10 Rekomendasi Software Akuntansi Keuangan Terbaik 2024

software akuntansi keuangan banner

Sektor akuntansi dan keuangan tidak asing lagi dengan kemunculan vendor, platform, dan software yang membantu proses kerja. Saat ini sudah banyak software akuntansi pasaran yang siap melayani berbagai jenis bisnis, akuntan, manajer, dan pengambil keputusan perusahaan.

Data International Telecommunication Union (ITU) mengungkapkan bahwa 66% populasi dunia, atau 5,3 miliar orang, menggunakan internet saat ini.

Hal ini menunjukkan lonjakan besar sebesar 24% dari tahun 2019, dengan 4,2 miliar pengguna internet sebelum pandemi (ITU, 2022). Meskipun COVID-19 bukanlah satu-satunya alasan untuk peningkatan ini, terbukti bahwa teknologi telah membentuk tidak hanya penggunaan internet untuk bersantai, tetapi juga untuk bekerja.

Dalam lingkungan digital yang serba cepat ini, penting untuk diperhatikan software akuntansi keuangan mana yang paling ideal untuk digunakan, terutama karena keuangan dan akuntansi sangat bergantung pada hasil kuantitatif yang ketat.

Pada artikel kali ini kami akan menguraikan rekomendasi berbagai daftar software akuntansi keuangan terbaik dan membahas tren dan statistik software akutnansi terbaru.

Software Akuntansi Keuangan dalam Statistik

Business Research Company (2022) melaporkan bahwa pasar perangkat lunak akuntansi global diperkirakan akan meningkat dari $ 13,94 miliar pada tahun 2021 menjadi $ 15,71 miliar tahun ini dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 12,65%.

Selain itu, laporan ini juga memperkirakan bahwa pasar akan tumbuh menjadi $24,13 miliar pada tahun 2026 dengan CAGR 11,34%. Laporan ini juga mencatat bahwa otomatisasi mendorong permintaan dan pertumbuhan perangkat lunak akuntansi yang lebih tinggi di pasar.

statistik software akuntansi keuangan 1

Sebagai perbandingan, laporan yang lebih baru menunjukkan proyeksi yang berbeda namun hampir sama dalam hal nilai pasar perangkat lunak akuntansi.

Misalnya, Laporan Pasar Software Akuntansi Online Digital Journal (2022) menunjukkan CAGR 11,05% untuk pasar, mencapai $ 6.056,28 juta pada tahun 2027.

Sementara itu, statistik software akuntansi keuangan dari Laporan Pasar Perangkat Lunak Akuntansi Bisnis Global 2022-2026 dari ReportLinker mengungkapkan bahwa industri perangkat lunak akuntansi bisnis akan tumbuh sebesar $ 2,33 miliar, dengan CAGR 7,14% pada tahun 2026.

Ketiga laporan tersebut terutama berfokus pada software akuntansi bisnis teratas berdasarkan ukuran perusahaan, ukuran pasar, jenis, komponen, mode penyebaran, dan lokasi geografis.

Satu hal yang sama di antara ketiga proyeksi tersebut adalah perkembangan pasar perangkat lunak akuntansi yang stabil hanya dalam kurun waktu beberapa tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa ada kebutuhan dan minat yang terus meningkat untuk mendapatkan software akuntansi.

Baca juga: Incremental Cash Flow: Pengertian, Cara Hitung, dan Contohnya

Tren Software Akuntansi Keuangan

Penggunaan software akuntansi semakin memberikan manfaat bagi kantor akuntan dan juga klien mereka.

Tren software akuntansi dalam digitalisasi akuntansi berikut ini menunjukkan perkembangan yang akan membentuk penggunaan teknologi dalam proses akuntansi.

Peningkatan peran keamanan data

Kantor akuntan menyimpan dan mengelola informasi bisnis yang sensitif dan pelanggaran dalam keamanan dapat membahayakan data klien.

Pada tahun 2021, misalnya, lebih dari tiga dari lima perusahaan menjadi sasaran supply chain attacks. Selain kerugian finansial yang serius, data yang disusupi dapat merusak reputasi dan dapat mengakibatkan tuntutan hukum dari klien yang terkena dampak.

Inilah sebabnya mengapa vendor software akuntansi memastikan bahwa pengguna terlindungi dengan mengintegrasikan enkripsi canggih dalam perangkat lunak mereka dan juga dengan membuat cadangan data akuntansi.

Penggunaan analisis data untuk akuntansi

Salah satu tren perangkat lunak akuntansi adalah penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam mengelola data dalam jumlah besar.

AI membantu meningkatkan tugas-tugas keuangan dan akuntansi di empat bidang utama: analitik audit, pengadaan hingga pembayaran, pemesanan hingga pembayaran tunai, dan perencanaan keuangan.

Selain itu, AI mampu meningkatkan proses-proses ini melalui penggabungan penilaian risiko, standarisasi data, dan penggunaan otomatisasi proses robotik (RPA), analisis teks, serta pemodelan statistik berbasis machine learning.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Kasir Bengkel Terbaik untuk Bisnis

Prevalensi akuntansi kolaboratif

Pergeseran ke pekerjaan remote dan hibrid telah menciptakan tingkat kolaborasi baru dalam organisasi. Salah satu tantangan utama pada awal pandemi adalah bagaimana tim dapat berkolaborasi secara virtual yang membutuhkan sistem yang tepat.

Software akuntansi keuangan terbaik memungkinkan tim jarak jauh untuk bekerja bersama dalam satu platform dan bertukar informasi dan ide hanya dengan beberapa klik.

Dengan demikian, salah satu tren software akuntansi adalah integrasi alat yang dapat memfasilitasi kolaborasi dan proses kerja yang lancar antara dan di antara tim.

10 Software Akuntansi Terbaik di Tahun 2024

1. Software akuntansi Kledo

cost per lead kledo 1

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 80 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia, dan ini bisa menjadi alternatif terbaik selain software akuntansi.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan, manajemen persediaan, mengelola multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Kledo sangat mudah digunakan sekalipun Anda adalah seorang pemilik bisnis yang awam tentang dunia akuntansi

Fitur utama Kledo:

  1. Invoice: Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat faktur dengan cepat dan mudah. Anda dapat mencatat pesanan, mengelola pembayaran, dan mengirim faktur kepada pelanggan.
  2. Purchasing: Memungkinkan Anda untuk membuat pesanan pembelian dan mengonversinya menjadi faktur dengan satu klik. Anda dapat melacak pesanan yang sedang diproses, mengelola pemasok, dan melacak status pengiriman.
  3. Biaya: Fitur ini memudahkan Anda untuk mencatat dan melacak pengeluaran bisnis Anda. Anda dapat membuat catatan biaya, mengkategorikan pengeluaran, dan melihat laporan pengeluaran secara rinci.
  4. Laporan: Kledo menyediakan lebih dari 50 laporan keuangan yang dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat. Anda dapat melihat laporan laba rugi, neraca, arus kas, laporan penjualan, dan banyak lagi.
  5. Aset Tetap: Anda bisa dengan mudah melacak nilai aset tetap bisnis Anda. Anda dapat mencatat aset, mengelola depresiasi, dan melihat laporan aset secara real-time.
  6. Inventori: Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak stok dan inventori produk Anda. Anda dapat melakukan stok opname, mengelola stok multi-gudang, dan melacak pergerakan stok secara akurat.
  7. Integrasi: Kledo dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya seperti platform e-commerce, sistem HR juga payroll, dan sistem POS. Ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan data bisnis Anda secara efisien.
  8. Manufaktur: Jika bisnis Anda bergerak di bidang manufaktur, Kledo menyediakan fitur khusus untuk mengelola proses manufaktur. Anda dapat melacak produksi, mengelola bahan baku, dan melihat laporan produksi.

Berapa harganya?

Anda bisa menggunakan Kledo mulai dari gratis selamanya, dan untuk paket berbayar Anda bisa menggunakan paket PRO seharga 140.000 rupiah sudah termasuk PPn.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Zoho Books di Indonesia

2. Software akuntansi Netsuite

software akuntansi oracle

NetSuite adalah software berbasis cloud yang menawarkan serangkaian aplikasi ERP, keuangan, manajemen inventaris, proses SDM, otomatisasi layanan profesional, dan perdagangan omnichannel.

Ini bertujuan untuk menyederhanakan proses akuntansi di satu tempat dan menghasilkan data real-time. Perangkat lunak ini memberikan peluang bagi perusahaan rintisan, bisnis yang berkembang pesat, bisnis milik keluarga hingga bisnis menengah.

Software ini juga membantu menyelesaikan proses manual, memudahkan aksesibilitas data, memperkuat akurasi data, dan secara konsisten mematuhi standar dan kebijakan internal.

Fitur utama NetSuite:

  • Mendapatkan visibilitas 360 dan optimalisasi manajemen kas.
  • Mempercepat proses dengan alat piutang yang disempurnakan.
  • Hemat waktu dan hindari biaya keterlambatan pembayaran hutang.
  • Mengatur detail manajemen pajak lokal dan global.
  • Menggunakan solusi aset tetap yang terintegrasi penuh.
  • Meningkatkan efisiensi penagihan dan kurangi piutang penjualan.

Berapa harganya?

Harga Oracle NetSuite dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran perusahaan, kebutuhan fungsionalitas, dan konfigurasi yang dipilih. 

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi MYOB yang Cocok Untuk Bisnis Indonesia

3. Software akuntansi QuickBooks

software akuntansi quickbooks

QuickBooks adalah software akuntansi cloud yang melayani pelanggan wiraswasta dan bisnis kecil hingga menengah, serta berbagai industri seperti ritel, restoran, dan organisasi nirlaba.

Platform ini menawarkan aksesibilitas waktu nyata, peningkatan akurasi pelaporan, faktur otomatis, dan templat faktur yang dapat disesuaikan. Platform ini juga dapat menampung banyak pengguna sekaligus melindungi data Anda dan memungkinkan kolaborasi yang lancar antara karyawan atau akuntan.

Software ini juga menyediakan layanan lain, termasuk pembukuan langsung, penggajian, POS, dan time tracking.

Fitur utama QuickBooks:

  • Membuat dan memproyeksikan estimasi, laporan, dan wawasan dengan mudah.
  • Mengatur tagihan dan menyinkronkan aplikasi untuk manajemen arus kas yang mudah.
  • Kelola penggajian dengan setoran langsung di hari yang sama.
  • Tingkatkan operasi dengan kalkulator inventaris dan pelacakan jarak tempuh GPS otomatis.
  • Kategorikan pajak penjualan dan hindari pemotongan pajak.
  • Mengintegrasikan informasi dari QuickBooks untuk membangun profil pelanggan.
  • Catat transaksi global dengan dukungan multi-mata uang.
  • Terhubung dengan ratusan aplikasi menggunakan SureTriggers dan Zapier.

Berapa harganya?

QuickBooks menawarkan paket untuk berbagai ukuran bisnis. Mulai dari $30/bulan hingga $200/bulan.

Juga ada Paket Wiraswasta/Kontraktor Independen, yang tersedia dengan harga $15/bulan.

Bagi mereka yang tertarik, Quickbooks menawarkan uji coba gratis 30 hari dan pengguna baru mendapatkan diskon 50% untuk langganan mereka selama tiga bulan pertama.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Quickbooks di Indonesia

4. Software akuntansi Sage Intacct

software akuntansi sage

Sage Intacct adalah salah satu perangkat lunak keuangan cloud terkemuka di dunia. Selain akuntansi dan ERP, ia juga menawarkan layanan perencanaan, analitik, dan SDM dan penggajian untuk semua jenis klien.

Software ini memiliki berbagai utilitas, seperti Fungsionalitas Lanjutan, yang membantu mengotomatisasi dan merampingkan proses keuangan utama, dasbor dan pelaporan, yang menyediakan kolaborasi real time, wawasan yang akurat, dan rangkuman visual yang interaktif, serta manajemen penagihan yang mudah.

Fitur utama Sage Intacct:

  • Memangkas waktu pemrosesan utang usaha dengan otomatisasi.
  • Tingkatkan transaksi tunai harian dan siklus penawaran dan pesanan menjadi uang tunai.
  • Sederhanakan tugas-tugas buku besar dengan Intelligent GL™ yang didukung oleh AI.
  • Mematuhi persyaratan pajak dengan mudah menggunakan Intacct Multi-pajak Sage.
  • Memastikan tingkat stok yang sehat dengan menggunakan modul manajemen inventaris.
  • Mengotomatiskan kinerja pengakuan pendapatan.
  • Melacak jam kerja dan biaya yang dapat ditagih menggunakan fitur manajemen waktu dan biaya.

Berapa harganya?

Sage menyediakan trial gratis selama 30 hari, setelahnya Anda bisa berlangganan mulai dari 14 Euro. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Kafe

5. Software akuntansi Xero

software akuntansi tebaik xero

Xero menawarkan software akuntansi keuangan untuk bisnis kecil, akuntan, dan tim finance.

Xero mengklaim dapat menyederhanakan bisnis sehari-hari dengan mengotomatiskan tugas-tugas manual, memperbarui catatan, dan secara efektif menciptakan ruang untuk berkolaborasi.

Platformnya juga memungkinkan koneksi ke lebih dari 1.000 aplikasi pihak ketiga. Selain itu, ia memiliki alat khusus untuk bisnis ritel dan konstruksi, penjual Amazon, dan nirlaba.

Fitur utama Xero:

  • Menghasilkan laporan multi-mata uang dengan modul pelaporannya.
  • Menyimpan dan menjadwalkan tagihan dan pembayaran online melalui otomatisasi.
  • Otomatis dan tanpa kertas dengan laporan untuk pengembalian dan pengeluaran pajak penjualan.
  • Melacak feed bank yang aman kapan saja.
  • Kategorikan transaksi bank secara massal.
  • Kelola data dan file dengan karyawan dengan aman.
  • Sesuaikan pelaporan dan lacak inventaris dan pesanan pembelian dengan mudah.

Berapa harganya?

Xero menawarkan tiga paket harga: Paket Pemula dengan harga $25/bulan, Paket Standar dengan harga $40/bulan, dan Paket Premium dengan harga $54/bulan.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Xero yang Cocok untuk Bisnis Anda

6. Software akuntansi Freshbooks

software akuntansi terbaik freshbooks

FreshBooks dirancang untuk para freelancer, profesional bisnis, perusahaan rintisan, dan bisnis dengan pertumbuhan tinggi.

Sebuah produk dari agensi desain beranggotakan empat orang yang ingin menyederhanakan akuntansi untuk sesama pemilik usaha kecil, platform ini dikenal karena menyediakan alat akuntansi yang bisa digunakan di mana saja dan kapan saja.

Dilengkapi dengan fitur-fitur untuk akuntansi dasar dan lanjutan, pelacakan pengeluaran, persiapan pajak, serta faktur online.

Platform ini juga menyinkronkan data di seluruh perangkat, membuat bagan akun khusus, dan menghasilkan laporan siap pakai tentang keuangan Anda.

Fitur utama FreshBooks:

  • Menerima pembayaran secara langsung dan mencatatnya dengan mudah melalui otomatisasi.
  • Pantau pengeluaran dan penerimaan secara akurat menggunakan modul pelacakan pengeluaran.
  • Berkolaborasi dengan mudah dengan klien untuk memastikan produktivitas yang maksimal.
  • Mencatat jarak tempuh dan melacak jam kerja yang dapat ditagih secara efisien.
  • Menyederhanakan proses penggajian melalui integrasi dengan platform seperti Gusto.

Berapa harganya?

FreshBooks menawarkan langganan berdasarkan jumlah klien yang dapat ditagih yang Anda miliki per bulan. Harga berkisar dari $15/bulan hingga $55/bulan.

Juga menawarkan paket khusus untuk mereka yang membutuhkan fitur yang lebih canggih. Vendor ini memiliki uji coba gratis 30 hari jika Anda ingin menguji coba fitur-fitur platform ini.

Baca juga: 10 Alternatif Software Akuntansi Freshbooks di Indonesia

7. Software akuntansi TrulySmall

software akuntansi keuangan trulysmall

TrulySmall Accounting, yang dibuat oleh Kashoo, melayani bisnis kecil seperti pemilik-operator, kontraktor, dan pekerja lepas dan mengklaim “melakukan pekerjaan berat” bagi penggunanya melalui otomatisasi.

Platform ini mudah dipelajari, berkat fitur Smart Inbox-nya, yang menyerupai antarmuka kotak masuk email. Platform ini juga dilengkapi dengan pengaturan kustomisasi yang membantu membuat dasbor Anda unik dan aplikasi faktur gratis untuk membantu melacak dan merekonsiliasi arus kas.

Fitur utama TrulySmall Accounting:

  • Mudah mengatur dukungan multi-mata uang untuk melihat laporan dengan multi-konversi.
  • Melacak faktur dan pembayaran dengan aplikasi gratis TrulySmall Invoices.
  • Dapatkan informasi terbaru tentang penjualan dan pelacakan pajak penjualan secara real-time.
  • Mengelola dan menyimpan data dengan aman menggunakan buku besar entri ganda.
  • Sesuai dengan CoA Standar IRS/CRA.
  • Bisa melakukan explore file selama satu tahun dalam waktu kurang dari 30 menit.

Berapa harganya?

Paket harga TrulySmall Accounting mulai dari $18/bulan bila dibayar tahunan. Vendor ini menawarkan uji coba gratis 14 hari bagi mereka yang ingin menguji coba fungsionalitasnya sebelum berlangganan paket.

Baca juga: Daftar Harga Software Akuntansi Lengkap di Indonesia

8. ePromis ERP Cloud

software akuntansi keuangan epromise

ePromis ERP Cloud adalah salah satu produk yang ditawarkan platform SaaS ePromis, bersama dengan SME, HCM, CRM, EAM Cloud.

Platform ini bertujuan untuk menciptakan “satu platform futuristik untuk menggantikan semuanya” dalam rangka memanfaatkan waktu, uang, dan efisiensi.

Aplikasi ini menggunakan business intelegenece bawaan yang memberikan akses ke data real-time di perangkat apa pun, dan membantu pengguna beralih ke pekerjaan otomatis.

Aplikasi ini juga menawarkan ePromis Financials yang dapat melakukan manajemen proyek dan anggaran, akuntansi, dan fungsi ERP lainnya sehingga Anda dapat mengurangi redundansi dan kesalahan.

Fitur utama ePromis ERP Cloud:

  • Merampingkan semua proses bisnis dengan satu platform cloud perusahaan.
  • Memanfaatkan beberapa layanan cloud dengan lancar dalam satu hub melalui integrasi.
  • Memantau data dan mendapatkan proyeksi yang akurat kapan saja, di mana saja.
  • Tingkatkan kepatuhan dengan fungsi Pedomannya.
  • Hasilkan laporan yang terlihat profesional dengan alat analisisnya.
  • Tingkatkan beban kerja dengan proses multi-mata uang, multi-perusahaan, dan multi-entitas.

Berapa harganya?

Berdasarkan penawaran

Baca juga: 9 Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kesehatan

9. Software akuntansi Vic.ai

software akuntansi keuangan vic ai

Vic.ai adalah perangkat lunak akuntansi yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) sebagai pengganti metode berbasis aturan untuk menghindari kesalahan manusia dalam layanan akuntansi dan keuangan.

Vic.ai mengklaim dapat meningkatkan produktivitas pemrosesan faktur hingga 355% dengan mengotomatiskan proses utang usaha. Sistem ini juga mengklaim bahwa waktu yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas manual berkurang 80% dan laba atas investasi mencapai 200%.

Algoritme AI-nya membuat perbandingan hutang piutang yang akurat dan meniru pengambilan keputusan manusia sehingga dapat melakukan tugas-tugas untuk Anda, menghasilkan data kelas dunia yang bebas dari kesalahan.

Fitur utama Vic.ai:

  • Temukan peluang baru dengan otomatisasi penuh AI.
  • Mengintegrasikan file dan data dengan mudah.
  • Mempersingkat waktu untuk alur persetujuan.
  • Kompatibel dengan sistem ERP mana pun di seluruh dunia.
  • Tinjau analisis terkini dan akurat melalui klasifikasi bebas genggam.

Berapa harganya?

Berdasarkan penawaran

Baca juga: 9 Rekomendasi Software Akuntansi Pet Shop Terbaik

10. Software akuntansi Odoo

software akuntansi keuangan odoo

Akuntansi Odoo adalah salah satu produk yang ditawarkan oleh Odoo, rangkaian aplikasi bisnis sumber terbuka.

Ini adalah software akuntansi yang ramah pengguna yang menampilkan antarmuka yang ringkas di mana semuanya mudah diakses. Ini memanfaatkan alat penghemat waktu seperti proses otomatis, impor dan ekspor file yang lancar, dan kemampuan untuk membayar banyak faktur.

Aplikasi ini mendorong transaksi tanpa kertas dengan mengonversi gambar atau file ke daftar yang terorganisir dan dengan menggunakan AI untuk membantu mengurangi kesalahan.

Aplikasi lain yang ditawarkan Odoo adalah aplikasi untuk penjualan, pemasaran, inventaris, manajemen proyek, dan SDM.

Fitur utama software akuntansi Odoo:

  • Menghasilkan rekonsiliasi otomatis dengan Alat Rekonsiliasi Cerdas.
  • Buat laporan bebas kesalahan dengan digitalisasi faktur bertenaga AI.
  • Bekerja dengan klien pada platform yang mudah digunakan yang dirancang untuk fidusia.
  • Menggabungkan laporan dan laporan hukum dan akses dari perangkat apa pun
  • Menyederhanakan transaksi global dengan fitur multi-mata uang dan multi-perusahaan.

Berapa harganya?

Software akuntansi Odoo memiliki Paket Satu Aplikasi yang tersedia secara gratis. Untuk perusahaan yang ingin memanfaatkan beberapa aplikasi dari Odoo, ia menawarkan Paket Standar seharga $ 11,20 / bulan dan Paket Khusus seharga $ 17 / bulan. Vendor juga memberikan diskon untuk 12 bulan pertama berlangganan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Bisnis Furnitur Terbaik

Berinvestasilah dalam Software Akuntansi Keuangan Terbaik untuk Perusahaan Anda

Mengikuti perkembangan zaman sangat penting dalam hal keuangan dan akuntansi, dan tidak dapat dipungkiri bahwa seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, begitu pula dengan layanan akuntansi yang bergantung pada mesin, software, dan aplikasi untuk memastikan bahwa angka-angka yang akurat dapat dihitung dan tugas-tugas manual yang memakan waktu dapat dikurangi.

Biaya digitalisasi memang mahal, namun sebagian besar contoh software akuntansi keuanganyang disebutkan di atas semuanya memberikan efisiensi dan laba atas investasi yang besar.

Selain itu, penyedia software akuntansi menawarkan kisaran harga yang terjangkau dan dapat disesuaikan untuk setiap jenis klien, apakah Anda seorang pekerja lepas, akuntan, pemilik toko kecil, manajer toko, atau eksekutif di waralaba besar.

Selain itu, uji coba gratis juga tersedia secara luas sehingga Anda dapat menguji produk mereka dan melihat dengan tepat perangkat lunak mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamannya melalui tautan ini.

Di era modern ini, pemilik bisnis bukanlah satu-satunya yang membutuhkan solusi ini. Hampir semua sektor mungkin membutuhkan sistem manajemen keuangan yang dapat membantu mereka mengelola keuangan dan menghemat sumber daya lainnya.

Meskipun solusi dalam daftar software akuntansi keuangan ini tidak secara langsung bertujuan untuk menghapus dan menggantikan beberapa profesi dengan segera, namun akan sangat membantu jika tugas dan proses yang berlebihan dioptimalkan untuk mengalokasikan waktu, uang, dan tenaga ke jalan lain yang lebih menguntungkan perusahaan.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + twelve =