10 Tips Melakukan Social Media Marketing untuk Bisnis

social media marketing

Ada banyak cara untuk memasarkan suatu produk, baik itu secara langsung ataupun secara online. Salah satu cara online yang saat ini sangat populer adalah melalui social media marketing.

Selain karena kemudahannya, social media marketing dipilih karena efektif untuk menjangkau calon konsumen di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Buat Kawan Kledo yang ingin memulai social media marketing ini, bagaimana caranya?

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui cara melakukan pemasaran media sosial ini, yuk baca artikel ini hingga selesai. Karena di sini akan dijelaskan secara lengkap apa itu pemasaran media sosial dan tips yang harus dilakukan untuk melakukannya pemasaran media sosial ini.

Apa Itu Social Media Marketing?

Pemasaran media sosial merupakan penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan audiens dengan tujuan membangun merek, meningkatkan penjualan, dan meingkatkan trafic webwite. Pemasaran media sosial ini dilakukan dengan cara membuat konten-konten menarik dan bermanfaat di profil media sosial, mendengarkan dan melibatkan pengikut, menganalisis hasil, dan menjalankan iklan media sosial.

Platform media sosial yang digunakan dalam social media marketing (saat ini) adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat. Kawan Kledo juga bisa menggunakan fitur iklan di media sosial ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan harga yang disesuaikan dengan jumlah pengunjung yang ditargetkan.

Tujuan Social Media Marketing

Social media marketing ini dilakukan pastinya untuk mencapai tujuan tertentu. Nah, apa kira-kira tujuan yang dimiliki oleh pemasaran media sosial ini? Berikut penjelasannya:

1. Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan pertama pemasaran media sosial adalah untuk meningkatkan brand awareness. Dengan mengunggah konten-konten di media sosial akan membuat merek atau brand bisnis Kawan Kledo menjadi makin dikenal luas dengan begitu brand awareness juga akan meningkat.

Semakin rutin Kawan Kledo mengunggah konten-konten bermanfaat dan menarik di media sosial, semakin besar pula kemungkinan produk Kawan Kledo akan semakin dikenal. Jika awalnya, calon konsumen hanya melihat-lihat apa yang ada di media sosial Kawan Kledo, lama-lama mereka akan tertarik untuk membeli produk yang Kawan Kledo jual.

2. Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran

Social media marketing merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pemilik bisnis untuk memperkenalkan bisnis dan mendapatkan pelanggan. Dari pemasaran media sosial ini Kawan Kledo dapat mengukur kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh produk Kawan Kledo.

Caranya adalah dengan melihat respon pengguna media sosial terhadap produk yang Kawan Kledo promosikan. Semakin baik respon yang didapatkan berarti strategi marketing yang dilakukan telah tepat dan jika respon kurang baik maka Kawan Kledo harus melakukan evaluasi terhadap strategi marketing yang telah dilakukan.

3. Lebih Mengenal Kompetitor

Tujuan ketiga dari social media marketing adalah untuk lebih mengenal kompetitor. Dengan pemasaran media sosial ini, Kawan Kledo dapat dengan mudah mengenal kompetitor karena Kawan Kledo bisa mempelajari strategi pemasaran kompetitor melalui media sosial mereka.

Platform Social Media Marketing

social media marketing

Dalam melakukan pemasaran media sosial, ada beberapa platform media sosial yang digunakan. Apa saja kira-kira? Berikut penjelasannya:

1. Social Media Marketing Facebook

Facebook menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh pemilik bisnis untuk memasarkan produk secara digital. Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh Facebook yang akan memudahkan pemasaran produk, mulai dari Facebook Marketplace, Halaman Bisnis Facebook, dan Iklan Facbeook.

Facebook ini merupakan tempat orang-orang pergi untuk bersantai dan mengobrol dengan teman-teman, jadi sebagai tips jagalah konten-konten Kawan Kledo tetap ringan dan ramah. Dan ingat, jangkauan organik di Facebook bisa sangat terbatas, jadi pertimbangkan strategi iklan Facebook yang hemat biaya, yang juga dapat berdampak besar pada pemasaran Kawan Kledo.

2. Social Media Marketing Twitter

Twitter menjadi alat pemasaran media sosial yang memungkinkan Kawan Kledo untuk menyiarkan pembaruan di seluruh web. Kawan Kledo bisa membuat cuitan di Twitter untuk memasarkan produk Kawan Kledo dan jika cuitan tersebut agak panjang, Kawan Kledo bisa membuat tread.

Buatlah tweet resmi tentang diskon, layanan, dan berita dengan tweet yang menyenangkan dan membangun brand. Pastikan untuk me-retweet ketika pelanggan memiliki sesuatu yang baik tentang bisnis Kawan Kledo dan jangan lupa untuk menjawab pertanyaan orang jika memungkinkan.

Menggunakan Twitter sebagai alat pemasaran media sosial berkisar pada dialog dan komunikasi, jadi pastikan untuk berinteraksi sebanyak mungkin untuk membangun pengikut Kawan Kledo.

3. Social Media Marketing Linkedin

LinkedIn adalah salah satu situs pemasaran media sosial yang lebih profesional. Grup LinkedIn merukan tempat terbaik untuk melakukan dialog profesional dengan orang-orang di industri serupa dan menyediakan tempat untuk berbagi konten dengan individu yang memiliki ketertarikan serupa.

Media sosil ini juga bagus untuk memposting pekerjaan dan jaringan karyawan secara umum.

Dorong pelanggan atau klien untuk memberikan rekomendasi bisnis Kawan Kledo di profil LinkedIn. Rekomendasi akan membuat bisnis Kawan Kledo tampak lebih kredibel dan andal bagi pelanggan baru.

Telusuri juga bagian Pertanyaan di LinkedIn; memberikan jawaban membantu Kawan Kledo menjadi lebih dikenal dan mendapatkan kepercayaan.

4. Social Media Marketing YouTube

YouTube menjadi tempat nomor satu untuk membuat dan berbagi konten video. Selain itu, YouTube juga bisa menjadi alat pemasaran media sosial yang sangat kuat.

Banyak bisnis mencoba membuat konten video dengan tujuan agar video mereka “menjadi viral”, tetapi pada kenyataannya peluang itu sangat kecil. Alih-alih agar viral, fokuslah untuk membuat video “petunjuk” yang bermanfaat dan instruktif.

Video panduan ini juga memiliki manfaat tambahan berupa peringkat di hasil penelusuran video Google, jadi jangan meremehkan kekuatan konten video.

5. Social Media Marketing Google Bisnisku

Google Bisnisku wajib dimiliki Kawan Kledo yang memiliki bisnis. Google Bisnisku ini akan memudahkan konsumen menemukan lokasi dan informasi lainnya terkait bisnis Kawan Kledo.

Tidak hanya itu, di Google Bisnisku, konsumen juga bisa menambahkan foto, review, dan tanya-jawab. Klik di sini untuk mengetahui cara daftar Google Bisnisku.

6. Social Media Marketing Instagram

Belum lengkap rasanya jika melakukan pemasaran media sosial tanpa Instagram. Instagram menjadi platform yang sangat terkenal saat ini.

Banyak pebisnis yang mempromosikan produk mereka di Instagram. Instagram memiliki berbagai fitur khusus bisnis yang akan membuat pemasaran di platform ini menjadi lebih mudah.

Fitur-fitur tersebut antara lain Instagram Bisnis, Auto Reply, Filter Inbox, Instagram Stories, Live Instagram, dan pastinya Iklan Instagram.

Baca Juga: Pilih Waktu Terbaik Ini untuk Posting Konten di Instagram

Tips Social Media Marketing

social media marketing

Nah, agar social media marketing yang dilakukan Kawan Kledo bisa berjalan dengan baik, beirkut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo lakukan:

1. Membuat Perencanaan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, membangun rencana pemasaran media sosial sangat penting. Untuk memulainya, Kawan Kledo harus membuat perencanaan terlebih dahulu.

Perencanaan ini digunakan agar Kawan Kledo tahu dengan jelas apa yang akan dilakukan untuk pemasaran media sosial ini. Buatlah perencanaan mulai dari media sosial yang akan digunakan dan juga konsep konten yang akan dibuat.

Pertimbangkan juga penelitian kata kunci dan penelitian kompetitif untuk membantu mendapatkan ide konten yang akan menarik minat target audiens. Lihat juga apa yang dilakukan bisnis lain untuk meningkatkan pemasaran media sosial ini.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Marketing Plan untuk Bisnis, Wajib Dicoba!

2. Buatlah Tujuan yang Jelas

Tips kedua yang harus Kawan Kledo lakukan agar sukses melakukan pemasaran media sosial adalah dengan membuat tujuan yang jelas. Tujuan ini dibuat agar Kawan Kledo tidak bingung dengan tujuan yang ingin Kawan Kledo capai.

Ada beberapa tujuan yang dapat Kawan Kledo pilih, yakni mulai dari mencari pelanggan baru, membangun hubungan dengan target konsumen, meningkatkan trafik website, ataupun untuk meningkatkan brand awareness. Dengan tujuan ini Kawan Kledo bisa dengan mudah meraih apa yang ingin Kawan Kledo capai dengan pemasaran media sosial.

3. Buat Konten yang Menarik

Konsisten dengan area pemasaran online dilakukan dengan cara menyajikan konten-konten yang dapat menarik minat audiens. Selain konten yang menarik, pastikan Kawan Kledo memposting secara teratur dan menawarkan informasi yang benar-benar berharga.

Pemilihan waktu yang tepat untuk memposting konten juga patut untuk diperhitungkan. Selain itu perhatikan juga algoritma dan engagement media sosial tersebut.

Kawan Kledo bisa memposting konten-konten mencakup gambar media sosial, video, infografis, panduan cara kerja, dan lainnya.

4. Buat Citra Merek yang Konsisten

Menggunakan media sosial untuk pemasaran memungkinkan bisnis Kawan Kledo memproyeksikan citra merek di berbagai platform media sosial yang berbeda. Meskipun setiap platform memiliki lingkungan dan ciri khasnya sendiri yang unik, identitas inti bisnis Anda, apakah itu ramah, menyenangkan, atau dapat dipercaya, harus tetap konsisten.

Jadi pastikan setiap konten yang Kawan Kledo posting di media sosial saling berhubungan dan berkaitan, misalnya dari segi tema, pilihan warna, dan juga caption.

5. Media Sosial untuk Promosi Konten

Pemasaran media sosial adalah cara yang sempurna untuk berbagi konten situs dan blog terbaik kepada pembaca. Setelah Kawan Kledo membangun pengikut setia di media sosial, Kawan Kledo dapat memposting semua konten terbaru dan memastikan pembaca dapat segera menemukan hal-hal baru.

Membuat konten-konten terbaik akan membantu Kawan Kledo dalam membangun lebih banyak pengikut. Ini adalah cara yang mengejutkan bahwa pemasaran konten dan pemasaran media sosial bisa saling menguntungkan.

6. Berbagi Link

Meskipun menggunakan media sosial untuk pemasaran adalah cara terbaik dalam memanfaatkan konten orisinal dalam rangka mendapatkan pengikut, penggemar, dan penggemar, namun ketahui juga ini merupakan kesempatan untuk menautkan ke artikel ke luar atau outbound link.

Jika sumber lain memberikan informasi menarik dan berharga yang menurut akan dinikmati oleh target pemirsa, jangan malu untuk menautkannya. Lakukan kurasi dan tautkan ke sumber luar meningkatkan kepercayaan dan keandalan, dan Kawan Kledo juga bisa mendapatkan beberapa tautan sebagai balasannya.

7. Analisis Kompetitor

Menganalisis kompetitor menjadi bagian penting ketika melakukan social media marketing. Mengawasi kompetitor dapat memberikan data berharga untuk penelitian kata kunci dan wawasan pemasaran media sosial lainnya.

Jika kompetitor Kawan Kledo menggunakan saluran atau teknik pemasaran media sosial tertentu yang tampaknya berhasil bagi mereka, pertimbangkan untuk melakukan hal yang sama, tetapi lakukan hal tersebut dengan lebih baik.

8. Ukur Keberhasilan dengan Analytics

Kawan Kledo tidak dapat menentukan keberhasilan strategi pemasaran media sosial tanpa melacak data. Google Analytics dapat digunakan sebagai alat pemasaran media sosial yang akan membantu Kawan Kledo mengukur teknik pemasaran media sosial yang paling berhasil, serta menentukan strategi mana yang lebih baik ditinggalkan.

Lampirkan tag pelacakan ke kampanye pemasaran media sosial ini sehingga Kawan Kledo dapat memantaunya dengan benar. Pastikan juga untuk menggunakan analitik dalam setiap platform media sosial untuk lebih banyak wawasan tentang konten sosial mana yang berkinerja terbaik dengan target audiens Kawan Kledo.

9. Gunakan Ads Social Media Marketing

Agar social media marketing yang Kawan Kledo lakukan lebih efektif, Kawan Kledo bisa menggunakan iklan yang menjadi salah satu fitur di media sosial. Hampir setiap media sosial memiliki fitur iklan dengan harga yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan Kawan Kledo.

Dibandingkan dengan iklan lainnya, iklan di media sosial memiliki biaya yang lebih terjangkau. Klik di sini untuk mempelajari iklan di media sosial lebih lanjut.

10. Melakukan Evaluasi Social Media Marketing

Hal-hal yang direncanakan tidak selalu berjalan mulus di media sosial. Untuk mengatasi hal-hal yang terjadi saat melakukan social media marketing, penting bagi Kawan Kledo untuk melakukan evaluasi.

Buatlah evaluasi ini setiap beberapa waktu sekali dan gunakan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pemasaran di media sosial.

Kesimpulan

Social media marketing merupakan salah satu pemasaran yang cukup efektif untuk meningkatkan promosi suatu produk. Pemasaran jenis ini patut untuk Kawan Kledo pertimbangkan mengingat saat ini banyak hal dilakukan di media sosial.

Jangan lupa juga untuk selalu mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik. Gunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang juga di link ini.

Banner 1 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − seven =