Tertarik Membuka Bisnis Laundry? Ikuti 10 Tips Ini

bisnis laundry

Buat Kawan Kledo yang tinggal di perkotaan, ada beberapa peluang bisnis yang cukup menjanjikan, salah satunya bisnis laundry. Hal ini dikarenakan masyarakat kota sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci baju dan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Selain di kota, bisnis laundry juga memiliki peluang yang besar di tempat-tempat yang dekat dengan kos-kosan, baik itu kos-kosan mahasiswa atau kos-kosan karyawan. Sama seperti masyarakat kota, anak kos lebih memilih menggunakan jasa laundry untuk menghemat waktu dan tenaga.

Lalu bagaimana cara membuka bisnis laundry ini? Buat Kawan Kledo yang tertarik dengan bisnis satu ini dan ingin memulainya, yuk simak 10 tips membuka bisnis laundry yang akan dijelaskan di bawah ini:

Peluang Bisnis Laundry

bisnis laundry

Seperti yang telah dikatakan di atas, bisnis laundry menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang menjanjikan. Berikut beberapa alasan mengapa bisnis satu ini sangat menjanjikan dan wajib untuk dicoba:

  1. Bagi mahasiswa yang tinggal di kosan, mereka biasanya tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian karena waktu mereka habis untuk mengerjakan tugas, kuliah, atau praktikum. Mereka yang tidak punya waktu untuk mencuci baju akan memilih jasa laundry agar urusan mencuci baju lebih cepat selesai dan tidak membuang waktu mereka.
  2. Bagi karyawan yang tinggal di kosan, menggunakan jasa laundry juga dipakai agar bisa lebih menggunakan waktu secara efektif. Dibandingkan menghabiskan waktu untuk mencuci pakaian, lebih baik untuk istirahat demi stamina pekerjaan berikutnya.
  3. Bagi pasangan yang baru menikah dan sibuk bekerja jasa laundry juga sering dipilih untuk menghemat waktu. Dengan jasa laundry ini mereka juga tidak perlu membeli mesin cuci dan dapat melakukan penghematan anggaran baik untuk pembelian mesin cuci atau biaya listrik.
  4. Ada banyak peluang menjanjikan selain untuk mencuci pakaian ini, yakni jasa mencuci sepatu, helm, selimut, hingga tas. Kawan Kledo bisa menjadikannya salah satu alternatif bisnis Kawan Kledo lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Laundry

bisnis-laundry

Kelebihan dan kekurangan menjadi salah satu bagian yang pasti ada di dalam sebuah bisnis. Kelebihan dan kekurangan ini menjadi bagian yang dapat Kawan Kledo pertimbangkan ketika membuka suatu bisnis.

Bisnis cuci pakaian ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak penjelasan di bawah ini:

Kelebihan

1. Banyak Orang yang Membutuhkan

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh bisnis laundry ini adalah banyak orang yang membutuhkannya, khususnya bagi mereka yang tinggal di perkotaan atau kawasan kos-kosan. Kuncinya adalah bagaimana Kawan Kledo memilih lokasi bisnis cuci pakaian ini.

2. Mudah untuk Dijalankan

Selain banyak dibutuhkan, bisnis cuci pakaian juga mudah untuk dijalankan, khususnya bagi Kawan Kledo yang sudah menggunakan mesin cuci otomatis. Kawan Kledo hanya perlu menuangkan detergen, memencet tombol, dan secara sendirinya mesin cuci akan memproses cucian.

Kawan Kledo nantinya hanya perlu menjemurnya dan menyetrika pakaian agar lebih rapi.

3. Memiliki Penghasilan yang Lumayan

Bisnis cuci pakaian juga menjanjikan penghasilan yang lumayan. Di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, untuk satu kilo pakaian dibutuhkan biaya cuci Rp7 ribu hingga Rp10 ribu. Jika dalam sehari bisa mencuci 6 kilo/mesin cuci dan Kawan Kledo memiliki 3 mesin cuci, penghasilan yang akan diteri mulai dari Rp120 ribuan hingga Rp180 ribuan.

4. Dapat Dikelola dari Rumah

Di jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, memulai bisnis dari rumah menjadi lebih mudah, termasuk untuk bisnis cuci pakaian ini. Kawan Kledo bisa promosi di media sosial dan mengerjakannya dari rumah.

Selain bisa tetap berpenghasilan, Kawan Kledo juga bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Kekurangan

1. Modal yang Dibutuhkan Cukup Besar

Untuk memulai bisnis cuci pakaian ini dibutuhkan modal yang cukup besar. Untuk satu mesin cuci saja harganya mencapai jutaan per mesin cucinya dan pastinya membutuhkan lebih dari satu mesin cuci.

Belum lagi biaya lainnya seperti untuk menyetrika, membayar listrik, membayar karyawan, hingga untuk membayar sewa tempat.

2. Memiliki Biaya Perawatan yang Mahal

Selain modal yang cukup besar, perawatan mesin cuci juga mahal khususnya saat mesin cuci mengalami kerusakan. Jadi sebaiknya Kawan Kledo selalu menyisihkan pendapatan untuk kemungkinan kerusakan mesin cuci ini.

3. Harus Tepat dalam Memilih Lokasi

Pemilihan lokasi menjadi bagian penting dalam bisnis cuci pakaian ini. Jika Kawan Kledo sampai salah memilih lokasi akan berdampak pada pendapatan yang masuk.

Jadi, pastikan selalu pertimbangkan pemilihan lokasi ini dengan sebaik-baiknya agar Kawan Kledo bisa memberikan solusi atas kekurangan satu ini.

Cara Memulai Bisnis Laundry

usaha cuci baju

Untuk memulai bisnis cuci pakaian ini, ada beberapa cara atau langkah yang harus Kawan Kledo lakukan, apa saja?

1. Persiapkan Modal

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuka bisnis cuci pakaian adalah dengan mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Ada beberapa cara mendapatkan modal ini, mulai dari menggunakan tabungan pribadi, mengajukan pinjaman di bank, hingga mendapatkan modal dari investor.

2. Menentukan Lokasi Bisnis

Langkah kedua setelah mempersiapkan modal adalah menentukan lokasi bisnis. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pilihlah lokasi yang strategis, seperti dekat dengan kos-kosan ataupun di kawasan perkantoran.

Kawan Kledo juga bisa melakukan renovasi dan memberikan hiasan di lokasi bisnis agar lebih menarik.

3. Membeli Peralatan yang Dibutuhkan

Langkah berikutnya dalam memulai bisnis cuci pakaian adalah membeli peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan ini antara lain mesin cuci, timbangan, lemari, meja, setrika, gantungan baju, dan lainnya.

4. Perhatikan Biaya Operasional

Selain membeli peralatan yang dibutuhkan, memperhatikan biaya operasional juga penting dalam memulai bisnis laundry. Biaya operasional ini seperti biaya listrik, sewa tempat, membayar karyawan (jika memiliki karyawan), membeli detergen dan pewangi, dan lain sebagainya.

Pastikan Kawan Kledo memperhatikannya secara matang agar bisnis ini dapat terlaksana dengan baik.

5. Ketahui Cara Mencuci dan Menyetrika yang Benar

Sebagai bisnis yang bergerak di bidang cuci pakaian, pastinya Kawan Kledo harus mengetahui cara mencuci dan menyetrika pakaian dengan benar. Pelajari setiap penggunaan mesin cuci berdasarkan merek yang dibeli.

Menyetrika ini juga jadi bagian penting karena pelanggan pastinya ingin pakaian mereka rapi dan wangi. Jangan sampai pelanggan Kawan Kledo kabur karena mendapatkan service yang tidak memuaskan.

6. Tentukan Nama dan Logo Bisnis

Setelah semua langkah-langkah di atas dilaksanakan, kini saatnya Kawan Kledo menentukan nama dan logo bisnis. Pilihlah nama yang unik dan belum ada yang menggunakannya, khususnya dalam bisnis cuci pakaian.

Logo juga sangat penting untuk diperhatikan karena logo dan nama bisnis ini nantinya akan berhubungan dengan branding dan bagaimana bisnis Kawan Kledo dikenal oleh masyarakat luas.

7. Tentukan Harga

Terakhir, tentukan harga yang akan dibebankan kepada pelanggan ketika menggunakan jasa cuci pakaian Kawan Kledo. Penentuan harga ini dihitung dari biaya-biaya yang dikeluarkan dalam melakukan jasa mencuci, baik itu jasa mencucinya, biaya operasional, sewa tempat, dan lainnya.

Jangan patok harga yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Kawan Kledo bisa menghitung penentuan harga dari artikel yang ada di sini.

Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Laundry

frachise

Ada beberapa hal yang harus Kawan Kledo perhatikan sebelum memulai bisnis cuci pakaian ini. Apa saja beberapa hal tersebut?

1. Peralatan Bisnis Laundry

Apa saja sih yang dibutuhkan ketika memulai bisnis cuci pakaian ini? Berikut peralatan-peralatan yang dibutuhkan dan harus dipersiapkan ketika Kawan Kledo ingin membuka bisnis cuci pakaian:

  • Mesin cuci
  • Timbangan
  • Detergen dan pewangi pakaian
  • Jemuran dan hanger
  • Pengering pakaian
  • Setrikaan
  • Papan setrika
  • Alat tagging
  • Plastik kemasan untuk membungkus pakaian

2. Bisnis Laundry Franchise atau Sendiri?

Selain memperhatikan peralatan yang digunakan, ada 2 (dua) pilihan dalam memilih bisnis cuci pakaian ini, yakni milik sendiri atau membeli bisnis franchise. Pastinya keduanya ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kawan Kledo yang menginginkan bisnis anti ribet dan langsung beres semuanya baik dari merek, logo, operasional, dan lainnya, bisa memilih bisnis cuci pakaian franchise. Kawan Kledo hanya perlu membayar sejumlah biaya dan akan menerima paket bisnis yang langsung bisa dipasarkan.

Namun jika Kawan Kledo ingin membangun merek sendiri, memiliki merek sendiri bisa menjadi pilihan. Kawan Kledo bisa mengaturnya sendiri dan bisa sembari membangun merek sendiri sehingga kedepannya bisa membuka cabang di berbagai tempat.

3. Bisnis Laundry Self Service atau Kiloan?

Selain jenis franchise dan merek sendiri, ada 2 (dua) jenis laundry yang bisa Kawan Kledo pilih yakni laundry self service atau laundry kiloan. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Laundry self service misalnya Kawan Kledo nggak perlu melakukan jasa mencuci pakaian ini karena semuanya akan dilakukan oleh pemilik pakaian. Kawan Kledo hanya perlu menyediakan fasilitas mesin cuci dan peralatan lainnya.

Sedangkan laundry kiloan semua jasa cuci pakaian akan dipegang oleh Kawan Kledo, mulai dari mencucinya, menjemurnya, menyetrika, hingga packing. Pilihkan salah satu dari jenis ini yang sesuai kemampuan Kawan Kledo agar kedepannya bisnis Kawan Kledo bisa lebih lancar.

Tips Memulai Usaha Laundry

cuci baju

Agar bisnis cuci pakaian yang Kawan Kledo mulai bisa meraih kesuksesan, Kawan Kledo tidak boleh sembarangan dalam memulainya. Berikut beberapa tips bisnis cuci pakaian yang dapat Kawan Kledo lakukan:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips pertama dan selalu diulang-ulang adalah memilih lokasi yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan di atas, lokasi menjadi penentu utama bisnis cuci pakaian Kledo akan laris atau tidak.

Pilihlah lokasi yang berada di kawasan perumahan karyawan atau kosan mahasiswa agar lebih banyak orang yang membutuhkan jasa cuci pakaian ini dan bisnis Kawan Kledo menjadi laris manis.

2. Berikan Harga yang Dapat Bersaing

Harga menjadi bagian yang sangat dipertimbangkan konsumen ketika memilih suatu barang atau jasa. Berikan harga yang mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, yakni dengan harga yang sama atau sedikit lebih murah.

Kalaupun Kawan Kledo memberikan harga yang sedikit lebih mahal, pastikan konsumen mendapatkan fasilitas yang lebih dibandingkan harga di bawahnya. Pastikan juga Kawan Kledo memperhatikan keuntungan yang didapatkan dalam memberikan harga ini, jangan sampai merugi.

3. Selalu Utama Kualitas

Kualitas menjadi bagian penting dalam suatu bisnis, termasuk bisnis cuci pakaian ini. Kualitas ini antara lain kebersihan pakaian, aroma pakaian, hingga tingkat kerapian setelah disetrika.

Terus jagalah kualitas ini agar konsumen puas menggunakan jasa laundry yang dimiliki oleh Kawan Kledo. Dengan begitu, pelanggan juga bisa membagikan kepuasannya kepada orang lain dan akan semakin banyak yang menggunakan jasa laundry di bisnis Kawan Kledo.

4. Bersikap Ramah kepada Pelanggan

Keempat, pastikan Kawan Kledo selalu bersikap ramah kepada pelanggan. Sapalah pelanggan ketika mereka datang dan tanyakan apa kebutuhan pelanggan tersebut.

Bersikap ramah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap bisnis. Jangan sampai pelanggan berpindah ke tempat lain karena service yang tidak ramah.

5. Gunakan Cara Mencuci yang Paling Tepat

Untuk menjaga keefektifan mencuci, Kawan Kledo harus memahami dan menggunakan cara mencuci yang tepat. Pahami cara mengoperasikan mesin cuci yang Kawan Kledo pilih dan carilah cara paling tepat dan efektif.

Jangan sampai waktu Kawan Kledo terbuang karena belum memahami teknik mencuci yang efektif ini karena nantinya juga dapat berdampak pada kualitas layanan cuci pakaian ini.

6. Perhatikan Kompetitor

Ketika membuka suatu bisnis apakah perlu memperhatikan kompetitor yang ada? Jawabannya adalah sangat perlu.

Bahkan Kawan Kledo sebaiknya melakukan analisis terhadap kompetitor ini agar nantinya bisnis Kawan Kledo dapat bersaing di pasar. Kawan Kledo bisa mempelajari cara mengenali kompetitor dari artikel Marketing Plan yang ada di sini.

8. Lakukan Analisis Pasar

Tips kedelapan yang harus diperhatikan Kawan Kledo agar bisnis laundry Kawan Kledo sukses adalah dengan melakukan analisis pasar. Analisis pasar dilakukan agar Kawan Kledo bisa menguasai pasar.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut terkait cara melakukan analisis pasar ini.

9. Buat Promosi

Setelah melakukan analisis pasar, saatnya Kawan Kledo membuat promosi terhadap bisnis Kawan Kledo. Tanpa adanya promosi ini pastinya tidak akan ada yang tahu bisnis Kawan Kledo.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis, mulai dari memberikan diskon khusus hingga promosi di media sosial.

10. Kelola Keuangan Bisnis Laundry dengan Baik

Terakhir, tips yang harus dilakukan agar sukses membuka bisnis laundry adalah dengan mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan bisnis Kawan Kledo.

Untuk memudahkannya Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan bisnis.

Dengan software akuntansi Kledo, Kawan Kledo tidak perlu melakukan penghitungan secara manual. Kawan Kledo hanya perlu menginput data di Kledo dan Kledo akan memprosesnya hingga selesai.

Menghitung Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry

modal

Berikut perhitungan modal dan keuntungan bisnis laundry yang bisa Kawan Kledo jadikan acuan:

Modal

Peralatan yang dibutuhkanKuantitasHarga
Mesin cuci3 unitRo6.000.000
Mesin pengering1 unitRp1.500.000
Setrika3 unitRp450.000
Timbangan digital1 unitRp150.000
Renovasi ruangan1 kaliRp1.000.000
Meja dan kursi1 setRp300.000
Promosi di awalspanduk dllRp300.000
Total peralatanRp9.700.000
Biaya Operasional
Listrik1 bulanRp500.000
Detergen20 bungkus @1 kgRp500.000
Pewangi pakaian15 bungkus @1 kgRp150.000
Gaji karyawan1 karyawanRp750.000
Air1 bulanRp300.000
Bensin untuk antar-jemput1 bulanRp150.000
Lain-lainRp150.000
Total biaya operasionalRp2.500.000
Total keseluruhan
Rp12.200.000

Total modal yang dibutuhkan ini dapat disesuaikan lagi sesuai kebutuhan.

Keuntungan

Pendapatan per bulan (asumsi)
Pesanan 30 hariHarga per kgTarget pendapatan/bulan
40kg/hari x 30 = 1200 kgRp5.000Rp6.000.000
Keuntungan (asumsi)
Rp3.500.000

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips memulai bisnis laundry. Kawan Kledo bisa menggunakan tips di atas agar bisnis cuci pakaian yang Kawan Kledo buka dapat meraih kesuksesan.

Jangan lupa gunakan software akuntansi Kledo untuk pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang pastinya akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Yuk daftar Kledo sekarang dan nikmati segala kemudahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 10 =