10 Pekerjaan Freelance Paling Menjanjikan, Berani Coba?

Banyak yang bilang mencari pekerjaan saat ini bukan perkara gampang. Kawan Kledo yang merupakan fresh graduate atau lulusan baru pasti mengalami susahnya mencari pekerjaan ini. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang ada, membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat. Namun buat Kawan Kledo yang jeli pasti menemukan banyak pekerjaan-pekerjaan baru di tengah perkembangan teknologi ini. Sebut saja transportansi online yang saat ini cukup sering ditemukan, konsultasi dokter secara online, ataupun berbagai jenis pekerjaan freelance. Kali ini Kledo akan membahas pekerjaan freelance, apakah Kawan Kledo sudah mengetahui apa itu pekerjaan freelance? Buat Kawan Kledo yang belum tahu apa itu pekerjaan freelance dan ingin mencoba pekerjaan ini sebagai salah satu pilihan, wajib banget baca artikel ini. Jadi, apa sih pekerjaan freelance itu?

Pekerjaan Freelance

pekerjaan online

Pekerjaan freelance merupakan pekerjaan yang dapat dikerjakan secara mandiri, tidak terikat pada jam kerja, dan dikerjakan oleh orang yang memiliki keahlian tertentu. Meski pernah dianggap sebelah mata, namun di zaman yang serba canggih seperti saat ini pekerjaan freelance menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Terlebih buat mereka yang ingin tetap bebas meskipun memiliki pekerjaan.

Dengan bekerja sebagai freelancer (sebutan untuk pekerja freelance) Kawan Kledo masih bisa melakukan aktivitas lainnya seperti kuliah atau mengembangkan bisnis. Selain itu pekerjaan freelance juga bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan pekerjaan lainnya jika Kawan Kledo benar-benar melakukannya dengan serius.

Alasan Memilih Pekerjaan Freelance

desain grafis

Ada beberapa alasan seseorang lebih memilih pekerjaan freelance dibandingkan pekerjaan lainnya, salah satunya adalah karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh pekerjaan freelance. Apa saja kelebihan tersebut? Yuk baca di bawah ini:

Kelebihan Pekerjaan Freelance

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pekerjaan freelance:

1. Tidak Terikat akan Waktu

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh pekerjaan freelance adalah pekerjaan freelance tidak terikat akan waktu. Kawan Kledo dapat mengerjakan pekerjaan freelance ini kapan saja. Hal ini dikarenakan pekerjaan freelance dinilai dari hasil pekerjaan, bukan dari kehadiran. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang memiliki kendala untuk urusan waktu dan lokasi. Begitu juga buat Kawan Kledo yang tidak menyukai pekerjaan formal dan birokrasi yang ada di kantor.

2. Memiliki Kebebasan dalam Bekerja

Pekerjaan freelance akan membuat Kawan Kledo memiliki kebebasan dalam bekerja. Kawan Kledo bebas bekerja kapan saja dan dimana saja. Terlebih dengan kemudahan akses internet seperti sekarang ini, Kawan Kledo bisa dengan mudah mengirimkan hasil kerja kepada klien. Tentu ini jauh lebih praktis dan mudha dibandingkan bekerja di kantor.

3. Bisa Melakukan Hobi yang Dibayar

Pekerjaan freelance biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki hobi di bidang tersebut. Memiliki pekerjaan dari hobi merupakan impian banyak orang. Kawan Kledo akan melakukan pekerjaan tersebut dengan menyenangkan karena merupakan sebuah hobi. Sudah melakukan sesuatu yang disukai, dibayar pula, pasti sangat menyenangkan.

10 Pekerjaan Freelance Terbaik

freelance

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh pekerjaan freelance, Kawan Kledo pasti ingin tahu pekerjaan freelance apa saja yang bisa Kawan Kledo geluti, berikut daftarnya:

1. Fotografer

Buat Kawan Kledo yang menyukai dunia fotografi bisa menjadikan pekerjaan fotografer sebagai piliha. Terlebih pekerjaan ini merupakan pekerjaan freelance dimana Kawan Kledo bisa mengerjakannya tanpa terikat waktu. Pekerjaan fotografer freelance semakin banyak dibutuhkan karena bisnis online kini membutuhkan kualitas foto yang baik untuk keperluan promosi. Bisnis-bisnis yang membutuhkan jasa fotografer untuk pemotretan produk antara lain bisnis fashion, bisnis makanan dan minuman, bisnis kosmetik, bisnis keperluan bayi, dan lainnya. Bagaimana, Kawan Kledo tertarik dengan pekerjaan ini?

2. Penulis Freelance

Pekerjaan freelance kedua yang bisa Kawan Kledo pilih adalah penulis freelance. Pekerjaan ini bisa Kawan Kledo lakukan oleh Kawan Kledo yang memiliki kemampuan dalam menulis. Ada beberapa jenis pekerjaan penulis lepas yang bisa Kawan Kledo pilih, namun yang paling sering dipilih adalah penulis artikel.

Penulis artikel lepas dibutuhkan untuk mendongkrak popularitas suatu media atau website di internet. Pihak media atau website akan menentukan upah sesuai pekerjaan yang dilakukan oleh penulis lepas dan berbeda-beda di setiap media. Ada yang membayar ribuan sampai ratusan ribu rupiah untuk setiap artikel yang ditulis. Semakin besar perusahaan yang menggunakan jasa Kawan Kledo semakin besar pula pendapatan yang Kawan Kledo peroleh.

3. Pemandu Wisata

Pekerjaan freelance berikutnya yang bisa Kawan Kledo pilih adalah pemandu wisata. Terlebih jika Kawan Kledo tinggal di kawasan yang dekat dengan tempat wisata. Kawan Kledo yang berstatus mahasiswa juga bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan. Selain bisa menambah uang jajan, pekerjaan pemandu wisata akan mengenalkan Kawan Kledo dengan banyak orang dan memiliki relasi yang lebih luas.

4. Desainer Grafis

Pekerjaan desainer grafis cocok buat Kawan Kledo yang memiliki minat di bidang desain grafis atau menggambar. Di tengah perkembangan dunia digital, pekerjaan ini semakin dibutuhkan dan memiliki peluang yang cukup besar. Kawan Kledo bisa memilih bekerja di kantoran atau freelance. Ada berbagai situs yang bisa Kawan Kledo kunjungi untuk mendapatkan pekerjaan ini. Tidak hanya dari dalam negeri, Kawan Kledo juga bisa mendapatkan pesamam dari luar negeri dengan bayaran dollar.

5. Programmer

Pekerjaan programmer dapat dilakukan oleh Kawan Kledo yang berkuliah di jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informasi. Kawan Kledo bisa memulai pekerjaan ini dengan magang atau bisa juga mengajukan pekerjaan freelance. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa membuat program aplikasi sendiri yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Jika aplikasi yang Kawan Kledo kembangkan diminati, aplikasi tersebut dapat menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan.

6. Digital Marketer

Di tengah perkembangan digital seperti sekarang ini, promosi juga dilakukan secara digital. Promosi digital ini melibatkan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam digital marketer. Kawan Kledo yang memang memiliki kemampuan tersebut bisa menjadikan digital marketer sebagai salah satu pilihan pekerjaan. Kawan Kledo bisa mengerjakan pekerjaan ini di rumah secara freelance. Untuk mendapatkan pekerjaan ini Kawan Kledo harus menguasai beberapa hal seperti media sosial, SEM, SEO, PPC atau pay per click, dan teknis lainnya.

7. Guru Privat

Guru privat bisa menjadi pilihan bagi Kawan Kledo yang memiliki ketertarikan di dunia pendidikan. Kawan Kledo dapat mengajar les untuk anak SD, SMP, atau SMA dengan berbagai mata pelajaran. Kawan Kledo dapat memberikan materi kepada murid yang Kawan Kledo ajar ataupun membantu mereka dalam mengerjakan tugas. Kawan Kledo dapat menawarkan diri secara langsung kepada orang tua murid atau mendaftar di lembaga yang menjadi perantara bertemunya murid dengan guru privat.

8. Translator

Pekerjaan translator atau penerjemah cocok bagi Kawan Kledo yang memiliki keterampilan dalam bahasa asing. Jasa penerjemah saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang sudah memasarkan produknya sampai luar negeri. Kawan Kledo yang memiliki kemampuan sebagai penerjemah akan diberikan tugas untuk menerjemahkan dokumen ataupun percakapan secara langsung.

9. Blogger

Blogger juga dapat menjadi pilihan bagi Kawan Kledo yang menyukai dunia menulis. Kawan Kledo dapat membuat blog dan mengisinya dengan artikel-artikel yang bermanfaat bagi pembaca. Kemudian Kawan Kledo bisa mendaftarkan adsense untuk mendapatkan penghasilan dari iklan. Jika blog yang Kawan Kledo miliki sudah semakin besar Kawan Kledo juga bisa mendapatkan endorse.

10. Pekerja Seni

Memiliki kemampuan di bidang seni seperti menyanyi atau bermain musik, bisa menjadikan pekerjaan freelance sebagai pekerja seni sebagai pilihan. Tempat yang bisa Kawan Kledo datangi untuk mendapatkan pekerjaan ini adalah restoran atau kafe. Pekerjaan ini juga cocok bagi Kawan Kledo yang berstatus sebagai mahasiswa karena jam kerjanya yang fleksibel. Selain itu Kawan Kledo juga bisa menyalurkan hobi dalam kegiatan yang positif.

Trik Mendapatkan Pekerjaan Freelance

pekerjaan freelance

Setelah mengetahui pekerjaan apa saja yang bisa dikerjakan secara freelance, lalu apa yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan banyak pekerjaan freelance?

Pilih Pekerjaan Sesuai Keterampilan

Tips pertama yang harus Kawan Kledo lakukan adalah memilih pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang Kawan Kledo miliki. Untuk bisa memilih pekerjaan tersebut, pastikan Kawan Kledo mengetahui apa kemampuan dan keterampilan yang Kawan Kledo miliki. Kawan Kledo juga harus melakukan pekerjaan secara profesional sekalipun pekerjaan tersebut freelance, untuk itu pilihlah pekerjaan sesuai keterampilan yang Kawan Kledo miliki agar terasa menyenangkan.

Kumpulkan Testomoni Pelanggan

Tips kedua yang harus Kawan Kledo lakukan adalah pengumpulkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya. Testimoni yang dimaksud di sini adalah testimoni positif terhadap pekerjaan Kawan Kledo. Testimoni yang positif akan memengaruhi pelanggan lainnya menggunakan jasa dari Kawan Kledo. Selain itu dengan adanya testimoni calon pelanggan lebih percaya dengan kualitas pekerjaan Kawan Kledo.

Promosikan Pekerjaan di Media Sosial

Jangan lupa promosikan pekerjaan Kawan Kledo di media sosial yang Kawan Kledo miliki atau Kawan Kledo juga bisa membuat media sosial khusus untuk mempromosikan pekerjaan Kawan Kledo. Selain media sosial, Kawan Kledo juga bisa mempromosikan pekerjaan Kawan Kledo di situs lowongan yang bersangkutan. Buatlah portofolio yang baik di media sosial atau situs lowongan freelance agar calon klien tidak ragu menggunakan pekerjaan Kawan Kledo.

Perluas Koneksi Profesional

Memperluas koneksi profesional juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan banyak pekerjaan freelance. Kawan Kledo dapat melakukannya dengan gabung ke komunitas freelance atau mengikuti workshop yang diadakan bagi pelaku pekerjaan freelance. Dengan begitu Kawan Kledo akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan freelance.

Kesimpulan

Pekerjaan freelance kini sering dijadikan pilihan banyak orang karena bisa dilakukan secara fleksibel. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang memiliki aktivitas lain, ingin bekerja secara fleksibel, ataupun tidak cocok dengan kerja kantoran. Kawan Kledo bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan freelance yang ada di atas dan menerapkan tips-tips di atas agar mendapatkan banyak pekerjaan freelance.

Selain bekerja freelance, ada juga cara lain yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mendapatkan uang namun dengan waktu yang fleksibel, yaitu dengan menjalankan bisnis. Bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk Kawan Kledo yang memiliki kesibukan lain. Nah, agar bisnis yang Kawan Kledo jalankan sukses, Kawan Kledo harus memperhatikan beberapa hal termasuk pengelolaan keuangan. Kawan Kledo bisa mengelola keuangan secara manual atau bisa juga menggunakan cara mudah yaitu dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Tidak hanya itu, Kledo juga memiliki tampilan yang menarik yang akan membuat pengelolaan keuangan jadi lebih menyenangkan. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *