Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar? Berikut Pembahasannya

analisis pasar

Analisis pasar menjadi bagian penting yang wajib ada dalam pemasaran. Kawan Kledo harus benar-benar mengenal keadaan pasar ketika ingin memulai suatu usaha dan cara mengenal keadaan pasar ini bisa dilakukan dengan menganalisis pasar.

Lalu bagaimana cara melakukan analisis pasar ini? Ada 6 tahapan yang harus dilakukan ketika melakukan analisis pasar, yaitu:

  1. Melakukan identifikasi tujuan dari analisis
  2. Melakukan analisis industri
  3. Melakukan analisis pelanggan yang ditargetkan
  4. Melakukan analisis kompetitor
  5. Melakukan analisis SWOT
  6. Melakukan perkiraan peluang bisnis

Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membaca penjelasan yang ada di bawah ini. Namun sebelum membahas cara melakukan analisis pasar, yuk pahami pengertian dari analisis pasar dan manfaatnya.

Pengertian Analisis Pasar

analisis pasar

Analisis pasar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menilai keadaan pasar secara kualitatif dan kuantitatif. Penilaian ini dilakukan untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi karena berbagai faktor yang nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan pasar.

Dengan melakukan analisis pasar yang tepat ini Kawan Kledo bisa dengan mudah mendapatkan pengetahuan berharga terkait informasi pasar sehingga lebih mudah untuk membuat strategi pemasaran terbaik. Kawan Kledo juga bisa memahami kebutuhan pelanggan sebelum akhirnya turun ke pasar untuk mempromosikan dan menjual produk.

Manfaat Analisis Pasar

pemasaran

Ada beberapa manfaat yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan melakukan analisis pasar, apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Analisis Pasar untuk Mendapatkan Konsumen

Manfaat pertama yang akan Kawan Kledo dapatkan dari analisis pasar adalah Kawan Kledo akan lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Kemudahan ini didapatkan berdasarkan kesimpulan analisis yang telah dilakukan.

Di sini Kawan Kledo bisa mengenali target konsumen dengan lebih baik, mulai dari kebiasaan sehari-hari, kebutuhan konsumen, keadaan konsumen, dan liannya.

2. Mudah Mengenali Kompetitor

Dengan melakukan analisis terhadap pasar, Kawan Kledo juga akan lebih mudah untuk mengenali kompetitor. Dalam bisnis, kompetitor menjadi sesuatu yang pasti ada dan agar mampu bersaing, Kawan Kledo harus mengenali karakteristik kompetitor bisnis Kawan Kledo.

Jika Kawan Kledo tidak bisa mengenali kompetitor bisnis Kawan Kledo, maka bisnis Kawan Kledo akan sulit untuk berkembang. Setelah mengenali kompetitor bisnis, Kawan Kledo bisa mengetahui semua informasi terkait kompetitor bisnis mulai dari detail produk, kelebihan, hingga kelemahan bisnis kompetitor tersebut.

3. Lebih Mudah untuk Melihat Peluang

Selain dapat lebih mudah untuk mengenali kompetitor, menganalisis keadaan pasar juga akan memudahkan Kawan Kledo untuk melihat peluang yang ada. Dengan kemampuan untuk melihat peluang membuat Kawan Kledo lebih mudah untuk mengetahui kebutuhan konsumen, produk yang ada di pasar, dan lain sebagainya.

Dengan memampuan melihat peluang juga dapat membantu Kawan Kledo jika ingin membuat inovasi produk baru. Dengan begitu bisnis Kawan Kledo bisa lebih cepat berkembang dan meraih keuntungan.

4. Analisis Pasar Mengurangi Risiko Kebangkrutan

Ingin mengurangi risiko kebangkrutan? Menganalisis keadaan pasar bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Kebangkrutan suatu bisnis biasanya disebabkan oleh kondisi pasar yang tidak stabil.

Dengan menganalisis keadaan pasar akan membuat Kawan Kledo mudah dalam mengetahui keadaan pasar. Dengan begitu Kawan Kledo bisa dengan mudah menyesuaikan produk Kawan Kledo dengan kebutuhan pasar.

5. Analisis Pasar untuk Membuat Perencanaan

Membuat perencanaan bisnis ke depannya juga akan lebih mudah dengan bantuan analisis pasar. Saat menganalisis keadaan pasar Kawan Kledo dapat mengetahui kondisi pasar dan bagaimana minat pasar terhadap produk Kawan Kledo.

Dengan begitu, lebih mudah bagi Kawan Kledo untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mengembangkan bisnis di masa depan. Kawan Kledo juga bisa mempertimbangkan untuk memperluas pasar dan memaksimalkan pasar yang sudah ada.

6. Untung Lebih Cepat

Ingin memperoleh keuntungan yang lebih cepat? Kawan Kledo bisa mewujudkannya dengan menganalisis keadaan pasar.

Caranya adalah dengan memaksimalkan promosi setelah mengatahui keadaan pasar. Dengan mengetahui dan menguasai pasar, sangat mudah bagi suatu bisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat dan lebih besar.

7. Menjadi Trend Setter

Menganalisis keadaan pasar juga bisa menjadikan bisnis Kawan Kledo sebagai trend setter yang dijadikan oleh bisnis-bisnis lainnya. Hal ini dikarenakan kemampuan Kawan Kledo dalam menguasai pasar dan menciptakan inovasi produk baru yang merupakan hasil dari menganalisis keadaan pasar.

Cara Melakukan Analisis Pasar

Agar semua manfaat analisis pasar bisa didapatkan secara maksimal, Kawan Kledo perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini, apa saja?

1. Mengidentifikasi Tujuan Analisis Pasar

Langkah pertama yang harus Kawan Kledo lakukan untuk menganalisis keadaan pasar adalah dengan mengidentifikasikan tujuan dari analisis keadaan pasar tersebut. Tujuan selalu menjadi bagian penting ketika memulai sesuatu karena tujuan yang akan membantu Kawan Kledo dalam menentukan langkah selanjutnya.

Kawan Kledo setidaknya harus mengetahui tujuan menganalisis keadaan pasar sebagai keperluan internal atau keperluan eksternal. Keperluan internal bertujuan meningkatkan arus kas bisnis, sedangkankan keperluan eksternal bertujuan untuk meyakinkan pemilik modal untuk memberikan pinjaman modal.

Keduanya sama-sama penting, tergantung bagaimana kebutuhan Kawan Kledo. Jadi pastikan Kawan Kledo melakukan indentifikasi ini untuk menentukan studi Kawan Kledo bersifat internal, eksternal, atau keduanya.

2. Menganalisis Industri

Langkah kedua setelah mengidentifikasi tujuan analisis adalah dengan melakukan analisis industri. Analisis industri ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang ukuran industri, tingkat pertumbuhan, tren, dan seluk-beluk industri tempat bisnis tersebut dioperasikan.

Ada beberapa bagian yang wajib diperhatikan dalam melakukan analisis industri ini, yakni:

Ukuran Pasar

Kawan Kledo dapat memulai analisis industri ini dengan menilai ukuran pasar yang ditargetkan. Dengan membuat ukuran pasar ini Kawan Kledo dapat dengan mudah menetapkan tujuan yang realistis dan membuat rencana bisnis yang layak.

Tingkat Pertumbuhan Pasar

Selain mengetahui ukuran pasar, Kawan Kledo juga wajib mengetahui tingkat pertumbuhan pasar ketika melakukan analisis industri. Dengan mengetahui tingkat pertumbuhan pasar ini Kawan Kledo bisa memiliki gambaran berapa lama pasar tersebut akan bertahan dan bagaimana peluang pasar tersebut di masa depan.

Menilai tingkat pertumbuhan pasar dapat dilakukan dengan cara mengurangi ukuran pasar pada tahun pertama dari ukuran pasar pada tahun kedua. Setelah ditemukan hasilnya, bagi ukuran pasar untuk tahun pertama dan kalikan 100 untuk diubah dalam bentuk persentase.

Tren Industri

Mengetahui tren pasar yang sedang diminati akan membantu Kawan Kledo dalam untuk menentukan arah pasar akan bergerak. Kawan Kledo juga bisa lebih mudah menentukan jenis produk yang akan dijual ketika mengetahui tren industri ini.

Kawan Kledo harus fokus untuk menarik perhatian calon konsumen dengan cara mempromosikan produk yang Kawan Kledo jual hingga calon konsumen bersedia untuk membeli. Tren pasar ini terus mengalami perubahan dan pergerakan, jadi penting bagi Kawan Kledo untuk terus mengawasinya.

Profitabilitas Industri

Mengetahui profitabilitas industri juga sangat penting dilakukan ketika melakukan analisis industri. Semakin tinggi tingkat profitabilitas pasar, maka semakin tinggi peluang untuk mendapatkan keuntungan di sana.

Pertimbangkan juga kekuatan pembeli, kekuatan supplier, hambatan masuk, dan lainnya dalam menghitung tingkat profitabilitas industri ini.

3. Menganalisis Target Konsumen

Ketika Kawan Kledo menganalisis keadaan pasar Kawan Kledo wajib menentukan siapa target konsumen Kawan Kledo. Untuk memudahkannya, Kawan Kledo bisa menentukannya dari beberapa hal di bawah ini:

  • Demokrasi, yaitu terdiri dari usia target konsumen, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, dan lainnya.
  • Lokasi, yaitu tempat tinggal target konsumen.
  • Psikografis, yaitu apa saja yang dianggap kebutuhan, keinginan, kesuksaan, dan apa yang tidak disukai oleh target konsumen. Lebih jelasnya adalah bagaimana kepribadian target konsumen tersebut.
  • Perilaku, yaitu reaksi apa saja yang dilakukan oleh target konsumen ketika mendapatkan rangsangan tertentu, apakah mereka langsung berbelanja atau bisa menahannya.

4. Menganalisis Kompetitor

Langkah selanjutnya setelah melakukan analisis industri dan target konsumen adalah menganalisis kompetitor. Melakukan analisis terhadap kompetitor dapat membantu Kawan Kledo dalam mengidentifikasikan peluang dan ancaman dari kompetitor bisnis lainnya.

Ada 3 (tiga) jenis kompetitor yang ada dalam analisis pasar yakni:

  • Kompetitor langsung, yaitu kompetitor yang memiliki konsumen yang sama, mengalami masalah yang sama, dan memberikan solusi yang sama seperti bisnis Kawan Kledo.
  • Kompetisi sekunder, yaitu kompetitor yang memiliki konsumen berbeda namun mengalami masalah yang sama dan bisa memberikan solusi yang sama seperti bisnis Kawan Kledo.
  • Kompetitor tidak langsung, yaitu kompetitor yang memiliki target konsumen yang sama dan mengalami masalah yang sama, namun memberikan solusi yang berbeda dari bisnis Kawan Kledo.

5. Melakukan Analisis SWOT

Selanjutnya adalah melakukan analisis SWOT yang bertujuan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman dari bisnis Kawan Kledo. Dengan analisis SWOT ini Kawan Kledo juga bisa melakukan analisis bisnis kompetitor, seperti mengidentifikasikan apa yang dimiliki oleh bisnis kompetitor yang tidak dimiliki oleh bisnis Kawan Kledo.

Lalu bagaimana cara melakukan analisis SWOT ini? Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

6. Lakukan Perkiraan Harga dan Peluang

Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, ini saatnya Kawan Kledo melakukan perkiraan harga dan peluang pasar. Dalam melakukan perkiraan harga, pastikan harga yang Kawan Kledo tetapkan bisa memberikan keuntungan namun pastikan harga tersebut tetap bisa membuat target konsumen tertarik.

Selain harga, Kawan Kledo juga garus melihat bagaimana peluang bisnis Kawan Kledo, khsususnya dengan harga yang akan ditetapkan. Jangan sampai peluang bisnis Kawan Kledo menjadi kecil karena harga yang ditetapkan kalah bersaing dengan harga kompetitor lain.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara melakukan analisis pasar yang dapat Kawan Kledo lakukan. Melakukan analisis pasar ini sangat berguna bagi pengembangan bisnis Kawan Kledo, jadi pastikan Kawan Kledo melakukannya dengan baik agar bisnis Kawan Kledo dapat berjalan dengan lancar.

Selain analisis pasar, Kawan Kledo juga wajib mengelola keuangan bisnis dengan baik. Pengelolaan bisnis yang baik akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis dan dapat mengurangi risiko kebangkrutan.

Untuk memudahkannya, Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Ada berbagai macam fitur yang dimiliki oleh Kledo dan semuanya akan membuat pengelolaan keuangan tidak hanya lebih mudah, tapi juga lebih menyenangkan. Tunggu apa lagi, yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − sixteen =