Search Engine Marketing: Pengertian Lengkap dan Tips Penerapannya dalam Bisnis

search engine marketing

Pernah mendengar apa itu search engine marketing atau SEM? Jika belum, Anda tidak sendirian.

Ada banyak istilah dalam pemasaran digital yang terdengar sama atau memiliki definisi yang mirip. Dalam posting ini, kami bertujuan untuk menjernihkan kebingungan tersebut

Kami akan membahas secara mendalam arti dari search engine marketing (SEM), manfaat, perbedaan dengan SEO dan praktik terbaik yang harus Anda ikuti untuk menjalankan strategi pemasaran SEM yang berhasil.

Apa itu Search Engine Marketing?

search engine marketing

SEM, atau search engine marketing, adalah tindakan menggunakan strategi berbayar untuk meningkatkan visibilitas pencarian di mesin pencari.

Di masa lalu, search engine marketing adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan pencarian berbayar. Tapi sekarang, hampir selalu hanya mengacu pada pemasaran pencarian berbayar.

Dengan SEM, merek membayar agar iklan muncul sebagai hasil pencarian di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Mereka menargetkan kata kunci tertentu sehingga ketika pengguna menelusuri istilah tersebut, dan audiens melihat iklan dari merek tersebut. Merek hanya dikenakan biaya jika audiens mengklik iklan.

Iklan pencarian berbayar dapat ditemukan di hampir semua halaman hasil pencarian. Penempatan berbayar ini biasanya terletak di bagian atas dan bawah halaman. Mereka menyertakan penunjukan “Iklan” untuk memberi tahu pengguna bahwa itu adalah penempatan berbayar.

search engine marketing 1

Beberapa iklan penelusuran berbayar juga dapat muncul sebagai produk di carousel unggulan.

search engine marketing 2

Apa Manfaat Menggunakan Search Engine Marketing pada Bisnis?

search engine marketing

Menjangkau Klien Anda Secara Instan

Search Engine Marketing digunakan untuk menggambarkan iklan pencarian berbayar Google.

Teknik ini sering digunakan sebagai strategi jangka pendek yang membawa visibilitas cepat ke produk atau layanan Anda.

Dibandingkan dengan Search Engine Optimization atau SEO, iklan pencarian berbayar dapat memberi Anda hasil yang cepat karena memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan target Anda secara instan.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Iklan Penelusuran Google memungkinkan pengiklan untuk mengekspos nama merek mereka baik di judul, deskripsi, URL tayangan, atau tautan ekstensi iklan.

Oleh karena itu, iklan penelusuran berbayar ini berkontribusi pada kesadaran merek yang tinggi terutama karena sering muncul di bagian atas hasil penelusuran Google.

Buat Iklan Penelusuran Bertarget Geografis

SEM memberi Anda opsi untuk menargetkan orang berdasarkan lokasi mereka. Anda dapat membuat iklan dalam berbagai bahasa dan memutuskan di mana Anda ingin menampilkannya; Anda dapat menentukan negara, kota, dan bahkan wilayah tertentu di mana saja di dunia.

Menerapkan dan Mengelola Iklan dengan Mudah dan Cepat

Iklan penelusuran berbayar dibuat dan dikelola dengan mudah dan cepat. Google Ads memungkinkan Anda menyiapkan jadwal untuk setiap kampanye – Anda dapat menjalankan dan menghentikan iklan kapan pun Anda mau.

Juga mudah untuk menyiapkan anggaran dan menentukan kecepatan kinerja kampanye Anda. Ini dapat membantu Anda mengoptimalkan iklan dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke bisnis Anda dalam waktu singkat.

Menargetkan Pemirsa yang Tepat Melalui Iklan yang Dioptimalkan

SEM adalah cara yang sangat efektif bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan tertentu berdasarkan tujuan pencarian mereka.

Anda dapat menampilkan iklan hanya kepada konsumen yang menelusuri menggunakan kata kunci yang terkait erat dengan produk atau layanan Anda.

Memilih kata kunci yang tepat yang memicu munculnya iklan Anda akan membantu Anda membuat iklan yang sangat optimal.

Meningkatkan Lalu Lintas Melalui Visibilitas Iklan

Iklan Penelusuran yang Dioptimalkan dapat mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs web Anda karena muncul di atas Halaman Hasil Mesin Pencari – SERP, di atas hasil organik.

Dengan anggaran iklan yang tepat, penawaran yang dioptimalkan, dan pesan iklan yang menarik, Anda dapat meningkatkan kualitas iklan Anda dan karenanya memastikan visibilitas iklan yang tinggi dan kunjungan situs web yang relevan.

Menargetkan Audiens Melalui Jenis Pencocokan Kata Kunci

Alat perencana kata kunci Google membantu Anda menentukan kata kunci paling populer yang digunakan untuk mencari bisnis Anda.

Dengan menggunakan kata kunci khusus ini di kampanye Anda, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda menjangkau audiens yang tepat.

Iklan Google menawarkan kepada Anda beberapa jenis pencocokan kata kunci, yaitu pencocokan luas, pencocokan tepat, dll. berdasarkan iklan Anda yang akan ditayangkan kepada pengguna.

Membayar Hanya Per Tindakan

Setelah iklan pencarian berbayar Anda dibuat, iklan Anda akan muncul secara gratis dan Anda hanya akan membayar ketika seseorang mengambil tindakan – artinya, mengklik iklan Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan eksposur gratis dan kesadaran merek di mesin pencari dan hanya dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan Anda sehingga mengunjungi halaman arahan Anda.

Muncul di Kata Kunci Terkait Pesaing

Sebagai praktik terbaik untuk SEM, disarankan untuk membuat iklan penelusuran yang dipicu untuk muncul di kata kunci terkait pesaing Anda.

Ini akan mengamankan eksposur Anda pada kata kunci tersebut dan pada akhirnya kesempatan untuk mengubah klien dari pesaing menjadi Anda.

Uji Dan Ukur Kinerja Anda dengan Mudah

Iklan penelusuran berbayar memberi Anda kesempatan untuk menguji kinerja iklan dan mengukur hasil yang Anda kumpulkan untuk setiap kampanye.

Google Ads memberi Anda akses ke data mendalam tentang iklan berperforma terbaik dalam hal: tayangan, klik, Rasio Klik-Tayang (RKT), kata kunci berkinerja terbaik, dll.

Bergantung pada sasaran kampanye, Anda dapat mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi apa yang pada akhirnya Anda butuhkan untuk mengoptimalkan kinerja yang lebih baik di masa mendatang.

Apa Perbedaan SEO dan SEM?

pemasaran

Diatas kita juga sedikit menyinggung tentang SEO, dan masih banyak orang beranggapan SEO dan SEM itu sama. Padahal hal itu jauh berbeda.

Mari kita bahas secara mendalam perbedaan SEO dan SEM:

SEM Ditandai dengan Jelas di SERPs

Anda dapat membedakan penempatan berbayar di SERPs dengan ikon “Iklan”. Daftar artikel organik tidak memiliki ini, artinya hasil organik dan hasil berbayar terlihat berbeda.

Seperti yang kita bahas sebelumnya, iklan berbayar menawarkan ekstensi iklan yang memungkinkan Anda menyempurnakan iklan penelusuran (teks) standar dengan tautan situs, info, nomor telepon, dan lainnya.

Peringkat organik memang menawarkan cuplikan yang lebih baik. Namun, dengan ekstensi iklan, Anda memiliki kontrol yang jauh lebih besar atas bagaimana dan kapan ini ditampilkan.

Anda Membayar untuk Setiap Klik atau Tayangan dengan SEM

Dengan SEM, pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik iklan (BPK – biaya per klik) atau CPM (biaya per seribu tayangan) tergantung pada jenis kampanye yang Anda buat. Namun, mereka tidak membayar apa pun ketika pengguna mengklik daftar organik yang diberi peringkat karena SEO.

SEM Dapat Mendapatkan Hasil Hampir Sesegera Mungkin. SEO Tidak bisa.

Anda dapat langsung melihat hasil dalam beberapa klik saat Anda menjalankan kampanye search engine marketing (berbayar). Iklan Anda akan segera tampil di hasil pencarian (asalkan disetujui, dan tawaran Anda mencukupi).

SEO, di sisi lain, dapat memakan waktu kecuali kata kunci yang Anda targetkan tidak memiliki persaingan, dan ini jarang terjadi. Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil organik setelah memulai strategi SEO.

SEO Memberikan Hasil Kumulatif

Poin penting lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa SEO terus menambah nilai dari waktu ke waktu, dan laba atas investasi Anda harus kumulatif. Strategi Anda akan dibangun dari waktu ke waktu dan akan meninggalkan hasil yang bertahan lama.

Ketika Anda berinvestasi di SEM, ini tidak terjadi. Segera setelah Anda mematikan iklan, visibilitas Anda akan berhenti.

SEM Lebih Mudah Diuji dan Disempurnakan Daripada SEO

Iklan berbayar selalu membutuhkan pengujian. Copy iklan perlu direvisi, audiens baru dapat ditargetkan, dan Anda mungkin harus mengubah konten di landing page agar pengujian Anda berfungsi.

Dan dengan data yang tersedia, semua ini dapat dilakukan dengan cepat, dengan perubahan yang berlaku dengan cepat dan hasil pengujian kembali dalam waktu singkat.

Anda tidak dapat menguji dengan cara yang sama dengan SEO, mengingat sifat algoritme. Tentu saja, pengujian tetap menjadi bagian yang sangat penting dari strategi SEO yang solid; hanya saja tidak sebanding dengan apa yang memungkinkan PPC.

SEO dam SEM – Mana Yang Harus Anda Gunakan?

seo

Jawaban atas pertanyaan ini jelas dan sederhana; itu tergantung pada:

Apa tujuan spesifik Anda?

Jika Anda ingin mengarahkan lalu lintas cepat ke penjualan, menguji penawaran baru, atau memulai bulan yang lambat, SEM harus menjadi pilihan Anda. Jika Anda ingin mendorong pertumbuhan jangka panjang, SEO mungkin pilihan yang tepat.

Kinerja yang saat ini berhasil

Jika Anda sudah memiliki visibilitas organik yang kuat, SEM bisa menjadi cara yang bagus untuk melengkapi ini dengan visibilitas tambahan.

Keuntungan Anda

Dalam beberapa kasus, setelah Anda memperhitungkan biaya klik yang tinggi dan margin produk yang rendah, menjalankan SEM tidak masuk akal.

Dalam kasus seperti ini, SEO kemungkinan merupakan saluran untuk mendorong pengembalian yang jauh lebih kuat.

Perlu memperkirakan BPK (biaya per klik) yang harus Anda bayar dengan alat kata kunci PPC dan untuk memahami berapa tingkat konversi Anda untuk menghasilkan keuntungan.

Pertimbangkan lifetime value costumer Anda

Saat menggunakan SEM, Anda dapat menemukan bahwa LTV (Lifetime value costumer) yang lebih tinggi menyumbang biaya klik yang lebih tinggi. Tetapi LTV yang lebih rendah dapat berarti bahwa SEO muncul sebagai strategi yang lebih kuat.

Tetapi ini bukan berarti Anda harus menggunakan salah satu saluran ini saja.

Kenyataannya adalah, untuk sebagian besar bisnis, strategi pencarian yang sukses akan melihat Anda mengintegrasikan SEO dan SEM.

Kedua saluran pemasaran yang kuat ini bersama-sama membuka banyak peluang untuk mendorong pertumbuhan dari calon pelanggan yang mencari bisnis seperti milik Anda.

Tips dalam Menerapkan Search Engine Marketing yang Sukses untuk Bisnis Anda

Seperti yang kita tahu, search engine marketing atau SEM dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan berpotensi meningkatkan tingkat konversi Anda untuk pengunjung juga.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat kampanye search engine marketing terbaik untuk bisnis Anda:

Buat Kata Kunci Berbayar Anda Sespesifik Mungkin

Meskipun ada keinginan untuk menggunakan istilah luas untuk mendatangkan lebih banyak lalu lintas, kata kunci tertentu menghasilkan jenis lalu lintas terbaik. Jika Anda ingin mengoptimalkan nilai setiap klik, kata kunci unik adalah pilihan terbaik Anda.

Targetkan Iklan Anda dengan Hati-hati

Jika Anda hanya menawarkan layanan lokal, hanya targetkan pencarian lokal dan kata kunci area. Jika Anda berencana untuk beriklan di lebih dari satu negara, mungkin paling efisien untuk membuat anggaran dan kata kunci yang unik untuk setiap negara.

Lakukan AB testing pada Teks Iklan Anda

Lakukan uji coba (beberapa mesin telusur memungkinkan Anda melakukannya secara gratis) dari dua iklan untuk melihat teks mana yang lebih baik dalam menghasilkan klik dan konversi.

Iklan Anda Harus Sesuai dengan Landing Page di Situs Web Anda

Buat penawaran yang sama, gunakan nada yang sama dan sertakan kata kunci yang sama untuk kesinambungan dan hasil terbaik.

Tetap Sederhana, Tapi Tetap Berorientasi pada Merek Anda

Bahasa, warna, dan gambar Anda semuanya harus menyampaikan merek Anda secara akurat. Sederhana itu hebat. Sederhana dan namun tetap berorientasi pada merek Anda adalah cara terbaik menghasilkan konversi penjualan.

Gunakan Kekuatan Kata Kunci Negatif

Saat Anda membayar untuk lalu lintas pencarian, umumnya dalam bentuk iklan bayar per klik, Anda dapat menggunakan kata kunci negatif untuk memastikan iklan Anda tidak ditempatkan di tempat atau kata pencarian yang sama sekali tidak pantas dan bukan target Anda.

Filter kata kunci negatif untuk memastikan iklan Anda tidak tampil untuk kata atau kata tersebut.

Menggabungkan SEO dan SEM

Saat Anda menggabungkan SEO dan SEM, Anda memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan saluran dan:

Menggunakan wawasan data dari strategi SEM Anda untuk meningkatkan pendekatan SEO Anda, termasuk mendapatkan wawasan berharga tentang tingkat konversi yang diharapkan, kinerja pada tingkat kata kunci, perkiraan seputar peluang lalu lintas, dan banyak lagi. Dalam hal ini, anggap SEM sebagai tempat pengujian untuk SEO.

Anda dapat membuat upaya SEO Anda bekerja lebih baik dengan membuat kampanye pemasaran ulang atau remarketing sebagai bagian dari strategi SEM Anda untuk menjangkau kampanye yang sebelumnya tidak dikonversi menjadi pelanggan. Anda dapat menargetkan mereka dengan iklan penelusuran, iklan bergambar, dan lainnya.

Lacak Hasil Iklan Anda

Pantau dan analisis dengan cermat dampak iklan mesin telusur dan iklan bayar per klik Anda untuk memastikan laba atas investasi (ROI) pemasaran Anda memadai.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai search engine marketing atau SEM, perbedaannya dengan SEO dan tips terbaik dalam menerapkan strategi SEM untuk bisnis Anda.

Untuk menghasilkan yang terbaik pada kampanye SEM di bisnis Anda, pastikan Anda mengetahui seiapa audiens Anda, membuat copy terbaik untuk iklan Anda, dan membuat landing page yang sesuai dengan iklan yang Anda buat.

Lalu satu hal yang perlu diingat dalam praktik pemasaran pada bisnis apapun, ukur selalu tingkat keberhasilan dari kampanye yang Anda buat dengan menghitung ROI.

Untuk memudahkan Anda dalam mengukur hal tersebut, Anda harus mencatat biaya yang Anda keluarkan dan berapa penghasilan yang Anda dapatkan dalam proses kampanye tersebut dengan detail.

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang akan membuat proses seluruh pencatatan biaya dan pemasukan dalam bisnis lebih mudah, praktis dan modern.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang memiliki fitur terbaik dengan harga yang paling terjangkau saat ini.

Mulai dari pengelolaan pembukuan, manajemen aset dan persediaan, otomasi banyak laporan keuangan, proses rekonsiliasi transaksi otomatis, dan masih banyak lagi fitur yang akan memudahkan operasional bisnis Anda. Kapanpun, dimanapun Anda mau.

Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan Kledo secara gratis selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *