Usaha Berikut Ini Bisa Dimulai di Bawah 500 Ribu, Murah Banget!

Membuka sebuah usaha kini menjadi impian banyak orang. Membuka bisnis menjadi impian banyak orang karena bisnis jauh lebih menjanjikan daripada bekerja sebagai karyawan. Terlebih dengan sulitnya mendapatkan pekerjaan, bisnis tentu menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan penghasilan. Namun banyak yang berpikiran membuka usaha hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki modal besar, padahal sebenarnya bisnis bisa lho dimulai dengan modal minim. Bahkan Kawan Kledo dapat memulai bisnis hanya dengan modal Rp500 ribu saja. Lho, serius?

Pasti ada yang menganggap bisnis hanya dengan modal Rp500 ribu sangatlah tidak mungkin, namun dengan berkembangkan teknologi seperti sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin untuk diwujudkan. Termasuk dalam bisnis dengan modal yang minim. Kunci dari bisnis modal sedikit ini adalah kemauan untuan memulainya. Apakah Kawan Kledo termasuk salah satu orang yang siap memulai bisnis dengan modal minim? Lalu apa saja usaha yang bisa dipilih?

Modal Usaha

usaha murah modal

Sebuah usaha memang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya modal. Namun percayakah Kawan Kledo jika Kawan Kledo bisa memulai sebuah usaha tanpa adanya modal. Kawan Kledo hanya perlu memanfaatkan apa yang telah Kawan Kledo miliki seperti smartphone dan koneksi internet. Selain hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet, Kawan Kledo juga bisa mendapatkan modal dengan cara-cara seperti mengajukan pinjaman, mengikuti perlombaan kewirausahaan, dan lainnya. Jadi, siapa bilang modal jadi hambatan untuk memulai bisnis?

Peluang Usaha Murah

ide usaha murah

Meskipun hanya dimulai dengan modal yang minim, namun jangan sepelekan peluang usaha ini. Kawan Kledo dapat mengembangkan usaha bermodal murah menjadi usaha yang semakin besar dengan bekal ketekunan. Kawan Kledo pasti sering mendengar cerita sukses usaha yang dimulai dengan usaha kecil bermodal minim. Kawan Kledo juga bisa menjadi bagian dari orang-orang sukses tersebut. Kuncinya adalah ketekunan dan kemampuan Kawan Kledo dalam mengelola bisnis seperti kualitas produk, pemasaran, dan pengelolaan keuangan.

Berikut usaha-usaha dengan modal murah yang bisa Kawan Kledo mulai dari sekarang juga:

Usaha Murah Makanan dan Minuman

putu ayu

Ada banyak usaha yang bisa menjadi pilihan Kawan Kledo yang ingin membuka usaha dan salah satu jenis usaha yang bisa dipilih adalah usaha makanan dan minuman. Usaha makanan dan minuman menjadi usaha yang tidak pernah mati karena makanan dan minuman menjadi kebutuhan setiap orang dan setiap waktu. Usaha ini semakin menjanjikan karena usaha ini dapat dikreasikan dan diinovasi sekreatif mungkin. Buat Kawan Kledo yang memperhatikan perkembangan usaha makanan dan minuman pasti mengetahui banyak inovasi di bidang ini. Lalu apa saja usaha makanan dan minuman yang bisa Kawan Kledo kembangkan dengan modal murah?

1. Warung Kopi

Usaha makanan dan minuman pertama yang bisa Kawan Kledo kembangkan adalah usaha warung kopi. Pasti Kawan Kledo bertanya-tanya, usaha warung kopi bisa dimulai dengan Rp500 ribu? Jawabannya adalah iya. Sebelum memutuskan untuk membuka usaha ini di sebuah tempat yang memerlukan biaya sewa, Kawan Kledo bisa memulainya dari rumah dan memanfaatkan teknologi pesan antar makanan seperti Go-Food dan Grab Food. Untuk memasarkannya Kawan Kledo bisa menggunakan Instagram dan media sosial lainnya. Teman-teman terdekat Kawan Kledo bisa menjadi pasar pertama Kawan Kledo. Setelah usaha makin berkembang, Kawan Kledo bisa memutuskan untuk menyewa tempat dan mengembangkan menjadi usaha yang lebih besar lagi. Jangan lupa gunakan foto yang menarik di Instagram dan pelajari cara penjualan di Instagram lainnya.

2. Jajanan Pasar

Jajanan bisa menjadi pilihan bisnis kedua yang bisa Kawan Kledo kembangkan. Jajanan pasar biasanya terdiri dari kue-kue tradisional seperti cucur, klepon, dadar gulung, dan lainnya. Sebagai daya tarik dan pembeda jajanan pasar yang sudah ada, Kawan Kledo bisa memberikan inovasi seperti rasa baru atau kreativitas lainnya. Untuk pemasarannya Kawan Kledo bisa menjualnya secara online agar tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa tempat.

3. Jualan Gorengan

Usaha makanan dan minuman selanjutnya yang bisa Kawan Kledo kembangkan dengan modal murah adalah usaha jualan gorengan. Gorengan merupakan usaha yang sudah terkenal dari jaman dulu. Di sekitar rumah Kawan Kledo pasti banyak yang menjual gorengan yang terdiri dari tempat goreng, bakwan, tahu buntil, pisang goreng, dan lainnya. Kawan Kledo juga memulai bisnis satu ini. Meskipun terkesan sederhana namun jangan remehkan bisnis satu ini, karena dengan inovasi dan kreativitas bisnis gorengan juga bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan memberikan keuntungan yang besar.

Usaha Murah Online

usaha online

Selain jenis usaha makanan dan minuman, Kawan Kledo juga bisa mencoba usaha lainnya yang bisa dilakukan secara online. Dengan perkembangan internet seperti sekarang ini usaha online menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Apa saja usaha online yang bisa menjadi pilihan untuk dikembangkan?

1. Jasa Pembuat Konten

Usaha online pertama yang bisa Kawan Kledo kembangkan adalah jasa pembuat konten. Di tengah digitalisasi seperti sekarang ini, banyak bisnis yang memanfaatkan promosi digital untuk menjual produknya ke pasar yang lebih luas. Kawan Kledo bisa menjadikan peluang ini menjadi sebuah ide usaha. Kawan Kledo berperan sebagai orang yang menawarkan jasa pembuatan konten untuk marketing. Kawan Kledo bisa membuka jasa seperti artikel untuk blog atau konten-konten lainnya di Instagram.

2. Drophip

Bisnis online shop saat ini semakin menjamur. Salah satu bisnis online shop yang saat ini banyak digeluti adalah bisnis dropship. Bisnis dropship merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan Kawan Kledo bisa memulai bisnis ini bahkan tanpa modal sekalipun. Hal ini dikarenakan Kawan Kledo hanya bertugas sebagai pihak yang memasarkan produk, sedangkan untuk stok dan pengiriman dilakukan oleh supplier. Ingin mencoba bisnis ini? Kawan Kledo bisa mempelajarinya lebih lengkap di sini.

3. Reseller

Reseller memiliki konsep yang mirip dengan dropship. Bedanya, reseller menyediakan stok sebelum menjualnya ke pasar dan tentunya untuk memulai bisnis ini dibutuhkan modal. Tapi Kawan Kledo jangan khawatir karena bisnis ini dapat dimulai dengan modal yang murah. Caranya adalah dengan memesan barang atau produk setelah pembeli menyetujui barang tersebut untuk dibeli. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan open order atau PO.

Penyebab Banyak Usaha Gagal

usaha murah gagal

Kegagalan merupakan sesuatu yang sering dialami oleh usaha dan bisa terjadi pada jenis usaha apapun, baik yang memiliki modal besar ataupun yang memiliki modal kecil. Sebagai pemilik usaha, tentu Kawan Kledo tidak ingin mengalami kegagalan, bukan? Untuk itu Kawan Kledo harus mengetahui apa saja penyebab yang membuat banyak usaha mengalami kegagalan, apa saja kira-kira?

Tidak Bisa Menentukan Prioritas

Penyebab pertama yang sering membuat banyak usaha mengalami kegagalan adalah ketika usaha tidak bisa menentukan prioritas. Biasanya ini terjadi pada pemilik usaha yang masih menjadikan usaha sebagai sampingan sehingga pemilik usaha kesulitan membagi waktu antara kegiatan utama dengan usaha yang bersifat sampingan. Selain menjadikan usaha sebagai sampingan, Kawan Kledo yang sering mencampur-adukan usaha dengan hal-hal lainnya juga bisa menyebabkan usaha mengalami kegagalan. Misalnya Kawan Kledo menggunakan waktu usaha untuk mengerjakan pekerjaan di luar usaha, hal ini bisa menyebabkan usaha Kawan Kledo mengalami kegagalan.

Salah dalam Menentukan Kebutuhan

Selanjutnya penyebab kegagalan lainnya adalah salah dalam menentukan kebutuhan. Banyak pelaku usaha yang melakukan hal ini, terlebih pelaku usaha yang masih baru di bidang ini. Biasanya mereka terlalu tergesa-gesa dalam mengambil sebuah keputusan. Misalnya pembuatan logo atau packaging yang menghabiskan dana cukup besar, padahal usaha Kawan Kledo tidak terlalu membutuhkannya. Agar Kawan Kledo tidak melakukan kesalahan ini Kawan Kledo harus mempelajari apa saja yang harus dilakukan oleh usaha baru dan fokus untuk memenuhi itu saja.

Pola Pikir yang Keliru

Pola pikir juga dapat memengaruhi usaha yang sedang dikembangkan. Kawan Kledo yang memiliki pola pikir yang keliru dapat membawa dampak terjadinya kegagalan dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan pola pikir akan memengaruhi tindakan yang akan dilakukan oleh Kawan Kledo. Misalnya Kawan Kledo mempercayai tidak perlu dilakukan pengelolaan keuangan dalam bisnis, padahal ini sesuatu yang keliru. Coba saja Kawan Kledo benar-benar menerapkannya dengan cara tidak melakukan pencatatan keuangan sama sekali, yakin deh kegagalan akan ada di depan mata.

Perencanaan Bisnis Tidak Matang

Perencanaan bisnis harus dilakukan oleh setiap bisnis yang akan dijalankan, baik bisnis dalam skala kecil atau bisnis dalam skala besar. Membuat perencanaan bisnis tidak perlu dilakukan secara terperinci, Kawan Kledo dapat membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk di dalamnya visi dan misi usaha atau apa saja yang akan dilakukan untuk memasarkan produk.

Tidak Mampu Membangun Jaringan

Kawan Kledo perlu membangun jaringan ketika mengembangkan sebuah bisnis. Baik usaha yang masih kecil atau telah berkembang, membangun dan memperluas jaringan harus tetap dilakukan. Jaringan ini dapat berupa pelangga, saudara, teman, dan lainnya yang ada dalam usaha Kawan Kledo. Kawan Kledo dapat menambah jaringan dengan cara memperluas pergaulan dan mengikuti acara-acara bisnis atau komunitas bisnis di kota tempat tinggal Kawan Kledo. Selain bisa menjadi informasi tentang pengembangan usaha, jaringan ini juga bisa menjadi cara untuk perluasan pemasaran atau kerjasama dalam bisnis.

Kesimpulan

Salah satu penyebab seseorang menunda memulai sebuah bisnis adalah dikarenakan tidak adanya modal. Padahal, memulai sebuah usaha tidak harus mengeluarkan modal yang banyak. Kawan Kledo bisa memulainya dengan modal yang sangat murah yaitu hanya Rp500 ribu saja. Kawan Kledo bisa mencoba bisnis-bisnis di atas dan untuk mencegah kegagalan bisnis, jangan lupa hindari penyabab kegagalan usaha yang paling sering terjadi.

Salah satu penyebab gagalnya usaha adalah dikarenakan pengelolaan keuangan yang buruk. Padahal, keuangan ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi perkembangan bisnis. Sebaik dan sebagus apapun sebuah produk tanpa pengelolaan keuangan yang baik, maka sulit usaha tersebut untuk berkembang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk cari informasi lebih lanjut tentang Kledo di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *