Brand Awareness: Pengertian dan Cara Membangunnya dalam Bisnis

brand awareness

Pernahkah Kawan Kledo memikirkan Aqua ketika ada yang mengatakan air minum kemasan atau memikirkan Rinso ketika mendengar orang mengatakan detergent? Jika pernah, berarti Kawan Kledo sudah mengetahui apa itu konsep brand awareness.

Brand awareness merupakan istilah yang digunakan dalam dunia pemasaran yang digambarkan dengan tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu merek tertentu. Brand awareness ini sangat penting dalam mempromosikan suatu produk dimana semakin tinggi kesadaran masyarakat akan suatu merek produk, maka hal tersebut semakin baik bagi bisnis.

Lalu bagaimana caranya meningkatkan kesadaran merek ini? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Apa Itu Brand Awareness

kesadaran merek

Brand awareness atau kesadaran merek adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu produk berdasarkan dengan namanya. Kesadaran ini bisa didapatkan suatu merek dari pelanggan ketika pelanggan atau konsumen melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Melihat suatu merek dengan merek lainnya saat sedang belanja
  • Mengobrol dengan teman tentang suatu merek
  • Membaca atau menonton iklan suatu brand
  • Membaca, mendengar, atau menonton berita terkait suatu merek
  • Membeli produk dengan merek tertentu
  • Melakukan pertemuan dengan suatu brand.

Menciptakan kesadaran merek adalah langkah kunci dalam mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek lama. Idealnya, menciptakan kesadaran merek ini dapat mencakup kualitas yang akan membedakan produk dengan pesaing-pesaingnya.

Baca Juga: Apa Itu Branding? Ini Pengertian Lengkap dan Strategi Meningkatkannya

Peran Brand Awareness bagi Bisnis

Kesadaran merek penting karena membantu dalam audiens memahami, mengingat, dan merasa nyaman dengan suatu merek dan produk. Jika Kawan Kledo dapat membangun kesadaran merek di antara target konsumen, Kawan Kledo dapat membantu merek Kawan Kledo menjadi top-of-mind saat konsumen sedang meneliti dan melakukan pembelian.

Hal ini karena pelanggan sudah mengenali merek Kawan Kledo dan akan membuat mereka cenderung membeli dari bisnis Kawan Kledo dibandingkan bisnis pesaing yang tidak begitu mereka kenal. Kesadaran merek ini sering dilihat sebagai tahap pertama dari saluran pemasaran.

Dengan menciptakan kesadaran merek, Kawan Kledo dapat memberikan jaringan yang luas ke seluruh audiens calon pembeli. Dari sana, Kawan Kledo dapat menyalurkan arahan menuju proses penelitian dan pengambilan keputusan, dan akhirnya proses pembelian.

Strategi Brand Awareness

brand awareness

Untuk meningkatkan brand awareness, ada beberapa strategi yang harus Kawan Kledo lakukan. Berikut beberapa strategi yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk meningkatkan kesadaran merek:

1. Pasang Iklan

Strategi pertama yang dapat Kawan Kledo untuk meningkatkan kesadaran merek adalah dengan memasang iklan. Iklan yang dimaksud di sini adalah iklan yang ada di media sosial, salah satunya iklan advertorial.

Iklan advertorial dipilih karena dapat menjangkau target audiens yang lebih luas, terlebih dengan gaya penulisannya yang informatif dan edukatif. Saat ini ada berbagai pilihan iklan advertorial, baik di media cetak atau media massa online.

2. Melalui Media Sosial

Selain melalui iklan, meningkatkan kesadaran merek juga dapat dilakukan melalui media sosial. Media sosial menjadi tempat yang strategi untuk meningkatkan brand awareness karena saat ini hampir semua orang memiliki media sosial dan menghabiskan banyak tempat di sini.

Kawan Kledo bisa menggunakan beberapa media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan Linkedin. Jangan lupa untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di sana untuk memaksimalkan promosi.

3. Membuat Content Marketing

Content marketing juga bisa menjadi pilihan buat Kawan Kledo yang ingin meningkatkan kesadaran merek. Konten marketing ini dibuat dengan membuat konten-konten informatif dan menghibur namun diarahkan untuk marketing atau promosi suatu produk.

4. Mengadakan Suatu Event

Pernah nggak sih Kawan Kledo mengikuti sebuah event yang diarahkan untuk marketing produk? Biasanya event-event ini berupa bazar, pameran, ataupun lomba.

Mengadakan suatu event dipilih karena di sana selain bisa menjual produk, Kawan Kledo juga bisa mengenalkan produk ke masyarakat. Untuk lebih menarik minat pengunjung atau peserta, Kawan Kledo bisa memberikan hadiah dorprize.

Baca juga: 4 Manfaat Bisnis Saat Remaja yang Harus Kamu Ketahui

5. Kerjasama dengan Brand Lain

Kerjasama dengan brand lain juga bisa Kawan Kledo untuk meningkatkan brand awareness. Kerjasama ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membuat produk kolaborasi ataupun mengadakan event bersama.

Buat Kawan Kledo yang ingin mengajukan kerjasama dengan brand lain, pastikan Kawan Kledo membuat surat penawaran kerjasama dengan sebaik-baiknya. Untuk memudahkan dalam membuat surat kerjasama ini, Kawan Kledo bisa mendownload template surat penasaran kerjasama di sini.

6. Berbagi Merchandise

Berbagi merchandise bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Kawan Kledo. Merchandise ini dapat diberikan kepada pelanggan setia karena kontribusi yang telah mereka berikan kepada bisnis Kawan Kledo.

Buatlah merchandise yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri yang akan membuat pelanggan tidak segan memamerkannya di media sosial. Dengan adanya ungguhan dari pelanggan ini, merek Kawan Kledo akan dikenal lebih luas lagi.

Baca Juga: 15 Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

Cara Membangun Brand Awareness

brand awareness

Setelah mengetahui strategi yang dapat Kawan Kledo gunakan untuk meningkatkan brand awareness, berikut beberapa cara yang bisa Kawan Kledo ikuti agar brand awareness semakin meningkat:

1. Kerjasama dengan Influencer

Mengundang influencer ke niche bisnis Kawan Kledo adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran merek dan dapat membantu mendorong penjualan. Ketika influencer memiliki audiens yang mengenal dan mempercayai mereka, begitu mereka menyebutkan produk dan mendiskusikan merek Kawan Kledo di konten mereka, penyebutan tersebut akan memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran orang akan produk Kawan Kledo.

Ikonick adalah contoh sempurna dari perusahaan yang bekerja langsung dengan influencer. Ikonick ini menjual seni kanvas untuk rumah dan kantor.

Cara Ikonick menggunakan influencer adalah dengan memberikan karya seni mereka dan meminta influencer tersebut berpose dengan karya seni tersebut, lalu membagikan fotonya di media sosial.

Ikonick menggunakan semua jenis influencer, dari fotografer Instagram hingga selebriti. Strategi sosial perusahaan telah memungkinkannya untuk berkembang dan tumbuh secara eksponensial karena pemberi pengaruhnya menjadi bagian dari tim penjualannya, bahkan hinggan brand ambassador.

Perusahaan juga dapat menawarkan untuk mensponsori influencer di suatu acara (jika mereka melakukan hal semacam itu) dan bahkan menggunakannya sebagai brand ambassador untuk merek dan produk mereka.

2. Gunakan Kemasan Bermerek

Pernahkah Kawan kledo menerima pesanan yang datang dalam kemasan bermerek? Daripada melihatnya hanya sebagai kiriman biasa, mungkin Kawan Kledo merasa bahwa merek khusus itu membuat paket itu tampak seperti hadiah.

Packlane merupakan sebuah perusahaan yang memungkinkan perusahaan merancang kemasan khusus, menggunakan logo dan merek mereka sendiri untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Packlane ini telah membuat kotak unik untuk L’Oreal, HP, Shopify, RedBull, dan beberapa brand lainnya.

Mereka mengerti bahwa pengalaman produk tidak dimulai pada penggunaan pertama, melainkan pada tahap unboxing. Bagaimana perusahaan mempresentasikan merek dan kisah yang diceritakan melalui desain dan grafis. Semuanya dapat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan yang bisa bertahan lebih lama daripada produk itu sendiri.

Kemasan bermerek menawarkan titik kontak tambahan pada nilai yang diberikan merek pada setiap pengalaman pelanggan, dan membantu membedakan bisnis Kawan Kledo dari kompetitor lainnya.

3. Lakukan Riset SEO

Pernahkah Kawan kledo mendengar mayoritas konsumen tidak melewatkan halaman pertama Google ketika mencari sesuatu? Dibandingkan menuju halaman-halaman selanjutnya, biasanya mereka akan membuka satu per satu dari yang paling atas.

Agar suatu website berada di halaman pertama, diperlukan SEO atau optimasi mesin pencari. Pikirkan tentang seberapa kuat SEO ini bagi prosepek perusahaan Kawan Kledo.

Namun, jika semua kompetitor mengutip informasi yang sama, ia pelan-pelan akan kehilangan sebagian kekuatannya karena semua perusahaan itu berusaha mendapatkan klien baru.

Meneliti strategi SEO yang terkait dengan niche, produk, atau layanan Kawan Kledo dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Penelitian ini akan membedakan Kawan Kledo sebagai ahli dan pemimpin dalam industri tersebut.

4. Kembangkan Brand di Instagram

Instagram adalah platform media sosial yang memiliki kekuatan besar. Dikatakan bahwa sebuah gambar bernilai seribu kata, dan Instagram memungkinkan Kawan Kledo untuk mempromosikan cerita itu melalui gambar yang diposting dan teks yang diceritakan.

Ini adalah alat yang tepat untuk teman dan keluarga untuk saling bersaing, dan ini juga baik bagi suatu merek yang ingin menjangkau konsumen mereka.

Sebagai contoh, Azazie menjual gaun pengiring pengantin dan gaun pengantin. Untuk melakukan itu, ia menjadi sangat fokus untuk menumbuhkan komunitas sosialnya, terutama di Instagram.

Alasannya, di platform tersebut, perusahaan dapat meminta pengantin baru untuk berbagi foto hari istimewa mereka dan pengalaman mereka dengan gaun Azazie. Tak heran, laman Instagram Azazie penuh dengan foto-foto cantik yang menginspirasi calon pengantin lain untuk membayangkan diri mereka dalam salah satu gaunnya.

Yang terbaik dari semuanya, Azazie memanfaatkan kekuatan bukti sosial dengan memanfaatkan testimoni (dan gambar pribadi) dari pelanggan yang membantu membuat pengantin cantik dan anggota pesta pengantin.

Lalu ada Facebook. Seperti halnya Instagram, Facebook memiliki kekuatan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan komunitas. Gallant Dill adalah wirausahawan mandiri yang membangun komunitas melalui grup Facebook-nya. Bisnis Dill adalah program pendampingan yang mengajarkan pengusaha bagaimana membangun dan meningkatkan skala perusahaan mereka.

Facebook membantunya berbicara langsung dengan komunitas ini dan membagikan hasil dari berbagai program dan produk pendampingannya. Baru berusia 26 tahun, ia memiliki banyak bisnis multi-juta dolar, suatu prestasi yang membuktikan kecerdasannya tetapi juga kekuatan komunitas sosial.

5. Tingkatkan Promosi di Twitter.

Twitter adalah platform media sosial besar lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek. Di sini Kawan Kledo dapatmempublikasikan berita dan berinteraksi dengan pelanggan dalam rangka membicarakan produk Kawan Kledo.

Wendy’s, misalnya, telah membangun reputasi di Twitter dan meningkatkan kesadaran mereknya dengan menanggapi penyebutan media tentang mereknya. Salah satu contoh terbaik terjadi ketika seorang pengguna menelepon perusahaan, menanyakan di mana McDonald’s terdekat berada dan Wendy’s menanggapi dengan gambar tong sampah.

Intinya, lakukan interaksi dengan konsumen Kawan Kledo di media sosial agar mereka semakin percaya dengan merek Kawan Kledo dan kesadaran akan merek Kawan Kledo semakin meningkat.

6. Manfaatkan AdSense Google

Terakhir, iklan berbayar adalah cara yang baik untuk menampilkan nama dan situs web Kawan Kledo di depan target audiens. Google baru-baru ini mengumumkan iklan aturan baru AdSense Otomatis, yang menunjukkan kepada penayang tempat terbaik untuk membuat dan mengoptimalkan iklan mereka.

Melalui teknologi ini, Iklan Otomatis dapat ditempatkan secara otomatis di situs yang terbaik untuk merek Kawan Kledo. Di sana, mereka secara efektif menjangkau target audiens, memberi laba atas investasi yang lebih besar.

Cara Mengetahui Indikator Brand Awareness

Untuk melakukan evaluasi terhadap brand awareness, Kawan Kledo harus mengetahui indikator dari kesadaran merek ini. Berikut beberapa indikator yang dapat Kawan Kledo gunakan untuk mengukur keberhasilan brand awareness:

1. Melakukan Survei

Hal pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk mengukur keberhasilan kesadaran merek adalah dengan melakukan survei kepuasan pelanggan. Tanyakan kepada target konsumen sepeberapa besar mereka mengetahui merek Kawan Kledo.

Semakin mereka mengetahui dan mengenal merek tersebut itu artinya brand awareness Kawan Kledo berhasil ditingkatkan.

2. Melalui Trafik dan Analytics

Trafik dan analytics juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan kesadaran merek ini. Semakin besar tingkat kenaikan trafik dana analytics maka semakin besar pula keberhasilan brand awareness.

4. Engagement Media Sosial

Kawan Kledo juga bisa mengukur keberhasilan brand awareness dengan cara melihat engagemen media sosial. Engagement ini dapat dilihat dari pengikut, likes, comments, dan share yang terus mengalami kenaikan.

5. Pendapat Orang

Pendapat orang juga dapat dijarikan indikator dalam mengukur keberhasilan kesadaran merek ini. Hal ini dikarenakan pendapat orang dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya.

Ketika seseorang mengatakan pendapat yang buruk tentang produk Kawan Kledo, ini dapat mempengaruhi orang lain, begitu juga dengan pendapat yang positif. Jadi, semakin baik pendapat yang didapatkan maka semakin berhasil upaya peningkatan kesadaran merek ini.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian dan cara meningkatkan brand awareness yang wajib Kawan Kledo ketahui. Pastikan juga Kawan Kledo untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Dengan Kledo, Kawan Kledo bisa melakukan pengelolaan keuangan secara mudah dan anti ribet. Tidak hanya itu, Kledo juga bisa melakukan pengelolaan keuangan ini dari mana saja dan kapan saja. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *