Tips Foto Produk Paling Instagramable yang Wajib Dicoba

Instagram saat ini menjadi tempat yang sering digunakan untuk berjualan online. Semua orang dapat menggunakan Instagram untuk berjualan dan mempromosikan produk. Karena besarnya peluang ini membuat persaingan bisnis di Instagram sangat ketat. Setiap detik selalu ada produk baru yang dipromosikan di sana. Oleh karena itu, jika Kawan Kledo ingin sukses berjualan di Instagram, Kawan Kledo harus membuat tampilan yang menarik di sana.

Kawan Kledo dapat melakukannya dengan mengunggah foto-foto Instagramable di sana yang akan membuat calon konsumen tertarik membeli produk Kawan Kledo. Lalu bagaimana tips foto produk yang menarik? Semuanya akan di bahas di sini, jadi pastikan baca artikel ini hingga selesai untuk mengetahu tipsnya.

Pengertian Foto Produk

foto instagramable

Foto produk merupakan foto yang diambil untuk menonjolkan suatu produk. Foto produk dinilai dari bagaimana foto tersebut diambil, dimana foto tersebut harus bisa menjelaskan bentuk, fungsi, dan dapat menarik orang yang melihatnya untuk membeli.

Di tengah perkembangan belanja online seperti saat ini, foto produk memegang peranan yang besar dalam penjualan suatu produk karena dari foto ini calon konsumen dapat menilai kualitas suatu produk. Oleh sebab itu, Kawan Kledo harus melakukan foto produk ini secara profesional agar produk yang Kawan Kledo jual dapat menarik calon pembeli.

Seberapa Penting Foto Produk untuk Bisnis?

tips foto produk

Foto produk digunakan oleh semua jenis perusahaan, baik perusahaan besar maupun UMKM. Foto produk juga dapat digunakan untuk promosi di media sosial ataupun saat ingin membuat iklan di media cetak. Karena fungsinya ini, foto produk sangat penting bagi sebuah bisnis. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat dari foto produk yang akan didapatkan oleh sebuah bisnis:

1. Untuk Meningkatkan Kepercayaan Calon Konsumen

Manfaat pertama dari foto produk adalah dengan foto produk Kawan Kledo dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Hal ini dikarenakan dari foto-foto yang profesional, calon pembeli dapat menilai kualitas dari bisnis yang Kawan Kledo miliki. Jika dari kualitas foto saja diragukan, bagaimana dengan kualitas produknya?

2. Pemasaran di Media Sosial

Foto produk bermanfaat untuk melakukan pemasaran di media sosial. Oleh sebab itu foto yang menarik dan profesional sangat penting, karena akan menjadi pertimbangan calon konsumen akan membeli atau tidak membeli produk yang dipasarkan di media sosial.

3. Sebagai Identitas Bisnis

Foto produk dapat dijadikan sebagai identitas sebuah bisnis. Produk atau brand Kawan Kledo dapat mudah dipahami jika memiliki foto produk yang menarik. Jadi, pastikan Kawan Kledo serius dengan foto produk ini agar produk Kawan Kledo memiliki identitas dan mudah dikenal oleh konsumen.

4. Menarik Pembeli

Hal pertama yang dilihat calon konsumen yang membeli secara online adalah foto produk. Dari foto produk ini calon konsumen akan menilai produk tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan atau tidak. Menarik atau tidaknya suatu produk yang dijual secara online juga dari foto produk. Jadi, pastikan Kawan Kledo serius mengerjakan foto produk ini jika ingin menarik banyak pembeli.

5. Agar Terlihat Lebih Profesional

Dengan foto produk yang baik, bisnis atau brand Kawan Kledo juga akan terlihat lebih profesional. Calon konsumen dapat melihat keseriusan bisnis dari tampilan foto produk dan dapat meningkatkan minta calon konsumen untuk membeli produk Kawan Kledo.

Jenis-Jenis Foto Produk

foto produk

Ada beberapa jenis foto produk yang dapat Kawan Kledo pilih agar foto yang dihasilkan tidak monoton. Berikut beberapa jenis foto produk tersebut:

1. Background Polos

Foto produk dengan background polos sering digunakan oleh pemilik bisnis untuk berbagai jenis produk. Background polos dipilih karena dapat menonjolkan produk yang ada dipromosikan. Biasanya dipilih warna putih atau warna-warna gelap sebagai backgound.

Kawan Kledo bisa menggunakan kertas yang dilengkungkan atau jika ingin background yang lebih besar, Kawan Kledo bisa membeli background ini di toko peralatan foto. Harganya cukup terjangkau, di Shopee bisa dibeli dengan harga Rp18.000-Rp65.000 tergantung ukuran yang diinginkan.

2. Fotografi Lifestyle

Jenis kedua foto produk yang dapat Kawan Kledo pilih adalah fotografi lifestyle atau nama lainnya lifestyle photography. Berbeda dari background polos, lifestyle photography ini menampilkan foto yang ditata sedemian rupa sehingga menarik. Kawan Kledo juga dapat membuat foto yang bercerita dengan fotografi lifestyle ini.

Misalnya Kawan Kledo ingin membuat foto produk buku, Kawan Kledo dapat menambahkan perlengkapan yang menemani buku tersebut seperti cangkir, laptop, atau pena untuk menceritakan kegiatan seseorang ketika membaca buku.

3. Ghost Mannequin

Apa itu foto produk ghost mannequin? Buat Kawan Kledo yang langsung berpikir tentang hantu, Kawan Kledo tidak salah. Ghost mannequin adalah jenis foto produk yang memfoto produk yang sedang digunakan namun bagian anggota tubuh seperti tangan, kaki, kepala, dihapus dengan teknik edit foto. Dengan teknik foto ini, Kawan Kledo dapat menonjolkan produk jika dipakai dan biasanya digunakan untuk foto produk pakaian.

4. Fashion Photo

Jenis terakhir dari foto produk adalah fashion photo. Jenis foto produk ini memiliki teknik pengambilan gambar seperti ghost mannequin, namun bedanya pada foto fashion produk difoto bersama dengan model tanpa menghapus bagian tubuh model. Kawan Kledo dapat membuat fashion foto di tempat khusus atau di studio agar tampilan foto lebih menarik dan instagramable.

Tips Foto Produk untuk Bisnis

tips foto produk

Setelah mengetahui jenis-jenis foto produk, bagaimana sih membuat sebuah foto produk yang menarik? Tentunya ada beberapa tips khusus yang harus dilakukan agar foto produk yang dihasilkan menarik dan instagramable. Apa saja tips foto produk instagramable tersebut? Ini jawabannya:

1. Pilihlah Kamera yang Tepat

Pemilihan kamera sangat penting dalam foto produk. Semakin canggih kamera yang Kawan Kledo miliki, semakin dimudahkan Kawan Kledo dalam membuat foto produk, seperti lebih mudah untuk pengambilan foto, memiliki layar yang lebih terang, kontrol yang mudah, dan dilengkapi fitur-fitur yang dapat memperhalus foto produk.

2. Buat Studio Mini

Studio mini dibutuhkan untuk keperluan foto produk. Buat Kawan Kledo yang ingin membuat studio mini ini, Kawan Kledo tak perlu menyiapkan anggaran yang besar karena studio mini dapat dibuat dari kertas HVS, kardus, lampu belajar, dan kain putih yang dapat digunakan sebagai background.

3. Buat Kecocokan dengan Tema Produk

Tips selanjutnya yang harus Kawan Kledo terapkan dalam foto produk adalah buat kecocokan dengan tema produk. Kawan Kledo dapat menambahkan pernak-pernik yang akan menghidupkan foto produk, seperti misalnya Kawan Kledo ingin membuat foto produk tas, Kawan Kledo dapat menambahkan pena, buku, atau lainnya yang biasanya di bawah di dalam tas. Pemilihan warna juga berpengaruh terhadap tema ini. Kawan Kledo dapat memilih tema-tema pastel untuk produk remaja atau dewasa muda.

4. Potret dari Berbagai Sudut yang Berbeda

Memotret dari berbagai sudut yang berbeda akan memberikan kesan yang berbeda. Kawan Kledo bisa memotret dari berbagai sudut agar dapat menampilkan foto dalam berbagai sisi. Kawan Kledo bisa memotret dari depan, samping ataupun dari belakang. Selain itu Kawan Kledo juga bisa memotret dari atas, posisi sejajar, ataupun dari posisi lebih rendah. Cobalah sebanyak mungkin posisi agar memiliki foto yang berbeda-beda.

5. Jangan Lupa Edit dan Beri Watermark

Foto produk berhasil dipotret dengan baik. Ini saatnya mengedit foto yang baru selesai dipotret. Edit ini sangat penting karena dapat mengoreksi foto produk yang kurang sempurna. Ada beberapa aplikasi editing yang bisa digunakan.

Buat Kawan Kledo yang mengedit di laptop, bisa menggunakan Photoshop, sedang untuk yang menggunakan smartphone bisa menggunakan aplikasi PictArt, SnapSeed, ataupun aplikasi editing lainnya. Setelah selesai diedit, Kawan Kledo bisa tambahkan watermark agar tidak sembarangan orang bisa mengambil foto Kawan Kledo.

Kesimpulan

Foto produk menjadi sesuatu yang penting bagi bisnis. Kawan Kledo dapat menggunakan tips-tips di atas untuk membuat foto produk yang menarik. Namun pastikan foto produk yang dimiliki sesuai dengan produk yang dijual atau real pict karena jika tidak akan membuat konsumen kecewa dan kapok membeli produk Kawan Kledo.

Agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan dengan baik. Gunakan Software Akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Daftar Kledo sekarang, gratis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *