang: Pengertian, Jenis, dan Metode Penilaiannya

Jenis-jenis Crowdfunding

Meskipun menerima dana dari investor yang tertarik dengan ide bisnis Anda terdengar seperti konsep yang relatif sederhana, masih ada empat jenis crowdfunding yang berbeda. Mari kita lihat apa saja mereka:

Crowdfunding Berbasis Donasi

Jenis crownfunding ini cukup jelas. Orang memberi Anda atau perusahaan Anda uang tanpa menginginkan atau mengharapkan imbalan apa pun. Mereka melakukannya hanya sebagai tindakan dukungan terhadap Anda atau usaha bisnis Anda.

Crowdfunding Berbasis Utang

Dengan jenis crowdfunding ini, Anda sebenarnya meminjam uang dari pendukung Anda. Segala sesuatu yang mereka investasikan harus dilunasi pada tanggal yang disepakati dengan bunga tertentu.

Crowdfunding Berbasis Hadiah

Metode ini sangat populer, terutama dalam hal crowdfunding untuk startup. Dalam hal ini, Anda mengirimkan hadiah sebagai tanda penghargaan kepada para pendukung yang telah mendukung bisnis Anda.

Hadiah ini biasanya bervariasi berdasarkan ukuran donasi dan biasanya mencakup hal-hal seperti T-shirt, kupon, diskon untuk produk dan layanan, dll.

Crowdfunding Berbasis Ekuitas

Jenis crownfunding ini adalah cara yang bagus untuk menjalankan kampanye crowdfunding jika Anda menjalankan bisnis kecil atau Anda ingin memulai bisnis Anda.

Dengan crowdfunding jenis ini, pendukung Anda tidak hanya memberi Anda uang. Sebaliknya, mereka berinvestasi di perusahaan Anda karena mereka diberi bagian kecil dari bisnis Anda, berdasarkan ukuran sumbangan mereka.

Penting untuk dicatat bahwa ada batasan tertentu untuk crowdfunding. Misalnya, crowdfunding berbasis ekuitas tidak diperbolehkan di beberapa situs web.

Jadi, jika Anda ingin mendanai ide Anda dengan cara ini, Anda perlu melihat platform crowdfunding berbasis ekuitas. Selain itu, ada aturan dan batasan tertentu terkait crowdfunding untuk lembaga nonprofit.

Cara Kerja Crowdfunding

Strategi crowdfunding yang sukses mengumpulkan sejumlah kecil uang dari sejumlah besar orang. Ini berbeda dengan pinjaman bisnis tradisional. Ada persepsi bahwa bekerja dengan program crowdfunding untuk mengumpulkan uang itu mudah. Tapi kampanye yang sukses membutuhkan waktu dan usaha.

Berikut cara kerja crowdfunding adalah:

  • Anda perlu membuat profil terlepas dari situs crowdfunding yang Anda gunakan. Grafik dan gambar produk membantu mengumpulkan uang. Sebagian besar melibatkan video pitch dan beberapa konten pendukung.
  • Biasanya ada biaya berlangganan untuk mendanai proyek. Biaya pemrosesan pembayaran dapat dikenakan biaya 2,9% dan o.30 untuk setiap transaksi. Seiring dengan biaya transaksi, biaya platform berkisar antara 3 hingga 5 persen.
  • Menetapkan tujuan untuk mengumpulkan dana sangat penting. Beberapa platform crowdfunding akan memungkinkan Anda mengumpulkan uang bahkan jika tujuan Anda gagal, tetapi yang lain tidak. Jadi pemilik usaha kecil harus realistis.

Usaha kecil perlu mempertimbangkan penjualan tahunan mereka sebelum mereka mendapatkan jumlah penjualan kotor. Mendapatkan beberapa saran investasi sangat membantu. Ini dapat menentukan titik di mana Anda harus berhenti mengumpulkan uang untuk memastikan kesuksesan.

Banner 2 kledo

Manfaat Crowdfunding untuk Bisnis

Di bawah ini merupakan manfaat dari crowdfunding, di antaranya:

1. Akses Permodalan yang Mudah

Crowdfunding membuatnya lebih mudah untuk mengumpulkan uang daripada melalui sumber pendanaan tradisional, seperti bank atau pemodal ventura. Dengan crowdfunding, yang Anda butuhkan hanyalah ide bisnis yang bagus dan platform online untuk memulai.

2. Tidak Perlu Agunan

Dengan pinjaman tradisional, bank sering meminta jaminan, seperti rumah atau mobil Anda, jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman tersebut. Tidak perlu agunan dengan crowdfunding karena dana dihimpun dari sekelompok besar orang.

Baca juga: Proyeksi Arus Kas: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

3. Mengurangi Risiko Kerugian

Crowdfunding adalah cara yang bagus untuk melindungi risiko karena memungkinkan Anda menguji pasar sebelum berkomitmen pada suatu produk atau layanan.

Memulai bisnis bisa sangat berisiko dan menantang. Selain penggalangan dana, selalu ada pengeluaran lain yang tidak dapat diramalkan, tantangan dalam validasi pasar, dan product market fit. Dengan crowdfunding, Anda dapat mengurangi risiko dengan menguji ide bisnis Anda dengan pasar terlebih dahulu sebelum berkomitmen penuh.

Jika kampanye crowdfunding Anda berhasil, itu menunjukkan bahwa ada permintaan untuk produk atau layanan Anda. Jika tidak berhasil, Anda selalu dapat memutar dan mencoba sesuatu yang lain.

4. Berfungsi sebagai Alat Pemasaran

Crowdfunding juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran untuk menghasilkan buzz dan kesadaran merek bisnis Anda. Kampanye crowdfunding yang sukses dapat membantu Anda mencapai target pasar dan menciptakan basis pelanggan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan, mitra, dan investor.

Hubungan ini dapat bermanfaat dalam jangka panjang, bahkan jika kampanye crowdfunding Anda tidak berhasil.

5. Membantu Anda Membangun Komunitas

Crowdfunding membantu Anda membangun komunitas pendukung seputar ide bisnis Anda. Orang-orang ini dapat memberikan umpan balik yang berharga dan membantu menyebarkan berita tentang kampanye Anda.

Memiliki komunitas pendukung yang kuat sangat penting untuk bisnis apa pun, terutama startup. Cara termudah untuk membuat dan menumbuhkan komunitas adalah melalui platform crowdfunding untuk startup.

Platform crowdfunding memberikan kesempatan sempurna untuk terhubung dengan individu yang berpikiran sama dan mengembangkan komunitas Anda. Kampanye crowdfunding yang sukses juga dapat menghasilkan liputan pers, yang dapat membantu meningkatkan kesadaran akan bisnis Anda.

6. Memungkinkan Crowdsourcing Ide Brainstorming

Salah satu tantangan nyata bagi usaha kecil, pemula, dan pengusaha adalah menghasilkan ide-ide baru dan mencakup semua celah pada tahap awal. Dengan crowdfunding, Anda dapat menggunakan platform untuk mengumpulkan ide dari pendukung Anda. Ini dikenal sebagai crowdsourcing.

Crowdsourcing adalah cara mudah untuk menghasilkan ide-ide baru dan mendapatkan umpan balik tentang ide bisnis Anda. Ini juga merupakan cara yang baik untuk terlibat dengan pendukung Anda dan membangun hubungan dengan mereka.

7. Menghasilkan Calon Pelanggan Setia dan Pelanggan Awal

Pelanggan awal sangat penting untuk bisnis apa pun, terutama startup. Merekalah yang membantu memvalidasi produk atau layanan Anda dan memberikan umpan balik yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Mereka juga membantu menyebarkan berita tentang bisnis Anda dan menghasilkan buzz.

Crowdfunding adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi dan terlibat dengan pengguna awal. Dengan menawarkan hadiah atau fasilitas, Anda dapat menarik orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda dan membuat mereka mencobanya. Orang-orang ini dapat memberikan umpan balik berharga yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Baca juga: Buyback Saham Artinya? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Tips Melakukan Crowdfunding

crowdfunding adalah

Crowdfunding untuk bisnis adalah cara yang bagus untuk memulai startup. Berikut adalah 3 tips untuk Anda memulai crowdfunding.

Mulai dengan Komunitas

Jika Anda ingin menggunakan platform media, membangun komunitas adalah awal yang baik. Jangkau anggota media dan influencer untuk membangun momentum. Tip ini bekerja untuk semua jenis crowdfunding.

Namun, Anda harus ingat bahwa ini adalah permainan angka. Anda ingin menjadi strategis tentang siapa yang Anda jangkau. Namun, pada saat yang sama, Anda tidak ingin membatasi pilihan Anda atau mempersempitnya.

Tawarkan Insentif yang Baik

Menawarkan topi dan topi atau T-shirt sebagai insentif mendorong para donor untuk memberi lebih banyak. Tingkatan yang berbeda untuk usaha crowdfunding memberi orang cara untuk mengingat kampanye Anda. Teriakan media dapat memengaruhi apa yang dibayar rata-rata pelindung.

Menjaga hal-hal sederhana itu baik. Memiliki beberapa bundel dan aksesori tambahan mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Jangan Abaikan Analytics

Kampanye crowdfunding lebih baik jika Anda tahu apa yang harus diubah dan kapan. Analytics dapat menunjukkan kepada Anda lalu lintas yang Anda dapatkan dan uang yang masuk. Menjadi spesifik tentang bagaimana Anda akan menggunakan uang itu juga membantu.

Baca juga: Aktiva Setara Kas: Pengertian, Jenis, Pro Kontra, dan Fungsinya

Kesimpulan

Secara keseluruhan, crowdfunding adalah cara yang bagus bagi startup untuk mengumpulkan modal dan membangun komunitas pendukung. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menguji ide bisnis Anda dengan pasar sebelum berkomitmen penuh untuk itu.

Crowdfunding adalah pilihan yang layak untuk memulai bisnis. Ini pasti layak dipertimbangkan jika Anda mencari alternatif sumber pendanaan tradisional.

Selanjutnya, Anda perlu mengelola dana crowdfunding tersebut dengan cara melakukan pembukuan yang mendetail dan sistematis. Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo yang membantu Anda menyusun pembukuan sehingga lebih mudah, cepat, dan akurat.

Kledo merupakan software yang memanfaatkan teknologi cloud dengan berbagai fitur mulai dari akuntansi, faktur, hingga manajemen inventory yang sangat mudah digunakan. Bahkan, bagi Anda yang masih awam dengan dunia akuntansi dan keuangan bisnis.

Jadi, tunggu apalagi? Mulai dari 140 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Anda juga bisa mencoba berbagai fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + six =