8 Software Akuntansi dengan Fitur Manajemen Persediaan Terbaik

software akuntansi manajemen persediaan

Software akuntansi membantu Anda menyederhanakan proses akuntansi seperti membuat faktur, mencatat pembayaran, dan melacak metrik. Beberapa software akuntansi juga memilik fitur dasar seperti manajemen persediaan yang memungkinkan Anda mengetahui tingkat stok dari beberapa gudang secara realtime.

Software akuntansi dengan fitur manajemen persediaan menyediakan metode terkomputerisasi untuk melacak dan mengelola tingkat dan nilai stok, sehingga Anda dapat memenuhi pesanan secara akurat dan cepat.

Software yang lebih canggih juga hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda memprediksi tren dan puncak sehingga Anda tidak akan terjebak dengan stok yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Software akuntansi dengan fitur manajemen peersediaan adalah solusi komprehensif yang mengintegrasikan informasi dan data keuangan Anda dengan pelacakan inventaris Anda.

Namun dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasar saat ini, bukan hal mudah bagi Anda untuk memilih software akuntansi mana yang tepat untuk bisnis Anda.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi software akuntansi yang memiliki fitur manajemen persediaan terlengkap dan bisa Anda pilih.

Mengapa Anda Wajib Berinvestasi Menggunakan Software Akuntansi dengan Fitur Manajemen Persediaan?

Software akuntansi dan fitur inventaris adalah investasi yang bagus untuk bisnis Anda. Dengan alat ini Anda bisa menempatkan semuanya secara online sehingga Anda tidak lagi bergantung pada dokumen, yang dapat dengan mudah hilang.

Otomatisasi secara besar-besaran mengurangi waktu yang dihabiskan untuk entri data, sehingga meningkatkan produktivitas dan akurasi.

Software akuntansi online menyatukan semua yang Anda temukan di buku besar. Ini memungkinkan Anda melacak piutang dan hutang, dan dengan cepat menjalankan laporan keuangan untuk melihat kinerja Anda. Dengan solusi berbasis cloud, bisnis dapat mengakses catatan secara bersamaan dengan pemegang buku atau akuntan mereka.

Melacak tingkat persediaan secara akurat sangatlah penting, khususnya di dunia retail yang bergerak cepat. Software manajemen akuntansi dengan manajeen inventaris membantu Anda menghindari kelebihan stok atau kehabisan stok, dan mengotomatiskan proses padat karya seperti identifikasi produk, titik pemesanan ulang, dan dropshipping.

Anda mungkin dapat berinvestasi dalam software terpisah, namun solusi terbaik untuk memilih platform yang menawarkan alat canggih untuk akuntansi dan inventaris (dan lebih banyak lagi), seperti Kledo.

Dengan semua data dalam satu sistem terpusat, Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk menganalisis kesehatan bisnis Anda secara keseluruhan dan membuat keputusan penting.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba software akuntansi Kledo melalui gambar di bawah ini:

Banner 1 kledo

Baca juga: Pengertian Rasio EBITDA Terhadap Penjualan dan Cara Hitungnya

Rekomendasi Software Akuntansi dengan Fitur Manajemen Persediaan Lengkap

Software akuntansi dengan fitur manajemen persediaan adalah solusi komprehensif yang mengintegrasikan informasi dan data keuangan Anda dengan pelacakan inventaris Anda.

Software jenis ini membantu bisnis menyederhanakan operasi mereka dengan memberikan visibilitas real-time mengenai tingkat stok, data penjualan, dan kinerja keuangan.

Fitur utama yang harus dicari dalam software akuntansi dengan manajemen persediaan meliputi:

  • Pelacakan persediaan realtime di berbagai cabang dan gudang
  • Software otomatis menangani feed dan rekonsiliasi bank
  • Laporan dan analisis inventaris terperinci
  • Manajemen pesanan pembelian dan faktur
  • Integrasi dengan platform eCommerce dan alat bisnis lainnya

Dengan menggabungkan data akuntansi dan persediaan ke dalam satu sistem, Anda dapat menghemat waktu, mengurangi kesalahan, dan mendapatkan wawasan berharga untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Berikut adalah rekomendasi yang bisa Anda pilih

1. Software akuntansi Kledo

akuntansi bisnis kledo

Kledo merupakan software akuntansi buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 75.000 pemilik bisnis di Indonesia. Karena buatan Indonesia, Kledo dirancang sesuai kebutuhan mayoritas bisnis di Indonesia.

Selain memiliki fitur akuntansi terintegrasi, dengan menggunakan Kledo Anda juga bisa mengelola manajemen persediaan yang lebih baik dari banyak cabang dan gudang dalam bisnis dengan fitur multi cabang dan gudang.

Anda bisa menggunakan Kledo dengan harga terjangkau mulai dari 140.000 rupiah perbulan, dan bisa digunakan di desktop dan smartphone karena sudah tersedia di Playstore dan Appstore.

Fitur utama:

  • Akuntansi terintegrasi
  • Fitur manajemen persediaan multi cabang dan gudang
  • Scan barcode
  • Produk paket
  • Memantau produk terlaris
  • Stock opname dan penyesuaian stock
  • Perhitungan HPP otomatis
  • Restock reminder
  • Konversi satuan

Atau lebih lengkapnya, Anda bisa mengetahui fitur manajemen persediaan Kledo melalui tautan ini.

Kelebihan

Kledo memiliki harga terjangkau dan fitur yang lengkap. Sangat mudah digunakan bahkan untuk Anda yang tidak memahami akuntansi secara mendalam. Kledo juga terintegrasi dengan marketplace lokal sehingga cocok untuk Anda pemilik bisnis yang menjual produk secara online.

Kekurangan

Kledo memiliki paket yang bisa Anda gunakan secara gratis selamanya. Namun dengan paket ini, Anda akan mendapatkan keterbatasan fitur.

Baca juga: 8 Rekomendasi Software Akuntansi dengan Fitur Multi Cabang

2. Software akuntansi Quickbooks Online

software akuntansi quickbooks

QuickBooks Online adalah platform software akuntansi dan manajemen persediaan berbasis cloud serbaguna yang dirancang dengan mempertimbangkan usaha kecil dan menengah.

Dengan fitur akuntansi yang kuat dan manajemen inventaris terintegrasi, ini adalah pilihan utama bagi banyak penjual eCommerce.

Fitur utama:

  • Pelacakan dan manajemen inventaris
  • Perhitungan pajak otomatis
  • Pembuatan dan pengelolaan faktur yang sederhana
  • Pelaporan keuangan yang komprehensif
  • Integrasi dengan 100-an aplikasi pihak ketiga

Kelebihan:

QuickBooks Online menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, membuatnya mudah dinavigasi bahkan bagi mereka yang baru mengenal software akuntansi.

Berbagai integrasinya berarti Anda dapat menghubungkannya dengan alat dan add-on bisnis Anda yang lain untuk mengotomatiskan lebih banyak alur kerja Anda.

Kekurangan:

Beberapa pengguna merasa harganya agak mahal, terutama saat menambahkan fitur atau pengguna tambahan. Dukungan pelanggan juga dirasa sangat terbatas.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Quickbooks di Indonesia

3. Software akuntansi dan ERP Netsuite

software akuntansi oracle

NetSuite ERP adalah rangkaian aplikasi manajemen bisnis berbasis cloud yang komprehensif. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk bisnis besar yang membutuhkan solusi lengkap untuk akuntansi, manajemen inventaris, CRM, dan eCommerce.

Jika Anda pengguna awam mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikan Netsuite, tetapi secara keseluruhan bertujuan untuk memandu pengguna menuju kesuksesan.

Fitur utama:

  • Data dan pelaporan keuangan dan persediaan real-time
  • Manajemen inventaris tingkat lanjut dengan perencanaan permintaan
  • Manajemen hubungan pelanggan
  • Fitur eCommerce yang tangguh seperti manajemen pemesanan dan pengiriman
  • Sangat dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik bisnis Anda

Kelebihan:

NetSuite dibuat untuk disesuaikan dengan bisnis Anda. Fitur-fitur canggih dan opsi penyesuaiannya membuatnya cocok untuk pengoperasian yang kompleks. Data real-time dan dasbor komprehensif memberi Anda visibilitas tak tertandingi terhadap bisnis Anda.

Kekurangan:

NetSuite adalah salah satu opsi yang mahal dan mungkin berlebihan bagi pemilik usaha kecil. Penyiapan dan penerapannya juga rumit, memerlukan banyak waktu dan sumber daya agar dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi dengan Integrasi Fitur Payroll

4. Software akuntansi Xero

software akuntansi tebaik xero

Xero adalah platform akuntansi yang memiliki fitur lengkap namun mudah digunakan dengan beberapa fitur manajemen persediaan bawaan terbaik di pasar saaat ini.

Ini adalah pilihan utama bagi bisnis retail atau eCommerce yang ingin menyinkronkan penjualan, akuntansi, dan inventaris mereka dengan mudah.

Fitur utama:

  • Pelacakan tingkat dan nilai inventaris secara real-time
  • Pelaporan dan analisis inventaris terperinci
  • Pembuatan dan pengelolaan pesanan pembelian yang mudah
  • Terintegrasi dengan 100-an aplikasi termasuk platform eCommerce teratas
  • Aplikasi seluler untuk akuntansi dan pemantauan inventaris saat bepergian

Kelebihan:

Xero dikenal dengan antarmukanya yang clean dan intuitif. Meskipun Anda bukan ahli akuntansi, Anda akan dapat dengan cepat menjelajahi fitur-fiturnya. Alat manajemen persediaan adalah salah satu yang paling komprehensif untuk usaha kecil dan menengah.

Kekurangan:

Meskipun secara keseluruhan merupakan platform yang sangat baik, beberapa pengguna menganggap opsi penyesuaian Xero agak terbatas dibandingkan dengansoftware akuntansi lainnya. Tidak ada fitur penggajian bawaan, jadi Anda memerlukan aplikasi terpisah untuk itu.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Xero yang Cocok untuk Bisnis Anda

5. Software akutntansi Sage Intact

software akuntansi sage

Sage Intacct adalah platform manajemen keuangan berbasis cloud yang dirancang untuk bisnis yang sedang berkembang.

Ini menawarkan fleksibilitas dalam proses pengoperasian dan fitur mendalam untuk mengelola keuangan dan inventaris yang kompleks di berbagai entitas, lokasi, dan berbagai mata uang.

Fitur utama:

  • Buku besar multi-dimensi untuk pelaporan terperinci
  • Pembelian, manajemen pesanan, dan pengendalian inventaris
  • Pengakuan pendapatan dan akuntansi proyek
  • Dasbor keuangan dan operasional real-time
  • API yang kuat untuk integrasi dan penyesuaian

Kelebihan:

Sage Intacct berfokus pada kebutuhan tim keuangan. Ia menawarkan beberapa fungsi perangkat lunak akuntansi online tercanggih di pasaran, dengan opsi penyesuaian yang luas.

Alat otomatisasi membantu menyederhanakan proses keuangan yang membosankan.

Kekurangan:

Karena fitur-fitur canggih dan target pasarnya, Sage Intacct hadir dengan label harga yang lebih tinggi daripada banyak solusi lain dalam daftar ini.

Kurva pembelajarannya juga bisa lebih lama, terutama bagi pengguna yang menggunakan software akuntansi tradisional.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Keuangan Terbaik 2024

6. Software akuntansi Zoho

software akuntansi zoho

Zoho Books ditujukan untuk organisasi yang sangat kecil, meskipun paket Standarnya akan dikenakan biaya lebih mahal daripada paket QuickBooks yang paling murah.

Software ini memiliki versi yang sepenuhnya gratis, tetapi kemungkinan besar itu tidak memberikan fungsionalitas yang Anda perlukan.

Anda juga bisa menggunakan fitur Zoho Inventory yaitu sistem manajemen persediaan berbasis cloud yang terjangkau untuk bisnis kecil yang terintegrasi secara lancar dengan aplikasi bisnis Zoho lainnya.

Fitur utama:

  • Pelacakan persediaan realtime di berbagai lokasi
  • Manajemen dan pemenuhan pesanan
  • Peringatan pengisian inventaris dan pembuatan pesanan pembelian
  • Integrasi dengan 50+ penyedia pengiriman
  • Pelaporan dan analisis yang komprehensif

Kelebihan:

Zoho Inventory menawarkan paket gratis yang berlimpah untuk bisnis dengan hingga 50 pesanan online dan offline per bulan. Paket berbayar juga sangat terjangkau dibandingkan opsi lainnya. Antarmukanya bersih dan ramah pengguna.

Kekurangan:

Meskipun merupakan opsi awal yang bagus, Zoho mungkin tidak memiliki fitur lebih canggih yang dibutuhkan oleh bisnis besar atau bisnis dengan operasi yang sangat kompleks.

Beberapa pengguna juga merasa opsi integrasi agak terbatas dibandingkan dengan solusi yang lebih mahal.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Zoho Books di Indonesia

7. Software ERP Odoo

software akuntansi keuangan odoo

Odoo adalah rangkaian manajemen bisnis open source komprehensif yang mencakup modul akuntansi dan manajemen persediaan yang baik.

Ini adalah pilihan yang bagus untuk bisnis yang menginginkan opsi penyesuaian yang luas dan tidak keberatan dengan sedikit kesulitan belajar.

Fitur utama:

  • Akuntansi double-entry dan pelaporan keuangan
  • Pelacakan dan penilaian persediaan realtime
  • Pelacakan lot dan nomor seri
  • Biaya tetap dan penilaian inventaris otomatis
  • Terintegrasi dengan modul bisnis Odoo lainnya seperti CRM dan manajemen proyek

Kelebihan:

Sebagai solusi akuntansi open source, Odoo dapat disesuaikan dan kostumisasi agar sesuai dengan kebutuhan dan alur kerja unik bisnis Anda. Edisi komunitas gratis untuk digunakan dan mencakup berbagai fitur akuntansi dan inventaris.

Kekurangan:

Odoo bisa jadi rumit untuk disiapkan dan disesuaikan, terutama bagi pengguna yang tidak memiliki keahlian teknis. Opsi dukungan juga lebih terbatas dibandingkan solusi software akuntansi lain dalam daftar kami.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi MYOB yang Cocok Untuk Bisnis Indonesia

8. Software Brightpearl

software akuntansi manajemen persediaan brightpearl

Brightpearl adalah platform operasi ritel berbasis cloud yang mencakup fitur akuntansi dan manajemen persediaan yang komprehensif.

Software ini dirancang untuk pengecer omnichannel yang perlu mengelola penjualan, inventaris, pemenuhan, dan keuangan di berbagai saluran dan lokasi.

Fitur utama:

  • Akuntansi dan pelaporan keuangan otomatis
  • Manajemen persediaan realtime dengan forecasting permintaan
  • Manajemen pesanan, pengiriman, dan manajemen gudang
  • Kemampuan POS dan CRM terintegrasi
  • Integrasi eCommerce global

Kelebihan:

Brightpearl adalah solusi menyeluruh bagi retailer, yang menggabungkan data operasional menjadi satu sumber. Otomatisasi yang kuat menyederhanakan proses dan menghemat waktu, sementara pelaporan tingkat lanjut memberikan wawasan kepada pelanggan yang mendorong profitabilitas.

Kekurangan:

Rangkaian fitur Brightpearl yang komprehensif hadir dengan label harga lebih tinggi yang mungkin di luar jangkauan bisnis kecil.

Proses penerapannya juga bisa memakan waktu lama, memerlukan banyak waktu dan sumber daya untuk memulai dan menjalankannya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi dengan Fitur Budgeting

Cara Memilih Software Akuntansi dengan Manajemen Persediaan Terbaik untuk Bisnis Anda

Dengan begitu banyak pilihan bagus yang tersedia, bagaimana Anda memilih software akuntansi dan manajemen persediaan terbaik untuk bisnis Anda? Berikut adalah beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan:

  • Ukuran dan Kompleksitas Bisnis: Beberapa solusi lebih cocok untuk perusahaan rintisan kecil, sementara solusi lain dapat berkembang seiring pertumbuhan Anda. Pertimbangkan kebutuhan Anda saat ini dan masa depan ketika mengevaluasi pilihan.
  • Industri dan Kebutuhan Khusus: Industri tertentu mungkin memiliki persyaratan unik, seperti pelacakan lot atau pelaporan kepatuhan. Carilah software yang memenuhi kebutuhan spesifik Anda dan terintegrasi dengan alat yang ada.
  • Kemudahan Penggunaan: Perangkat lunak terbaik adalah software yang benar-benar Anda dan tim Anda gunakan. Carilah antarmuka yang intuitif, pelaporan yang jelas, dan sumber daya pelatihan yang baik untuk memastikan penerapannya.
  • Dukungan Pelanggan: Ketika masalah muncul, Anda ingin mendapatkan bantuan dengan cepat. Pertimbangkan opsi dukungan yang ditawarkan oleh masing-masing vendor, seperti live chat, dukungan telepon, atau sumber daya online.
  • Anggaran dan ROI: Meskipun penting untuk berinvestasi pada alat yang tepat, Anda juga perlu mempertimbangkan anggaran Anda. Carilah solusi yang menawarkan harga yang transparan dan terukur serta laba atas investasi yang jelas dalam hal penghematan waktu dan peningkatan pengambilan keputusan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi dengan Fitur Pajak Lengkap

Pada Intinya..

Berinvestasi pada software akuntansi yang tepat dengan fitur manajemen persediaan adalah salah satu cara terbaik untuk menyederhanakan operasi Anda, menghemat waktu, dan meningkatkan keuntungan Anda.

Dengan memahami pilihan Anda dan memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan unik Anda, Anda dapat mempersiapkan kesuksesan bisnis Anda.

Dari semua rekomendasi yang kami berikan, mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan anggaran Anda?

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 4 =