5 Manfaat Slip Gaji Ini Tidak Banyak Diketahui Karyawan, Apa Saja?

Bagi setiap karyawan, gaji adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu layaknya menunggu hujan di musim kemarau. Gaji menjadi hasil yang didapatkan setelah kerja keras selama satu bulan. Setiap perusahaan memiliki waktu yang berbeda-beda dalam memberikan gaji kepada karyawan. Begitu juga dengan slip gaji yang diberikan ke karyawan. Slip gaji berfungsi sebagai perhitungan gaji yang diberikan perusahaan kepada setiap karyawan saat karyawan tersebut menerima gaji. Seperti apa slip gaji itu dan apa saja komponen yang ada di dalamnya?

Slip Gaji Perusahaan

slip gaji karyawan

Setiap perusahaan memiliki format slip gaji yang berbeda-beda. Meski perbedaan format ini tidak terlalu signifikan, namun banyak yang masih dibuat kebingungan saat diminta membuat slip gaji karyawan. Namun jangan bingung dulu, karena di sini Kledo akan memberikan contoh slip gaji yang pastinya akan sangat membantu Kawan Kledo yang membutuhkan contoh slip gaji. Sebelum membahas lebih jauh tentang slip gaji, sebenarnya apa sih manfaat dari slip gaji?

Slip gaji merupakan selembar kertas berisi rincian gaji yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Meskipun hanya selembar kertas, namun slip gaji menjadi bukti resmi bahwa perusahaan telah memberikan gaji kepada karyawan dan bisa dijadikan sebagai dokumentasi pengeluaran perusahaan. Sedangkan bagi karyawan, dengan adanya slip gaji karyawan mendapatkan rincian gajinya beserta tambahan dan juga potongan (jika ada).

Hal-Hal yang Harus Dicantumkan dalam Slip Gaji

penghitungan gaji

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa slip gaji berisi rincian gaji yang diberikan. Di dalamnya ada beberapa informasi yang dicantumkan, apa saja informasi tersebut? Berikut hal-hal yang ada di slip gaji yang berisi informasi pemberi dan penerima gaji:

1. Nama dan Logo Perusahaan

Nama dan logo perusahaan menjadi informasi pertama yang tercantum di slip gaji. Nama dan logo perusahaan terletak di paling atas layaknya kop surat. Tujuan dari adanya nama dan logo perusahaan di slip gaji adalah untuk memberikan keterangan mengenai perusahaan yang membuat slip gaji. Jika Kawan Kledo memiliki logo perusahaan, maka Kawan Kledo harus mencantumkan logo tersebut di slip gaji. Hal ini dilakukan agar slip gaji tidak tertukar dengan slip pembayaran di toko karena saat ini banyak slip pembayaran yang menggunakan format serupa.

2. Data Karyawan

Setelah nama dan logo, selanjutnya informasi yang ada di slip gaji adalah data karyawan bersangkutan. Data karyawan bertujuan untuk memberikan informasi penerima gaji. Jika Kawan Kledo menemukan perbedaan slip gaji satu karyawan beda dengan karyawan lainnya, hal ini dikarenakan ada beberapa aturan yang membuat slip gaji setiap karyawan ada perbedaan, seperti lama waktu bekerja, jenjang pendidikan, dan jabatan di perusahaan.

Berikut beberapa hal yang harus tercantum dalam data karyawan:

  • Nama karyawan yang menerima gaji
  • Jabatan
  • Nomor pegawai atau karyawan
  • NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.

3. Tanggal Pembayaran

Selanjutnya, bagian yang dicantumkan dalam slip gaji adalah tanggal pembayaran. Tangal pembayaran ini harus dicantumkan lengkap dengan tahun dikeluarkannya. Jangan lupa mencatat waktu penyerahan gaji agar dapat digunakan jika sewaktu-waktu terdapat masalah.

4. Rincian Pembayaran

Terakhir, hal yang tercantum dalam gaji adalah rincian pembayaran lainnya. Biasanya berisi penghasilan tahunan sebelum dipotong pajak, penghasilan tahun berjalan setelah potong pajak, pajak bulan berjalan, jumlah uang yang diterima, dan nama bank yang digunakan sebagai institusi pembayaran.

Komponen Slip Gaji

gajian

Komponen gaji merupakan besaran gaji yang didapatkan dari gaji pokok sebesar 75% dari jumlah gaji pokok dan tunjangan-tunjangan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut komponen yang ada dalam slip gaji:

1. Gaji Pokok

Gaji pokok merupakan gaji dasar yang ditentukan berdasarkan jabatan yang dimiliki dan pekerjaan tertentu. Biasanya perusahaan menentukan gaji pokok berdasarkan jenjang karir atau jabatan di dalam perusahaan, yang akan menunjukan kualifikasi dan kemampuan karyawan tersebut.

2. Tunjangan

Tunjangan merupakan gaji yang melengkapi gaji pokok. Tunjungan ini memiliki fungsi yang bersifat sosial atau intensif. Beberapa tunjangan yang biasanya diberikan antara lain tunjangan jabatan, tunjangan transportasi, atau tunjangan makan. Ada juga perusahaan yang membagi tunjangan menjadi tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

3. Potongan

Selain tunjangan, ada juga potongan yang biasanya diambil untuk kebutuhan karyawan misalnya potongan pajak penghasilan, potongan pinjaman, premi asuransi kesehatan (BPJS), premi asuransi hari tua, dan juga iuran asuransi BPJS.

4. Lembur

Lembut merupakan waktu kerja yang melebih jam kerja yang telah ditentukan yaitu 7 jam per hari dan 40 jam per minggu (Menakertrans No. 102?MEN/IV/2004). Karyawan berhak mendapatkan uang tambahan jika melakukan pekerjaan di luar jam kerja.

5. Komisi

Komisi biasanya diberikan sesuai performa kerja karyawan dan masuk dalam kategori gaji tidak tetap.

Manfaat Slip Gaji

Seperti yang telah dijelaskan di atas, slip gaji memiliki manfaat sebagai bukti resmi penerimaan gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Namun ternyata slip gaji tidak hanya memiliki manfaat sebagai bukti resmi, ada banyak manfaat dari selembar kertas ini. Apa saja manfaat yang didapatkan dengan adanya slip gaji? Berikut ulasannya:

1. Mengajukan Kredit Elektronik

Manfaat slip gaji yang pertama adalah Kawan Kledo dapat mengajukan kredit elektronik dengan slip gaji yang Kawan Kledo miliki. Kawan Kledo dapat mengajukan kredit elektronik seperti televisi, kulkas, mesin cuci, atau perlatan elektronik lainnya. Slip gaji ini juga dijadikan syarat untuk mengajukan kredik elektronik dan memengaruhi jangka waktu pengambilan kredit.

2. Pengajuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR)

Kawan Kledo ingin mengajukan Kredit Perumahan Rakyat atau KPR? Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah adanya slip gaji. Dengan adanya slip gaji, bank dapat menganalisis kemampuan Kawan Kledo untuk membayar cicilan KPR setiap bulan. Biasanya untuk mengajukan kredit ini, Kawan Kledo harus memiliki gaji 3 kali lipat lebih besar dari jumlah cicilan. Jangan lupa pastikan pengambilan kredit sesuai dengan kemampuan Kawan Kledo.

3. Pengajuan Kredit Tanpa Agunan

Dengan adanya slip gaji, Kawan Kledo juga bisa mengajukan kredit tanpa agunan di bank. Hal ini dikarenakan slip gaji menjadi bukti pendapatan bulanan yang selalu Kawan Kledo peroleh. Dari slip gaji ini dapat dilihat kemampuan Kawan Kledo dalam membayar cicilan setiap bulannya. Dengan slip gaji ini juga dapat dilihat berapa banyak pinjaman yang dapat Kawan Kledo ajukan.

4. Mengajukan Kredit Kendaraan

Ingin mengajukan kredit kendaraan? Untuk bisa mengajukan kredit kendaraan ini, baik motor ataupun mobil, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah adanya slip gaji. Sama seperti pengajuan kredit lainnya, slip gaji ini menjadi bukti kesanggupan Kawan Kledo untuk membayar cicilan setiap bulan.

5. Melamar Pekerjaan Baru

Di beberapa perusahaan ada yang mensyaratkan pelamarnya untuk melampirkan slip gaji saat mengajukan lamaran pekerjaan. Slip gaji ini biasanya diminta saat Kawan Kledo melakuakn negosiasi gaji dengan HRD. Sebagi pelamar, Kawan Kledo bisa menaikan gaji di kantor lama dan memasang gaji lebih tinggi di kantor yang baru. Dengan adanya slip gaji ini, HRD juga memiliki gambaran berapa gaji di kantor lama sehingga pelamar tidak bisa mengajukan gaji selangit.

Contoh Slip Gaji

slip gaji karyawan

Contoh Slip Gaji Tenaga Pendidik

slip gaji karyawan

Contoh Slip Gaji Staf

slip gaji karyawan

Contoh Slip Gaji Marketing Manager

slip gaji karyawan

Contoh Slip Gaji Asisten Manajer Operasional

slip gaji karyawan

Contoh Slip Gaji

Kesimpulan

Slip gaji menjadi sesuatu yang penting, baik bagi karyawan yang menerima atau bagi perusahaan yang memberinya. Meski hanya berupa selembar kertas, namun jangan sekali-sekali meremehkannya karena slip gaji memiliki berbagai manfaat yang sangat berguna bagi pemberi dan penerimanya.

Setelah menerima gaji, biasanya Kawan Kledo ingin menggunakannya untuk apa saja? Ya, memiliki gaji memang membuat kita memiliki keinginan untuk membeli apapun yang diinginkan, tapi tetap usahakan sisihkan uang untuk ditabung ya! Siapa tahu Kawan Kledo ingin beralih dari bekerja sebagai karyawan menjadi pemilik bisnis dengan mendirikan usaha dari uang hasil tabungan. Setelah mendirikan bisnis, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan keuangan jadi lebih mudah. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *