Komunikasi Pemasaran: Tujuan, Fungsi, dan Strategi yang Efektif

komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran adalah proses menciptakan dan menyampaikan pesan yang mempromosikan kepentingan entitas yang mencakup periklanan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.

Ketika digunakan secara efektif, komunikasi pemasaran dapat menjadi alat yang ampuh untuk semua jenis bisnis, membantu menghasilkan lebih banyak prospek, penjualan, dan pelanggan setia.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi jawaban atas apa itu komunikasi pemasaran dan poin-poin pembahasan penting lainnya.

Apa Itu Komunikasi Pemasaran?

komunikasi pemasaran

Jawaban untuk pertanyaan apa itu komunikasi pemasaran adalah bahwa hal ini mengacu pada penggunaan strategi dan alat pemasaran agar bisa terhubung dengan target audiens atau pasar Anda.

Informasi dikomunikasikan dengan cara yang paling unik untuk menciptakan kesadaran dan membuat pelanggan menikmati produk dan jasa yang ditawarkan.

Jadi, Anda dapat mendefinisikan komunikasi pemasaran sebagai penerapan berbagai saluran komunikasi seperti televisi, email, brosur, dan lainnya untuk memenuhi tujuan pemasaran.

Baca juga: Continuous Advertising: Hal Penting yang Harus Ada dalam Strategi Pemasaran Anda

Apa Saja Tujuan Komunikasi Pemasaran?

Di pasar yang penuh dengan pesaing, perusahaan memanfaatkan berbagai teknik dan taktik unik untuk menjangkau audiens mereka. Mereka menggabungkan saluran dan alat pemasaran untuk menyampaikan pesan yang diperlukan dan memastikan prospek memahaminya.

Adapun tiga tujuan utama komunikasi pemasaran adalah untuk menciptakan kesadaran, pemahaman, dan minat:

Kesadaran

Pertama, perusahaan harus memastikan bahwa audiens target mengetahui produk atau layanan perusahaan sebelum mereka dapat mengharapkan mereka memiliki minat di dalamnya.

Tim komunikasi pemasaran menggunakan berbagai saluran untuk menciptakan kesadaran, termasuk periklanan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung.

Pemahaman

Setelah membuat audiens mengetahui produk atau layanan, tugas selanjutnya dari tim komunikasi pemasaran adalah memastikan audiens target sepenuhnya memahami apa itu dan apa fungsinya. Mereka melakukannya dengan merek dan pesan yang jelas.

Minat

Sekarang setelah audiens mengetahui dan memahami produk atau layanan perusahaan, tim komunikasi pemasaran dapat membangkitkan minat terhadapnya.

Mereka dapat melakukannya melalui kampanye pemasaran yang efektif yang menekankan manfaat produk atau layanan.

Baca juga: 12 Strategi Penjualan Online agar Bisnis Semakin Berkembang

Fungsi Komunikasi Pemasaran bagi Bisnis

Mengembangkan visi perusahaan

Berkat komunikasi pemasaran, perusahaan dapat mengembangkan visi strategis dan membuat rencana yang dapat membantu pertumbuhan bisnis.

Manajer pemasaran dapat mengembangkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan penjualan menggunakan berbagai platform dan peluang pemasaran.

Untuk spesialisasi produk, perusahaan bisa menggunakan komunikasi pemasaran dan membangun identitas merek.

Keunggulan kompetitif

Ada banyak persaingan di berbagai industri dan karena itu pelanggan memiliki berbagai pilihan untuk dipilih.

Komunikasi pemasaran dengan demikian dapat membantu merek dalam menciptakan ide-ide inovatif dan membuat pelanggan tertarik kepada mereka. Hal ini pada gilirannya dapat membantu Anda memiliki keunggulan tertentu atas kompetitor bisnis lainnya.

Membangun kepercayaan merek

Dari sudut pandang konsumen, agak mudah untuk memercayai merek yang meresponsnya secara konsisten. Jadi untuk menciptakan kepercayaan di antara audiens, lebih baik untuk mengomunikasikan pesan merek yang konsisten di semua platform.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Deskripsi Produk yang Baik?

Jangkau audiens yang tepat

Dari majalah hingga papan reklame, radio hingga media sosial, daftar media yang dapat Anda jangkau konsumen saat ini sangatlah luas.

Jadi, dengan banyaknya saluran dan platform yang tersedia, tantangan bagi tim pemasaran saat ini adalah mengidentifikasi media yang paling tepat untuk bisnis

Memahami audiens Anda adalah bagian penting dari proses ini. Sebelum memutuskan memilih iklan TV atau majalah, ada baiknya memastikan bahwa penonton harus menonton saluran TV tertentu atau berlangganan majalah tersebut.

Untuk mendapatkan informasi semacam ini tentang audiens target Anda, perlu dilakukan riset pasar. Survei, FGD, dan wawancara hanyalah beberapa cara di mana pengumpulan informasi pelanggan yang penting ini dapat dilakukan.

Mencapai ROI positif

Komunikasi pemasaran memainkan peran penting agar merek Anda mendapatkan perhatian konsumen dan membujuk mereka untuk berinteraksi.

Namun tujuan akhir biasanya bukan hanya interaksi, melainkan penjualan dan pemasaran. Saat tim hubungan masyarakat membuat strategi seputar promosi penjualan tertentu, tujuan utamanya adalah meningkatkan penjualan produk atau layanan.

Mengukur jenis upaya pemasaran tradisional atau digital seperti itu telah menjadi tantangan bagi tim pemasaran di masa lalu. Tetapi alat pelaporan pemasaran dan media sosial yang tersedia saat ini dapat membantu melacak, menganalisis, dan kinerja pemasaran.

Banner 2 kledo

Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran

Metode periklanan tradisional seperti televisi, radio, dan media cetak masih efektif, tetapi saluran digital seperti media sosial dan pemasaran email menjadi lebih populer.

Tim komunikasi pemasaran dapat bereksperimen dengan strategi dan alat berikut untuk menemukan apa yang bekerja dengan baik untuk bisnis mereka:

Pemasaran digital (digital marketing)

Menggunakan saluran digital memungkinkan perusahaan menjangkau sejumlah besar pelanggan potensial dengan investasi yang relatif kecil.

Tim komunikasi pemasaran dapat menargetkan audiens dengan lebih efektif dan melacak hasil kampanye apa pun dengan lebih akurat. Saluran pemasaran digital termasuk search engine optimazation (SEO), pemasaran media sosial, pemasaran email, dan Google ads.

Media sosial

Media sosial adalah bentuk pemasaran digital yang melibatkan pembuatan dan berbagi konten di platform media sosial dan merupakan cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini.

Tim komunikasi pemasaran melakukan ini dengan membagikan postingan, menampilkan video, atau memposting konten. Penggunaan media sosial yang baik membantu pelanggan merasa terhubung dengan perusahaan.

Hubungan masyarakat (public relation)

Hubungan masyarakat melibatkan pengelolaan hubungan antara perusahaan dan publik untuk meningkatkan reputasinya.

Tujuan utamanya adalah untuk berbagi informasi akurat tentang berita atau acara perusahaan sambil mempertahankan citra merek yang positif. Humas dapat terjadi dalam bentuk konferensi pers, siaran pers, posting media sosial dan wawancara dengan jurnalis.

Periklanan

Periklanan adalah bentuk komunikasi pemasaran yang melibatkan pembayaran ruang atau waktu untuk mempromosikan produk atau layanan.

Perusahaan dapat beriklan melalui media cetak, televisi, radio, dan papan reklame. Tim komunikasi pemasaran juga menggunakan iklan online untuk meningkatkan bisnis.

Iklan online relatif murah dan memungkinkan tim komunikasi pemasaran untuk menargetkan audiens secara lebih efektif. Iklan online juga lebih terukur daripada bentuk iklan tradisional.

Perusahaan dapat melacak berapa banyak orang yang telah melihat iklan, berapa banyak orang yang mengkliknya, dan berapa banyak orang yang melakukan pembelian sebagai hasilnya.

Rekomendasi pelanggan

Rekomendasi pelanggan hanya mengandalkan kepercayaan dan hubungan pribadi.

Pelanggan seringkali hanya merekomendasikan suatu produk kepada orang lain ketika mereka senang dengan layanan yang mereka terima dan percaya bahwa teman dan keluarga mereka mungkin juga mendapat manfaat darinya.

Jika sebuah perusahaan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, pelanggan ini cenderung merasa lebih nyaman untuk merekomendasikan produk atau layanan kepada orang yang mereka kenal.

Pemasaran langsung (direct marketing)

Pemasaran langsung adalah strategi komunikasi pemasaran yang melibatkan pemasaran langsung ke pelanggan melalui saluran seperti email, pesan teks atau surat langsung.

Pemasaran langsung dapat mencakup buletin, penawaran khusus, pembaruan produk, dan lainnya. Ajakan untuk bertindak adalah bagian penting dari pemasaran langsung, dan setiap respons terhadap pemasaran langsung merupakan indikator positif calon pembeli.

Promosi penjualan

Promosi penjualan adalah jenis pemasaran yang melibatkan penawaran diskon atau penawaran khusus pada produk atau layanan untuk meningkatkan penjualan.

Tim komunikasi pemasaran mengembangkan kampanye pemasaran, menetapkan tujuan penjualan, dan bekerja dengan tim penjualan untuk melaksanakan aktivitas promosi. Promosi penjualan yang efektif mencakup diskon atau kupon, penawaran waktu terbatas, pengiriman gratis, dan hadiah.

Baca juga: 12 Cara Promosi di Whatsapp Ini Wajib Anda Coba!

Pentingnya Target Audiens dalam Merumsukan Strategi Komunikasi Pemasaran

komunikasi pemasaran

Perusahaan yang menginvestasikan lebih banyak waktu dalam menciptakan komunikasi pemasaran tanpa mengalokasikan waktu untuk meneliti target pasar mereka mungkin akan mengalami penjualan yang lebih sedikit.

Memahami pasar sasaran dapat membantu organisasi mempelajari apa yang diinginkan konsumennya dalam suatu layanan atau produk.

Ini dapat membantu perusahaan menciptakan strategi pemasaran yang efektif yang memberi tahu pelanggan bagaimana produk atau layanan tertentu memenuhi kebutuhan mereka.

Mereka dapat melakukannya dengan beberapa cara, termasuk mengajukan pertanyaan penting seperti:

  • Apa kebutuhan dan keinginan audien?
  • Apa yang audiens pedulikan?
  • Apa yang cocok dengan audiens?

Cara lain yang dapat dilakukan oleh tim pemasaran adalah dengan membuat persona kata kunci, yaitu karakter fiksi yang mewakili audiens target.

Membuat persona kata kunci melibatkan pengumpulan data tentang audiens target, termasuk demografi, minat, dan kebutuhannya. Saat tim komunikasi pemasaran membuat konten baru, mereka memastikan konten tersebut relevan dengan kebutuhan dan minat orang tersebut.

Baca juga: 20 Tips Bisnis Skincare Agar Sukses dan Terkenal

Bagaimana Cara Membuat Strategi Komunikasi Pemasaran?

Anda dapat membangun rencana jangka panjang Anda dalam 6 langkah sederhana. Panduan langkah demi langkah kami akan membantu Anda membuat strategi dan membuat bisnis Anda berkembang.

Langkah 1. Identifikasi audiens target Anda

Menawarkan produk Anda ke semua orang tidak akan berhasil. Anda perlu menargetkan segmen audiens tertentu yang membutuhkan produk Anda untuk membantu menyelesaikan masalah mereka.

Itulah mengapa Anda perlu mengidentifikasi target Anda, lokasi mereka, usia, jenis kelamin, minat, preferensi, kebutuhan, pekerjaan, dll. Ini akan membantu Anda membuat pesan dan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi.

Selain itu, Anda akan mengetahui saluran mana yang sebaiknya dipilih untuk menjangkau pelanggan ideal Anda. Kembangkan persona pembeli untuk menyebutkan karakteristik konsumen Anda.

Ini akan membantu Anda memilih orang yang harus Anda targetkan. Untuk mengembangkan persona pembeli yang akurat, Anda perlu menyebutkan jabatan, kesulitan, tantangan, dan tujuan pelanggan.

Langkah 2. Tentukan unique value proposition Anda

Unique value proposition (UVP) membuat perusahaan Anda menonjol dan mengungguli pesaing Anda.

Sangat penting untuk memiliki satu untuk mendemonstrasikannya kepada audiens Anda dan membuktikan bahwa Anda lebih unggul dari merek lain karena beberapa alasan.

UVP adalah solusi yang dibutuhkan pelanggan Anda. Jika Anda berhasil membantu pelanggan Anda, mereka akan membalas Anda dengan pendapatan yang baik, promosi dari mulut ke mulut, basis pelanggan yang lebih besar, posisi yang baik di pasar, dan banyak lagi.

Langkah 3. Menawarkan solusi untuk masalah pelanggan

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencocokkan pain point pelanggan dengan solusi yang Anda tawarkan. Buat tabel dengan masalah pelanggan dan solusi produk.

Anda harus menandai penawaran yang memenuhi masalah pelanggan. Bagikan daftar ini dengan tim Anda untuk membuat pesan yang membahas masalah klien dan memberikan solusi. Selaraskan konten promosi di semua saluran pemasaran yang Anda gunakan untuk komunikasi.

Langkah 4. Pilih saluran untuk promosi

Saluran yang Anda gunakan bergantung pada tujuan yang ingin Anda capai dan preferensi pelanggan. Identifikasi platform media yang paling disukai audiens target Anda.

Langkah 5. Ukur hasil akhirnya

Setelah Anda menerapkan semuanya, lacak hasilnya. Lihat apakah bisnis Anda bergerak menuju pencapaian tujuan Anda. Metrik akan memberi Anda petunjuk tentang kinerja perusahaan Anda.

Baca juga: 17 Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas, Modal Minim Untung Berlimpah

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai komunikasi pemasaran dan 6 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyusun strategi yang efektif. Pada dasarnya, komunikasi pemasaran adalah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Apabila tujuan pemasaran berhasil tercapai, tentu ini berpengaruh terhadap tingkat penjualan dan uang yang masuk ke rekening bisnis Anda.

Mencatat transaksi penjualan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang dibekali dengan berbagai fitur yang akan membantu kelancaran bisnis Anda.

Kledo merupakan software berbasis cloud buatan asli Indonesia yang bisa digunakan darimana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =