Anggaran Kas: Definisi, Contoh, dan Cara Menyusunnya

anggaran kas

Anggaran kas menjadi komponen yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Karena apa? Tak lain karena kas merupakan aset yang sangat sering digunakan mengingat karakteristik kas yang sangat mudah digunakan.

Oleh sebab itu, sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya perlu menyusun anggaran tersebut. Tujuannya agar menciptakan efisiensi dan efektivitas penggunaan kas perusahaan.

Dengan begitu, risiko kerugian karena penyelewengan kas dapat terhindari. Selanjutnya, dari anggaran yang telah dibuat dapat menjadi acuan penyusunan laporan keuangan di akhir periode.

Sila simak dengan seksama artikel ini, ya. Di bawah ini kami sajikan informasi penting untuk Kawan Kledo!

Apa Sih yang Dimaksud dengan Anggaran Kas?

anggaran kas

Anggaran kas atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah cash budget merupakan sebuah anggaran yang disusun oleh perusahaan untuk membuat perkiraan penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode tertentu.

Selain untuk membuat taksiran kas, cash budget juga berfungsi untuk menjaga likuiditas aset perusahaan. Sehingga penyusunan cash budget mutlak dilakukan oleh entitas bisnis.

Guna efisiensi dan efektivitas manajemen kas, perusahaan harus mempunyai planning apabila terjadi kekurangan atau kelebihan kas.

Apabila perusahaan sedang mengalami kekurangan kas, maka dapat diantisipasi dengan mencari sumber dana lain untuk mendapatkan suntikan dana tunai.

Sedangkan jika perusahaan sedang mengalami surplus kas, maka kelebihan dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah investasi perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Kas Kecil? Berikut Pengertian, Penggunaan, dan Tips Mengaturnya

Bagaimana Cara Kerja Anggaran Kas?

Anggaran kas adalah proyeksi, dan karena itu bergantung pada proyeksi lain untuk memberikan dasar perhitungannya.

Ketergantungan ini berarti bahwa keakuratan anggaran kas ditentukan oleh keakuratan informasi yang digunakan untuk membuat proyeksinya, dengan data dasar yang lebih akurat memungkinkan Anda untuk lebih akurat memproyeksikan kinerja selama periode waktu yang ditetapkan.

Saat menghitung anggaran kas, pertama-tama identifikasi kebutuhan dan peluang arus kas perusahaan selama periode waktu yang Anda nilai.

Bentuk kebutuhan yang umum termasuk kewajiban pinjaman, pembayaran kepada pemangku kepentingan dan biaya operasional. Peluang dalam satu periode antara lain investasi, pendanaan baru dari pinjaman dan pendapatan operasional.

Anggaran kas digunakan sebagai bagian penting dari perencanaan perusahaan, karena menunjukkan apakah perusahaan memiliki cukup kas yang tersedia untuk menutupi biaya pada periode yang dinilai.

Hasil negatif dari penilaian anggaran kas berarti bahwa perusahaan tidak dapat menutupi biaya operasi jika proyeksi akurat, dan mungkin perlu mengambil pinjaman atau mencari opsi pendanaan tambahan untuk melakukan pembayaran.

Memahami Tujuan Penyusunan Anggaran Kas

Seperti yang sudah kita singgung pada paragraf di atas, cash budget mempunyai fungsi untuk menaksir alur penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan serta menjaga likuiditas aset persuahaan.

Namun, masih ada fungsi lainnya, ya. Nah di bawah ini merupakan tujuan penyusunan cash budget yang wajib hukumnya untuk Kawan Kledo ketahui.

  • Untuk mengetahui keadaan kas perusahaan apakah mengalami surplus atau justru defisit.
  • Sebagai alat untuk memantau keadaan kas secara kontinyu.
  • Melakukan penyesuaian kas dengan seluruh modal kerja, biaya yang dikeluarkan, utang yang dilakukan, serta perolehan pendapatan penjualan.
  • Menunjukkan gambaran posisi kas akhir pada setiap periode akuntansi serta semua kegiatan operasional yang berkaitan dengannya.
  • Memeriksa kemungkinan terjadinya kelebihan maupun kekurangan kas serta mengambil keputusan untuk mengantisipasinya.
  • Sebagai alat tolak ukur keberhasilan target yang telah dibuat perusahaan.
  • Sebagai alat koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan operasional perusahaan.

Anggaran Kas Jangka Pendek dan Anggaran Kas Jangka Panjang

Ketika mengklasifikasikan anggaran kas, orang biasanya membaginya menjadi dua kategori.

Anggaran kas jangka pendek mencakup periode yang diukur dalam minggu atau bulan, sedangkan anggaran kas jangka panjang mencakup periode tahun. Anggaran kas satu tahun kadang-kadang disebut sebagai anggaran kas perantara.

Anggaran kas jangka pendek memungkinkan Anda untuk menguji kelangsungan hidup jangka pendek sebuah perusahaan. Mereka paling bermanfaat ketika memeriksa keberlanjutan kewajiban yang dihadapi perusahaan secara teratur.

Anggaran kas jangka pendek perusahaan dapat memverifikasi bahwa mereka mampu memenuhi tuntutan seperti gaji, tagihan, sewa, dan biaya produksi. Ini akan sering mencakup proyeksi keuangan berdasarkan penjualan dan tagihan akun.

Anggaran kas jangka panjang memberikan gambaran yang lebih baik tentang kelangsungan hidup perusahaan.

Daripada berfokus pada metrik individu seperti dalam anggaran kas jangka pendek, anggaran kas jangka panjang biasanya menggunakan penilaian tingkat makro perusahaan seperti laporan triwulanan.

Anggaran kas jangka panjang adalah alat yang berguna untuk tugas-tugas yang mencakup penentuan nilai perusahaan sebagai investasi dengan membuat proyeksi bagaimana perusahaan dapat tumbuh selama beberapa tahun.

Jangka waktu yang lebih lama pada anggaran kas jangka panjang membutuhkan lebih banyak proyeksi, yang dapat menyebabkan peningkatan ketidakpastian. Namun, itu juga dapat memberikan wawasan berharga tentang peluang perusahaan untuk sukses dalam jangka panjang.

Metode Penyusunan Anggaran Kas

anggaran kas

Kawan Kledo kini sudah mengetahui apa saja tujuan penyusunan cash budget, kan? Nah, berikutnya mari kita belajar bersama mengenai macam-macam metode penyusunannya.

Secara umum, terdapat 3 macam metode penyusunan cash budget yakni metode penerimaan dan pembayaran, metode untung dan rugi yang disesuaikan, serta metode neraca.

Secara lebih lengkap, di bawah ini penjelasan terperinci masing-masing metode. Simak baik-baik, ya!

Metode Penerimaan dan Pembayaran

Dalam metode ini, cash budget berbentuk kolom yang mempunyai dua bagian. Bagian pertama merupakan bukti tanda terima sedangkan bagian kedua yaitu bukti pembayaran.

Adapun untuk menghitung kas dengan metode ini menggunakan rumus total penerimaan ditambah dengan saldo kas awal kemudian dikurangi jumlah pembayaran untuk mengetahui nilai saldo akhir kas.

Apabila jumlah penerimaan lebih besar daripada pembayaran menandakan terjadi surplus kas. Namun jika yang terjadi sebaliknya, menandakan terjadi defisit kas.

Metode Untung dan Rugi yang Disesuaikan

Nama lain metode ini yaitu metode laporan arus kas. Metode ini bertujuan untuk memberikan laporan pendapatan dan pengeluaran secara lebih terperinci guna kepentingan perencanaan jangka panjang perusahaan.

Jika suatu perusahaan menggunakan metode ini, maka keuntungan yang dapat dianggap setara dengan jumlah kas yang tersedia. Kas yang dimaksud dapat berupa kas tunai maupun kas non-tunai.

Penghitungan keuntungan dapat dihitung dengan cara melakukan penyesuaian antara laba di saldo akhir kas ditambah dengan penyusutan yang terjadi, stok barang, provisi, piutang pendapatan, penurunan utang, kenaikan pinjaman yang diberikan kemudian dikurangi dividen, penambahan jumlah utang, pembayaran laba investor, penambahan stok barang, dan penurunan pinjaman.

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam menyusun anggaran dengan menggunakan metode ini, yaitu:

  • Saldo awal yang diharapkan.
  • Laba bersih pada periode berjalan.
  • Perubahan yang terjadi pada aset dan utang lancar.
  • Penerimaan dan pengeluaran terhadap modal.
  • Pembayaran dividen kepada pemegang saham.

Metode Neraca

Sebenarnya metode ini mirip dengan metode laporan arus kas. Hanya saja, dalam metode ini seluruh item dicatat pada masing-masing pos rekening kecuali kas.

Nah, ada dua aturan untuk melakukan penilaian cash budget dengan metode ini.

Pertama, apabila sisi utang lebih besar saldonya dibandingkan dengan sisi aset, maka untuk menyamakan kedua sisi menggunakan kas yang tersedia di bank.

Kedua, jika saldo pada sisi aset lebih besar daripada sisi utang maka perlu dilakukan overdraft dengan cara melakukan perlakuan terhadap kredit dari bank ketika saldo pada rekening mempunyai nominal 0.

Tips Mudah Menyusun Anggaran Kas

Setelah mengetahui definisi, tujuan, beserta jenis-jenis metode penyusunan cash budget, selanjutnya kami akan menyampaikan informasi bermanfaat cara mudah menyusun anggaran kas. Apa saja ya?

  1. Melakukan analisis besaran kas yang masuk ke perusahaan. Langkah ini merupakan hal dasar untuk persiapan penyusunan cash budget. Ketika memulai sebuah bisnis, Kawan Kledo harus mempunyai saldo kas awal serta melakukan perkiraan berapa target kas yang harus diperoleh setiap bulannya.
  2. Memperkirakan arus keluar perusahaan. Selain kas keluar, Kawan Kledo juga harus membuat rancangan anggaran kas keluar setiap bulannya. Misalnya pembelian perlengkapan, membayar beban sewa, beban listrik, dan gaji karyawan.
  3. Pastikan arus kas yang masuk lebih besar daripada kas keluar. Supaya bisnis Kawan Kledo mendapatkan keuntungan, tentu saja kas yang didapat harus lebih besar dari pengeluaran. Apabila yang terjadi sebaliknya, berarti kerugian yang terjadi. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengelola kas, ya!
  4. Saldo awal bulan selanjutnya merupakan saldo akhir bulan sebelumnya. Misalnya, pada akhir bulan Agustus tercatat saldo akhir kas sebesar 10 juta. Nah, kas 10 juta inilah yang menjadi saldo kas awal untuk bulan September.
  5. Carilah sumber dana lain saat arus kas berubah negatif. Jika arus kas negatif menandakan bahwa perusahaan Kawan Kledo sedang mengalami kekurangan kas. Maka Kawan Kledo disarankan untuk mengambil pinjaman dana dari pihak lain untuk melakukan pembiayaan. Sehingga arus kas dapat berubah menjadi positif kembali.
  6. Menyusun anggaran kas secara konsisten. Cash budget merupakan pegangan Kawan Kledo dalam mengatur bisnis. Dengan rutin melakukan cash budget, tentu akan memberi dampak besar bagi bisnis Kawan Kledo.

Kesimpulan

Kawan Kledo sudah mengetahui definisi, tujuan, metode serta cara penyusunan anggaran kas. Dengan begitu, semoga informasi yang tersaji dalam artikel ini dapat memperlancar bisnis yang dijalankan Kawan Kledo.

Cash budget tak lain merupakan alat untuk memantau perputaran kas masuk dan keluar dalam perusahaan. Karena sifat kas yang sangat likuid, maka perlu dilakukan pengawasan salah satunya dengan menyusun cash budget.

Menyusun cash budget harus dilakukan secara hati-hati dan seksama. Selain itu, konsisten menyusun cash budget dapat menjadi kunci sukses bisnis Kawan Kledo.

Ingin lebih mudah dalam menyusun anggaran kas ini? Yuk gunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Dengan Kledo, Kawan Kledo dapat mengelola keuangan bisnis dengan mudah dan tidak hanya itu, dengan Kledo Kawan Kledo juga bisa mengelola keuangan bisnis dari mana saja dan kapan saja. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − nine =