10+ Ide Promo Natal Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Ide Promo Natal

Mendekati akhir tahun ini, sudah saatnya untuk mempersiapkan diri dan menyiapkan berbagai ide promo Natal yang unik dan kreatif untuk bisnis Anda.

Dengan berbagai promo Natal yang tepat, Anda dapat membantu meningkatkan penjualan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan bisnis Anda.

Jika Anda masih bingung mengenai ide promo Natal yang tepat, Kledo akan membagikan berbagai ide promo Natal terbaik untuk bisnis Anda.

Ide Promo Natal Terbaik untuk Bisnis

Berikut ini merupakan daftar berbagai promo Natal yang bisa Anda coba untuk bisnis:

Buat kemasan produk bertema Natal

Banyak orang membeli hadiah untuk keluarga dan teman mereka di momen hari-hari besar seperti Natal. Menurut Statista, konsumen diperkirakan akan menghabiskan rata-rata sekitar US$ 886 untuk hadiah Natal pada tahun 2021.

Dan untuk hadiah, banyak orang lebih suka memilih produk dengan kemasan menarik. Oleh karena itu, Anda dapat menawarkan fasilitas seperti kotak kado atau hampers bertema natal untuk produk Anda. Hal ini akan meningkatkan pengalaman unboxing penerima.

Selain itu, kemasan produk spesial Natal membantu Anda lebih menonjol dari produk kompetitor. Dan juga, Anda mendapat kesempatan untuk membuat penjualan khusus dari produk Anda dengan membuat sesuatu yang menarik yang keduanya sesuai dengan nilai merek dan bertema Natal.

Baca juga: 10 Ide Promo Tahun Baru dan Tips Membuatnya Menarik

Membuat paket bundel edisi Natal

Konsep sederhana dari paket bundel adalah mengumpulkan produk serupa dalam satu paket dengan harga diskon. Anda bisa menjual pel, pembersih lantai, dan ember secara terpisah di toko Anda.

Tetapi jika Anda menjualnya sebagai satu set dengan harga diskon, pelanggan Anda akan diuntungkan.

Konsumen suka mendapatkan hadiah atau diskon sehingga mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Misalnya, jika konsumen menemukan perhitungan harga produk yang dijual terpisah lebih mahal daripada paket bundel, mereka akan merasa seperti memenangkan hadiah tertentu.

Jadi, mereka akan membeli lebih banyak dari biasanya, dan Anda bisa meningkatkan penjualan produk Anda.

Tawarkan hadiah gratis kepada pelanggan

Ide promo natal selanjutnya ialah menawarkan hadiah gratis. Sebagian besar pemilik toko online mengklaim bahwa 50% pelanggan memesan lebih dari satu barang jika mereka mendapatkan hadiah gratis.

Bahkan, survey yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa 80% konsumen yang kebanyakan wanita menulis review positif jika mereka mendapatkan hadiah gratis selama berbelanja.

Hadiah gratis membantu menciptakan hubungan pelanggan yang kuat dan membuat pelanggan melakukan pembelian kembali. Saat Anda menawarkan produk yang sama dengan hadiah gratis, orang akan memilih Anda daripada pesaing Anda.

Pada gilirannya, Anda akan pembeli akan berdatangan untuk membeli produk Anda di sepanjang musim Natal.

Di seluruh dunia, Anda akan menemukan rumah-rumah yang penuh dengan produk dari Walmart, Kroger, Costco, dll. Salah satu alasan utamanya adalah merek-merek ini menawarkan hadiah gratis kepada pelanggan berdasarkan pembelian mereka.

Baca juga: Pengertian Aset Produktif, Contoh, dan Tips Mengelolanya

Hasilkan prospek dengan pemasaran email

Anda bisa menggunakan praktik jadul ini untuk meningkatkan penjualan Anda. Tetapi masalahnya adalah pesaing Anda yang lain juga akan membanjiri kotak masuk email pelanggan Anda dengan konteks yang sama seperti Anda.

Anda harus berbeda dari pesaing dan meyakinkan penerima untuk bertindak sesuai keinginan Anda. Anda sebaiknya menggunakan template email bertema Natal untuk membuat pengguna Anda merasa istimewa. Baris subjek email adalah tempat lain yang efektif untuk menunjukkan kreativitas Anda.

Melalui email, Anda dapat memberi tahu pengguna Anda tentang penawaran yang akan datang, diskon, kartu hadiah, dan penawaran khusus.

Selain itu, ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menciptakan penjualan yang lebih banyak. Untuk hasil yang lebih baik, kategorikan database Anda sehingga Anda dapat mengirim email yang dipersonalisasi ke penerima Anda. Hal ini akan menghasilkan prospek dan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Tingkatkan penjualan Natal dengan kupon dan diskon

Ide Promo Natal

Sekitar 93% orang menggunakan berbagai kartu diskon atau kupon sepanjang tahun. Diskon adalah keuntungan instan menurut prespektif konsumen.

Konsumen lebih suka menghabiskan lebih sedikit uang daripada harga sebenarnya. Alhasil, diskon bekerja lebih cepat untuk meningkatkan penjualan Anda selama musim Natal.

Ada banyak sekali contoh sukses untuk diskon. Tetapi ketika berbicara tentang diskon, cerita yang paling populer adalah tentang Sam Walton, pelopor ide pemberian diskon yang membawa Walmart berjaya hingga hari ini.

Sam yang visioner menyadari pada tahun 1962 bahwa hampir semua toko melakukan hal yang sama hanya menjual produk. Jadi harus ada sesuatu yang baru yang memotivasi perilaku membeli konsumen.

Dia menyadari bahwa diskon akan menjadi masa depan penjualan. Diskon yang ia cetuskan mampu memecahkan rekor penjualan dan menjadikan Walmart sebagai salah satu raksasa ritel dunia.

Mengadakan giveaway spesial Natal

Giveaway Natal menciptakan kegembiraan bagi konsumen dengan memberi mereka kesempatan untuk memenangkan hadiah secara gratis.

Baik pemilik toko online maupun offline dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube untuk menjalankan program giveaway mereka.

Tidak diragukan bahwa media sosial saat ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk menjangkau audiens yang tepat dan meningkatkan kesadaran merek. Gunakan laman media sosial resmi Anda untuk menyelenggarakan giveaway Natal tahun ini.

Waktu terbaik untuk mengadakan kontes giveaway adalah dari tanggal 1 hingga 17 Desember. Anda dapat mengumumkan pemenang pada tanggal 25 atau pada malam Natal.

Misalnya, SoFortWorthIt.com menetapkan strategi yang bagus untuk giveaway Natal mereka. Pertama-tama, peserta kontes giveaway harus pergi ke halaman Instagram Christy untuk mendaftar.

Jika mereka ingin mengetahui informasi terperinci tentang giveaway, mereka bisa mendapatkannya dari blog Christy. Dengan cara ini, mereka mendorong pengguna untuk mengunjungi halaman Instagram mereka dan juga mendorong mereka mengunjungi situs web.

Baca juga: 11 Tips Membuat Promo Kemerdekaan dan Contohnya

Gift card Natal

Kartu hadiah atau gift card adalah salah satu item hadiah paling populer untuk orang-orang dari semua generasi. Berikan kartu hadiah kepada orang tercinta Anda di musim Natal ini. Jadi mereka dapat memilih hadiah mereka sendiri.

Menurut survei terbaru oleh National Retail Federation (NRF), kartu hadiah adalah kategori pemberian hadiah paling populer kedua. Tidak hanya itu, tetapi NRF memperkirakan penjualan kartu hadiah musim ini mencapai $27,5 miliar.

Sebagai peritel online, Anda juga harus menawarkan kartu hadiah dalam rentang harga yang berbeda sehingga pembeli dapat memilih yang sesuai dengan anggaran mereka.

Anda bisa menerbitkan kartu hadiah digital atau e-voucher yang akan dikirimkan secara instan ke penerima melalui email atau SMS, atau pada tanggal yang ditentukan.

Berikut adalah alasan utama untuk menjual kartu hadiah di toko Anda:

  • Meningkatkan pendapatan bisnis
  • Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan
  • Mengurangi kemungkinan pengembalian barang
  • Menarik pelanggan baru
  • Meningkatkan penjualan selama Natal

Untuk lebih mendorong pelanggan Anda, Anda dapat menawarkan diskon khusus dengan kartu hadiah. Seperti diskon kartu hadiahsebesar Rp. 50.000 untuk pembelian lebih dari Rp. 3.000.000 atau bisa juga dengan memberikan kode diskon yang dapat mereka tukarkan pada hari Natal.

Buat produk bertema Natal

Selama musim Natal, banyak orang suka membeli barang-barang yang membawa semangat ke dalam hidup mereka.

Nah, Anda dapat menjual berbagai produk untuk menyemarakkan Natal. Cukup tambahkan beberapa elemen desain Natal ke produk Anda dan lihat bagaimana penjualan produk Anda meningkat.

Tambahan elemen Natal tersebut bisa berupa kue pohon Natal, sweater dengan motif manusia salju, atau boneka dengan topi Santa.

Adakan kontes Natal

Anda dapat berbagi kebahagiaan dengan audiens Anda dengan mengadakan beberapa game menyenangkan, kuis, atau undian berhadiah.

Nah, kontes foto sangat efektif dilakukan terutama jika Anda bergerak di bidang industri makanan, kecantikan, dekorasi rumah, atau seni visual. Pastinya, kontes ini diadakan dengan menawarkan hadiah tertentu yang menarik bagi audiens Anda.

Di Instagram atau Facebook, minta pengikut Anda untuk mengambil foto diri mereka sendiri atau teman mereka yang memakai produk Anda dan mengunggah fotonya. Lalu minta mereka menggunakan tagline khusus atau hashtag khusus Natal yang sudah ditentukan.

Baca juga: Sistem Pencatatan Akuntansi: Pengertian dan Pembahasan Lengkapnya

Countdown Natal

Natal adalah salah satu waktu yang paling dinantikan dalam setahun karena banyak orang yang bersemangat dan ingin menikmatinya sepenuhnya.

Inilah mengapa melakukan countdown atau hitungan mundur untuk menyambut Natal harus menjadi yang teratas dalam daftar ide promo Natal Anda.

Banyak merek menjalankan hitungan mundur sebagai bagian dari kampanye pemasaran Natal atau liburan mereka. Ini tidak hanya membuat profil mereka aktif, tapi juga menjadi cara yang sangat bagus untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

Berkolaborasi dengan influencer

Bekerja sama dengan influencer bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Kampanye dengan influencer yang tepat dapat memberi Anda keuntungan hingga 20x lipat.

Bermitralah dengan orang terkenal di industri Anda pada Natal tahun ini. Jadi Anda dapat menjangkau basis penggemarnya dengan mudah untuk memberi tahu mereka tentang merek Anda dan penawaran Natal eksklusif.

Facebook dan Instagram adalah 2 platform populer untuk influencer marketing. 71% pengguna sosial mengatakan bahwa mereka memiliki pengaruh pada keputusan belanja Natal mereka.

Baca juga: HPP Perusahaan Jasa: Definisi, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Berbagai ide promo Natal di atas adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan.

Ide-ide ini penting untuk menarik pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka. Selain itu, pengusaha juga dapat meluncurkan produk baru atau mempromosikan layanan baru untuk mempromosikan bisnis mereka. Dengan cara ini, bisnis dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Yang tidak kalah penting, Anda harus melakukan pembukuan secara konsisten agar bisa memantau kinerja bisnis Anda. Memang, pembukuan tidak mudah dilakukan dan dianggap merepotkan oleh banyak orang.

Namun, dengan hadirnya software akuntansi seperti Kledo, proses pembukuan bisnis Anda akan menjadi lebih mudah dan cepat. Sebab, Anda bisa melakukan pembukuan secara otomatisasi sehingga mengurangi risiko salah hitung dan salah input data yang bisa merugikan bisnis Anda.

Hanya dengan Rp. 4500 saja, Anda sudah bisa menikmati fitur terlengkap yang dimiliki Kledo. Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 6 =