Neraca Lajur: Pengertian, Fungsi, Jenis, Tahapan Membuatnya, dan Contohnya

neraca lajur

Profesional keuangan menggunakan berbagai alat untuk membantu mereka melacak informasi penting. Salah satu dokumen yang berguna yang digunakan akuntan dan pemegang buku adalah neraca lajur atau spreadsheet akuntansi yang merinci berbagai tahapan siklus akuntansi.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang menggunakan pencatatan pembukuan manual, mungkin berguna untuk mempelajari cara menggunakan neraca lajur untuk membuat laporan keuangan yang akurat.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu neraca lajur, menjelaskan beberapa jenis neraca lajur dan memberikan langkah-langkah bagaimana mempersiapkannya secara efektif.

Apa itu Neraca Lajur

Neraca lajur dalam akuntansi adalah spreadsheet yang digunakan akuntan atau pemegang buku untuk menyiapkan laporan keuangan perusahaan.

Profesional keuangan menggunakan alat ini untuk menentukan keakuratan laporan keuangan organisasi pada akhir periode akuntansi.

Juga dikenal sebagai worksheet dan berguna selama proses siklus akuntansi ketika akuntan menyesuaikan entri jurnal dan saldo percobaan.

Neraca lajur dalam akuntansi biasanya memiliki beberapa kolom yang menyertakan akun berbeda, seperti pendapatan dan aset.

Setiap kolom mewakili tahap yang berbeda dalam siklus akuntansi. Namun, karena perusahaan menggunakan formulir ini untuk tujuan internal, formatnya dapat disesuaikan untuk setiap organisasi.

Pemilik bisnis dapat menulis ini dengan tangan atau membuatnya secara online melalui software akuntansi seperti Kledo yang bisa Anda coba secara gratis melalui tautan di bawah ini:

Banner 2 kledo

Neraca lajur bukan akun permanen.

Ini bukan bagian dari jurnal atau buku besar. Ini adalah perangkat yang digunakan untuk memudahkan persiapan jurnal penyesuaian dan laporan keuangan.

Dalam organisasi yang lebih besar di mana volume akun dan penyesuaian lebih banyak, kemungkinan kesalahan tetap ada pada saat membuat jurnal penyesuaian dengan akun buku besar jika lneraca lajur tidak disiapkan.

Penyusunan laporan keuangan dengan benar menjadi rumit dan terkadang tertunda. Banyak bisnis saat ono melakukan praktik penyusunan neraca lajur di organisasi besar sebelum penyusunan laporan keuangan.

Akuntan membuat penyesuaian ayat jurnal penyesuaian dengan akun buku besar lain yang relevan sebelum penyusunan laporan keuangan.

Sebelum penyusunan laporan keuangan, akuntan ingin memastikan keakuratan aritmatika akun dengan membuat penyesuaian entri penyesuaian dengan akun buku besar melalui neraca lajur dan kemudian melakukan persiapan laporan keuangan.

Neraca lajur disiapkan pada akhir periode akuntansi sebelum penyusunan laporan keuangan.

Baca juga: Annual Report: Pengertian, Komponen, Cara Menyusunnya dan Contohnya

Apa Fungsi Neraca Lajur?

Fungsi utama dari membuat neraca lajur akuntansi terutama terletak pada bidang manajemen sumber daya yang efektif, yang dapat membantu perusahaan untuk melacak catatan dan transaksi mereka untuk rekonsiliasi yang tepat.

Pertama, dapat dilihat bahwa neraca lajur akuntansi membantu akuntan untuk menyelesaikan proses penyusunan laporan keuangan dengan cara yang jauh lebih mudah.

Mereka memiliki semua saldo yang tercantum dalam satu lembar kerja yang membantu mereka menyiapkan laporan tahun terakhir dengan relatif mudah.

Dengan cara yang sama, ini juga memastikan bahwa pemegang buku perusahaan memastikan bahwa perusahaan telah melakukan semua penyesuaian selanjutnya.

Dengan cara yang sama, membuat dan menyiapkan neraca lajur akuntansi juga membantu untuk memiliki gambaran umum tentang kesehatan keuangan perusahaan (dengan melihat saldo akhir tahun) sebelum laporan keuangan aktual perusahaan disiapkan dan kemudian diterbitkan oleh perusahaan.

Secara ringkas, ini lah fungsi penting dalam membuat neraca lajur dalam bisnis:

  • Meningkatkan transfer t-account ke dalam neraca saldo yang disesuaikan
  • Mengurangi potensi kesalahan saat menyusun laporan keuangan
  • Menyoroti efek penyesuaian entri jurnal terhadap laporan keuangan perusahaan secara keseluruhan
  • Membantu melacak langkah-langkah siklus akuntansi perusahaan
  • Mengidentifikasi mengapa laporan keuangan mungkin tidak seimbang dengan benar
  • Melacak perubahan dalam akun antara satu periode keuangan dan lainnya
  • Memastikan dokumentasi yang akurat dari semua detail dari periode akuntansi

Mengetahui Jenis Neraca Lajur

Perusahaan dapat menggunakan berbagai neraca lajur tergantung pada kebutuhan mereka. Berikut adalah beberapa jenis worksheet akuntansi yang biasa digunakan bisnis:

1. Neraca lajur umum

Neraca lajur umum adalah spreadsheet yang digunakan akuntan untuk menganalisis saldo di akun yang berbeda.

Ini biasanya berisi empat hingga enam kolom, tergantung pada kebutuhan perusahaan tertentu. Nama-nama kolom yang berbeda dapat mencakup:

  • Neraca saldo yang belum disesuaikan
  • Penyesuaian
  • Neraca saldo yang disesuaikan
  • Laporan laba rugi
  • Neraca keuangan

2. Neraca lajur terperinci

Neraca lajur terperinci sering kali berisi lebih banyak informasi daripada worksheet umum. Ini juga dapat mencakup halaman pendukung untuk menjelaskan item tertentu, seperti berikut ini:

  • Piutang dan daftar hutang dagang
  • Daftar pengeluaran produksi
  • Daftar premi asuransi

3. Neraca lajur audit

Neraca lajur audit, juga dikenal sebagai audit spreadsheet review, adalah alat untuk menyiapkan laporan keuangan perusahaan untuk memverifikasi keakuratan informasi akuntansi.

Jumlah kolom bervariasi tergantung pada tuntutan masing-masing organisasi.

4. Neraca lajur 12 kolom

Neraca lajur 12 kolom, atau neraca percobaan yang diperpanjang, berguna jika Anda memiliki informasi yang terkait dengan akun laba ditahan atau akun alokasi laba rugi.

Biasanya, perusahaan saham gabungan, yaitu perusahaan yang pemegang sahamnya memiliki saham bersama, menggunakan jenis worksheet akuntansi ini.

Baca juga: Jadi Idaman Investor, Ini Pengertian Dividen yang Wajib Diketahui!

Tahapan dalam Membuat Neraca Lajur

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mempersiapkan worksheet akuntansi secara efekti:

1. Tulis nama perusahaan Anda

Langkah pertama untuk menyelesaikan neraca lajur akuntansi adalah menulis nama organisasi tempat Anda mengumpulkan informasi.

Ini sering muncul dalam font tebal di bagian atas spreadsheet. Juga, pertimbangkan untuk memasukkan tanggal Anda menyelesaikan lembar kerja.

2. Buat judul kolom

Selanjutnya, pertimbangkan untuk memilih berapa banyak kolom yang Anda butuhkan dan menulis judul untuk setiap kolom Anda.

Tempatkan nama untuk setiap kategori di bagian atas lembar kerja Anda, dimulai dengan “akun” dan diakhiri dengan “neraca”. Di bawah kolom akun, coba sertakan berbagai jenis laporan, seperti inventaris dan uang tunai.

Semua kolom lainnya termasuk bagian debit dan kredit dengan jumlah yang sesuai. Ini membantu Anda menentukan apakah debit dan kredit cocok dan memastikan akurasi.

3. Tempatkan neraca saldo yang belum disesuaikan

Setelah Anda mengatur lembar kerja akuntansi Anda, identifikasi neraca saldo perusahaan Anda yang belum disesuaikan untuk kolom kedua Anda.

atat jumlah yang sesuai di bawah bagian kredit dan debit. Neraca saldo mencakup elemen-elemen berikut:

  • Aktiva
  • Pengeluaran
  • Kewajiban
  • Akun pendapatan

4. Masukkan penyesuaian Anda

Di kolom ketiga, jumlahkan dan catat penyesuaian Anda. Penyesuaian adalah potongan data untuk transaksi tambahan yang berada di luar neraca saldo. Kolom penyesuaian sering kali mencakup hal-hal berikut:

  • Penutupan tok
  • Biaya luar biasa
  • Biaya dibayar dimuka
  • Biaya kedaluwarsa
  • Penghasilan yang diperoleh
  • Depresiasi
  • Apresiasi

5. Identifikasi saldo percobaan Anda yang disesuaikan

Kolom berikutnya dalam worksheet akuntansi yang efektif adalah neraca saldo yang disesuaikan, yang merupakan catatan saldo perusahaan Anda untuk akun-akun terpisah.

Untuk menemukan ini, gabungkan nilai dari neraca saldo penyesuaian dan yang tidak disesuaikan. Beberapa jenis neraca saldo penyesuaian antara lain:

  • Penangguhan
  • Akrual
  • Penyesuaian pajak
  • Missing transactions

6. Catat laporan laba rugi

Langkah selanjutnya saat menyiapkan worksheet akuntansi adalah menempatkan laporan laba rugi Anda di kolom kelima worksheet akuntansi Anda.

Ini merangkum nilai yang terkait dengan akun pengeluaran dan pendapatan perusahaan Anda.

Jika total pendapatan melebihi total biaya, perusahaan kemungkinan akan menghasilkan laba bersih. Namun, ketika total biaya melebihi total pendapatan, perusahaan mungkin mengalami kerugian bersih. Laporan laba rugi mencakup:

  • Akun terkait penjualan
  • Biaya operasional
  • Biaya penjualan

7. Lengkapi neraca

Di kolom terakhir, catat neraca Anda. Serupa dengan kolom lainnya, periksa untuk menentukan apakah total kolom kredit dan debit seimbang dan sama jumlahnya. Neraca biasanya mencakup:

  • Aktiva
  • Kewajiban
  • Modal pemilik

8. Tulis jurnal penutup Anda

Setelah menyelesaikan neraca lajur akuntansi Anda, Anda dapat menyiapkan entri penutup Anda menggunakan spreadsheet ini.

Entri penutup mengharuskan perusahaan mentransfer saldo mereka ke rekening kliring mereka, yang dikenal sebagai ikhtisar laba rugi. Mereka akhirnya memindahkan saldo ini ke akun permanen mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Laba Pada Bisnis? Berikut Cara dan Panduannya

Contoh Kasus Membuat Neraca Lajur

neraca lajur

PT Sunshine adalah perusahaan perdagangan. Neraca saldo dan penyesuaiannya seperti contoh di bawah ini:

 Dalam dolarDr.Cr.
Kas37080 
Piutang52320 
Piutang catatan24000 
Inventarisasi barang dagangan di 1.1.200531650 
Asuransi prabayar4800 
Sewa prabayar4395 
Menyimpan persediaan1650 
Furnitur dan perlengkapan13500 
Akumulasi penyusutan – furnitur 3000
Peralatan kantor11700 
Akumulasi peralatan kantor penyusutan 4500
Hutang akun 28600
Ekuitas pemilik 96000
Gambar4500 
Pembelian180000 
Penjualan 289200
Pengembalian dan tunjangan penjualan6000 
Pembelian pengembalian dan tunjangan 2500
Pengiriman ke dalam dan bea cukai5750 
Gaji penjualan34200 
Biaya iklan3795 
Biaya pengiriman2850 
Biaya kantor3510 
Gaji kantor3000 
Pendapatan bunga 900
 
 424700424700
 

Penyesuaian:

  • Persediaan barang dagangan pada 31.12.2020 adalah 40000.
  • Sewa berakhir selama tahun $2800.
  • Asuransi kadaluarsa selama tahun $2500.
  • Gaji penjualan yang luar biasa $2100
  • Piutang asuransi $200.
  • Persediaan persediaan toko pada 31.12.2005 adalah $650.
  • Depresiasi furnitur dan perlengkapan sebesar 10% p.a. dan peralatan kantor sebesar 20% p.a.
  • Hapus piutang tak tertagih seharga $600.

Judul neraca lajur dalam contoh kami untuk Sunshine terdiri dari tiga bagian:

  • Nama bisnisnya.
  • Lembar kerja judul.
  • Jangka waktu yang dicakup.

Bentuk lneraca lajur memiliki kolom judul rekening dan kolom uang disusun dalam lima pasang kolom debit dan kredit. Judul utama dari lima set kolom uang adalah:

  1. Neraca saldo.
  2. Penyesuaian.
  3. Neraca percobaan yang disesuaikan.
  4. Laporan laba rugi.
  5. Neraca keuangan.

Lima set kolom ini telah dijelaskan di bawah ini:

Neraca saldo:

Data neraca saldo dapat dikumpulkan langsung pada formulir lembar kerja atau dapat disiapkan pada lembar lain terlebih dahulu dan kemudian disalin pada lembar kerja.

Kolom Penyesuaian:

Anda disarankan untuk mencatat jurnal penyesuaian terlebih dahulu pada selembar kertas terpisah sebelum mencatat penyesuaian pada kolom penyesuaian pada lembar kerja. Jurnal penyesuaian untuk penyesuaian yang diberikan dalam contoh ditunjukkan di bawah ini:

   $$
(a)Persediaan penutupan barang daganganDr.40,000 
 Ringkasan pendapatan  40,000
    
(b)Biaya sewaDr.2800 
 Sewa prabayar  2800
    
(c)Biaya asuransiDr.2500 
 Asuransi prabayar  2500
    
(d)Biaya gaji penjualanDr.2100 
 Gaji penjualan yang luar biasa  2100
    
(e)Piutang bungaDr.200 
 Pendapatan bunga  200
    
(f)Biaya persediaan tokoDr.1000 
 Menyimpan persediaan  1000
    
(g)Biaya penyusutan – furnitur &perlengkapanDr.1350 
 Akumulasi penyusutan – furnitur &perlengkapan  1350
    
(h)Biaya penyusutan – peralatan kantorDr.2340 
 Akumulasi penyusutan – peralatan kantor  2340
    
(i)Biaya utang tempat tidurDr.600 
 Piutang  600
    

Jika judul-judul beberapa akun dalam semua jurnal penyesuaian tidak termasuk dalam judul-judul yang sudah muncul dalam neraca saldo, maka judul-judul tersebut harus disisipkan di bawah total neraca saldo pada kolom judul.

Misalnya, judul yang tidak muncul dalam neraca saldo adalah persediaan penutupan barang dagangan, ringkasan laba rugi, beban sewa, beban asuransi, beban terutang, gaji penjualan terutang, beban perlengkapan toko, beban penyusutan – perabot, beban penyusutan – perabot, beban penyusutan – peralatan dan piutang tak tertagih.

Bagian debit dan kredit dari suatu penyesuaian harus disisipkan pada baris yang sesuai sebelum melanjutkan ke penyesuaian lainnya. Urutan penyesuaian tidak penting, kecuali bahwa ada keuntungan waktu dan akurasi dalam mengikuti urutan pengaturan perakitan.

Kolom Neraca Saldo yang Disesuaikan:

Jumlah pada kolom neraca saldo digabungkan dengan jumlah pada kolom penyesuaian dan diperluas ke kolom neraca saldo yang disesuaikan. Sebagai contoh, sewa dibayar di muka pada kolom debet neraca saldo adalah $4395 dan pada kolom penyesuaian, pada kolom kredit sebesar $2800 (lihat ayat jurnal penyesuaian), maka jumlah yang tertulis pada kolom debet neraca saldo yang disesuaikan akan menjadi $1595 (4395 – 2800).

Prosedur yang sama dilanjutkan sampai semua saldo akun telah diperluas ke kolom neraca saldo yang disesuaikan.

Kolom debit dan kredit kemudian dijumlahkan untuk membuktikan bahwa tidak ada kesalahan aritmatika yang dibuat sampai saat ini. Kini, neraca saldo yang disesuaikan akan menjadi sumber informasi yang lengkap untuk penyusunan laporan keuangan.

Kolom Laporan Laba Rugi dan Neraca

Data dalam kolom neraca saldo yang disesuaikan diperluas ke salah satu dari empat kolom yang tersisa.

Jumlah aset, kewajiban, modal dan gambar diperluas ke kolom neraca dan pendapatan dan beban diperluas ke kolom laporan laba rugi.

Dalam contoh kami, akun pertama yang terdaftar adalah uang tunai dan saldo yang muncul di kolom debit neraca saldo asli dan di kolom debit saldo percobaan yang disesuaikan adalah 37080.

Kas adalah aset, terdaftar di neraca kolom aset. Saldo piutang diperpanjang dengan cara yang sama. Saldo $51720 (saldo yang disesuaikan) diperpanjang ke kolom debit neraca.

Prosedur yang sama dilanjutkan sampai semua saldo dalam neraca saldo disesuaikan diperluas ke kolom yang sesuai.

Setelah semua saldo dijumlahkan, masing-masing dari empat kolom dijumlahkan.

Laba bersih atau bersih untuk periode tersebut adalah jumlah selisih antara total dua kolom laporan laba rugi. Jika jumlah kolom kredit lebih besar dari jumlah kolom debit, kelebihannya adalah pendapatan.

Dengan memperhatikan prosedur yang disebutkan di atas, makaneraca lajur disiapkan di bawah ini:

PT Sunshine
Neraca lajur untuk tahun yang berakhir 21.12.2020

 

Judul Akun

Saldo Uji Coba

Penyesuaian

Saldo Uji Coba yang Disesuaikan

Laporan Laba Rugi

Neraca

  Dr.Cr.Dr.Cr.Dr.Cr.Dr.Cr.Dr.Cr.
1Uang37080   37080   37080 
2Piutang52320  i-60051720   51720 
3Piutang catatan24000   24000   24000 
4Barang dagangan inv. 1.10531650   31650 31650   
5Asuransi prabayar4800  c-25002300   2300 
6Sewa prabayar4395  b-28001595   1595 
7Menyimpan persediaan1650  f-1000650   650 
8Furnitur &perlengkapan13500   13500   13500 
9Acc-deprec. – furnitur 3000 g-1350 4350   4350
10Peralatan kantor11700   11700   11700 
11Acc-deprec. – lengkapi. 4500 h-2340 6840   6840
12Hutang akun 28600   28600   28600
13Ekuitas pemilik 96000   96000   96000
14Gambar4500   4500   4500 
15Pembelian180000   180000 180000   
16Penjualan 289200   289200 289200  
17Penjualan ret. & memungkinkan.6000   6000 6000   
18Pembelian ret. & memungkinkan. 2500   2500 2500  
19Pengiriman ke dalam &cust.5750   5750 5750   
20Gaji penjualan exp.34200 d-2100 36300 36300   
21Exp iklan.3795   3795 3795   
22Pengiriman exp.2850   2850 2850   
23Office exp.3510   3510 3510   
24Gaji kantor3000   3000 3000   
25Pendapatan bunga 900   900 900  
  424700424700        
26Sewa exp.  b-2800 2800 2800   
27Asuransi exp.  c-2500 2500 2500   
28Gaji penjualan yang luar biasa   d2100 2100   2100
29Piutang bunga  e-200 200   200 
30Pendapatan bunga   e-200 200 200  
31Persediaan toko exp.  f-1000 1000 1000   
32Deprec. exp. furniture  g-1350 1350 1350   
33Deprec. exp. peralatan  h-2340 2340 2340   
34Utang buruk exp.  i-600 600 600   
35Barang dagangan inv. 31.12.05  a-40000 40000  40000  
36Ringkasan pendapatan   a-40000 40000  40000 
    5289052890470690470690    
        49355  49355
 Laba Bersih      332800332800187245187245

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai neraca lajur, tahapan dalam membuatnya dan contoh kasusnya. Proses ini memang sedikit rumit dan memakan waktu jika dilakukan dengan proses manual.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pencatatan dan pembuatan laporan keuangan yang lebih mudah dan lebih praktis.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan seluruh transaksi, membuat laporan keuangan, manajemen stok dan aset, juga penghitungan pajak kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Jadi tunggu apalagi? Anda bia menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *