10 Tips Jitu Jualan di Instagram, Dijamin Laris Manis

jualan-instagram

Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk berjualan, baik secara offline ataupun online. Secara offline bisa dilakukan membuka toko fisik di tempat yang strategis. Sedangkan untuk online banyak pilihan yang bisa dilakukan, mulai dari jualan di media sosial seperti Facebook, WhatsApp, atau Instagram maupun jualan di market place seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Salah satu media sosial yang saat ini paling sering digunakan untuk jualan adalah Instagram. Karena banyaknya yang jualan di Instagram, banyak yang bertanya apa saja sih tips yang harus dilakukan agar jualan di Instagram laris?

Kawan Kledo mungkin menjadi salah satu orang yang ingin tahu bagaimana tips jualan di Instagram. Sebenarnya jualan di Instagram sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Sebelum membahas tips yang dilakukan untuk jualan di Instagram, aku mau membahas apa saja kelebihan jualan di Instagram. Yuk simak!

Instagram dan Bisnis

instagram

Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan ke berbagai jejaring sosial termasuk yang masih bagian dari Instagram. Instagram pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Pada 9 April 2012 Instagram diambil alih oleh Facebook dengan nilai sekitar $1 miliar.

Instagram sendiri berasal dari kata ‘Insta’ yang aslinya berasal dari kata ‘instan’ dan mengarah ke kamera polaroid yang pada masanya sering disebut sebagai foto instan. Sejak didirikan pada tahun 2010 sampai sekarang, Instagram banyak mengalami perkembangan. Mulai dari fitur Instastory yang akan menampilkan story yang hilang setelah 24 jam, sampai Instagram bisnis yang dikhususkan bagi Kawan Kledo yang ingin jualan di Instagram.

Saat ini banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai tempat mempromosikan bisnis yang mereka kembangkan. Bahkan saat ini jarang sekali bisnis yang tidak memiliki akun Instagram. Instagram saat ini sering dijadikan etalase toko online dan biasanya calon pembeli akan melihat postingan di Instagram terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Fitur di Instagram yang Memudahkan Bisnis

tips jualan instagram
Social Media Smartphone Notebook Internet Instagram

Berikut beberapa fitur yang dimiliki instagram yang akan mempermudah Kawan Kledo untuk menjual produk Kawan Kledo di Instagram:

1. Instagram Insight

Instagram Insight merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh Instagram Bisnis untuk melihat siapa saja yang melihat profilnya. Informasi yang diberikan mulai dari usia, demografi, dan minat konsumen akan terlihat di sini. Instagram Insight memiliki manfaat untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mempromosikan produk karena telah mengetahui siapa saja yang tertarik dengan bisnis di akun Instagram tersebut. Selain bisa melihat info demokrasi, adanya informasi rentang usia akan mempermudah pemilik akun untuk membuat tema postingan di Instagram tersebut.

2. Auto Reply

Auto Reply merupakan fitur yang ada di Instagram yang akan memberikan kemudahan dalam membalas DM secara cepat. Tentu ini akan mempermudah pemilik akun untuk membalas DM secara cepat, karena biasanya konsumen sering bertanya melalui DM atau chat padahal seringkali informasi sudah ditulis secara jelas dideskripsi. Karena adanya fitur Auto Reply ini Kawan Kledo bisa membalas dengan cepat dan mengefesiensi waktu yang ada.

3. Filter Inbox

Instagram juga punya fitur Filter Inbox dimana pengguna bisa menyaring pesan yang masuk. Dengan fitur ini pengguna dapat menandai pesan-pesan yang ingin ditinjau, dan mana pesan yang hanya melihat-lihat. Fitur Filter Inbox ini juga dapat menyaring pesan yang belum terbaca, sehingga dapat engangement dengan pelanggan.

4. Instagram Stories

Selain bisa posting di feed, Instagram juga memiliki fitur dimana penggunanya bisa posting story yang akan hilang dalam 24 jam. Fitur ini tentu sangat memudahkan bagi pemilik bisnis karena bisa promosi yang berbeda-beda setiap harinya. Dengan adanya Instagram Stories ini pengguna juga bisa melihat jumlah pemira dari Instagram Insight. Selain itu, di Instagram Stories pengguna juga bisa menggunakan fitur-fitur tambahan, seperti melakukan polling atau memberikan pertanyaan lewat Ask Me Questions.

5. Siaran Langsung (Live)

Fitur terbaru yang dimiliki Instagram untuk mempermudah mengenalkan produk jualan penggunakanya adalah Fitur Siaran Langsung atau Live Instagram. Di fitur ini, pengguna dapat mempromosikan jualannya secara live atau bisa juga menampilkan cerita di balik layar atau proses produksi di Live Instagram.

7 Tips Jualan di Instagram

tips jualan instagram

Setelah mengetahui fitur-fitur yang dimiliki Instagram yang akan memudahkan promosi bisnis, berikut tips yang bisa dilakukan agar jualan di Instagram laris manis. Tentu Kawan Kledo pengen kan jualannya di Instagram laris manis dan dikenal banyak orang, untuk itu yuk simak tipsnya di bawah ini:

1. Tentukan Audience

Tips pertama yang dilakukan adalah menentukan audience akun bisnis Instagram Kawan Kledo. Dengan menentukan audience, Kawan Kledo akan lebih mudah mencapai target pasar karena promosi langsung tertuju ke target pasar yang diinginkan. Kawan Kledo harus menentukantarget audience ini secara detail, mulai dari jenis kelamin, rentang umur, pekerjaan, tempat tinggal, sampai pekerjaan. Dengan begitu kedepannya Kawan Kledo akan lebih mudah dalam menentukan akun mana saja yang harus dituju untuk promosi.

2. Buat Akun Instagram Bisnis

Setelah menentukan audience yang ingin dituju, selanjutnya adalah membuat akun Instagram Bisnis. Akun Instagram Bisnis berbeda dengan akun Instagram yang biasa digunakan secara personal. Kawan Kledo bisa menggantinya jika awalnya Instagram yang digunakan merupakan Instagram personal dengan cara pilih Setting kemudian pilih ‘Switch to Business Account’. Sebelum mengubah Instagram ke bisnis pastikan Kawan Kledo sudah memiliki akun Facebook atau Facebook Page karena ini akan dibutuhkan untuk pembuatan akun Instagram Bisnis.

Ada beberapa kelebihan yang didapatkan pengguna Instagram Bisnis, seperti bisa melihat jumlah pengunjung, bisa memasukan alamat bisnis, dan fitur-fitur lainnya. Dengan fitur tambahan tersebut tentunya akan memudahkan pengguna untuk mempromosikan produknya di Instagram.

3. Buat Konten yang Menarik

Setelah membuat Instagram Bisnis, tips selanjutnya yang harus Kawan Kledo lakukan adalah dengan membuat konten yang menarik. Membuat konten yang menarik bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari dengan membuat tampilan foto atau gambar yang seirama dengan tema yang dipilih. Misalnya Kawan Kledo memiliki target audience perempuan muda, Kawan Kledo bisa memilih template warna-warna pastel untuk postingan di Instagram. Begitu juga jika Kawan Kledo memiliki target audience ibu-ibu atau laki-laki, pastikan tema dan template yang digunakan sesuai dengan target audience yang ingin dituju.

4. Tambahkan Hashtag

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan hashtag pada setiap postingan di Instagram. Hashtag atau tanda pagar (#) memiliki fungsi agar mudah ditemukan di pencarian Instagram. Biasanya pengguna ketika mencari sesuatu akan menggunakan hashtag yang berhubungan dengan produk yang sedang dicarinya.

Kawan Kledo bisa mencari hashtag-hashtag yang biasa digunakan oleh akun bisnis yang menjual produk serupa dengan produk Kawan Kledo dengan cara mengunjungi akun tersebut. Selain menggunakan hashtag yang biasa digunakan, Kawan Kledo juga bisa membuat hashtag sendiri yang khas sesuai brand atau produk yang Kawan Kledo dijual.

5. Follow Akun yang Diikuti Target Audience

Akun Instagram yang baru Kawan Kledo buat tentu belum memiliki pengikut atau followers. Sebagai upaya mendapatkan pengikut, Kawan Kledo bisa melakukannya dengan mengikuti akun yang diikuti oleh target audience Kawan Kledo. Misalnya target audience Kawan Kledo adalah pengguna yang menyukai kucing, maka Kawan Kledo bisa mengikuti akun-akun pecinta kucing. Dengan mengikuti akun-akun yang diikuti oleh target audience, Kawan Kledo bisa melihat konten-konten seperti apa yang diminati oleh target audience. Dengan begitu, Kawan Kledo bisa membuat konten yang lebih menarik dan lebih baik.

6. Follow Akun Target Audience

Tips berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti atau follow akun-akun target audience. Meskipun tidak semuanya, biasanya akun-akun akan yang melakukan follow balik atau folback jika akun yang mengikuti mereka akun yang mereka minati. Meskipun tidak semua akan akan melakukan follow balik, namun Kawan Kledo dapat membuat konten-konten yang menarik. Karena konten yang menarik kemungkinan besar akan menarik pengguna untuk mengikuti.

7. Posting di Waktu yang Tepat

Sering kali waktu posting di Instagram tidak diperhatikan oleh pengguna Instagram, padahal waktu posting yang tepat akan memberikan dampak yang baik ke postingan yang dipromosikan. Kawan Kledo bisa memilih waktu-waktu dimana pengguna Instagram memiliki waktu luang dan membuka Instagram. Contohnya adalah jika target audience Kawan Kledo adalah pegawai kantoran yang punya waktu istirahat jam 12 siang atau setelah pulang kantor di atas jam 5 sore, maka Kawan Kledo bisa posting di waktu-waktu tersebut. Dengan memilih waktu yang tepat akan membuat postingan Kawan Kledo di Instagram akan memiliki banyak pemirsa.

8. Sekali-kali Lakukan Endorse

Endorse merupakan promosi yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki banyak pengikut atau penggemar untuk memperkenalkan suatu produk. Endorse saat ini sering digunakan untuk mempromosikan produk di Instagram. Biasanya endorse ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki ribuan pengikut di Instagram, bisa selebgram atau artis. Setiap akun selebgram atau artis biasanya memiliki tarif yang berbeda, tergantung berapa banyak pengikutnya dan tingkat popularitasnya.

Kawan Kledo bisa menggunakan endorse sekali-kali untuk mengenalkan produk Kawan Kledo. Meskipun harus mengeluarkan biaya, namun teknik endorse ini sering memberikan dampak yang positif ke akun yang dipromosikan. Banyak akun-akun Instagram yang memiliki ribuan bahkan sampai puluhan ribu pengikut setelah melakukan endorse dengan selebgram atau artis ternama.

9. Adakan Giveaway dan Diskon

Selain melakukan endorse, tips jualan di Instagram selanjutnya yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengadakan giveaway dan diskon. Giveway merupakan pemberikan hadiah secara gratis setelah mengikuti syarat-syarat yang ditentukan. Giveaway saat ini sering dipakai oleh pemilik akun Instagram untuk menaikan pengikut akun mereka. Biasanya salah satu syarat yang harus dilakukan adalah dengan mengikuti akun Instagram penyelenggara. Ada berbagai hadiah yang biasanya diberikan, mulai dari uang tunai, saldo e-money, produk yang dipromosikan, dan lainnya. Untuk pemilihan pun, ada berbagai cara yang ditempuh. Mulai dari dipilih secara acak sampai dipilih berdasarkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan.

Selain giveaway, Kawan Kledo juga bisa memberikan diskon untuk mengenalkan produk Kawan Kledo. Biasa orang-orang lebih tertarik dengan produk dengan embel-embel diskon, apalagi jika diskon yang diberikan cukup besar. Jadi untuk mengenalkan produk Kawan Kledo, tidak ada salahnya untuk melakukan diskon. Kawan Kledo bisa memilih waktu diskon di hari-hari tertentu, seperti memeringati HUR RI atau ulang tahun bisnis Kawan Kledo.

10. Pakai Fitur Iklan di Instagram

Tips terakhir untuk Kawan Kledo yang ingin jualan di Instagram adalah gunakan fitur iklan yang ada di Instagram. Saat ini Instagram telah dilengkapi dengan fitur iklan yang akan membantu postingan Kawan Kleod muncul di beranda orang lain meski orang tersebut tidak mengikuti akun Kawan Kledo. Ada berbagai tarif yang ditawarkan di Instagram Iklan, mulai dari Rp25 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Kesimpulan

Instagram tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi atau berbagai foto, namun juga bisa digunakan sebagai tempat menjual sesuatu. Saat ini sebagian besar pemilik bisnis mempromosikan dagangannya di Instagram, terlebih Instagram memang dilengkapi fitur-fitur yang mendukung bisnis. Kawan Kledo bisa menggunakan tips-tips di atas untuk memaksimalkan promosi di Instagram namun jangan lupa untuk terus memberikan kualitas terbaik pada produk dan juga melakukan inovasi-inovasi agar bisnis dapat bertahan.

Selain memperhatikan kualitas dan inovasi produk, pastikan Kawan Kledo mengelola keuangan dengan baik. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengelola keuangan, mulai dari cara manual yang cukup ribet sampai cara paling mudah yaitu dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan mempermudah pengelolaan keuangan, Kledo pilihan tepat buat Kawan Kledo yang ingin mengelola keuangan tanpa ribet. Yuk kunjungi Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *