Biaya Pemasaran: Jenis, Metode Hitung, dan Jurnalnya

biaya pemasaran

Upaya pemasaran dan promosi dapat membantu bisnis mengembangkan basis pelanggan mereka dan meningkatkan pengenalan merek. Seperti kebanyakan operasi bisnis, upaya ini dapat menghabiskan biaya untuk pemasaran dan perusahaan biasanya mempertimbangkan pengeluaran ini dalam anggaran mereka.

Dengan pengaturan dan perencanaan, Anda dapat melacak pengeluaran dan tetap berada dalam anggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Pada artikel ini, kami mengeksplorasi metode untuk melacak biaya pemasaran, memberikan delapan contoh biaya pemasaran yang berbeda dan menjelaskan pentingnya melacaknya.

Apa Itu Biaya Pemasaran?

Biaya pemasaran adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk membiayai pemasaran yang dilakukan baik secara offline maupun online.

Metrik ini sangat penting untuk mengelola anggaran pemasaran atau anggaran iklan Anda. Biaya ini mencakup pengeluaran seperti iklan di media cetak dan online, live streaming, radio, dan lainnya.

Baca juga: Syarat Pembayaran: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contoh Soal

Apa Metode yang Digunakan untuk Melacak Biaya Pemasaran?

biaya pemasaran
marketing concept with business graph and chart hand drawing on blackboard

Membuat rencana pemasaran termasuk mengembangkan anggaran dan melacak pengeluaran terkait pemasaran. Berikut adalah dua metode khusus untuk melacak biaya pemasaran:

Pendekatan alokasi

Metode ini menyarankan agar perusahaan mengalokasikan atau menyisihkan sejumlah uang tertentu untuk suatu bidang usaha.

Misalnya, jumlah yang disisihkan secara khusus akan berfokus pada upaya promosi pemasaran. Kemudian tim pemasaran dapat menentukan bagaimana membagi uang itu di antara setiap pengeluaran dalam rencana mereka dan menyesuaikan rencana sesuai kebutuhan agar sesuai dengan anggaran.

Expense first

Metode ini merekomendasikan agar perusahaan membuat daftar apa yang ingin mereka capai dalam bidang bisnis di tahun depan, yang dalam skenario ini mengacu pada tujuan pemasaran.

Kemudian perusahaan dapat memperkirakan berapa banyak uang yang dapat dikeluarkan untuk mencapai tujuan tersebut. Bergantung pada estimasi, revisi, atau adaptasi pemasaran, perubahan dapat terjadi hingga tim merasa bahwa rencana tersebut layak secara finansial.

Baca juga: Laporan Laba Rugi: Pengertian, Template, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

8 Jenis Biaya Pemasaran dan Contohnya

Biaya pemasaran adalah biaya apa pun yang terjadi saat mempromosikan perusahaan dan produk atau layanannya, yang dapat mencakup biaya dari upaya pemasaran tradisional dan digital.

Saat menyusun strategi untuk anggaran pemasaran yang akan datang, memahami berbagai pengeluaran dapat membantu untuk mempertimbangkan bagaimana masing-masing sesuai dengan anggaran Anda.

Beberapa kategori dan pengeluaran pemasaran dapat meliputi:

1. Iklan

Promosi pemasaran dapat berfokus pada penggunaan iklan untuk menarik perhatian pada merek atau produk dan layanan yang dapat ditawarkannya. Iklan dapat menggunakan pemasaran tradisional, pemasaran digital atau keduanya.

Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kombinasi iklan cetak dan online. Contoh upaya periklanan potensial untuk dipertimbangkan dalam anggaran pemasaran adalah:

  • Koran dan majalah
  • Baliho dan poster
  • Surat langsung dan email
  • Televisi dan radio
  • Media sosial dan bayar per klik

Upaya periklanan yang menjadi fokus perusahaan mungkin berbeda tergantung pada tujuannya dan cara terbaik untuk mencapainya.

Misalnya, perusahaan yang ingin memberikan lebih banyak perhatian ke situs webnya mungkin menggunakan iklan bayar per klik untuk mempromosikannya.

Cost per click mengacu pada mempromosikan situs web perusahaan Anda di mesin pencari dan membayar jumlah tertentu setiap kali pelanggan mengklik iklan, yang biasanya berada di dekat bagian atas hasil pencarian.

Biaya iklan dapat bervariasi tergantung pada slot, perangkat lunak yang diperlukan, atau materi produksi.

2. Media cetak

Promosi cetak adalah komponen utama dari strategi pemasaran tradisional dan dapat mendistribusikan informasi kepada konsumen dengan cara yang nyata. Beberapa upaya pemasaran cetak dalam rencana bisnis dapat meliputi:

  • Brosur
  • Selebaran
  • Poster
  • Kartu nama
  • Katalog
  • Spanduk

Barang-barang cetak ini dapat bervariasi dalam biaya tergantung pada dimensi, warna, atau kuantitas.

Baca juga: Pemasaran Online: Manfaat, Jenis, Tantangan, dan Contohnya

3. Jasa desain dan pengembangan

Tim pemasaran mungkin memerlukan keahlian dari individu yang berbeda untuk membantu mencapai laba atas investasi tertinggi mereka, yang dapat mencakup kontrak:

  • Desainer atau seniman lepas
  • Pengembang lepas
  • Penulis atau editor lepas
  • Konsultan iklan berbayar

Pakar kontrak dapat memberikan manfaat pemasaran jika perusahaan memiliki tujuan spesifik yang ingin mereka capai.

Misalnya, jika mereka ingin mendapatkan lebih banyak lalu lintas di situs web mereka, mungkin menguntungkan bagi mereka untuk merekrut spesialis SEO.

4. Barang promosi

Barang dagangan perusahaan dapat membantu meningkatkan pengenalan merek dan memberikan peluang untuk pemasaran organik.

Misalnya, sebuah perusahaan menjual kaus oblong dengan logonya dan seseorang yang melihatnya mencari merek, menjelajahi produk, dan melakukan pembelian. Contoh merchandise promosi adalah:

  • Pakaian
  • Peralatan Kantor
  • Kacamata hitam
  • Tas

Merchandise dapat menyediakan bisnis dengan iklan harian setiap kali konsumen memakai pakaian mereka.

Materi seperti ini juga dapat bermanfaat bagi upaya bisnis untuk memperluas kesadaran merek jika mereka mengadakan atau menghadiri acara karena mereka dapat menjual atau memberikan merchandise kepada peserta acara. Biaya untuk masing-masing tergantung pada produksi atau kuantitas.

5. Alat dan teknologi

Alat dan teknologi dapat membantu tim pemasaran merampingkan operasi dan membuat materi promosi berkualitas tinggi. Alat dan teknologi yang umum digunakan untuk pemasaran adalah:

  • Perangkat lunak desain: Tim pemasaran dapat menggunakan perangkat lunak desain digital untuk pembuatan grafis, perubahan foto, produksi video dan audio atau animasi.
  • Domain situs web: Domain situs adalah titik akses utama bagi konsumen untuk menjangkau situs web resmi bisnis.
  • Platform otomatis: Platform otomatisasi dapat membantu merampingkan komunikasi promosi karena menghilangkan keharusan mengirim komunikasi ini secara manual.
  • Sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM): Sistem CRM memberi tim tempat sentral untuk mengelola pengalaman dan interaksi pelanggan.

Alat dan teknologi ini mungkin membebankan biaya layanan bulanan atau tahunan.

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Tujuan, Fungsi, dan Strategi yang Efektif

6. Peralatan

Membuat materi pemasaran dan promosi biasanya membutuhkan peralatan seperti:

  • Komputer
  • Smartphone atau tablet
  • Printer
  • Kamera
  • Perangkat cahaya atau suara produksi video
  • Monitor

Peralatan fisik yang digunakan oleh tim pemasaran perusahaan dapat bervariasi tergantung pada tujuan dan kebutuhan pemasaran spesifiknya.

Misalnya, jika sebuah perusahaan menyertakan produksi iklan baru dalam anggarannya, kemungkinan besar mereka membutuhkan peralatan produksi video atau audio.

Tim dapat menggunakan peralatan perusahaan atau menyewa peralatan sesuai kebutuhan, yang dapat memengaruhi biaya peralatan.

7. Penelitian

Riset penting untuk mengembangkan kampanye pemasaran dan promosi yang terinformasi karena dapat menghasilkan peluang yang lebih tinggi untuk menjangkau audiens target atau membujuk pelanggan untuk terlibat dengan produk atau layanan. Biaya penelitian mungkin termasuk:

  • Akses ke laporan atau jurnal
  • Mengembangkan dan mendistribusikan survei

Biaya bahan penelitian atau perangkat lunak mungkin mengenakan biaya per penggunaan individu atau membebankan biaya layanan atau kepemilikan tetap.

8. Biaya event

Penting untuk diingat bahwa meskipun perusahaan Anda tidak menyelenggarakan acara, mungkin masih ada biaya acara dari menghadiri acara. Biaya acara yang komprehensif dapat meliputi:

  • Biaya pendaftaran
  • Biaya perjalanan
  • Biaya stan atau pajangan
  • Perlengkapan untuk menyelenggarakan acara

Bergantung pada lokasi dan lamanya acara, biaya yang dibayarkan perusahaan dapat bervariasi untuk acara yang dihadiri dan diselenggarakan.

Baca juga: Continuous Advertising: Hal Penting yang Harus Ada dalam Strategi Pemasaran Anda

Pentingnya Pelacakan Biaya Pemasaran

Pengeluaran pelacakan dapat membantu tim pemasaran merencanakan dan mempersiapkan operasi yang akan datang dan tetap berada dalam anggaran yang ditetapkan. Alat untuk membantu melacak pengeluaran pemasaran bisnis Anda meliputi:

  • Templat: Templat anggaran dapat membantu memantau dan melacak pengeluaran dari hari ke hari dan menyediakan referensi bagi tim pemasaran saat membuat keputusan tentang pengeluaran mendatang.
  • Sistem manajemen pengeluaran: Sistem ini melacak semua pengeluaran perusahaan di satu tempat dan memberi setiap anggota tim informasi anggaran real time.

Salah satu alat yang memudahkan Anda mengelola anggaran keuangan perusahaan adalah software akuntansi seperti Kledo.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa melacak semua pengeluaran dan pemasukan secara real time sehingga bisa membantu Anda mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis.

Tertarik mencoba? Amda berkesempatan mencoba Kledo gratis 14 hari dengan menekan tombol di gambar banner ini. Jika butuh informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim sales Kledo yang selalu siap untuk membantu Anda.

Banner 3 kledo

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Pemasaran?

Perhitungan biaya pemasaran sangat mudah, cukup ambil semua pengeluaran iklan dari semua platform dan kampanye iklan Anda (dari iklan Facebook hingga Google Ads, atau papan iklan.) dan tambahkan.

Perhitungan biaya iklan adalah:

Total biaya pemasaran online + Total biaya pemasaran offline = Total biaya pemasaran

Bagaimana Cara Mencatat Biaya Pemasaran di Akuntansi?

biaya pemasaran

Saat Anda membelanjakan uang untuk biaya iklan dan promosi, Anda perlu membuat entri buku besar.

Mencatat berapa banyak yang Anda keluarkan untuk biaya promosi bisnis dapat membantu Anda tetap berada dalam anggaran periklanan tahunan Anda, mengetahui ke mana uang Anda pergi, dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Jika Anda menggunakan akuntansi double entry, Anda harus mencatat biaya iklan Anda saat Anda menerima faktur. Dan, Anda perlu membuat entri terpisah saat Anda membayar tagihan.

Setelah Anda menerima faktur, Anda perlu mendebit akun beban pemasaran dan mengkredit akun hutang Anda. Anda mendebet akun pengeluaran iklan Anda karena itu merupakan peningkatan pengeluaran Anda. Anda mengkredit akun hutang dagang Anda karena merupakan kewajiban.

Entri jurnal Anda akan terlihat seperti ini:

TanggalAkunCatatanDebitKredit
X/XX/XXXXBeban PemasaranUang berutang kepada Majalah ABC untuk iklan1.000.000
Akun hutang1.000.000

Saat Anda membayar tagihan untuk biaya pemasaran, Anda akan membuat entri jurnal lainnya. Anda perlu mendebit akun hutang Anda dan mengkredit akun kas Anda.

Anda mendebit akun hutang Anda karena Anda mengurangi kewajiban Anda. Dan, Anda mengkredit akun tunai Anda karena Anda mengurangi jumlah uang yang dimiliki bisnis Anda.

Entri Anda akan terlihat seperti ini:

TanggalAkunCatatanDebitKredit
X/XX/XXXXAkun hutangUang dibayarkan ke Majalah ABC untuk iklan1.000.000
Kas1.000.000

Baca juga: Lingkungan Pemasaran: Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai apa itu biaya pemasaran beserta contoh dan cara pembukuannya di akuntansi. Mengelola berbagai biaya pengeluaran dan pemasukan lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo merupakan software buatan anak bangsa yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan bahkan bagi Anda yang masih awam dengan akuntansi.

Software ini bisa Anda gunakan darimana saja dan kapan saja dibutuhkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera upgrade level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga!

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − four =