Apa Itu Partnership? Ini Pengertian, Jenis dan Cara Membangunnya

apa itu partnership

Partnership jadi bagian yang cukup penting dalam bisnis. Untuk melebarkan sayap bisnis menjadi lebih besar lagi dibutuhkan partnership atau kemitraan dengan bisnis lain.

Lalu apa sih sebenarnya pengertian dari partnership atau kemitraan ini serta bagaimana cara membangunnya dalam bisnis? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, Kawan Kledo bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Partnership?

apa itu partnership

Partnership adalah hubungan dua atau lebih ‘mitra’ yang menjalankan bisnis dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Kawan Kledo dan mitra bertanggung jawab untuk menjalankan bisnis dan berbagi keuntungan.

Kawan Kledo dan mitra secara pribadi bertanggung jawab untuk membayar tagihan). Kemitraan bukanlah badan hukum yang terpisah.

Mitra tidak harus orang yang sebenarnya, misalnya perseroan terbatas dianggap sebagai badan hukum dan juga dapat menjadi mitra dalam kemitraan.

Mengapa Partnership Diperlukan?

Ada fleksibilitas yang lebih besar dalam kemitraan dibandingkan saat menjalankan perusahaan. Juga lebih mudah untuk mengumpulkan lebih banyak modal dengan membawa lebih banyak orang ke dalam bisnis.

Kemitraan dapat menjadi cara terbaik untuk menggabungkan berbagai keterampilan dan berbagi pengalaman untuk menciptakan entitas bisnis yang kuat.

Kelebihan dari partnership

  • Kawan Kledo dapat mendirikan kemitraan dengan mudah, termasuk dengan cara informal jika Kawan Kledo menganggap cara formal atau tercatat belum perlu dilakukan.
  • Keterbatasan yang terdapat dalam bisnis dapat disiasati dengan keterampilan yang dimiliki oleh setiap mitra.
  • Untuk pembagian laba, Kawan Kledo bisa melakukannya sesuai kesepakatan dengan mitra. Ini pastinya lebih memudahkan karena bisa menyesuaikan dengan modal dan beban kerja masing-masing mitra.
  • Dapat mengumpulkan modal aktif bisa lebih besar. Pastinya ini akan memudahkan Kawan Kledo untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.
  • Kawan Kledo dapat beradaptasi dengan mudah dan juga bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan.

Kekurangan dari partnership

  • Kemitraan tidak terpisah dari mitra (yaitu tidak dianggap sebagai badan hukum dengan hak mereka sendiri) dan dengan demikian tidak memiliki keberadaan hukum independen yang berbeda dari mitra. Akibatnya, kemitraan akan berakhir secara otomatis setelah pengunduran diri atau kematian salah satu mitra, kecuali jika ada perjanjian Kemitraan yang memberikan alternatif.
  • Karena sebagian besar kemitraan tidak terpisah dari mitra, Kawan Kledo dan mitra bertanggung jawab secara pribadi jika bisnis mengalami kerugian dan untuk setiap hutang yang timbul.
  • Bagian keuntungan Anda juga dikenakan pajak sebagai penghasilan.
  • Perselisihan apa pun yang timbul dalam kemitraan dapat menyebabkan masalah besar dalam menjalankan bisnis secara efektif atau ketika harus mengakhiri bisnis.

Apa Saja Jenis-Jenis Partnership?

Ada berbagai jenis kemitraan yang dapat Kawan Kledo pilih untuk bisnis Kawan Kledo. Nah, kira-kira kemitraan seperti apa nih yang cocok untuk bisnis Kawan Kledo?

1. General Partnership

General partnership artinya Kawan Kledo dan mitra secara pribadi dan bersama-sama berbagi tanggung jawab untuk menjalankan bisnis. Dengan begitu keberhasilan bisnis ada di tangan kedua belah pihak.

2. Limited Partnership

Kemitraan terbatas atau limited partnership artinya tanggung jawab atas hutang dapat jatuh ke mitra tertentu daripada dibagi rata. Mitra ini maksudnya yaitu mitra umum sebagai lawan dari mitra terbatas bertanggung jawab tanpa batas untuk semua hutang dan kewajiban perusahaan.

3. Limited Liability Partnership

Limited Liability Partnership atau LLP merupakan jenis kemitraan yang lebih seperti perusahaan di mana mitra tidak bertanggung jawab secara pribadi atas hutang dan kewajiban. LLP dianggap sebagai badan hukum yang ada sebagai ‘orang’ hukum yang independen dari mitra.

Cara Membangun Partnership

apa itu partnership

Sebelum Kawan Kledo memutuskan siapa yang akan bergabung kemitraan, Kawan Kledo harus memeriksa mitra potensial ini. Bahkan jika Kawan Kledo telah mengenal seseorang dari taman kanak-kanak, ada baiknya untuk memastikan bahwa mereka adalah bahan partner yang baik.

Berikut cara yang dapat digunakan untuk memastikan seseorang merupakan calon mitra yang baik:

  • Lakukan pemeriksaan kredit pada masing-masing mitra. Gunakan satu atau lebih agen kredit untuk menjalankan pemeriksaan kredit.
  • Periksa keberadaan online orang tersebut. Media sosial apa yang digunakan orang ini? Jenis kegiatan atau foto apa yang mereka posting? Apakah ada sesuatu yang Anda tidak ingin klien atau pelanggan lihat?
  • Lakukan tes kepribadian pada masing-masing pasangan. Tes kepribadian seperti Indikator Tipe Meyers-Briggs dapat membantu Kawan Kledo melihat partner dan potensi masalah dengan interaksi.

Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa mengikuti langkah-langkah di bawha ini dalam membangun kemitraan:

Langkah Satu: Buat Keputusan Terkait Mitra

Kawan Kledo mungkin memulai kemitraan dengan satu atau lebih pemilik lain. Ada beberapa keputusan yang perlu Kawan Kledo buat tentang peran, tanggung jawab, dan pembayaran terkait anggota ini. Berikut beberapa cara dalam membuat keputusan terkait mitra yang akan dipilih:

Kontribusi Mitra

Berapa biaya untuk bergabung dengan kemitraan ini? Biasanya, ketika kemitraan terbentuk atau mitra baru bergabung, orang tersebut menyumbangkan sejumlah uang tertentu untuk kemitraan tersebut.

Kawan Kledo perlu memutuskan berapa banyak setiap mitra awal harus berkontribusi, dan berapa banyak mitra baru di masa depan akan berkontribusi.

Jenis Mitra

Jenis mitra apa yang Kawan Kledo inginkan dalam kemitraan ini? Apakah semua mitra sama, atau apakah beberapa memiliki lebih banyak tanggung jawab untuk kegiatan sehari-hari daripada yang lain?

Berbagi Mitra

Berapa bagian dari keuntungan yang diperoleh masing-masing mitra? Keuntungan kemitraan dibagi antara mitra menurut kontribusi mereka, senioritas, jenis, atau kombinasi di atas.

Kawan Kledo dapat mengambil 100 persen dan bagi di antara semua mitra. Jumlah yang harus dibayarkan kepada masing-masing sekutu disebut bagian distributif.

Tentu saja, mitra akan berbagi kerugian kemitraan dalam persentase yang sama. Distribusi ini hanya untuk pajak; jumlah yang diambil masing-masing mitra dari kemitraan dari persentase ini adalah kebijaksanaan.

Langkah Kedua: Tentukan Jenis Kemitraan

Berdasarkan keputusan yang Kawan Kledo buat di Langkah Pertama, ini saatnya Kawan Kledo harus memilih jenis kemitraan. Ada beberapa jenis untuk dipilih.

Kemitraan umum memiliki satu jenis mitra, dan semua berpartisipasi dalam keputusan sehari-hari dan cara kerja berbagi kemitraan mereka adalah sama.

Kemitraan terbatas memiliki mitra umum dan mitra terbatas.
Kemitraan Tanggung Jawab Terbatas memungkinkan semua mitra dilindungi dari tanggung jawab untuk kegiatan kemitraan normal.

Kawan Kledo bisa memilih jenis partnership yang paling cocok dengan bisnis Kawan Kledo.

Langkah Tiga: Tentukan Nama Kemitraan

Jenis kemitraan yang Kawan Kledo miliki akan menentukan nama kemitraan. Misalnya, jika Kawan Kledo memulai kemitraan tanggung jawab terbatas, Kawan Kledo ingin penunjukan ini atas nama Kawan Kledo sendiri.

Beberapa daerah atau negara memiliki persyaratan untuk nama berbagai jenis bisnis, jadi inilah saatnya untuk melakukan riset sebelum Kawan Kledo memilih nama itu.

Nama bisnis adalah bagian penting dari informasi untuk bisnis dan sulit — dan mahal — untuk diubah, jadi pastikan Kawan Kledo tegas tentang nama bisnis.

Langkah Empat: Buat Perjanjian Kemitraan

Jangan lewatkan langkah penting ini dalam memulai kemitraan Kawan Kledo. Perjanjian kemitraan menetapkan secara tertulis semua proses dan keputusan yang telah disepakati oleh para mitra. Ini menjawab semua pertanyaan “bagaimana jika” yang bisa muncul dalam kehidupan kemitraan.

Kawan Kledo harus mengantisipasi hal-hal buruk yang dapat terjadi di masa depan dalam perjanjian kemitraan ini. Pastikan perjanjian ini tidak merugikan pihak Kawan Kledo maupun pihak mitra dan dibuat dengan sebaik-baiknya.

Langkah Lima: Dapatkan Pendaftaran, Lisensi, dan Izin Lainnya

Buat Kawan Kledo yang membentuk bisnis partnership dalam bentu CV (Persekutuan Komanditer) atau firma, mendaftarkan lisensi dan izin merupakan bagian yang harus diperhatikan. Izin dan lisensi ini dibutuhkan agar bisnis Kawan Kledo resmi secara hukum dan hak-hak Kawan Kledo dan mitra dilindungi oleh negara.

Kawan Kledo bisa berbagi peran dengan mitra dalam pendaftaran, lisensi, dan izin ini.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian partnership, jenis, dan cara membangunnya. Selain kemitraan atau partnership, pastikan juga Kawan Kledo melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini. Kledo adalah software akuntansi yang di dalamnya dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis.

Daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Banner 3 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − thirteen =