Strategi Bisnis Katering Untuk Hasilkan Keuntungan Berlipat

strategi bisnis katering

Bukan rahasia lagi bahwa mengembangkan bisnis katering Anda membutuhkan strategi untuk mendapatkan pelanggan baru sekaligus meningkatkan penjualan dalam basis pelanggan Anda yang sudah ada.

Tanpa penjualan, tidak ada keuntungan. Begitupun dengan bisnis katering Anda saat ini.

Sudah banyak tips penjualan katering, tips manajer penjualan katering, tips penjualan perhotelan atau strategi penjualan katering hotel, dan tampaknya setiap orang memiliki formula rahasia masing masing untuk mengembangkan bisnis mereka.

Tetapi strategi bisnis katering mana yang benar-benar menghasilkan? Dan mana yang membantu mendorong pelanggan untuk berlangganan makanan kepada Anda?

Berikut adalah strategi bisnis katering yang wajib Anda coba untuk meningkatkan keuntungan dalam bisnis Anda secara cepat.

Bangun kemitraan dengan bisnis terkait acara lainnya

strategi bisnis katering

Sebuah bisnis katering yang sukses tidak beroperasi sendiri. Bisnis katering Anda adalah bagian dari ekosistem yang rumit. Tips penjualan katering pertama Anda adalah mengidentifikasi pemain di ekosistem yang minatnya berhubungan dengan bisnis katering Anda, dan mulai terhubung.

Misalnya, bisnis katering pernikahan Anda kemungkinan besar berhubungan dengan toko bunga, fotografer, alat pesta, dan toko roti.

Mereka adalah bisnis yang saling terkait. Kenali para pemain ini dan cari tahu mana yang cocok untuk Anda rekomendasikan, dan dengan bisnis apa Anda bisa bekerja sama.

Ada banyak cara untuk melakukan promosi silang atau cross promote: menawarkan diskon bersama; pamerkan produk mereka di tempat usaha Anda dan pastikan juga produk makanan Anda dipajang di toko mereka.

Jika Anda tidak memiliki toko fisik, salah satu strategi penjualan katering terbaik adalah dengan terhubung dengan tempat acara itu sendiri.

Misalnya jika Anda menjadi vendor katering di acara pameran, pastikan Anda menggunakan berbagai cara untuk memasarkan identitas bisnis katering Anda agar bisa dikenal banyak orang.

Baca juga: Strategi Bisnis Kontraktor Untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Dapatkan referensi pelanggan dari klien katering yang ada

Strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis katering kedua kami masih berhubungan dengan strategi pertama.

Mitra adalah sumber rujukan yang baik, tetapi basis pelanggan katering Anda bisa sama efektifnya.

Pastikan bahwa semua pelanggan tetap Anda tahu bahwa mereka dapat memperoleh diskon bagus dari acara berikutnya atau bahkan hadiah yang luar biasa seperti voucher atau sejenisnya.

Beberapa pelanggan layak dikembangkan sebagai prospek potensial hanya karena mereka bisa memberi rekomendasi atau rujukan kepada bisnis katering Anda.

Acara keagamaan dan organisasi nirlaba lainnya sering termasuk dalam kategori ini. Dan jangan lupa tentang komunitas yang ada di sekitar Anda, mereka dapat menghubungkan Anda dengan semua bisnis lokal, lembaga pemerintah, dan organisasi masyarakat yang kemungkinan akan mengadakan acara.

Baca juga: Tips Bisnis Vape Sukses Ini Wajib Dilakukan, Apa Saja?

Manfaatkan media sosial

Strategi penjualan yang penting untuk bisnis katering adalah dengan penggunaan media sosial yang efektif dan kreatif.

Kampanye sosial dapat mencakup upaya sederhana seperti iklan Instagram satu kali (atau story Instagram tentang acara terbaru Anda) atau hal yang lebih advance seperti mengelola saluran YouTube khusus.

Membangun komunitas media sosial melalui halaman Facebook Anda membantu memperkuat loyalitas pelanggan. Grup kupon sosial online juga bisa sangat efektif untuk beberapa jenis katering.

Strategi penjualan katering di hotel misalnya, adalah dengan memanfaatkan jejak sosial yang sudah dikontrol hotel.

Anda bisa menghubungi tamu setelah mereka menginap dan minta ulasan di salah satu situs ulasan sosial.

Ini adalah strategi penjualan katering yang sangat baik karena mengarahkan pelanggan ke satu saluran dan mendorong (tanpa meminta) ulasan positif.

Baca juga: Tantangan dan Solusi dalam Pencatatan Keuangan Restoran

Bagikan Sampel Gratis

Tip penjualan katering ini membawa pendekatan yang disebutkan sebelumnya ke tingkat berikutnya.

Selenggarakan acara mencicipi untuk pengambil keputusan yang ditargetkan (perencana acara, perencana pesta, dan lainnya) dan biarkan mereka melihat sendiri, untuk mengetahui rasa masakan dan apa yang Anda tawarkan.

Atau, untuk klien bisnis yang sering melakukan pembelian berulang, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menyediakan makanan lengkap secara gratis.

Jelas, ini adalah strategi yang paling baik digunakan dengan hemat dan dengan prospek yang ditargetkan dengan cermat.

Kemudaian Anda bisa menjadi tuan di pemeran atau acara lainnya dan memungkinkan orang untuk mampir dan mencoba barang.

Atau cukup bungkus beberapa sample makanan tambahan dan berikan kepada klien Anda setiap melakukan pengiriman.

Kembangkan Loyalitas Pelanggan

Strategi penjualan katering lainnya adalah memastikan klien katering Anda tetap bersama Anda.

Pantau siapa yang datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak dan pastikan bahwa mereka dihargai, melalui diskon atau fasilitas lainnya, untuk bisnis berulang mereka.

Jika perlu, lakukan promosi silang dengan pelanggan hotel atau restoran Anda yang lebih luas. Targetkan pelanggan yang sudah lama tidak Anda dengar.

Dan, seperti yang dinyatakan di atas, pastikan pelanggan Anda tahu bahwa mereka perlu merekomendasikan layanan Anda kepada kolega, teman, dan keluarga.

Secara keseluruhan, rangkaian taktik penjualan di dalam dan di luar lokasi ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan korporat dan pesta pribadi.

Baca juga: Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Pertahankan keuntungan tinggi tanpa mengorbankan layanan

strategi bisnis katering

Anda tentu tdak ingin mengambil jalan pintas yang akan mengubah acara yang direncanakan dengan baik dan makanan lezat, menjadi semburan keluhan berisi kemarahan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memberikan layanan terbaik yang tidak akan membebani Anda lebih banyak?

Kami merekomendasikan Anda menghadirkan menu acara yang diadakan pada atau mendekati tanggal yang sama untuk menawarkan makanan lezat yang membuat keuntungan Anda tetap tinggi tanpa harus mengkhawatirkan kualitas bahan makanan yang tersimpan terlalu lama

Pertimbangkan juga untuk menyiapkan antrean prasmanan tambahan untuk membuat tamu melewati antrean lebih cepat, dan pastikan Anda memiliki cukup pelayan dan makanan!

Mengembangkan keterampilan manajemen yang sangat baik

Jadilah pemimpin yang hebat dan terorganisir, mengambil inisiatif, memiliki keterampilan interpersonal yang solid, mengelola di lingkungan yang beragam, fokus dan memastikan layanan pelanggan yang baik, sehingga menunjukkan kepercayaan pada bisnis dan produk Anda

Anda harus bisa memotivasi orang untuk berpikir jernih dan tetap tenang dalam krisis dan selalu ketahui kesehatan keuangan dalam bisnis Anda.

Hal ini di karenakan pengelolaan keuangan dalam bisnis apapun adalah hal penting, termasuk dalam bisnis katering Anda.

Pastikan juga Anda mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam sistem pembukuan yang mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan memiliki harga terjangkau dengan fitur terlengkap.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Jaga agar pengeluaran bisnis tetap rendah

Penting untuk terus-menerus meninjau pengeluaran bisnis Anda untuk peluang menurunkan, dan bahkan memotong, biaya.

Apakah Anda berbelanja pada supplier bahan baku dengan harga terbaik? Apakah Anda membagi porsi dengan benar untuk menghilangkan pemborosan dan pemesanan berlebihan? Apakah ada peluang untuk menggunakan sisa hidangan dan bahan untuk membuat produk untuk acara lain? Bisakah Anda memanfaatkan rujukan organik alih-alih media iklan yang mahal?

Pastikan Anda menjawab semua pertanyaan ini untuk mendapatkan keputusan dalam perencanaan strategi yang lebih baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam membuat bisnis katering Anda mengungungkan. Pastikan juga Anda melakukan proses pencatatan untuk setiap pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam bisnis katering Anda.

Hal ini untuk memudahkan Anda dalam menilai keshatan finansial dan membuat perencanaan yang matang berdasarkan data keuangan bisnis yang valid.

Jika kesulitan dengan proses pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk meningkatkan efisiensi pencatatan pembukuan bisnis Anda.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 6 =