Cara Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Dalam Bisnis

kualitas laporan keuangan

Jangan pernah meremehkan pentingnya kualitas laporan keuangan yang akurat. Selain membuat bisnis terlihat buruk bagi investor dan pemangku kepentingan utama lainnya, hal itu dapat mengakibatkan kerugian finansial dan dapat menimbulkan masalah hukum.

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan seperti sistem tanggal, kurangnya komunikasi antara unit bisnis dan keamanan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas laporan Anda.

Dalam artikel ini kita akan membahas cara meningkatkan kualitas laporan keuangan pada bisnis dan beberapa faktor yang harus Anda perhatikan.

Informasi Penting yang Harus Ada dalam Laporan Keuangan

kualitas laporan keuangan

Laporan keuangan adalah alat utama untuk mendukung investasi pengguna dan keputusan bisnis lainnya. Laporan keuangan yang tidak jelas, singkat dan tidak efektif dapat berdampak buruk pada interpretasi pengguna atas status keuangan perusahaan saat ini.

Seringnya, laporan keuangan tahunan dipoles dengan “nilai” berlebihan yang melukiskan gambaran yang lebih cerah daripada yang sebenarnya, sehingga tidak secara akurat mencerminkan substansi ekonomi yang mendasari kegiatan perusahaan.

Sebagai contoh, kebangkrutan spektakuler Enron sebagian disebabkan oleh kegagalan pelaporan keuangan yang berusaha menciptakan citra kesehatan keuangan yang di lebih-lebihkan

Tanggung jawab utama dari akun yang diterbitkan menjadi representasi yang faktual dan benar dari kesehatan keuangan perusahaan terletak pada Dewan Direksi.

Auditor juga memainkan peran utama dalam memastikan bahwa proses akuntansi adalah representasi sebenarnya dari kesehatan keuangan perusahaan.

Kegagalan kolektif dalam menyampaikan informasi yang tidak bias kepada pengguna laporan keuangan akan menyebabkan representasi yang terdistorsi dan menjadi perhatian berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan.

Tercantum di bawah ini adalah sejumlah informasi yang diterima secara umum bahwa laporan keuangan harus mencakup:

  • Informasi untuk memahami posisi keuangan, kinerja, arus kas, dan prospek entitas
  • Pemisahan saldo individu pada tingkat detail yang memungkinkan komponen kunci dari laporan keuangan utama untuk dipahami
  • Informasi tentang perkembangan bisnis yang signifikan
  • Hal-hal penting bagi bisnis
  • Risiko keuangan spesifik yang dihadapi bisnis, bersama dengan konteksnya dan pendekatan manajemen terhadap risiko tersebut
  • Penjelasan tentang dasar pengakuan dan pengukuran pos-pos dalam laporan keuangan utama, khususnya ketika manajemen menggunakan pertimbangannya
  • Informasi yang berkaitan dengan pos-pos yang tidak diakui dalam laporan posisi keuangan yang, jika atau pada saat diakui akan berdampak signifikan terhadap arus kas masa depan.

Baca juga: Cara Membuat dan Menyusun Laporan Keuangan Dengan Mudah

8 Cara Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan

kualitas laporan keuangan

1. Gunakan cloud

Solusi cloud mungkin adalah salah satu hal yang sebagian besar tidak benar-benar pemilik bisnis mengerti.

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya untuk pelaporan keuangan. Menggunakan penyimpanan cloud cukup mudah, dan biasanya gratis jika Anda menggunakan program seperti Google Drive dan Dropbox.

Anda selalu dapat membayar lebih banyak penyimpanan di platform ini jika perlu.

Memanfaatkan penyimpanan cloud dalam pelaporan keuangan bukanlah hal yang sulit.

Ketika Anda memiliki banyak orang yang semuanya bekerja untuk memberikan informasi, transfer beberapa spreadsheet dan sumber data di sekitar organisasi dapat menjadi salah satu faktor utama yang membahayakan pelaporan keuangan.

Memiliki informasi di cloud berarti orang dapat dengan mudah berbagi dan mengakses dokumen – serta mengerjakannya secara bersamaan dari lokasi yang berbeda. Ini meminimalkan risiko kehilangan data dan orang yang bekerja dari versi dokumen sebelumnya.

Jika Anda ingin proses yang jauh lebih mudah, Anda juga bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud untuk mengelola, mencatat, dan menyimpan informasi keuangan Anda dalam satu platform.

Untuk software akuntansi cloud yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: 5 Komponen Laporan Keuangan yang Harus Anda Ketahui

2. Pusatkan informasi keuangan bisnis Anda

Ini masih berhungan dengan penyimpanan data di cloud. Karena pentingnya laporan keuangan yang berkualitas, Anda harus memiliki satu file akhir atau file induk yang merupakan titik akhir untuk semua data dalam rantai pelaporan – mulai dari analisis pendapatan hingga informasi pemeriksaan kredit dan file penagihan utang.

File ini harus dimiliki oleh seseorang dengan akuntabilitas penuh (seperti CFO atau pengontrol keuangan lainnya) dan orang tersebut bertanggung jawab untuk memeriksa data dan menandatangani bahwa data tersebut akurat dan final.

Akuntabilitas penting dalam hal pelaporan keuangan yang berkualitas. Penting bagi penanggung jawab akun untuk memahami pedoman bisnis dan cara melaporkan keuangan secara bertanggung jawab dan legal.

Baca juga: Ingin Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun? Perhatikan Hal ini

3. Gunakan analisis big data

Ini adalah salah satu saran yang paling relevan untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan. Kemampuan analitik membuat data besar dapat dikelola di industri di seluruh dunia.

Dalam disiplin seperti keuangan – yang berbasis angka dan berurusan dengan data dalam jumlah besar dari berbagai sumber – analitik (melalui analisis varians dan sejenisnya) dapat membuat perbedaan besar pada kualitas data Anda, dan pada akhirnya berkontribusi untuk lebih berwawasan.

laporan. Saat Anda melihat pelaporan keuangan, penting untuk memahami apa arti angka-angka tersebut dan bagaimana hal itu berdampak pada bisnis Anda secara praktis.

Demikian pula, melalui analitik deskriptif Anda dapat menjalankan analisis pada laporan Anda sebelumnya dan membuat sistem mengambil pola dan penyebab yang mungkin tidak akan pernah Anda lihat sebagai manusia.

Baca juga: Mengetahui Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Secara Mendalam

4. Menggunakan teknologi

Poin ini masih berhubungan dengan tiga point di atas. Proses pengelolaan dan pencatatan data euangan semakin didorong oleh teknologi, dan bisnis yang mampu secara efektif mengadopsi dan menggunakan teknologi terkemuka akan memiliki keuntungan besar dibandingkan pesaing mereka.

Luangkan waktu untuk tetap mengikuti perkembangan software akuntansi, sistem, dan pembaruan teknologi keuangan terbaru, contohnya adalah software akuntansi yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna seperti Kledo.

Lakukan sedikit riset untuk mengetahui teknologi mana yang paling menguntungkan bisnis Anda, dan hubungi distributor dan coba terapkan dalam alur kerja Anda.

5. Buat orang-orang Anda bertanggung jawab

Salah satu faktor kunci yang mempengaruhi kualitas laporan keuangan adalah orang yang terlibat dalam proses pembuatan dan pencatatan keuangan.

Setiap manajer harus yakin bahwa karyawannya menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi, dengan menganalisis keuangan secara akurat dan etis. Meningkatkan transparansi dapat berkontribusi pada pekerjaan yang lebih berkualitas, karena garis akuntabilitas yang jelas mendorong karyawan untuk bekerja lebih hati-hati.

Setiap manajer senior atau pemilik bisnis harus mengetahui item laporan mana yang menjadi tanggung jawab mereka, dan dapat dengan mudah mengidentifikasi sumber semua informasi untuk memastikan keakuratannya.

Baca juga: Mengatahui Apa itu Analisis Horizontal Pada Laporan Keuangan

6. Bekerja secara harmonis dengan departemen lain

Pelaporan keuangan melibatkan semua departemen dalam bisnis – meskipun tidak semua departemen menghasilkan pendapatan, mereka semua memiliki biaya yang terkait dengannya.

Memungkinkan kolaborasi yang tepat antara semua departemen Anda akan berkontribusi pada data yang lebih komprehensif dalam laporan keuangan.

Ini berarti bahwa orang akan benar-benar memeriksa satu sama lain ketika mereka memiliki pertanyaan tentang angka atau item tertentu, daripada mengadopsi pola pikir ‘itu masalah mereka’.

Dengan menciptakan budaya kolaborasi, Anda dapat menekankan pentingnya pelaporan keuangan yang akurat, dan sangat meningkatkan akuntabilitas di antara staf Anda.

Sering terjadi dalam bisnis, kolaborasi antar departemen yang buruk sebagai status quo tanpa mempertimbangkan bahwa mereka dapat bekerja secara proaktif untuk memperbaikinya.

Inilah cara baru untuk melihatnya: anggap laporan keuangan Anda sebagai produk akhir dari jalur perakitan.

Di jalur perakitan, setiap pekerja memainkan peran penting dalam menciptakan produk akhir.

Dalam hal laporan keuangan, departemen Pemasaran, TI, dan Real Estat menyumbangkan komponen berharga (atau data keuangan), sementara departemen akuntansi menyatukan semuanya untuk menciptakan produk akhir yang berfungsi penuh.

Meskipun semua orang di jalur perakitan terfokus pada satu aspek produk akhir, kualitas kontribusi mereka sangat penting.

Setiap orang harus memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang diharapkan dari mereka dan akses ke sumber daya yang mereka butuhkan untuk memenuhi kewajiban mereka.

Terserah Anda, sebagai penjaga produk akhir, untuk menetapkan harapan tersebut, berkomunikasi saat harapan tersebut tidak terpenuhi, dan membantu pemimpin departemen mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan tim mereka untuk melakukan bagian mereka secara efektif.

7. Amankan data Anda

Keamanan informasi sangat penting untuk menjaga keakuratan data keuangan. Sementara kami terus bergerak ke jalur yang didukung teknologi, keamanan siber menjadi perhatian yang lebih besar.

Bahkan ketika beberapa perusahaan teknologi terbesar (dan paling aman) di dunia meengalami pencurian data dan korupsi, bisnis dari semua ukuran harus memiliki protokol keamanan.

Pastikan bahwa dokumen rahasia tidak dapat diakses oleh semua staf dan hanya mereka yang membutuhkan akses langsung yang memilikinya.

Bicaralah dengan penyedia perangkat lunak Anda tentang fitur keamanan yang tersedia dengan perangkat lunak Anda – dan jika mereka tidak memenuhi kebutuhan Anda, tanyakan apa yang dapat ditambahkan – atau pertimbangkan untuk beralih.

Kledo sendiri menjamin keamanan data setiap pelanggan. Kami bertanggung jawab secara serius atas keamanan yang diperoleh pelanggan. Selain itu, keunggulan dari software, sistem, dan data menjadi prioritas utama kami.

Kledo sendiri sudah berstandar Internasional ISO/IEC 27001, standar internasional yang menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management System (ISMS).

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca komitmen kami tentang kemanan data pelanggan melalui tautan ini.

Baca juga: 10 Karakteristik Laporan Keuangan yang Harus Anda Tahu

8. Hindari menggunakan Excel untuk proses penccatatan akuntansi Anda

Ada beberapa kasus yang menjadi sorotan dunia akibat human error dalam penggunan excel.

Pertama, Olimpiade London secara tidak sengaja menjual 20.000 tiket ke acara renang yang hanya bisa menampung 10.000. Menurut The Telegraph, “seorang anggota staf membuat satu kesalahan penekanan tombol dan memasukkan ‘20.000’ ke dalam spreadsheet daripada angka yang benar dari 10.000 tiket yang tersisa.”

Kemudian, J.P. Morgan Chase kehilangan lebih dari $ 2 miliar karena kesalahan spreadsheet, yang diperparah karena satu kesalahan perhitungan dimasukkan ke dalam perhitungan lain.

Untuk banyak usaha kecil, Microsoft Excel (atau Google Sheets) adalah pilihan default untuk pembukuan dan akutnansi. Hal ini terutama berlaku untuk pemilik usaha kecil baru.

Ada banyak tutorial dan template Excel online, dan mudah untuk menemukan contoh rumus akuntansi atau malah Anda mungkin sudah memilikinya. Saat pertama kali memulai bisnis, akuntansi excel adalah yang paling mudah diakses dan digunakan.

Namun, saat bisnis Anda mulai berkembang, Anda akan segera menyadari bahwa Anda tidak punya waktu untuk berurusan dengan tenaga kerja manual yang diperlukan untuk menggunakan excel untuk akuntansi Anda

Anda akan segera dihadapkan dengan keputusan bisnis — haruskah Anda menghabiskan waktu dan upaya untuk berurusan dengan MS Excel dan risiko yang terkait dengannya?

Untuk mengetahui lebih jelas kekurangan menggunakan excel untuk proses akuntansi, Anda bisa membacanya secara lengkap melalui tautan ini.

Kesimpulan

Itulah berbagai cara untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan dalam bisnis Anda. Seperti yang Anda baca diatas, sebagian besar solusi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan dalam bisnis adalah dengan menggunakan teknologi dan juga meningkatkan komunikasi yang baik pada bisnis.

Untuk proses pembuatan laporan keuangan yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 18 =