Punya Bisnis Ekspedisi Truk? Gunakan Tips ini Untuk Lebih Menguntungkan

bisnis ekspedisi truk

Bisnis pada umumnya, dan bisnis ekspedisi truk pada khususnya, seringkali menjadi mesin penggerak perekonomian. Ini berlaku untuk banyak negara, dan pasti untuk Indonesia.

Bisnis ekspedisi truk secara konstan memindahkan material dari pemasok ke produsen dan kemudian mengirimkan produk jadi dari produsen ke konsumen. Faktanya, lebih dari 70% barang yang dibawa dari satu lokasi ke lokasi lain di Indonesia diangkut dengan truk.

Tanpa arus konstan ini, seluruh perekonomian akan benar-benar berhenti bergerak. Itu sebabnya, sementara banyak bisnis lain harus tutup selama masa pembatasan sosial COVID-19, bisnis ekspedisi truk sebagian besar tetap berjalan, atau bahkan memiliki lebih banyak pekerjaan daripada sebelum pandemi.

Jika Anda adalah salah satu dari pemilik bisnis ekspedisi truk, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara agar bisnis Anda lebih menguntungkan.

Peluang dan Tantangan Bisnis Ekspedisi Truk

bisnis ekspedisi truk

Pada Februari 2021, indeks pengangkutan menetapkan rekor baru dengan naik ke level tertinggi pasca-pandemi karena angkutan van terus melonjak, dan pertumbuhan 27% diperkirakan selama dekade berikutnya.

Dengan semua itu, tidak mengherankan bahwa bisnis ekspedisi truk sangat menguntungkan, tetapi juga sangat kompetitif.

Banyak pengemudi truk setiap tahun memutuskan untuk bekerja sendiri, memulai perusahaan truk dan gagal.

Kesalahan terbesar adalah mereka lupa bahwa menjalankan perusahaan truk tidak sama dengan mengemudikan truk.

Anda mungkin seorang pengemudi truk kelas dunia, tetapi untuk berhasil menjalankan bisnis truk, Anda harus menjadi pemilik bisnis yang baik terlebih dahulu, dan terutama.

Tantangan paling umum dalam menjalankan perusahaan truk juga khas untuk perusahaan pengiriman jarak jauh, truk makanan, dan banyak operasi layanan lapangan lainnya.

Berikut adalah beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh para pemilik bisins ekspedisi truk di Indonesia:

  • Ketertinggalan informasi dan distorsi antara manajer dan karyawan.
  • Tumpukan laporan tanpa akhir, hal ini biasanya terjadi karena proses pembuatan dokumen secara manual.
  • Banyak protokol keselamatan dan peraturan kepatuhan hukum harus diikuti.
  • Penjadwalan karyawan membutuhkan banyak waktu, dan penjadwalan sering bentrok atau tumpang tindih.
  • Komunikasi internal berantakan.
  • Orientasi dan pelatihan itu rumit.
  • Pelacakan waktu & akuntansi rumit dan membutuhkan banyak penghitungan dan pengecekan ulang.
  • Biaya perjalanan & “uang bensin” untuk melacak dan mengembalikan uang.
  • Kontrol efisiensi sulit atau tidak dapat diterapkan untuk peran berbasis hasil akhir.
  • Manajemen faktur, perintah kerja, dan pembayaran panjang dan sulit.

Untuk mempemudah Anda dalam mengelola seluruh tantangan dalam bisnis ekspedisi ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pembukuan, pencatatan pengeluaran, pembuatan faktur dan semua hal yang Anda butuhkan dalam satu aplikasi, contohnya Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna termasuk mereka para pemilik bisnis ekspedisi.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah memantau pengeluaran secara realtime, membuat faktur otomatis, manajemen aset dan persediaan, otomasi lebih dari 30 laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 3 kledo

Tips Bisnis Ekspedisi Truk agar Lebih Menguntungkan

bisnis ekspedisi truk

Menjalankan bisnis apa pun itu mahal, dan menjadi pemilik-operator dan menjalankan bisnis ekspedisi truk adalah BENAR-BENAR mahal!

Biaya truk, apalagi banyak truk, adalah biaya yang sangat besar. Ketika Anda menambahkan hal-hal yang tidak terduga seperti bahan bakar, tarif, pasar, cuaca, dll. – tidak heran dibutuhkan pikiran yang terfokus untuk mengemudikan truk.

Jika Anda menjalankan bisnis ekspedisi truk Anda sendiri dan ingin memotong dan mengendalikan beberapa pengeluaran, 9 tips ini akan membantu.

1. Gunakan Teknologi

Menggunakan teknologi dan sistem, seperti software akuntansi misalnya, akan membantu Anda mengelola pengeluaran, menyederhanakan penggajian, dan mengotomatiskan pelaporan keuangan.

Ini juga harus memungkinkan Anda membuat faktur serta memberikan pelaporan dan statistik terperinci tentang bisnis Anda.

Dengan bantuan kecanggihan teknologi, akan memangkas jumlah waktu yang Anda habiskan untuk tugas-tugas kantor dan menghemat uang Anda.

2. Cari tahu biaya Anda per kilometer

Mengetahui berapa banyak yang Anda habiskan per kilometer untuk setiap truk di jalan, adalahmerupakan angka terpenting yang harus Anda ketahui untuk bisnis Anda.

Namun, sebagian besar pemilik bisnis ekspedisi truk tidak meluangkan waktu untuk mengetahui hal ini.

Jika Anda tidak tahu berapa banyak yang Anda belanjakan, Anda tidak tahu di mana Anda dapat memotong biaya. Luangkan waktu untuk melacak truk Anda untuk sementara waktu. Karena data itu akan sangat berharga.

Untuk menghitung biaya per kilometer, Anda memerlukan:

  • Semua kuitansi pengeluaran Anda selama sebulan (bahan bakar, makanan, penginapan, dll.)
  • Semua tagihan Anda selama sebulan (asuransi, sewa/pinjaman truk, telepon, dll.)
  • Biaya gaji selama sebulan
  • Pembacaan odometer dari truk Anda selama sebulan

Tentukan total biaya bulanan per kilometer dengan menjumlahkan biaya tetap, variabel, dan gaji, lalu membaginya dengan total jarak tempuh truk pada bulan itu.

Baca juga: Tips Manajemen Rantai Pasok dan Pengertian Lengkapnya

3. Lacak anggaran Anda setiap bulan

Anda harus melacak semua uang yang masuk dan keluar untuk mengetahui biaya Anda per kilometer.

Lihatlah semua pengeluaran dan lihat apakah ada tempat di mana Anda dapat melakukan pemotongan.

Cari hal-hal yang tidak lagi Anda gunakan seperti layanan berlangganan bulanan dan tahunan. Bekerja dengan akuntan untuk laporan laba-rugi (P&L) di akhir kuartal dan mencari tren dalam pengeluaran.

Sering kali lebih menguntungkan untuk memotong biaya daripada meningkatkan pendapatan, jadi ingatlah itu saat menyiangi pengeluaran.

4. Lindungi kargo Anda

Pencurian kargo adalah salah satu kejahatan paling mahal yang ada di Indonesia, dan terus menjadi bahaya nyata dan sekarang di seluruh daerah.

Pencuri selalu mencari cara baru dan berani untuk mencuri muatan di truk dan kargo.

Yang terbaik adalah mendidik diri sendiri dan pengemudi Anda tentang cara terbaik untuk melindungi pengiriman, serta menyadari bagaimana pengemudi truk dapat menjadi sasaran pencuri.

5. Menerapkan strategi penghematan bahan bakar

Anda selalu dapat membatasi jumlah waktu yang dihabiskan untuk kemalasan, tetapi sebenarnya ada beberapa cara untuk memotong biaya bahan bakar yang mungkin tidak Anda ketahui.

Dari menjaga ban pada tekanan yang tepat hingga menambahkan fairing atap, pastikan Anda menggunakan strategi untuk memangkas biaya bahan bakar, dan mendidik pengemudi Anda agar mereka melakukan hal yang sama.

6. Rencanakan rute dan pemberhentian sebelumnya

Anda tidak dapat mempersiapkan segalanya, tetapi melihat cuaca, penundaan jalan dan konstruksi, jalan pintas, gerbang tol, jembatan, parkir truk, dan batasan jalan semuanya akan membantu kelancaran perjalanan.

Ini akan memakan sedikit waktu sebelumnya dan tampak seperti menyusahkan, tetapi meneliti rute yang paling efisien akan menghemat waktu dalam jangka panjang.

Baca juga: 10 Cara Pelatihan Karyawan Ini Terbukti Efektif, Berani Coba?

7. Perhatikan biaya asuransi Anda

Asuransi truk sangat mahal, dan biaya untuk pemilik-operator dengan otoritas dapat sangat bervariasi – perbedaannya bisa jutaan setahun!

Dapatkan beberapa penawaran berbeda dari agen asuransi sebelum memutuskan perusahaan mana yang tepat untuk Anda dan bisnis Anda, dan jangan takut untuk melakukannya setiap tahun.

Anda juga harus mempertahankan skor kredit yang tinggi dan memastikan semua pengemudi Anda memiliki catatan mengemudi yang baik untuk mempertahankan tingkat asuransi yang baik.

8. Jangan menunggu masalah

Pemeliharaan truk sangat penting untuk penggunaan jangka panjang. Plus, itu dapat mengidentifikasi perbaikan kecil sebelum menjadi bencana yang mahal.

Itu berarti memeriksa oli sebelum setiap beban, memastikan ban dalam kondisi baik dan menjaga tekanan yang tepat, dan mengawasi level cairan (terutama radiator!) saat Anda berada di jalan.

9. Jadilah mentor bagi pengemudi Anda

Jika Anda ingin pengemudi Anda memiliki kebiasaan yang baik, Anda harus menunjukkannya sendiri.

Jika Anda tidak hanya menjalankan perusahaan truk Anda sendiri tetapi Anda juga mengemudi, Anda harus mematuhi hal yang sama yang Anda harapkan dari pengemudi Anda.

Selalu lakukan pemeriksaan pra-perjalanan truk Anda, gunakan metode pemotongan bahan bakar, dan praktikkan keselamatan.

Selain itu, bantu pengemudi Anda tetap mengetahui peraturan terbaru, bicarakan dengan mereka tentang kerumitan truk (masalah parkir, dok pemuatan, dll.) dan bagikan pengetahuan luas Anda tentang industri transportasi untuk membantu mereka menjadi sukses. Ini akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Baca juga: Balanced Scorecard: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itulah peluang, tantangan dan tips yang bisa Anda lakukan dalam menjadikan bisnis ekspedisi truk Anda sukses. Dengan bantuan teknologi Anda bisa dengan mudah melakukan pemantauan dan pengelolaan bisnis Anda secara optimal, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau juga sangat cocok bagi Anda pemilik bisnis ekspedisi truk.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *