Lingkungan Pemasaran: Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Manfaatnya

lingkungan pemasaran

Lingkungan pemasaran mengacu pada semua aspek yang berkaitan dengan mempromosikan dan menyediakan layanan dan produk kepada konsumen.

Penting bagi bisnis untuk menyadari semua faktor yang dapat mempengaruhi lingkungan pemasaran karena informasi ini dapat membantu para ahli membuat kampanye pemasaran yang cerdas, merancang produk yang sukses dan membantu meningkatkan pendapatan.

Mempelajari komponen-komponen lingkungan pemasaran dapat membantu Anda menjadi lebih sukses dalam menciptakan produk dan menjual kepada konsumen.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu lingkungan pemasaran, tujuan, jenis dan faktor yang mempengaruhi lingkungan pemasaran.

Apa itu Lingkungan Pemasaran

lingkungan pemasaran

Lingkungan pemasaran atau marketing environment mencakup semua faktor internal dan eksternal yang mendorong dan memengaruhi aktivitas pemasaran organisasi.

Manajer pemasaran harus tetap mempelajari secara mendalam lingkungan pemasaran untuk mempertahankan keberhasilan dan mengatasi ancaman atau peluang yang dapat memengaruhi pekerjaan mereka.

Lingkungan pemasaran sangat luas dan beragam, yang terdiri dari faktor-faktor yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan. Pemahaman yang baik tentang lingkungan ini akan Anda membantu untuk:

Mengidentifikasi peluang

Memahami lingkungan pemasaran Anda membantu Anda melihat dan memanfaatkan peluang pasar sebelum kehilangan keunggulan Anda.

Misalnya, tim pemasaran Anda melihat peningkatan pembelian digital dibandingkan penjualan di toko. Anda dapat memutuskan untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke saluran pemasaran online Anda untuk mendorong lebih banyak penjualan.

Mengidentifikasi ancaman

Mempelajari marketing environment Anda mengingatkan Anda akan potensi ancaman yang dapat memengaruhi aktivitas pemasaran Anda.

Misalnya, pemimpin pasar dapat mendiversifikasi portofolio produk mereka untuk bersaing dengan organisasi Anda.

Pengetahuan tentang hal ini dapat membantu Anda mengatur ulang upaya pemasaran Anda untuk mempertahankan dan menumbuhkan pangsa pasar Anda.

Baca juga: GAP Analysis Adalah: Manfaat, Jenis, Panduan, Template dan Contohnya

Mengelola perubahan

Memperhatikan marketing environment juga membantu mengelola perubahan dan mempertahankan pertumbuhan dalam ekonomi yang dinamis.

Manajer pemasaran dapat meramalkan dan menentukan strategi kampanye pemasaran yang tepat waktu dengan memantau kondisi pasar mereka.

Baca juga: Pentingnya Strategi Digital Marketing untuk Penjualan yang Maksimal

Karakteristik Lingkungan Pemasaran

Karakteristik marketing environment biasanya:

Dinamis

Faktor-faktor yang memengaruhi marketing environment terus berubah dari waktu ke waktu. Ini bisa berupa kemajuan teknologi, peraturan industri, atau bahkan selera pelanggan.

Relatif

Marketing environment bersifat relatif dan unik untuk setiap organisasi. Produk tertentu dari perusahaan Anda mungkin lebih cepat terjual di China daripada di Eropa karena perbedaan dalam lingkungan pemasaran.

Tidak pasti

Kekuatan pasar tidak dapat diprediksi. Bahkan dengan belajar terus-menerus, Anda mungkin menghadapi ancaman atau peluang yang tidak terduga dalam operasi pemasaran Anda.

Pemasar yang mahir harus mampu belajar, berputar, dan menyusun strategi dengan cepat untuk mencapai tujuan mereka.

Kompleks

Banyaknya kekuatan internal dan eksternal dalam marketing environment membuatnya kompleks, dengan berbagai bagian penting yang bergerak.

Misalnya, Anda harus mengoordinasikan kemampuan dan sumber daya tim Anda dengan ekspektasi pemangku kepentingan, kepuasan pelanggan, dan masalah etika dan lingkungan lainnya.

Baca juga: Saluran Distribusi: Pengertian, Jenis, Perantara, dan Tips Mengoptimalkannya

Jenis Lingkungan Pemasaran yang Harus Anda Ketahui

Ada dua jenis lingkungan pemasaran yang signifikan:

  • Lingkungan internal
  • Lingkungan eksternal

Anda dapat memecah lingkungan pemasaran eksternal lebih lanjut menjadi:

  • Lingkungan pemasaran mikro
  • Lingkungan pemasaran makro

Baca juga: Rencana Pemasaran (Marketing Plan): Manfaat, Tujuan, Jenis, Contoh, dll

Apa yang dimaksud dengan lingkungan pemasaran internal?

Internal marketing environment terdiri dari faktor-faktor yang berada dalam kendali Anda dan memengaruhi operasi pemasaran Anda, termasuk kekuatan, kelemahan, keunikan, dan kompetensi organisasi Anda.

Pikirkan elemen-elemen pemasaran penting seperti karyawan dan tim Anda, kualitas produk atau layanan Anda, aset modal dan anggaran, serta kebijakan perusahaan. Faktor lingkungan pemasaran internal dapat dikendalikan.

Apa yang dimaksud dengan lingkungan pemasaran eksternal?

External marketing environment mencakup semua faktor yang tidak berada dalam kendali organisasi Anda, termasuk kemajuan teknologi, perubahan peraturan, kekuatan sosial, ekonomi, dan persaingan.

Faktor-faktor ini mungkin dapat dikontrol atau tidak dapat dikontrol, tetapi mendefinisikan dan mempelajari perubahan dan tren mereka memberi bisnis dan tim pemasaran Anda kekuatan untuk tetap berada di jalurnya.

Lingkungan pemasaran eksternal dapat dikategorikan secara luas menjadi lingkungan pemasaran mikro dan makro.

Baca juga: Usaha Ekstraktif Adalah: Manfaat, Karakteristik, dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan lingkungan pemasaran mikro?

Micro marketing environment terkait erat dengan bisnis Anda dan secara langsung memengaruhi operasi pemasaran.

Ini mencakup faktor-faktor seperti pelanggan, pemasok, mitra bisnis, vendor, dan bahkan pesaing. Faktor-faktor lingkungan mikro dapat dikendalikan sampai batas tertentu.

Apa yang dimaksud dengan lingkungan pemasaran makro?

Macro marketing environment Anda terdiri atas semua faktor di luar kendali organisasi Anda.

Cara mudah untuk mengingat faktor-faktor ini adalah dengan menggunakan akronim PESTLE, yang merupakan singkatan dari:

P: Politics (Faktor politik)
E: Economic (Faktor ekonomi)
S: Social (Faktor sosial dan demografis)
T: Technology (Faktor kemajuan teknologi)
L: Law ( Faktor hukum dan peraturan)
E: Environmental (Faktor lingkungan)

Faktor-faktor ini tidak terkendali dan dapat memengaruhi bisnis dan operasi pemasaran Anda secara signifikan.

Perubahan politik, misalnya, mungkin memiliki efek yang sangat besar pada bagaimana Anda dapat memasarkan dan menjalankan bisnis Anda di wilayah tertentu.

Macro marketing environment Anda terus berubah. Sangat penting untuk terus mengawasi dengan cermat untuk mengidentifikasi potensi ancaman atau peluang bagi bisnis Anda.

Misalnya, perubahan lingkungan yang tidak dapat diprediksi, seperti pandemi COVID-19 pada tahun 2020, dapat secara signifikan mengubah cara kita bekerja, memasarkan, dan melakukan bisnis secara global.

Meskipun benar bahwa macro marketing environment dapat membanjiri bisnis dan menyebabkannya gagal, namun hal ini juga dapat mengarah pada pertumbuhan.

Perspektif rasa ingin tahu dan budaya perusahaan yang sehat yang memberdayakan karyawan dan tim untuk berbagi ide, berkolaborasi, dan mengambil risiko kreatif akan memposisikan bisnis Anda untuk sukses.

Banner 2 kledo

Baca juga: Pemasaran Transaksional: Arti, Strategi, Pro Kontra, dan Contohnya

Contoh Lingkungan Pemasaran

Untuk membantu Anda memahami efek dari marketing environment yang berbeda, mari kita lihat beberapa contoh.

Lingkungan pemasaran eksternal

Contoh external marketing environment terdiri dari faktor-faktor di luar tim pemasaran bisnis, termasuk:

Pemasok

Pemasok adalah organisasi yang menyediakan sumber daya bagi bisnis, yang mereka gunakan untuk membuat layanan yang mereka tawarkan dan untuk menghasilkan produk.

Misalnya, perusahaan tekstil mungkin menjadi pemasok untuk rumah mode, atau perusahaan lansekap mungkin menjadi pemasok untuk organisasi pengembangan properti.

Persyaratan distribusi

Distribusi mengacu pada organisasi yang bekerja di seluruh pasar, di antara beberapa perusahaan, yang menyediakan layanan pengiriman dan merchandising untuk menyalurkan produk atau layanan bisnis kepada konsumen.

Persyaratan promosi

Mitra bisnis seperti biro iklan adalah faktor eksternal yang membantu mempromosikan produk dan layanan bisnis.

Agen periklanan dapat menangani kampanye pemasaran untuk bisnis.

Lingkungan politik

Lingkungan politik mengacu pada pemerintah dan bagaimana kebijakan dan hukum dapat mempengaruhi marketing environment.

Misalnya, undang-undang pemerintah dapat mendikte bagaimana bisnis menghasilkan produk mereka dengan menetapkan peraturan keselamatan.

Teknologi

Teknologi adalah faktor eksternal yang mencakup inovasi dan pengembangan perangkat dan sistem, yang digunakan bisnis dalam proses kerja mereka atau yang dapat memengaruhi produk atau layanan mereka.

Kemajuan teknologi telah mengubah lingkungan pemasaran secara signifikan karena teknologi telah memainkan peran besar dalam mengiklankan dan mendistribusikan produk.

Baca juga: Pahami Apa Itu Evangelism Marketing dalam Proses Pemasaran Bisnis

Masyarakat

Faktor sosial dari marketing environment meliputi budaya dan gaya hidup konsumen.

Keyakinan, nilai, dan minat masyarakat dapat memiliki efek yang signifikan pada bagaimana bisnis memasarkan produk dan layanan mereka.

Demografi

Demografi mengacu pada aspek audiens target untuk produk atau layanan apa pun.

Demografi adalah jenis kelamin, usia, ras, status ekonomi, pekerjaan dan lokasi seseorang, di antara faktor-faktor serupa lainnya.

Misalnya, perusahaan mainan mungkin memiliki demografi target audiens anak-anak dari semua jenis kelamin, usia lima hingga delapan tahun, dan orang tua mereka.

Ekonomi

Inflasi, kebiasaan konsumen, tingkat suku bunga, dan pendanaan pemerintah adalah semua aspek ekonomi yang dapat mempengaruhi lingkungan pemasaran.

Misalnya, suku bunga yang lebih tinggi pada kredit mobil dapat memengaruhi cara dealer dan produsen memasarkan kendaraan mereka.

Pesaing

Pesaing adalah perusahaan lain yang mungkin menciptakan produk serupa atau menargetkan audiens yang sama dengan bisnis Anda.

Pesaing menginspirasi inovasi dalam lingkungan pemasaran karena bisnis bersaing untuk menciptakan produk yang lebih baik atau menawarkan layanan yang lebih berharga.

Pelanggan

Pelanggan adalah konsumen yang membeli dari sebuah perusahaan. Mereka adalah faktor eksternal karena bisnis tidak dapat mengendalikan perilaku mereka.

Namun, pelanggan memiliki dampak besar pada lingkungan pemasaran, karena mereka pada akhirnya memutuskan produk dan layanan mana yang layak dibeli.

Mitra

Mitra adalah perusahaan yang melakukan segala jenis bisnis dengan organisasi lain.

Ini bisa termasuk perusahaan asuransi, biro iklan, bank, peneliti pasar atau organisasi transportasi.

Baca juga: Mengenal Media Planning dalam Proses Pemasaran Bisnis

Opini publik

Publik adalah setiap orang atau kelompok yang tidak termasuk dalam target audiens atau mitra yang dapat mempengaruhi lingkungan pemasaran seperti media atau kelompok agama.

Misalnya, seorang pencinta lingkungan di luar target audiens perusahaan mungkin memuji merek tersebut karena penggunaan kemasan ramah lingkungan yang dia baca ulasannya di internet.

Lingkungan pemasaran internal

Komponen internal lingkungan pemasaran mencakup semua orang dan sistem dalam bisnis yang terlibat dalam operasi pemasaran, seperti:

Manajer

Manajer adalah pemimpin dalam perusahaan yang memutuskan tentang produk, layanan, dan proses kerja.

Manajer pemasaran dapat merancang kampanye dan menyusun strategi peluncuran produk

Karyawan

Karyawan menyelesaikan tugas untuk bisnis dan merupakan faktor penting dalam marketing environment. Karyawan terdiri dari tim pemasaran, menciptakan produk, memasarkan konten, dan terlibat dengan konsumen.

Pemegang Saham

Pemegang saham adalah orang yang memiliki kepemilikan dalam bisnis. Mereka dapat mempengaruhi marketing environment dengan keputusan investasi.

Pemegang saham juga dapat memengaruhi anggaran pemasaran, faktor yang dapat memengaruhi lingkungan pemasaran.

Retailer

Retailer adalah etalase toko atau pedagang yang dipilih oleh perusahaan untuk menjual produk dan layanan bisnis.

Perusahaan menganggap retailer atau pengecer sebagai komponen internal pemasaran karena mereka memiliki kendali atas pemilihan toko mana yang menjual barang dagangan mereka atau menyediakan layanan mereka.

Bahan

Bahan adalah inventaris bisnis, termasuk semua item dan sumber daya yang digunakan untuk membuat produk dan layanan desain.

Sebuah bisnis memiliki kendali atas bahan yang mereka pilih untuk proses produksi dan pemasaran mereka.

Baca juga: Marketing Channel (Saluran Pemasaran): Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Sistem

Sistem sering mengacu pada teknologi yang digunakan bisnis untuk pemasaran, tetapi sistem juga bisa berupa proses kerja yang membantu dalam mencapai tujuan pemasaran.

Misalnya, sistem teknologi dapat berupa saluran digital yang digunakan, seperti media sosial.

Sistem ini juga bisa berupa rencana atau strategi pemasaran yang dibuat untuk menjalankan kampanye pemasaran penuh.

Manfaat Memantau Lingkungan Pemasaran Anda

lingkungan pemasaran

Marketing environment terus berkembang. Tim Anda mungkin membawa anggota baru, selera dan kebutuhan pelanggan berubah, atau, seperti yang kita lihat pada tahun 2020, pandemi di seluruh dunia dapat mengubah dunia kerja menjadi terbalik.

Memantau marketing environment Anda memberdayakan bisnis Anda untuk membuat keputusan pemasaran strategis sebelum terlambat.

Manfaat lain dari melacak lingkungan pemasaran Anda meliputi:

  • Menjadi lebih siap menghadapi perubahan lingkungan mikro atau makro – Anda bekerja dari tempat yang kuat ketika Anda memiliki data yang memposisikan pemasaran bisnis Anda untuk sukses
  • Mendapatkan informasi kualitatif yang berguna tentang lingkungan pemasaran Anda, yang membantu mengembangkan strategi kampanye pemasaran yang sukses
  • Pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan pelanggan Anda, sehingga menghasilkan produk atau layanan yang lebih memuaskan
  • Memiliki informasi yang benar untuk menciptakan kampanye pemasaran yang tidak melanggar kebijakan hukum dan peraturan
  • Penganggaran dan alokasi sumber daya pemasaran yang lebih efektif
  • Kemampuan untuk mengenali potensi ancaman dalam marketing environment Anda dan mempersiapkan strategi pemasaran yang baik pada waktunya
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang sebelum pesaing Anda
  • Memperbaiki kelemahan apa pun dalam pengaturan, proses, dan operasi pemasaran organisasi Anda
  • Memanfaatkan kekuatan unik Anda untuk membangun reputasi perusahaan dan kampanye pemasaran yang sukses

Baca juga: Strategi Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Contoh, dan Cara Ukurnya

Apa saja Tantangan dalam Mengelola Lingkungan Pemasaran?

Begitu banyak manfaat dari mengelola dan memantau lingkungan pemasaran Anda. Namun, hanya ada begitu banyak hal yang dapat kita prediksi secara akurat.

Bahkan dengan kemajuan teknologi, alat perangkat lunak prediktif, dan mata yang tajam pada marketing environment, beberapa perubahan tidak dapat diramalkan atau dikendalikan.

Teknik yang berhasil di satu lingkungan pemasaran mungkin tidak berhasil di lingkungan pemasaran berikutnya.

Untuk bisnis yang beroperasi di berbagai wilayah, hal ini mungkin menjadi tantangan yang cukup besar.

Kecepatan perubahan dalam lingkungan pemasaran makro mungkin membuatnya tampak tidak perlu memantau dan memprediksi lingkungan.

Tim bisnis dan pemasaran harus tetap gesit, menerima perubahan dengan cepat, dan memanfaatkan kekuatan layanan dan kepuasan pelanggan mereka untuk mempertahankan keberhasilan bisnis dan lingkungan pemasaran yang positif.

Baca juga: Pemasaran Jasa: Pengertian, Jenis, Bedanya dengan Pemasaran Produk, dan Tips Mengelolanya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai lingkungan pemasaran yang harus Anda ketahui sebagai pemilik bisnis. Proses pemasaran memang merupakan bagian penting dalam pengembangan bisnis, oleh sebab itu Anda harus memilih proses dan strategi yang matang.

Selain itu, Anda juga harus membuat anggaran pemasaran dan mencatat seluruh biaya pemasaran dalam proses pembukuan untuk memantau tingkat pengembalian dari kampanye pemasaran yang Anda buat.

Belum memiliki proses pembukuan modern atau tidak mengetahui proses akuntansi secara mendalam? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi modern seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi cloud buatan Indonesia yang mudah digunkan dan sudah digunakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 10 =