Ini Cara Mudah Import Barang dari China, Terpercaya!

import barang dari China

Import barang dari China menjadi salah satu cara buat Kawan Kledo yang ingin mendapatkan barang mudah dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Seperti yang diketahui, barang dari China ini memiliki kualitas yang baik namun dengan harga yang lebih murah.

Lalu bagaimana cara import barang dari China ini dan mendapatkan barang dengan kualitas terbaik? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Mengapa Impor dari China?

import barang dari China

Mengapa mengimpor dari China ketika tidak diragukan lagi lebih mudah untuk mendapatkan produk dari pemasok dan distributor lokal?

Berikut adalah tiga alasan mengapa China masih menjadi pilihan terbaik untuk sebagian besar produk.

1. Harga

Alasan pertama yang membuat banyak pedagang memilih barang import dari China adalah harga yang diberikan jauh lebih murah dibandingkan barang lokal.

Bahkan ketika memperhitungkan pengiriman, kontrol kualitas dan bea masuk, penghematan dari pembelian dari produsen China berkisar antara 30% hingga 150% (untuk sebagian besar produk) dibandingkan dengan manufaktur di Barat atau membeli dari distributor lokal.

2. Fleksibilitas

Pabrik-pabrik Cina pada umumnya lebih kooperatif, menetapkan persyaratan pesanan minimum yang lebih rendah untuk produksi massal, memiliki keahlian yang lebih besar dengan perkakas dan cetakan. Serta dapat memproduksi dalam volume yang lebih besar daripada yang tersedia secara lokal.

3. Keunggulan kompetitif China

Biaya tenaga kerja China lebih mahal daripada negara-negara berpenghasilan rendah-menengah di Asia Tenggara, tetapi keuntungan lain China (infrastruktur yang maju, rantai pasokan komponen/bahan baku yang mapan, tenaga kerja terampil) menebusnya.

CEO Apple Tim Cook menjelaskannya dengan baik:

“Ada kebingungan tentang China. Konsepsi populer adalah bahwa perusahaan datang ke China karena biaya tenaga kerja yang rendah. Saya tidak yakin bagian mana dari China yang mereka tuju, tetapi kenyataannya adalah China berhenti menjadi negara dengan biaya tenaga kerja rendah bertahun-tahun yang lalu. Dan itu bukan alasan untuk datang ke China dari sudut pandang pasokan. Alasannya adalah karena keterampilan, dan jumlah keterampilan di satu lokasi dan jenis keterampilan itu. ”

10. Perhatikan keamanan produk

Hindari mengimpor produk yang tidak aman. Penarikan produk dan kewajiban produk dapat merusak bisnis Anda. Seperti disebutkan, lebih dari 500.000 hoverboard ditarik di seluruh AS karena baterai berbahaya, yang memusnahkan banyak importir.

Baca Juga: Gunakan Cara Ini untuk Mendapatkan Supplier Tangan Pertama, Mudah!

Cara Mudah Import Barang dari China

import barang dari china

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan barang import terpercaya dari China:

Langkah 1. Buat spesifikasi produk Anda

Sebelum Anda memulai sumber produk, Anda perlu memilah spesifikasi produk Anda.

Melangkah lebih dulu ke sumber tanpa menentukan spesifikasi produk Anda adalah kesalahan terbesar yang dilakukan importir awam, dan itu menyebabkan segala macam masalah.

Buatlah spesifikasi Anda yakni antara lain:

  • Deskripsi Produk
  • Bahan khusus untuk produk
  • Dimensi Produk
  • Pantone (warna produk)
  • Persyaratan pengujian untuk pasar Anda (ECE, dll.)
  • Spesifikasi dan persyaratan label
  • Spesifikasi kemasan:

Langkah 2. Mencari pemasok yang tepat untuk diimpor dari China

Saat Kawan Kledo mengimpor dari China, ada dua cara untuk mendapatkan produk dan pemasok. Yang pertama mau sendiri atau mengimpor dari China langsung dari pemasoknya. Yang kedua adalah menggunakan perusahaan sumber.

Impor dari China langsung dari pemasok China

Tiga platform utama untuk pengadaan produk di China adalah Alibaba, Global Sources, dan Made in China.

Anda juga dapat mencoba AliExpress atau 1688.com (Pada dasarnya versi bahasa Mandarin dari AliExpress). Namun, kedua situs ini paling cocok untuk startup Amazon FBA yang mengimpor dalam jumlah yang lebih kecil.

Sementara Alibaba dan Made in China memiliki ribuan pemasok untuk setiap produk, banyak pemasok terbaik dalam hal harga, kualitas, pengalaman ekspor, dan waktu tunggu tidak mengiklankan bisnis mereka di platform ini.

Pameran Dagang di Tiongkok

Sebagian besar pemasok terbaik dapat ditemukan di pameran dagang khusus industri yang diadakan di Daratan China.

Pemasok terbaik lebih menyukai pameran dagang karena menarik importir serius yang membeli dalam jumlah banyak dan memahami perdagangan internasional.

Pameran paling populer dan terbesar di China adalah Canton fair. Yang memberi tempat setiap tahun di kota Guanzghou.

Misalnya, jika Kawan Kledo adalah bisnis furnitur yang mencari furnitur, Anda dapat mengunjungi The China International Furniture Expo pada bulan September di Shanghai.

Kami juga menemukan pemasok di Baidu (Google China) dan Google.

Alibaba: Bagaimana menemukan pemasok terbaik untuk diimpor dari China?

Seperti semua platform pencarian, Alibaba mengandalkan kombinasi kata kunci untuk memunculkan hasil pencarian. Sangat disarankan Kawan Kledo mencoba beberapa variasi kata kunci saat mencari produk Anda.

Kombinasi kata kunci potensial: monitor detak jantung tali dada, sabuk pemantau detak jantung, pelacak kebugaran tali dada.

Langkah 3. Minta penawaran dari pemasok China

Langkah ketiga yang dapat dilakukan untuk mendapatkan barang import dari China adalah dengan minta penawaran pemasok dari China. Buatlah format email Anda dan RFQ awal (permintaan penawaran) dengan benar.

Ini dapat meningkatkan tingkat respons dari pabrik dan akan menyederhanakan proses pelacakan dan evaluasi pemasok Anda.

Email Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang profesional dan pelanggan potensial jangka panjang untuk pabrik.

Email Anda harus ringkas dengan ajakan bertindak yang jelas
Email Anda harus menggunakan istilah yang benar untuk komponen, bahan mentah, dan persyaratan pengujian. RFQ Anda harus berisi lembar spesifikasi produk sederhana sebagai lampiran.

Langkah 4. Membuat daftar pemasok potensial

Biasanya, membuat daftar pemasok potensial dimulai dengan mencari 10-15 pemasok yang sesuai. Ini kemudian mempersempit daftar itu menjadi 3-5 pemasok terbaik berdasarkan harga, kualitas (dapatkan sampel dikirimkan kepada Anda), waktu tunggu, ukuran pabrik, dan kemampuan kepatuhan.

Sangat disarankan untuk memusatkan perhatian Anda pada 3-5 pemasok terbaik karena lebih dari itu membuat sulit dan mahal untuk mengatur sampel, dan untuk memeriksa pabrik.

Langkah 6: Kunjungi 3 pemasok terbaik

Satu-satunya cara terbaik untuk memverifikasi apakah pemasok cocok saat mengimpor dari China adalah dengan mengunjungi pabrik mereka.

Dengan mengunjungi pabrik, Anda dapat melihat peralatan, kapasitas pabrik, kualitas pekerja pabrik, ruang sampel, dan sistem kendali mutu internal faktor tersebut.

Ini juga memungkinkan Anda untuk menegosiasikan harga langsung dengan bos pabrik.

Untuk bisnis mapan yang ingin mengimpor dari China, langkah ini sangat penting dan tidak boleh dilewati!

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk bepergian ke China, Anda harus merencanakan pihak ketiga untuk memeriksa daftar pemasok potensial Anda.

Langkah 7: Minta Sampel sebelum Anda mengimpor dari China

Mintalah sampel dari dua pemasok terbaik dari daftar pendek Anda sebelum mengimpor dari China.

Anda juga sebaiknya sering memeriksa sampel dari pemasok Anda. Kebanyakan orang tidak cukup berhati-hati dengan proses pemeriksaan sampel.

Perhatikan tampilan, rasa, dimensi, fungsi, performa, dan kemasan produk Anda.

Pastikan juga ada lebih dari satu orang memeriksa sampel jika Anda melewatkan detail penting.

Jika produk Anda memerlukan kemasan pesanan melalui pos, mintalah agar setiap sampel yang dikirimkan kepada Anda dikirim dengan kemasan pesanan melalui pos yang sesuai yang akan digunakan pada pesanan Anda.

Anda kemudian harus melakukan mengujian pada produk untuk memastikan kemasannya cukup kokoh untuk menangani pengangkutan ke pelanggan Anda. Untuk informasi tentang cara melakukan tes jatuh, baca artikel ini.

Droptests adalah cara yang tepat untuk penjual e-niaga yang mengimpor dari China untuk mensimulasikan pengiriman paket mereka dan untuk mengidentifikasi potensi masalah di masa mendatang.

Jika pabrik tidak dapat memenuhi persyaratan Anda, kecuali Anda bersedia berkompromi dengan persyaratan Anda, pabrik tersebut mungkin tidak cocok.

Ini merupakan hal umum untuk membuat sampel ulang dan dikembangkan kembali untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. Jangan menghapus pabrik terlalu cepat jika sampel pertama tidak sempurna.

Jika Anda mengembangkan produk baru dan sampel mahal untuk diproduksi, mungkin tidak praktis untuk mengatur sampel dari 2 pemasok. Alih-alih fokus pada pemasok terbaik dan atur sampel dengan mereka.

Baca Juga: Ini Cara Online Shop Go Internasional, Wajib Dicoba!

Cara terbaik untuk mengimpor dari China

Saat mengimpor dari China, ada tiga cara utama untuk mengimpor produk Anda:

  1. Menggunakan perusahaan pemasok profesional di mana seluruh tim yang berpengalaman, staf ‘di lapangan’ dapat berkomunikasi dan bernegosiasi secara langsung dengan pemasok, mengawasi setiap tahap impor dan melakukan pemeriksaan kontrol kualitas.
  2. Mengimpor langsung dari pemasok, umumnya menggunakan situs web seperti Alibaba untuk berbicara dengan pabrik dan terutama melalui komunikasi online.
  3. Menggunakan agen pembelian, biasanya bekerja dengan 1 orang atau sekelompok orang untuk membantu dalam mengimpor barang.
    Masing-masing cara impor dari China ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai perusahaan sumber profesional, Easy Imex menekankan pada proses yang jelas dan terdefinisi sejak awal dan staf berpengalaman untuk menangani permintaan sumber apa pun.
Banner 2 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara mudah import barang dari China yang dapat Kawan Kledo lakukan. Mengimport barang dari China memang pilihan terbaik bagi Kawan Kledo yang ingin mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang lebih murah, namun pastikan juga Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik.

Gunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan Anda, termasuk Anda yang melakukan import barang dari China.

Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 14 =