Simak! Ini Cara Menggunakan QR Code untuk Meningkatkan Penjualan

kode qr

QR code merupakan terobosan terbaru dalam dunia digital yang bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi marketing di tahun 2022 ini.

Awalnya, teknologi terlebih dahulu digunakan di Jepang dan Amerika Serikat. Namun, beberapa tahun ini, kita bisa dengan mudah menemukan keberadaan kode unik ini di lingkungan sekitar kita.

Pandemi Covid-19 mendorong penggunaan kode ini semakin berkembang pesat. Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran terhadap kesehatan dan keselamatan semakin meningkat di mana orang-orang lebih memilih menghindari interaksi secara langsung dan mulai beralih ke sistem digital.

Saat ini, kode QR banyak digunakan dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya pada bidang strategi pemasaran. Tercatat sejak tahun 2018 hingga 2020, pertumbuhan pengguna kode QR meningkat hingga 94%. Dan, pemasaran lewat kode ini terbukti efektif dalam meningkatkan trafik penjualan.

Untuk itu, Anda harus memanfaatkan QR code ini untuk mengoptimalkan omset bisnis Anda.

Mengenal QR Code

kode qr

QR merupakan singkatan dari Quick Response adalah kode unik yang dapat dipindai lewat ponsel dan akan mengarahkan pengguna ke situs web tertentu.

Kode QR pertama kali ditemukan pada tahun 1994 oleh perusahaan Denso Wave guna melacak proses manufaktur dan pengiriman produk mereka.

Kemudian kode ini mulai populer pada tahun 2011 ketika Macy’s and Best Buy mulai menerapkannya di toko mereka. Akan tetapi, saat itu penggunaan kode ini mempunyai beberapa permasalahan.

Sebagian besar konsumen memiliki kecepatan internet yang sangat lambat, tidak memiliki smartphone, dan bahkan ketika mereka memilikinya, mereka harus mengunduh aplikasi yang membutuhkan waktu lama untuk memindai kode QR.

Kondisi tersebut diperburuk karena tampilan situs web tidak sebagus seperti saat ini. Sehingga, lambat laun kode QR ini mulai ditinggalkan oleh banyak orang.

Tapi, semua itu telah berubah. Kode QR telah digunakan oleh jutaan bahkan milyaran orang saat ini. 2,71 miliar orang menggunakan smartphone pada tahun 2019 dan 90% dari mereka memiliki akses ke internet berkecepatan tinggi.

Ditambah dengan fakta inovasi dari produsen ponsel pintar yang menambahkan fitur scan kode QR tanpa harus menggunakan aplikasi tertentu.

Dan, wabah Covid-19 yang membatasi mobilitas manusia menjadikan kode QR sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Saat ini, kode QR sangat mudah ditemukan. Banyak usaha bisnis yang menggunakan kode ini sebagai cara untuk mendorong keterlibatan pelanggan pasca pembelian dengan cara memberikan promo dan meningkatkan kesadaran merek.

Baca juga: Ini Strategi Promo Lebaran yang Wajib Dilakukan Para Pelaku Usaha

Siapa Pengguna QR Code?

Data menunjukkan bahwa sekitar 11 juta rumah tangga telah meindal kode QR pada tahun 2020. Dan, di awal 2022 ini, penggunaan kode QR semakin meningkat lantaran keserbagunaannya, aman, dan bisa membantu pebisnis untuk melakukan kampanye pemasaran tanpa harus beinvestasi banyak uang.

Dulu, sebagian besar ponsel cerdas mengharuskan pengunduhan aplikasi dari pihak ketiga untuk memindai QR. Kini, sebagian besar ponsel cerdas telah mendukung pemindaian kode QR asli.

Ini dimanfaatkan oleh para pebisnis sebagai alat untuk memasarkan produk mereka,

Meski begitu, Anda harus menyiapkan strategi pemasaran yang matang agar usaha Anda tidak sia-sia.

Anda harus memastikan bahwa strategi pemasaran berbasis kode QR ini mengadopsi pendekatan yang berpusat pada pelanggan. Meningkatkan pengalaman pelanggan di dalam toko melalui kampanye kode QR harus menjadi prioritas.

Dengan memberikan pengalaman berbelanja yang unik bagi pembeli, bisnis Anda bisa mulai menarik dan berinteraksi dengan banyak pelanggan.

Misalnya dengan mengarahkan pelanggan ke media sosial bisni Anda mereka atau meminta mereka untu meninggalkan ulasan di laman media sosial. Dengan begitu, bisnis Anda mempunyai citra yang positif di mata para pelanggan.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk Ini Wajib Dicoba di Tahun 2022, Apa Saja?

Contoh Pemasaran Lewat QR Code

Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan QR Code sebagai takti pemasaran:

  1. Kode QR via email yang tertaut ke situs web Anda
  2. Menggunakan kode QR sebagai menu nirsentuh di restoran.
  3. Membuat kode QR youtuve untuk meningkatkan keterlibatan kampanye pemasaran.
  4. Pembayaran kode QR
  5. Gunakan sebagai kartu nama vistual untuk berbagi informasi kontak
  6. Menjadikan kode QR sebagai pamflet pemasaran bisnis.

Ide Pemasaran Menggunakan QR Code pada Tahun 2022

kode qr

Kode QR Video

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa cara kita mengonsumsi konten telah mengalami pergeseran dalam dekade terakhir. Kegiatan membaca konten hanya berkontribusi sebesar 10% terhadap retensi memori.

Sementara konten video akan membantu pemirsa mempertahankan 95% dari pesan inti. Itulah mengapa bisnis sudah harus menggunakan kode QR video untuk mempromosikan fitur-fitur unggula dari suatu produk guna menarik minat pembeli.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan youtube sebagai tempat iklan kode QR bisnis Anda.

Mendesain Game Kode QR

Anda bisa membuatk kode QR yang dikemas dalam bentuk permainan. Agar customer tertarik, Anda bisa menawarkan reward berupa diskon atau hadiah gratis bagi para pemenangnya.

Mengubah Pelanggan Satu Kali Menjadi Pembeli Berulang

Menambahkan kode QR di kemasan produk Anda, akan memungkinkan pelandai melakukan pembelian ulang produk dari bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan gabungan geolokasi dan QR code, kode yang sama bisa menampilkan informasi berbeda berdasarkan lokasi pelanggan.

Misalnya, jika kode QR pada produk toko menampilkan informasi produk, kode yang sama dapat digunakan untuk membuat mereka memesan ulang produk secara online.

Ini mirip dengan tombol Amazon Dash yang pada dasarnya adalah tag Bluetooth yang memungkinkan pelanggan berbelanja berulangkali secara online.

Ide Promosi Kode QR: Membuat Pengguna Mengunduh Aplikasi Merek Anda Melalui Kode QR

Instagram dan Angry Birds menggunakan kode QR yang dikemas secara kreatif untuk membuat pelanggan bersedia mengunduh aplikasi mereka.

Kode-kode ini dengan jelas mampu mempromosikan produk mereka dengan cara yang unik. Sehingga juga dapat dijadikan sebagai cara untuk membangun self awareness.

Memberikan Pengalaman Musik yang Sesungguhnya melalui Kode QR

Menurut peneliti, toko menggunakan berbagai cara agar konsumen merasa nyaman ketika berbelanja. Mulai dari dekorasi yang estetik hingga memutarkan musik.

Penelitian menunjukkan bahwa toko menggunakan musik sebagai cara yang bisa membuat konsumen merasa betah saat belanja.

Namun, bagaimana jika Anda dapat membuat pengalaman berbelanjan yang benar-benar unik bagi pelanggan yang memasuki toko online Anda dengan kode QR?

Ssalah satu merek terkenal yang menggunakan strategi ini yaitu Reebok. Mereka menggunakan kode QR untuk mengirim berbagai daftar Spotify kepada para atlet yang disesuaikan dengan bidang olahraga yang digeluti.

Dengan meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen, bisnis pun dapat meningkatkan ROI secara signifikan.

Penggunaan Kode QR Terbaik: Membawa Pelanggan ke Tempat yang Menyenangkan

Kode QR bisa memberikan pengalaman interaktif kepada para pelanggan misalnya saja saat digunakan di museum, perpustakaan, dan taman.

Meski tanpa campur tangan manusia, kode QR bisa bertindak sebagai tour guide yang akan memandu pengunjung melihat benda-benda bersejarah dan karya seni lainnya.

Membuat Pengguna Meninggalkan Ulasan Produk Menggunakan Kode QR

Bagi bisnis, ulasan dapat diibaratkan seperti pisau bermata dua yang bisa membawa dampak positif maupun negatif, tergantung dari bagaimana isi ulasan tersebut.

90% membaca ulasan secara online sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk. Dan, 88% konsumen memperlakukan ulasan seperti halnya rekomendasi pribadi dari saudara atau teman mereka.

Dengan membuat pelanggan meninggalkan ulasan melalui tautan di kode QR, bisnis Anda tidak hanya memberi mereka tempat untuk menyuarakan pendapat, tetapi juga bisa dijadikan sebagai cara menggaet pelanggan baru.

Menampilkan Kode QR pada Iklan Billboard.

Meski dunia sekarang sudah memasuki era digital, nyatanya 70% konsumen melaporkan bahwa billboard digital jauh lebih menarik bagi mereka daripada iklan online

Memasang papan reklame digital dengan kode QR bisa mendorong konsumen untuk mengambil tindakan segera seperti menelepon customer service atau menggunakan google map untuk mengunjungi toko Anda.

Bagikan Detail Kontak Andak Lewat Kode QR

Pelaku bisnis sekarang bisa menggunakan kode QR untuk membagikan detail kontak mereka kepada konsumen. Menggunakan kode QR sebagai kartu bisnis akan menghemat pengeluaran biaya.

Sebab, Anda tidak perlu mencetak ulang kartu nama berulang kali.

Gunakan Kode QR Sebagai Tiket Masuk Acara

Kode QR digunakan oleh beberapa perusahaan hiburan untuk mengotentikasi pemegang tiket di acara tersebut. Ini menghemat waktu, tenaga, dan membuat proses check in berjalan lancar.

Acara besar seperti festival musik juga menggunakan kode QR sebagai bagian dari pengendalian masa. Kode ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan pemberitahuan dan pembaruan informasi yang relevan selama acara berlangsung.

Arahkan Pelanggan ke Laman Media Sosial Anda

Kode QR dapat Anda gunakan untuk mengarahkan pelanggan Anda ke halaman media sosial bisnis Anda. Ini merupakan bagian dari strategi marketing media sosial.

Misalnya, jika pelanggan Anda menyukai produk Anda, cetak Kode QR Instagram pada kemasannya, sehingga mereka dapat segera mengikuti media sosial Anda.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Instagram Takeover: Pemasaran Terbaik untuk Bisnis

Arahkan Pengguna ke Lokasi Bisnis Anda

Salah satu tantangan terbesar bagi bisnis adalah mengarahkan pelanggan mereka ke lokasi bisnis tanpa membuat pelanggan merasa kebingungan.

Anda bisa menggunakan kode QR untuk membantu memandu pelanggan menuju lokasi bisnis Anda.

Manfaatkan kode QR lokasi di situs web Anda dan iklan media cetak. Sehingga pelanggan cukup memindai kode QR melalui ponsel dan diarahkan ke lokasi alih-alih mencari alamat secara manual di peta online.

Baca juga: Contoh Bisnis Digital dan Tips Mengembangkannya

Kesimpulan

Banner 2 kledo

QR Code merupakan salah satu alat yang paling umum digunakan untuk pemasaran dikarenakan mempunyai berbagai kegunaan praktis yang bisa menghubungkan dengan pelanggan secara mudah.

Kode QR tidak hanya membantu dan mudah digunakan, tetapi juga membantu menganalisis karakteristik pelanggan Anda.

Dalam menjalankan bisnis, pembukuan merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan software keuangan Kledo yang sudah digunakan lebih dari 10 ribu pelaku usaha di Indonesia.

Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 4 =