13 Rekomendasi Software Manajemen Persediaan Terbaik untuk Bisnis

software manajemen persediaan

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah manajemen persediaan. Namun, apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengatur dan memonitor stok barang di toko? Jika iya, maka solusinya adalah menggunakan software manajemen persediaan.

Software manajemen inventaris dapat membantu bisnis dalam memantau jumlah barang yang tersedia, membuat laporan stok barang secara real time, serta mengoptimalkan keuntungan dengan mencegah kekurangan atau kelebihan stok barang.

Dengan menggunakan software ini, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan pengaturan stok barang. Jadi, kamu bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam mengembangkan bisnis.

Namun, tidak semua software manajemen persediaan diciptakan sama. Kamu harus memilih software yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Masih bingung mau pilih software yang mana? Yuk, cari tahu mana software manajemen persediaan yang sesuai kebutuhan bisnismu di artikel ini.

Bagaimana Cara Memilih Software Manajemen Persediaan yang Tepat untuk Bisnis?

akuntansi persediaan 2

Sebelum membahas lanjut apa saja software inventory yang bisa jadi pilihanmu, mari kita ulas lebih dulu beberapa tips memilih software manajemen persediaan yang tepat.

Tentukan kebutuhan bisnis

Pastikan kamu memahami dengan jelas apa yang dibutuhkan dari software inventory, seperti manajemen persediaan, penjualan, pembelian, pengiriman, dan pelacakan aset.

Pilihlah software yang dapat memenuhi kebutuhan bisnismu.

Periksa fitur yang tersedia

Pastikan untuk memeriksa fitur yang ditawarkan oleh setiap software inventory.

Pilihlah software yang memiliki fitur yang diperlukan, seperti pemantauan persediaan real-time, pelacakan biaya, pelaporan, dan integrasi dengan perangkat lunak lain yang bisnis gunakan.

Pertimbangkan harga

Perangkat lunak inventory memiliki harga yang bervariasi. Pastikan untuk memilih software yang sesuai dengan anggaran bisnis.

Namun, jangan hanya memilih software yang paling murah, tetapi pastikan juga bahwa software tersebut dapat memenuhi kebutuhan bisnis.

Uji coba perangkat lunak

Sebelum membeli software inventory, pastikan untuk mencoba uji coba gratis terlebih dahulu.

Dengan mencoba software tersebut, kamu dapat menilai apakah perangkat lunak tersebut mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, dan memenuhi ekspektasimu.

Baca juga: Balanced Scorecard: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Tinjau dukungan pelanggan

Pastikan perangkat lunak inventory yang kamu pilih menyediakan dukungan pelanggan yang baik.

Pilihlah software yang menyediakan dukungan pelanggan melalui berbagai saluran, seperti chat langsung, email, atau telepon.

Cari tahu review pengguna

Tinjau review pengguna tentang perangkat lunak inventory yang kamu pertimbangkan.

Ulasan pengguna dapat memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan software tersebut, serta memberikan gambaran tentang pengalaman pengguna lainnya.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat memilih software inventory yang tepat untuk bisnis dan membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnismu.

Baca juga: Perbedaan Debitur dan Kreditur dalam Akuntansi

Apa Saja Jenis Fitur pada Software Manajemen Persediaan?

valuasi persediaan 3

Berikut adalah beberapa jenis fitur yang umumnya terdapat pada software manajemen persediaan:

Pelacakan persediaan

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memantau persediaan mereka dengan lebih efektif, termasuk jumlah stok, posisi stok, dan stok minimum dan maksimum.

Manajemen pesanan

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola pesanan dengan mudah, termasuk memproses pesanan baru, mengirim pesanan, dan memantau status pesanan.

Pelacakan pengiriman

Fitur ini berfungsi untuk memantau status pengiriman barang dan mengetahui kapan barang akan sampai di tujuan.

Pelaporan

Fitur pelaporan digunakan untuk memantau kinerja persediaan mereka dengan analisis dan pelaporan data yang akurat.

Integrasi platform

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan software manajemen persediaan dengan platform eCommerce atau sistem akuntansi lainnya yang digunakan dalam bisnis mereka.

Manajemen rantai pasokan

Fitur manajemen rantai pasokan digunakan untuk mengoptimalkan proses pesanan, pengiriman, dan pengambilan keputusan persediaan yang lebih efektif.

Pembaruan stok otomatis

Fitur ini membantu pengguna memperbarui jumlah stok secara otomatis ketika terjadi penjualan atau penerimaan barang baru.

Manajemen lokasi

Fitur manajamen lokais memungkinkan pengguna untuk mengelola stok di lokasi yang berbeda dan memantau pergerakan barang antara lokasi.

Kode barang

Fitur kode barang berfungsi untuk memberikan kode unik pada setiap barang agar dapat memudahkan pelacakan persediaan.

Pengingat persediaan

Pengingat persediaan digunakan untuk mengatur pengingat ketika stok mencapai tingkat minimum atau ketika terdapat persediaan yang sudah kadaluwarsa.

Rekomendasi Software Manajemen Persediaan Terbaik untuk Bisnis

Terdapat banyak software manajemen inventaris yang tersedia di pasaran. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi software manajemen persediaan yang mungkin bisa membantumu:

Software manajemen persediaan Kledo

software manajemen persediaan kledo

Kledo adalah software inventory dan akuntansi buatan anak bangsa yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah.

Kledo memiliki fitur yang lengkap untuk mengelola akuntansi dan inventaris bisnis, seperti manajemen stok, pembuatan faktur, laporan keuangan, dan analisis bisnis.

Sehingga memungkinkan pengguna untuk mengelola seluruh siklus bisnis cukup dengan satu aplikasi saja.

Dengan Kledo, kamu bisa melacak laporan stok multi gudang secara real time, mengetahui mana produk terlaris dari bisnismu, dan laporan stok produk yang kosong secara realtime.

Alhasil, kamu bisa menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan yang tepat saat reorder produk dan bagaimana menentukan pricing produkmu.

Sebagai bentuk dukungan kepada para pelaku usaha, Kledo menyediakan paket gratis yang bisa diakses oleh 1 user dan menyediakan 1.000 faktur penjualan per bulannya. Jika tertarik, kamu bisa mencoba Kledo secara gratis lewat tautan ini.

Selain paket gratis, Kledo juga menyediakan paket berbayar dengan fitur yang lebih lengkap, yakni:

  • Paket Pro: Harga 139.900/bulan yang bisa digunakan 3 user, 2 gudang, 3.000 faktur penjualan/bulan, dan fitur lainnya.
  • Paket Elite: Harga 219.900/bulan, bisa digunakan 5 user, 5 gudang, 6.000 faktur penjualan/bulan, terintegrasi dengan marketplace, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Zoho Inventory

Zoho Inventory adalah software manajemen persediaan yang menyediakan solusi untuk mengatur inventaris, pesanan, dan pengiriman.

Dengan Zoho Inventory, kamu bisa mengatur inventaris dengan lebih efektif dan mengoptimalkan rantai pasokan bisnis.

Zoho Inventory membantu melacak persediaan secara real time, memonitor stok minimum dan maksimum, dan melakukan penyesuaian stok.

Dengan Zoho Inventory, kamu dapat membuat pesanan pembelian dan penjualan, serta dapat memantau status pesanan secara real-time.

Kamu juga bisa upgrade paket langganan untuk mendapatkan fitur lanjutan.

Di paket lanjutan, kamu dapat mengelola banyak gudang dan memanfaatkan pelacakan batch dan pelacakan nomor seri.

Baca juga: Valuasi Persediaan: Pengertian, Metode, dan Contoh Penghitungannya

Sistem inventaris ZarMoney

ZarMoney adalah solusi inventaris berbasis cloud yang menyediakan alat manajemen terbaik. Software ini bisa membantumu dalam pengelolaan gudang. Teknologi cloud memungkinkan pemantauan operasi bisnis secara fleksibel.

Fitur tampilan terpisah memungkinkan pengguna bisa melihat gudang berdasarkan lokasi untuk menganalisis status produk.

Di sini, kamu juga dapat melihat jumlah inventaris, masing-masing item, dan riwayat pembelian. ZarMoney memberi pandangan secara komprehensif untuk mengelola inventaris tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

InFlow

Jika kamu memiliki anggaran terbatas untuk bisnis, solusi inventaris inFlow mungkin merupakan pilihan terbaik. InFlow On-Premise adalah salah satu paket manajemen inventaris gratis terbaik yang tersedia di pasar. 

inFlow sangat mudah digunakan, dengan banyak opsinya yang sepenuhnya otomatis.

Software ini juga memiliki aplikasi vesru seluler yang menyediakan pemindaian kode batang. Platformnya fleksibel dan bekerja dengan Android, iOS, dan Windows. 

inFlow menggabungkan software manajemen inventaris dan pesanan untuk mengoptimalkan perangkat lunak pelacakan inventaris. Gabungan tersebut dibuat untuk bisnis ritel yang melakukan penjualan multi-saluran.

Inventaris inFlow tidak menawarkan paket gratis tetapi memberikan opsi uji coba gratis selama dua minggu. Harga pekat dimulai dari $71/bulan. 

Baca juga: Akuntansi Persediaan: Pengertian, Jenis Valuasi, dan Manfaatnya

Sistem Persediaan Ordoro

Sulit untuk mempraktikkan kontrol inventaris yang melibatkan beberapa saluran penjualan.

Ordoro menawarkan fitur manajemen vendor yang membuat dropshipping lebih mudah. Kamu dapat menetapkan vendor untuk produk tertentu di katalog tokomu.

Ordoro mengirimkan pesanan ke vendor yang relevan saat pelanggan memesan barang-barang ini. Hal ini mempersingkat alur penjualan, sehingga membuat pelanggan bisa mendapatkan barang mereka dengan cepat. 

Ordoro memungkinkan strategi manajemen inventaris nonkonvensional. Kamu dapat memilih untuk menyetok barang dalam jumlah banyak atau membatasi stok barang yang dapat dilihat oleh pelanggan.

Ordoro menyertakan uji coba gratis, dan paketnya mulai dari $499/bulan.

Cin7

Dalam kebanyakan kasus, platform ERP menampilkan modul untuk semua aspek bisnis Anda.

Biasanya, kamu akan dikenai biaya untuk setiap modul yang ditambahkan ke paket pilihan. Biaya ini membuat sistem ERP cukup mahal. 

Cin7 memutus siklus ini dengan menawarkan modul bawaan yang menjadi standar dengan paket pilihan pengguna. Bersamaan dengan sistem POS, Cin7 memiliki semua opsi fitur B2B eCommerce, fitur manufaktur, dan portal pembayaran.

Cin7 adalah perangkat lunak manajemen inventaris dan sistem point-of-sale. Ini memungkinkan pengguna mengoptimalkan manajemen stok di seluruh saluran penjualan untuk menghindari kehabisan stok. 

Pelaporan lanjutan Cin7 memungkinkan pengguna mengakses lebih dari 100 laporan yang dapat disesuaikan yang mencakup fitur peramalan dan perencanaan permintaan.

Laporan tersebut memberi pengguna data yang dapat ditindaklanjuti untuk membuat keputusan yang lebih baik seputar inventaris. 

Cin7 memiliki banyak integrasi ke sistem akuntansi, eCommerce, dan lainnya. Modul point-of-sale dapat berjalan di perangkat seluler dan menerima pesanan offline.

Cin7 dibanderol dengan harga mulai dari $299/bulan, menjadikannya salah satu perangkat lunak dengan harga yang mahal. Namun, ketika kita berbicara tentang perangkat lunak ERP, harga tersebut merupakan harga yang cukup ramah bagi bisnis.

Baca juga: Pengertian Laporan Persediaan Barang, Cara Membuat, dan Jenisnya

Upserve

Upserve memberikan solusi inventaris yang efektif untuk kebutuhan restoran skala kecil. Platform ini berfokus pada pelacakan tanggal kedaluwarsa dan kebutuhan rantai pasokan.

Pengguna dapat menjalankan layanan POS, pemesanan online, dan manajemen tenaga kerja di berbagai lokasi. Platform ini menyediakan alat yang mempermudah menjalankan restoran. 

Pengguna dapat menggunakan perangkat lunak upserve untuk membuat resep hidangan yang dijual, menyesuaikan resep dengan bahan yang tepat.

Saat pengguna menjual hidangan, upserve secara otomatis mengurangi jumlah tersebut dari jumlah inventaris restoran.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur ini untuk mengevaluasi harga item menu restoran.

Upserve menawarkan paket langganan mulai dari $59/bulan hingga $359/bulan.

Brightpearl

Brightpearl adalah sistem inventaris dan sistem manajemen ritel yang dirancang untuk bisnis ritel. Software ini dibuat khusus untuk volume transaksi yang tinggi.

Pengguna dapat mengoptimalkan manajemen inventaris, manajemen pesanan, pemenuhan, pergudangan, pembelian, akuntansi, dan lainnya. Brightpearl adalah inventaris yang mengotomatiskan dan merampingkan bisnis dengan mudah.

Mesin otomasi mengotomatiskan tugas yang melelahkan di seluruh saluran penjualan.

Dari pemenuhan pesanan hingga pengelolaan inventaris, perangkat lunak ini bisa meningkatkan produktivitas bisnis. Pengguna dapat memproses lebih banyak pesanan tanpa staf tambahan.

Brightpearl mengotomatiskan operasi pasca pembelian, memberikan permintaan pelanggan yang akurat untuk keputusan pembelian yang terinformasi.

Pelaporan lanjutan Brightpearl membantu pengguna mempelajari lebih dalam data yang penting bagi merek. Pengguna bisa mendapatkan informasi tentang saluran penjualan yang menguntungkan dan kampanye target pasar. 

Brightpearl tidak menawarkan paket gratis atau uji coba. Ini bukan pilihan yang baik untuk bisnis ritel yang baru dimulai. Dan pengguna perlu menghubungi mereka untuk mendapatkan penawaran harga.

Baca juga: Jurnal Penyesuaian Persediaan Barang Dagang: Komponen dan Contohnya

Netsuite

Dimiliki oleh Oracle, Netsuite adalah salah satu sistem manajemen inventaris terbaik untuk perusahaan manufaktur.

Platform ini menyediakan satu set lengkap fitur manajemen inventaris dasar. Ini juga mencakup kemampuan pembelian untuk mengoptimalkan rantai pasokan dan proses manufaktur. 

Sebagai bisnis kecil, pelaku bisnis memerlukan solusi yang hemat biaya, gesit, dan mudah digunakan yang mengarah pada inovasi jangka panjang.

Perangkat lunak inventaris sangat dapat disesuaikan dan memberikan fitur-fitur canggih. Fitur-fitur canggih termasuk jumlah siklus, perencanaan permintaan, dan katalog produk terperinci. 

Platform ini tidak menawarkan uji coba gratis atau akun gratis. Calon pengguna harus menghubungi pihak Netsuite untuk mendapatkan penawaran khusus. Harga perangkat lunak mulai dari $999/bulan. 

Agiliron

Sebuah sistem manajemen multichannel, Agiliron memiliki fungsi eCommerce, retail, social commerce, dan retail.

Perangkat lunak memastikan informasi yang akurat, sehingga Anda dapat mengetahui apa yang Anda butuhkan.

Sistem inventaris saluran menawarkan fitur inventaris B2C dan B2B yang komprehensif. Pengguna dapat membuat pesanan khusus, rakitan, substitusi produk, dan produk lainnya.

Semua paket termasuk pesanan tak terbatas dan dukungan email sepanjang waktu. Paket utama tersedia untuk satu pengguna dan dua saluran penjualan.

Harga paket perusahaan adalah $199/bulan dan mencakup satu pengguna, dua saluran penjualan, dan pelacakan multi-lokasi.

Paket perusahaan global hadir dengan harga $299/bulan. Paket perusahaan menampilkan banyak mata uang dan toko internasional. 

Baca juga: Persediaan Barang: Pengertian, Jenis, dan Metode Penilaiannya

TradeGecko

TradeGecko adalah software manajemen persediaan yang baik dengan banyak kelebihan, terutama dalam hal integrasi dan kemudahan penggunaan.

Namun, harganya yang mahal dan kurangnya integrasi dengan platform lain mungkin menjadi kekurangan.

Jika kamu adalah pemiliki bisnis kecil atau menengah dengan kebutuhan manajemen persediaan yang sederhana, TradeGecko mungkin menjadi pilihan yang baik.

Namun, bisnis besar dengan kebutuhan manajemen persediaan yang kompleks mungkin memerlukan solusi yang lebih canggih.

Fishbowl Inventory

Fishbowl Inventory adalah software inventory yang dirancang khusus untuk bisnis kecil dan menengah.

Software ini memungkinkan pengguna untuk mengelola stok barang, pesanan, dan pembelian, serta mengintegrasikan dengan perangkat lunak akuntansi.

Fishbowl Inventory menyediakan fitur produksi yang memungkinkan pengguna membuat daftar bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu barang dan melacak proses produksinya.

Pengguna juga dapat membuat pesanan pembelian secara otomatis dan melacak pengiriman barang hingga sampai di gudang mereka.

Harga Fishbowl Inventory bervariasi tergantung pada paket dan jumlah pengguna yang dibutuhkan.

Harga Fishbowl dipatok mulai dari sekitar $4.395 per tahun untuk paket dasar dengan satu pengguna. Harga dapat naik tergantung pada fitur tambahan dan jumlah pengguna yang dibutuhkan.

Namun, perlu diingat bahwa Fishbowl Inventory dirancang khusus untuk bisnis kecil hingga menengah, sehingga tidak cocok untuk bisnis yang lebih besar dengan kebutuhan inventory yang kompleks.

QuickBooks Desktop Enterprise

QuickBooks Desktop Enterprise dirancang untuk bisnis dengan kebutuhan akuntansi yang lebih kompleks dan dapat menangani volume transaksi yang lebih besar.

Ini membuatnya cocok untuk bisnis yang sedang berkembang dan membutuhkan solusi yang lebih tangguh daripada QuickBooks Online.

QuickBooks Desktop Enterprise memiliki fitur yang lengkap untuk mengelola akuntansi bisnis, seperti pelacakan stok, manajemen proyek, dan analisis bisnis. Hal ini membuatnya menjadi solusi all in one untuk bisnis yang membutuhkan solusi akuntansi yang lebih komprehensif.

QuickBooks Desktop Enterprise ditawarkan dalam tiga level paket, yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Harga mulai dari sekitar $1.213 per tahun untuk paket Silver dengan satu pengguna dan hingga sekitar $10.099 per tahun untuk paket Platinum dengan 10 pengguna.

Namun, QuickBooks Desktop Enterprise tidak fleksibel seperti QuickBooks Online yang dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Ini membuatnya kurang cocok untuk bisnis yang membutuhkan akses yang lebih fleksibel.

Baca juga: Metode Penilaian Persediaan: Pengertian, Jenis, Cara Hitung, Dan Tips Memilihnya

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Software manajamen persediaan penting untuk bisnis karena dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam manajemen persediaan.

Dengan menggunakan sofware inventory, bisnis dapat melacak persediaan barang secara real-time, memantau pembelian dan penjualan, serta mengelola aset bisnis dengan lebih efisien.

Selain itu, software inventory juga dapat membantu bisnis dalam melakukan perencanaan dan pengadaan persediaan, sehingga dapat mengurangi biaya persediaan dan meminimalkan kehilangan stok.

Dalam hal ini, software inventory dapat membantu bisnis dalam meningkatkan keuntungan dan mengoptimalkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Daftar 13 software manajemen persediaan yang telah kami ulas, bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan dalam memilih software untuk mendukung operasional bisnis.

Namun, sebelum memilih software manajemen persediaan yang tepat, pastikan untuk mempertimbangkan fitur, kebutuhan bisnis, dan anggaran yang tersedia.

Semoga artikel ini membantumu, ya!

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 5 =