Pemasaran Online: Manfaat, Jenis, Tantangan, dan Contohnya

pemasaran online

Karena teknologi dan internet telah menjadi bagian yang lebih besar dari kehidupan masyarakat, strategi pemasaran telah berubah secara signifikan. Pemasaran online telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran inti untuk sebagian besar bisnis.

Jika Anda seorang profesional pemasaran, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari mengetahui cara menggunakan pemasaran ini untuk membantu bisnis menjangkau audiens targetnya.

Pada artikel ini, kami membahas apa itu pemasaran online, membahas berbagai jenisnya, dan pembahasan penting yang terkait dengan pemasan online.

Contents hide

Pengertian Pemasaran Online Adalah:

pemasaran online

Pemasaran online bisa juga disebut sebagai pemasaran internet dan pemasaran digital.

Pemasaran online adalah jenis pemasaran yang melibatkan penggunaan sumber daya online untuk mempromosikan perusahaan, produk dan layanannya untuk menghasilkan arahan, mengarahkan traffic, dan meningkatkan penjualan.

Pemasaran digital menggunakan platform digital untuk mendistribusikan pesan promosi dan iklan. Pemasaran internet adalah istilah luas yang mencakup alat atau strategi pemasaran apa pun yang mengandalkan keterlibatan dengan pengguna internet.

Meskipun tujuan utama pemasaran online adalah untuk menjual produk dan layanan serta beriklan di internet, pemasaran ini juga dapat memenuhi beberapa kebutuhan bisnis lain untuk suatu organisasi.

Misalnya, sebuah perusahaan dapat menggunakan pemasaran internet untuk menyebarkan pesan tentang dirinya atau untuk melakukan penelitian.

Pemasaran digital juga memungkinkan Anda memilih pasar sasaran, mempelajari kebutuhan segmen pemasaran, mengembangkan hubungan pelanggan jangka panjang, dan mengembangkan otoritas dan keahlian dalam suatu industri.

Baca juga: Continuous Advertising: Hal Penting yang Harus Ada dalam Strategi Pemasaran Anda

Tujuan Pemasaran Online

Membangun merek

Saat ini, hampir setiap orang memiliki akses ke smartphone dan internet. Hal ini semakin memudahkan orang untuk mencari apa saja dengan cepat dan kapan saja.

Meskipun internet telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih terhubung daripada sebelumnya, hal itu tidak berarti bahwa pasar pesaing sekarang menjadi lebih besar.

Membangun merek Anda sama dengan menciptakan identitas, persona, atau bahkan wajah bisnis. Dari slogan, font, warna, dan logo, merek adalah segalanya yang mewakili bisnis Anda dan diri Anda.

Membangun merek yang unik di abad ke-21 bukanlah hal mudah, tetapi memastikan bahwa audiens target Anda dapat dengan mudah membedakan Anda dari pesaing dan meninggalkan citra di benak mereka adalah tujuan Anda.

Meningkatkan traffic yang berkualitas

Apa gunanya jika Anda menghabiskan berjam-jam membuat situs web dan toko online yang bagus, hanya untuk membangun interaksi atau pembelian yang rendah?

Di sisi lain, jika Anda mengalami peningkatan traffic, tetapi tingkat pembelian masih rendah. Artinya, Anda menarik pemirsa yang salah.

Meningkatkan traffic yang berkualitas berarti Anda menetapkan tujuan untuk fokus pada pemasaran media sosial, strategi public relation digital, dan cara baru untuk menarik pelanggan baru baik online maupun offline.

Melalui SEO dan pemasaran internet, Anda tidak hanya meningkatkan peringkat pencarian Google Anda, tetapi juga menemukan cara baru dan menarik di mana Anda dapat memanfaatkan audiens baru.

Pastikan untuk meneliti audiens online Anda dan cara menjangkau audiens yang tepat melalui saluran yang sesuai.

Meningkatkan pendapatan

Bisnis sejatinya berfungsi sebagai pemecah masalah dan melalui ini, mereka dapat menghasilkan pendapatan. Memiliki sasaran pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan berarti Anda harus menghubungkan berbagai tujuan bisnis Anda.

Di satu sisi, upaya pemasaran digital perlu diselaraskan untuk memastikan tim penjualan dapat menjangkau lebih banyak klien dengan lebih cepat, lebih mudah, dan menutup transaksi lebih cepat.

Memiliki tujuan pemasaran digital yang kuat untuk meningkatkan pendapatan juga berarti Anda sedang membangun strategi yang akan menarik pelanggan, baik online maupun offline.

Meskipun Anda mendapatkan perhatian mereka, bagaimana Anda akan membuat mereka membeli profuk Anda?

Jadi, lihatlah setiap skenario dari sudut yang berbeda dalam menilai tantangan baru dan penting untuk menyelaraskan sasaran pemasaran dan penjualan saat ingin meningkatkan pendapatan perusahaan Anda.

Baca juga: 12 Strategi Penjualan Online agar Bisnis Semakin Berkembang

Tingkatkan traffic

Seperti yang telah disebutkan, Anda mungkin memiliki keberadaan online, tetapi bagaimana Anda menghasilkan lalu lintas yang lebih baik?

Pertama-tama, pikirkan cara agar audiens berinteraksi dengan Anda. Apakah mungkin ada promosi digital yang dapat Anda jalankan yang akan menarik lebih banyak suka dan pengikut?

Mungkin Anda dapat bekerja sama dengan mitra kolaboratif seperti influencer untuk lebih memperhatikan perusahaan Anda.

Meningkatkan traffic tidak hanya menunjukkan visiblitas yang lebih baik, tetapi juga berarti membangun identitas online. Ketika seseorang mencari produk atau barang tertentu, apakah nama perusahaan Anda masuk ke halaman pertama Google?

Dari konten visual hingga tertulis, ada banyak metode baru yang dapat Anda coba untuk membantu memasarkan bisnis dan layanannya dengan lebih baik, sekaligus meningkatkan lalu lintas online Anda.

Aturan umumnya adalah selalu menganalisis traffic situs setiap minggu, dan dari sana arahkan kembali tujuan Anda untuk membantu mencapai sasaran.

Membangun reputasi online

Pikirkan satu merek yang paling Anda sukai? Apa yang akan Anda kaitkan dengan mereka?

Bagaimana perasaan Anda saat memikirkan mereka, dan kenangan indah apa yang muncul di benak Anda saat melihat logo atau produk mereka secara online? Sekarang pikirkan merek yang benar-benar Anda coba hindari dengan cara apa pun? Apa asosiasinya, dan mengapa?

Ini sama untuk bisnis Anda. Reputasi masih merupakan aspek penting dari setiap rencana pemasaran digital bisnis.

Melalui pembangunan merek, seperti yang telah disebutkan, dan membangun reputasi, Anda akan dapat melihat bagaimana reaksi pelanggan terhadap apa yang Anda lakukan, dan bagaimana Anda melakukannya.

Membangun reputasi juga penting untuk bisnis yang belum tentu memiliki kehadiran online. Apakah Anda menawarkan layanan dalam toko yang bagus? Apakah ada berbagai produk untuk dipilih?

Melalui upaya pemasaran digital, Anda dapat menghubungkan diri Anda dengan basis pelanggan Anda. Ini adalah saluran yang Anda miliki dengan pengikut Anda, dan bagaimana Anda dapat mempertahankan klien yang membayar dalam jangka panjang.

Tingkatkan tingkat konversi

Pikirkan cara Anda dapat mengubah 100 orang menjadi 100 pelanggan baru dan suara yang akan membagikan dan memasarkan bisnis Anda. Tingkat konversi penting karena menunjukkan seberapa baik upaya pemasaran telah berhasil sejauh ini.

Jika Anda berinteraksi dengan 1.000 orang setiap hari, dan setidaknya 50 orang membeli produk atau layanan, Anda akan mendapatkan rasio konversi sebesar 5%. Ini tidak buruk untuk memulai, tetapi Anda ingin mendorong angka itu lebih tinggi menjadi mungkin 20%, 40% atau bahkan 90%.

Pemasaran adalah cara untuk membuat orang berbicara, dan berinteraksi, tidak hanya dengan bisnis Anda, tetapi dengan orang lain yang mereka tahu akan tertarik.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Deskripsi Produk yang Baik?

Bagaimana Cara Menetapkan Tujuan Pemasaran Online?

Dalam hal pemasaran online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan sasaran untuk bisnis Anda. Tanpa target spesifik, sulit untuk mengukur kemajuan Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa tips untuk menetapkan tujuan untuk pemasaran digital perusahaan Anda:

Langkah 1. Pilih target audiens

Langkah pertama dalam menetapkan tujuan adalah memilih audiens target. Ini melibatkan pemahaman siapa yang ingin Anda jangkau dan mengapa mereka tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Setelah Anda mengidentifikasi audiens target Anda, Anda perlu menentukan jenis konten apa yang akan menarik mereka. Hal ini mungkin melibatkan analisis persaingan dan mencari tahu apa yang membuat konten mereka berhasil.

Langkah 2. Rencanakan strategi konten

Setelah Anda tahu siapa yang Anda targetkan dan jenis konten apa yang akan bekerja paling baik, langkah selanjutnya adalah merencanakan konten yang sebenarnya.

Langkah ini bisa dilakukan melalui pembuatan artikel, membuat video, dan mengembangkan profil media sosial yang melayani audiens target Anda. Penting untuk menjaga konten tetap segar dan menarik sehingga orang akan terus membaca atau menontonnya.

Langkah 3. Ukur kemajuan pemasaran

Setelah Anda membuat semua konten yang diperlukan, sekarang saatnya untuk mengukur hasilnya. Ini dilakukan dengan melacak berapa banyak orang yang telah mengunjungi situs web Anda atau melihat video Anda.

Banner 3 kledo

Pahami Jenis-Jenis Pemasaran Online Ini

Ada beberapa saluran pemasaran online, diantaranya adalah:

Search engine marketing (SEM)

SEM adalah pendekatan pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari.

Dengan menggunakan sem, Anda dapat beriklan dan membayar host tergantung pada traffic atau jumlah klik yang dihasilkan iklan Anda. Hal ini membuat SEM menjadi pilihan ekonomis bagi pengiklan.

Setiap pengunjung membantu dalam meningkatkan peringkat situs web melalui hasil pencarian organik. Kampanye SEO yang efektif memerlukan penelitian ekstensif tentang kata kunci dan potensi untuk membuat konten berkualitas tinggi dan bermakna berdasarkan kata kunci yang dipilih.

Berikut adalah beberapa manfaat SEM:

  • Membantu dalam menargetkan audiens yang tepat melalui iklan yang dioptimalkan
  • Dapat meningkatkan traffic website melalui iklan
  • Dapat membantu meningkatkan kesadaran merek

Pay per click advertising

Pay per click (PPC) adalah strategi pemasarandi mana pemasar membayar penerbit, biasanya mesin pengiklan, pemilik situs web, atau jaringan situs web, setiap kali pengunjung mengklik iklan di situs web.

Beberapa manfaat dari pemasaran PPC meliputi:

  • Hemat biaya
  • Dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran tertentu
  • Mudah dikolaborasikan dengan saluran pemasaran lainnya

Pemasaran media sosial (media social marketing)

Pemasaran media sosial melibatkan penggunaan platform media sosial untuk memasarkan perusahaan serta produk dan layanannya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan keterlibatan pelanggan, membangun loyalitas, dan menghasilkan prospek penjualan. Strategi pemasaran media sosial terdiri dari pemasaran organik dan iklan berbayar.

Untuk mendorong minat dan loyalitas klien, pemasaran media sosial organik berfokus pada pengembangan komunitas dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Sedangkan pemasaran media sosial berbayar adalah sekumpulan iklan yang secara kolektif dapat membantu Anda mencapai tujuan atau sasaran menggunakan aktivitas media sosial.

Beberapa manfaat dari pemasaran media sosial adalah:

  • Hemat biaya
  • Peningkatan loyalitas merek
  • Meningkatkan traffic situs web

Pemasaran konten (content marketing)

Pemasaran konten adalah strategi yang melibatkan pengembangan dan berbagi artikel, video, podcast, dan media lain yang relevan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens.

Strategi ini dapat memposisikan sebuah institusi sebagai ahli di bidangnya dan meningkatkan kesadaran merek. Konten yang Anda kembangkan dapat mencakup artikel blog, e-book, studi kasus, video tutorial, dan lainnya.

Beberapa manfaat dari pemasaran konten meliputi:

  • Peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari
  • Reputasi merek yang lebih baik
  • Tingkat konversi yang lebih baik

Pemasaran email (email marketing)

Pemasaran email membantu Anda tetap berhubungan dengan basis pelanggan Anda, memperkenalkan produk atau layanan baru, memberikan diskon dan promosi, serta mengingatkan pengguna internet tentang penawaran merek.

Anda dapat mengembangkan daftar email dengan berbagai cara, termasuk meminta alamat email pelanggan saat mereka melakukan pembelian atau menampilkan tombol ‘Bergabunglah dengan daftar email kami‘ di situs web Anda.

Untuk membujuk pelanggan agar mendaftar dengan email, Anda juga dapat menawarkan diskon atau voucher khusus.

Beberapa manfaat dari pemasaran email adalah:

  • Jangkauan luas
  • Efektivitas biaya
  • Pengembalian investasi yang baik

Pemasaran afiliasi (affiliate marketing)

Pemasaran afiliasi adalah strategi populer untuk menghasilkan pendapatan online yang signifikan dan mendorong penjualan.

Jenis pemasaran ini melibatkan promosi produk atau layanan melalui blog, platform media sosial, atau situs web. Ketika seseorang membeli komoditas menggunakan tautan unik atau kode rujukan, orang yang memberikan tautan atau rujukan menerima komisi dari perusahaan yang melakukan penjualan.

Beberapa manfaat dari pemasaran afiliasi adalah:

  • Efektivitas biaya
  • Audiens yang luas
  • Pengaturan dan implementasi yang mudah

Berbagai Tantangan Pemasaran Online

Di bawah ini adalah beberapa tantangan pemasaran online bagi bisnis:

Platform yang dinamis 

Dengan algoritma platform yang sering berubah, menjadi tantangan tersendiri bagi pemasar dikarenakan mereka harus mengikuti perubahan tersebut.

Bersaing dengan merek dan perusahaan besar

Tantangan terbesar adalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan top. Jangkauan komunikasi mereka jauh lebih besar. Oleh karena itu, sulit bagi perusahaan kecil untuk tumbuh dan bertahan di pasar.

Perilaku pembelian yang tidak dapat diprediksi

Dengan munculnya internet, dunia telah menjadi satu pasar. Hal ini membua konsumen memiliki informasi produk yang lebih baik dan juga lebih banyak pilihan yang tersedia di berbagai sektor.

Oleh karena itu, perilaku pembelian konsumen sangat tidak dapat diprediksi. 

Anggaran terbatas

Semakin besar perusahaan, semakin besar pula anggarannya. Namun, startup memiliki anggaran terbatas yang menjadi tantangan dalam membuat konten dan juga sumber daya.

Pasar yang berpusat pada konsumen

Pasar telah mengadopsi pendekatan yang berpusat pada konsumen dan ekspektasinya terus berkembang.

Pelanggan mengharapkan personalisasi dan menyukainya ketika perusahaan benar-benar menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini bisa tentu menjadi tantangan bagi perusahaan dan bisnis. 

Baca juga: 12 Cara Promosi di Whatsapp Ini Wajib Anda Coba!

Menciptakan konten segar yang menarik

Ini adalah rintangan utama dalam hal pemasaran digital. Membuat konten yang segar dan unik adalah tantangan besar terutama jika menyangkut format video. 

Konten yang menarik dan menarik telah terlihat populer dan dengan setiap merek lain berinvestasi dalam konten baru dan menarik, sangat sulit agar bisa berbeda dengan konten kompetitor.

Berusaha untuk mobile friendly

Lebih dari 50% pengguna berbelanja dari smartphone dan tablet dibandingkan dengan desktop. Perusahaan perlu mengoptimalkan situs web mereka agar mudah digunakan dari ponsel. Ini juga menjadi tantangan bagi banyak perusahaan.

Masalah data dan keamanan 

Data adalah aset besar dalam hal pemasaran digital dan orang-orang ragu untuk memberikan nomor dan alamat email mereka karena mereka khawatir akan menghadapi beberapa masalah keamanan data atau privasi. 

Strategi konten 

Membuat strategi konten adalah tantangan besar bagi merek karena platform media sosial sangat dinamis dan audiensnya tersebar secara global. 

Tren dan pembaruan yang cepat berubah

Tren pemasaran digital penting dalam strategi pemasaran Anda, tetapi ini adalah salah satu tantangan pemasaran digital terbesar untuk mengikutinya.

Kedua, Google dan platform lain memperbarui algoritme mereka untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Namun, pembaruan tersebut menghambat upaya SEO dan SEM merek.

Baca juga: 20 Tips Bisnis Skincare Agar Sukses dan Terkenal

10 Solusi untuk Tantangan Pemasaran Online

Ada banyak peluang dan tantangan dalam pemasaran online di Indonesia. Ingin tahu bagaimana menangani tantangan pemasaran online? 

Analisis kebutuhan pelanggan 

Mengatasi kebutuhan pelanggan melalui email atau chatbots adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu dan tenaga. Email dan chatbots untuk pertanyaan pelanggan juga akan membuat mereka merasa didengar dan dihargai.

Manfaatkan alat online

Memanfaatkan alat pemasaran digital online bisa mempermudah proses pemasaran yang Anda lakukan. Tools seperti Ahrefs dan Google Analytic bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan website Anda.

Terus update tren terkini

Mengikuti pembaruan dan tren sangat penting. Memanfaatkan tren dalam pemasaran digital dan pembaruan di berbagai platform ini pasti akan membuat Anda unggul.

Tagar yang sedang tren juga merupakan cara yang bagus untuk ditemukan di media sosial dan sangat bagus untuk tujuan SEO.

Perencanaan media

Alokasi anggaran yang tepat merupakan bagian integral pemasaran. Tantangan bagi pemasar digital adalah keterbatasan anggaran.

Untuk promosi yang luar biasa, perencanaan media diperlukan. Laporan dan analisis berbasis data tentang ROI yang disajikan kepada klien sangat membantu bisnis Anda.

Baca juga: 10 Cara Membuat Toko Online Sendiri bagi Pemula

Pendelegasian yang efisien 

Menjaga situs web tetap diperbarui, memastikannya kaya SEO, dan juga memastikannya user friendly adalah tantangan yang cukup berat.

Mungkin sulit untuk mencapai di atas tetapi kuncinya di sini adalah mempekerjakan tim yang berbakat dan berdedikasi serta mendelegasikan dan mengawasi pekerjaan mereka secara efisien. 

Temukan niche Anda

Menemukan niche Anda akan menyelesaikan semua masalah Anda. Menemukan niche akan membantu Anda dalam membangun strategi konten, memilih target audiens yang tepat dan juga merencanakan anggaran Anda.

Fokus pada satu saluran pemasaran terlebih dulu

Jika Anda baru memulai maka fokuslah pada satu saluran pemasaran online seperti Youtube, Instagram, Google, dll. Setelah Anda membangun pegangan yang besar dari audiens di sana, pemasaran multichannel menjadi mudah untuk merek Anda.

Strategi pemasaran yang fleksibel

Mengikuti semua tren pemasaran digital yang bersifat dinamis adalah tantangan tetapi Anda dapat melawannya dengan strategi pemasaran yang fleksibel.

Jangan terlalu merencanakan konten dan strategi pemasaran berbayar Anda sampai-sampai tidak ada ruang untuk perbaikan.

Teliti konten kompetitif

Pemasar berpendapat bahwa pemasaran digital adalah keuntungan karena semua jenis merek dan bisnis secara seragam memasarkan pada saluran yang sama tetapi juga merupakan tantangan karena bisnis kecil mungkin tidak dapat mengimbangi merek besar.

Oleh karena itu, solusinya adalah meneliti konten pesaing Anda dan mengambil inspirasi dari mereka. 

Upskill

Banyak perusahaan mulai berinvestasi meningkatkan keterampilan karyawan mereka sehingga mereka memiliki basis pengetahuan yang lebih luas dan juga mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi.

Ini juga dapat membantu karyawan untuk memahami pemasaran digital secara holistik daripada hanya satu bidang tertentu di lapangan. 

Baca juga: Pengertian Reklame, Fungsi, Karakteristik, Jenis, dan Contohnya

Contoh Pemasaran Online yang Sukses di Indonesia

pemasaran online

Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu perusahaan Indonesia yang berhasil menjalankan pemasaran digital.

Perusahaan ini memanfaatkan SEM dan sosial media advertising sehingga bisa menjangkau target audiens yang luas. Selain itu, Tokopedia juga menggandeng boygrup terkenal dari Korea Selatan yakni BTS sebagai brand ambassador mereka.

Tokopedia juga menyediakan hadiah merchandise BTS yang tentu sangat menarik minat konsumen, khususnya bagi para penggemar BTS.

Erigo

Erigo menjadi salah satu brand fashion lokal yang sukses menjalankan pemasaran digital dalam waktu sekejap.

Awalnya, Erigo menggunakan website dan media sosial sebagai saluran pemasaran digital mereka. Selanjutnya, mereka berkolaborasi dengan Rafi Ahmad dan ternyata strategi ini berhasil.

Mengingat popularitas Rafi Ahamd yang begitu besar, penjualan Erigo pun bisa meningkat tajam.

Scarlett Whitening

Scarlett whitening bisa sebesar sekarang bukan hanya karena ownernya seorang artis. Namun, strategi digital marketing yang mereka lakukan menjadi faktor utama produk ini dikenal secara luas.

Scarlett Whitening melancarkan digital marketing-nya menggunakan pemasaran media sosial dengan menggandeng selebritis dan influencer untuk mempromosikan produknya.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan affiliate marketing dengan cara menarik micro influencer untuk memberikan ulasan positif atas produk mereka.

Dari strategi tersebut, masyarakat percaya bahwa testimoni yang diberikan tersebut asli dan ini membuat reputasi Scarlett Whitening sangat positif.

Setelah bisnis berkembang pesat, Scarlett Whitening menggandeng public figur Korea Selatan, Twice dan Song Jong Ki, sebagai brand ambassador mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga: Tips Membuat Logo dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai pemasaran online dan contoh sukses yang diterapkan oleh beberapa merek di Indonesia. Untuk membuat strategi pemasaran online yang sukses, Anda harus membuat kampanye pemasaran yang sesuai dengan target audiens dan budget yang Anda miliki.

Mengelola budget menjadi lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang sudah digunakan lebih dari 35 ribu pengguna.

Software ini dibekali dengan fitur terlengkap yang mudah digunakan bahkan bagi Anda yang masih awam dengan dunia akuntansi dan keuangan.

Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa lho mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini. Yuk, buktikan sekarang juga!

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − six =