Bisnis Cheese Stick dengan Bahan Sederhana dan Sangat Mudah, Yuk Coba!

Memulai sebuah bisnis bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk bagi Kawan Kledo yang memiliki keseharian di rumah. Kawan Kledo bisa memulai bisnis rumahan seperti cheese stick atau stik keju. Cheese stick merupakan camilan yang sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia dan pembuatannya pun sangat mudah. Kawan Kledo bisa membuatnya di dapur Kawan Kledo. Cheese stick ini dapat digunakan untuk hidangan di ruang tamu ataupun oleh-oleh ketika ada kerabat berkunjung. Kawan Kledo tertarik untuk mencoba bisnis cheese stick? Tapi ragu karena merasa tidak bisa memasak? Wah, buat Kawan Kledo yang merasa tidak bisa memasak, jangan khawatir ataupun ragu karena semuanya bisa dipelajari dari tips yang ada di artikel ini. Baca sampai selesai ya!

Memulai Bisnis Cheese Stick

cheese stick

Memulai bisnis cheese stick bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan buat Kawan Kledo yang tidak pandai memasak. Buat Kawan Kledo yang merasa tidak pandai memasak, jangan berkecil hati karena sejatinya memasak itu bisa dipelajari oleh siapapun. Meski awalnya gagal membuat kue atau camilan, jangan mudah menyerah. Kegagalan adalah proses pembelajaran. Dari kegagalan itu, Kawan Kledo bisa belajar untuk lebih baik lagi. Terlebih dalam hal memasak. Percaya atau tidak, tidak ada yang namanya kegagalan dalam memasak. Jika Kawan Kledo merasa tidak pas, Kawan Kledo bisa kembali berlatih hingga mendapatkan rasa yang pas. Selain itu Kawan Kledo juga bisa mempelajari resep atau tips memasak yang sudah banyak tersebar di internet ataupun buku.

Tips Membuat Camilan Cheese Stick

bisnis stik keju

Buat Kawan Kledo yang masih sering mengalami rasa yang kurang pas dalam memasak, Kawan Kledo bisa menggunakan tips berikut untuk membuat cheese stick:

  1. Tambahkan garam pada makanan yang manis, misalnya untuk kue-kue manis.
  2. Tambahkan gula untuk makanan yang asin, misalnya pada kue asin, atau lauk yang dimasak bersama nasi.
  3. Garam dan gula tersebut dapat digunakan untuk membuat masakan menjadi gurih.

Selain itu buat Kawan Kledo yang sering mengalami kue tidak mengembang, Kawan Kledo bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya:

  1. Pilihlah bahan dengan lebih teliti. Misalnya, Kawan Kledo dapat menggunakan terigu yang dikhususkan untuk membuat roti, donat, atau cake. Biasanya di beberapa merek tepung terigu ada keterangan penggunaannya. Kawan Kledo bisa mengikuti keterangan penggunaan tersebut.
  2. Masalah bisa terjadi pada pengocokan bahan. Dalam pencampuran bahan, ada yang menggunakan tangan atau mixer. Kawan Kledo harus memperhatikan dengan baik-baik apa yang terdapat dalam resep. Biasanya, saat membuat roti, bahan-bahan dicampur menggunakan tangan.
  3. Pastikan wadah yang digunakan untuk mengaduk bahan dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini dikarena wadah yang basah dapat membuat adonan sulit mengembang.
  4. Pada saat membakar kue, atur sihi panas sesuai dengan yang ada di resep. Sebeleum memasukkan adonan ke dalam pemanggan atau oven, biarkan oven panas terlebih dahulu. Lalu aturlah waktu sesuai catatan resep.
  5. Seringlah praktik agar semakin lihai dalam memasak.

Membuat Cheese Stick

bisnis cheese stick

Membuat cheese stick bukan sesuatu yang sulit. Kawan Kledo bisa memulainya dengan bahan dan cara di bawah ini:

Bahan

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cheese stick adalah sebagai berikut:

  1. Tepung terigu merek segitiga, 1 kilogram
  2. Mentega 100 gr
  3. Telur ayam 2 butir
  4. Keju Edam 1 ons atau lebih jika ingin lebih terasa kejunya
  5. Garam secukupnya
  6. Air satu gelas atau secukupnya.

Cara Membuat

Sedangkan untuk membuatnya, Kawan Kledo bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Campurkan semua adonan, masukan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis, tidak lengket, dan bisa dibentuk.
  2. Setelah kalis, ratakan dan masukkan ke dalam alat penggiling hingga terbentuk batangan atau stick.
  3. Gorenglah dalam minyak panas. Biarkan adonan cheese stick terendam minyak goreng dengan api yang tidak terlalu besar agar cheese stick tidak gosong.

Jenis-Jenis Keju

bisnis cheese stick

Seperti namanya, cheese stick memiliki bahan utama keju. Sebelum Kawan Kledo action membuat cheese stick, sudahkah Kawan Kledo memahami jenis-jenis keju? Nah, agar Kawan Kledo tidak keliru dalam memilih keju, berikut jenis-jenis keju yang harus Kawan Kledo pahami:

1. Keju Cheddar

Keju cheddar merupakan keju yang berasal dari Cheddar, Inggris. Keju cheddar ini memiliki tekstur yang keras. Di Indonesia sendiri, keju ini biasanya memiliki bentuk persegi panjang dan berwarna kuning atau putih gading. Rasa keju cheddar gurih dan asin. Biasanya keju ini diparut kasar untuk dijadikan topping roti, martabak, atau kue kring. Keju cheddar memiliki kandungan lemak sebanyak 48%.

2. Keju Mozarella

keju mozarella dibuat dari susu segar dan memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga mudah dibentuk. Secara sekilas keju ini akan mirip seperti mentega ketika dikemas dalam plastik. Biasnaya keju mozarella digunakan untuk pengolahan pizza. Lemak yang terkandung dalam keju ini adalah 40-50%.

3. Keju Parmesan

Dari bentuknya, keju permesan sekilas mirip dengan keju cheddar. Namun dalam hal rasa jauh berbeda karena keju permesan memiliki rasa yang gurih. Keju permesan ini memiliki tekstur yang keras dan berwarna kuning pucat dengan lubang-lubang kecil. Baunya sangat tajam dan memiliki lemak hingga 61%.

4. Keju Edam

Jika dilihat dari bentuknya, keju edam tampak seperti bola berwarna merah. Jika keju ini diiris, akan terlihat warna kuning terang. Warna merah di bagian luar adalah pembungkus yang terbuat dari parafin dan zat berwarna merah. Keju edam ini berasal dari Belanda dan memiliki tekstur dengan rasa sedikit asin dan tidak berbau seperti keju-keju lainnya. Kandungan lemaknya juga terbilang rendah yaitu hanya sebesar 28% dengan kandung protein sebesar 25%.

Dalam pembuatan cheese stick, Kawan Kledo bisa menggunakan keju edam agar rasa kejunya benar-benar terasa pada cheese stick yang dibuat. Keju merupakan produk makanan yang dibuat dari bahan susu. Sehingga kandungan yang terdapat dalam keju hampir sama seperti yang terdapat dalam susu. Manfaat dari keju adalah sebagai berikut”

  1. Keju yang dibuat dari gula dapat meningkatkan kandungan kalsium dan fosfor. Jika mengkonsumsi keju secara teratur, tulang akan lebih padat dan risiko gigi berlubang jadi berkurang.
  2. Keju mengandung vitamin A, lemak, dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan janin. Namun untuk keamanan sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi keju dengan tekstur keras.

Tips Sukses Membuat Cheese Stick

bisnis cheese stick

Agar cheese stick yang Kawan Kledo buat sukses, berikut tips yang bisa Kawan Kledo lakukan:

  1. Ketika mencampurkan smeua bahan, jumlah air dan cara mengaduk dapay memengaruhi keadaan adonan, apakah terlalu basah, terlalu kering atau cukup kalis dan bagus ketika dimasukan ke alat penggiling. Caranya adalah masukkan air sedikit demi sedikit saat mencampurkan bahan. Kawan Kledo akan tahu keadaan adonan. Jika terasa pas, jangan tambah air lagi, meskipun disebutkan dalam resep air setu gelas, dan ketika itu air yang Kawan Kledo gunakan belum satu gelas.
  2. Perhatikan ketika menggoreng dan setelah menggoreng. Dalam menggoreng, cheese stick mentah haruslah matang secara sempurna, bukan hanya bagian luarnya. Ciri-ciri cheese stick yang telah matang sempurna adalah memiliki warna kekuning-kuningan. Api jangan terlalu besar agar cheese stick tidak gosong. Jangan lupa untuk meniriskan setelah penggorengan selesai, jangan sampai mengandung banyak minyak saat cheese stick digigit. Kawan Kledo bisa menaruh di atas kertas dan wadah yang rata.
  3. Perhatikan pemilihan bahan dan pilihlah bahan yang benar-benar sesuai. Misalnya dalam pemilihan terigu. Gunakan terigu yang biasanya digunakan untuk membuat kue kering. Gunakan keju edam dan minyak yang digunakan adalah minyak bersih bukan minyak bekas. Pemilihan bahan ini akan memengaruhi hasil cheese stick yang dibuat.

Kesimpulan

Cheese stick merupakan camilan yang bisa dibuat oleh siapa saja. Tidak hanya bisa dijadikan hidangan keluarga, cheese stick ini juga bisa dijadikan ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Kawan Kledo bisa menggunakan cara-cara di atas untuk membuat cheese stick ini. Jangan lupa untuk mengelola keuangan ketika menjalankan bisnis cheese stick ini. Kawan Kledo bisa menggunakan pengelolaan keuangan manual ataupun dengan cara mudah yaitu dengan software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Tidak hanya itu, dengan basis cloud yang dimiliki Kledo, Kawan Kledo juga tetap bisa mengakses Kledo dimana pun dan kapan pun. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *