Meraup Untung dari Bisnis Cokelat Rumahan, Sangat Mudah!

bisnis cokelat rumahan

Memulai sebuah bisnis bisa dilakukan dari mana saja. Kawan Kledo tidak harus memiliki tempat khusus seperti toko untuk bisa memulai sebuah bisnis. Ada banyak jenis bisnis yang bisa Kawan Kledo mulai, salah satunya adalah bisnis rumahan.

Dengan bisnis rumahan ini, Kawan Kledo dapat memanfaatkan apa yang ada saat ini di rumah Kawan Kledo, mulai dari halaman, garasi, ataupun dapur sebagai tempat bisnis.

Kawan Kledo sudah menentukan untuk memulai bisnis rumahan, tapi bisnis rumahan seperti apa sih yang saat ini diminati? Ada banyak pilihan, mulai dari kerajinan tangan sampai aneka makanan, salah satu bisnis aneka makanan rumahan yang akan dibagikan di sini adalah bisnis cokelat.

Cokelat merupakan salah satu makanan yang sangat dikemari orang-orang di seluruh dunia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Mulai dari laki-laki sampai perempuan. Cokelat juga sering dihidangkan di acara-acara spesial dan bisa juga menjadi hadiah untuk orang yang spesial. Dengan besarnya peluang ini, tidak ada salahnya Kawan Kledo mencoba bisnis satu ini. Lebih lengkapnya, Kawan Kledo bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Peluang Menjanjikan dari Bisnis Cokelat

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan. Banyak olahan makanan yang mencampurnakn cokelat sebagai varian rasa atau bahan tambahan. Cokelat ini disukai karena rasanya yang enak. Buat Kawan Kledo yang menyukai cokelat dan suka dengan kegiatan masak-memasak, bisa nih mencoba bisnis cokelat rumahan.

Ada berbagai jenis kreasi cokelat yang bisa dijadikan pilihan bisnis, mulai dari cokelat dodol, cokelat lava cake, ataupun cokelat pedas. Kawan Kledo bisa juga mengkreasikan cokelat ini dalam berbagai bentuk yang unik dan menambahkan hiasan atau isian di luar dan di dalam cokelat. Ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan, bukan?

Baca juga: 10 Strategi Bisnis untuk Raih Keuntungan Maksimal

Manfaat Cokelat bagi Kesehatan

Buat pecinta cokelat pasti tahu rasa enak yang terkandung di dalamnya. Namun ternyata cokelat ini idak hanya enak, cokelat juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, apa saja kira-kira?

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat cokelat yang pertama adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan cokelat kaya akan antioksidan. Selain itu kandungan flavonoid yang terdapat pada cokelat juga dapat memproduksi senyawa nitric oxide yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan.

2. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat yang kedua dari cokelat adalah cokelat dapat mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab tertinggi kematian di dunia. Kandungan flovonoid dan asam lemak yang terdapat pada cokelat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kawan Kledo bisa memilih jenis cokelat dark chocolate.

3. Dapat Meningkatkan Produksi Insulin

Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari cokelat adalah cokelat dapat meningkatkan produksi insulin di tubuh. Cokelat ini akan meniningkatkan produksi insulin secara alami dan mengubah gula darah yang ada di dalam cokelat menjadi sumber energi. Dengan begitu Kawan Kledo dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

4. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan procyanidin pentameric yang terdapat pada biji buah cokelat akan menghasilkan protein yang mampu mencegah dampak buruk dari radikal bebas dan dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker.

5. Dapat Menjaga Tubuh dari Stress dan Kelelahan

Selain itu semua, cokelat juga dapat menjaga tubuh dari stress dan kelelahan. Tentu ini akan memberikan dampak positif karena biasanya stress dapat menyebabkan seseorang tidak dapat berpikir dengan baik. Cokelat dapat mengatasi stress karena adanya kandungan zat serotonin yang dapat memperbaiki mood dan memberikan tenaga kepada tubuh.

Baca juga: Ingin Membuka Bisnis Sistem Konsinyasi? Baca ini Dulu

Resep Membuat Cokelat Paling Enak

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi cokelat, ini saatnya Kawan Kledo membuat cokelat rumahan. Buat yang belum pernah mencobanya, pasti mengira membuat cokelat rumahan ini lumayan sulit, padahal sebenarnya membuat makanan satu ini sangat mudah, lho. Berikut alat, bahan, dan cara membuatnya yang bisa langsung dipraktikan di rumah Kawan Kledo masing-masing:

Alat

Sebelum praktik membuat cokelat rumahan, ada beberapa peralatan yang harus Kawan Kledo sediakan yaitu:

  1. Wadah atau tempah untuk melelehkan cokelat.
  2. Cetakan cokelat yang disesuaikan dengan selera, baik yang berbahan plastik, stainless, ataupun silikon.
  3. Plastik pembungkus cokelat yang sudah dicetak atau ditempatkan di mangkok kertas.
  4. Agar lebih cantik, Kawan Kledo bisa menyiapkan kemasan-kemasan lucu dan unik sebagai tempat cokelat-cokleat yang sudah dibuat, seperti toples kaca atau plastik, keranjang mungil dari rotan, dus kecil, dan sebagainya.

Bahan

Setelah menyiapkan peralatan untuk membuat cokelat, sekarang Kawan Kledo saatnya menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut bahan-bahan yang harus Kawan Kledo siapkan untuk membuat cokelat rumahan:

  1. Cokelat batangan
  2. Hiasan cokelat seperti meses warna-warni, mismis, kacang, selai rasa buah-buahan, dan kue kering.
Banner 2 kledo

Cara Membuat

Saatnya membuat cokelat! Kawan Kledo bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat cokelat rumahan:

  1. Lelehkan cokelat batangan dengan cara dipotong kecil-kecil sekitar 3-5 cm. Ini dilakukan agar cokelat meleleh dengan rata.
  2. Kawan Kledo dapat melelehkan dengan dua cara berikut
  3. Pertama, siapkan dua wadah yaitu panci stainless dan wadah besar berisi cokelat batangan yang sudah dipotong-potong. Masukan cokelat tersebut ke dalam wadah besar dan masukan air ke wadah kecil. Rebus air tersebut hingga mendidik. Setelah mendidih dan uap airnya menghilang, letakan wadah besar berisi cokelat di atas wadah berisi air mendidik. Aduk-aduk hingga cokelat meleleh.
  4. Cara kedua merupakan cara yang praktis, yaitu masukan cokelat yang telah dipotong ke dalam piping bag, lalu masukan cokelat tersebut ke dalam magic com. Lalu biarkan cokelat tersebut hingga meleleh.
  5. Jika ingin lebih mudah, Kawan Kledo bisa menggunakan cara piping bag berisi cokelat tadi disiram dengan air panas.

Jenis-Jenis Cokelat

cokelat rumahan

Ada berbagai jenis cokelat batangan yang bisa Kawan Kledo beli dipasar. Mulai dari yang berwarna-warni, warna cokelat, sampai ada juga yang dark chocolate. Kawan Kledo bisa mencoba beberapa merek cokelat batangan karena biasanya ada yang manisnya pas, ada yang lebih manis, dan bahkan ada yang lebih terasa pahitnya. Kawan Kledo bisa memilihnya sesuai selera. Biasanya dark chocolate yang memiliki rasa dominan manis karena memiliki lebih banyak cocoa daripa jenis cokelat batangan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa mengetahui jenis-jenis cokelat yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Couverture Chocolate

Jenis cokelat yang pertama yaitu couverture chocolate. Cokelat ini merupakan cokelat yang dibuat dari coca mass dan cocoa butter. Selain disebut dengan couverture chocolate, cokelat ini juga disebut dengan chocolate coating dan pengolahannya lumayan sulit karena melalui proses tempering atau dilelehkan. Couverture chocolate memiliki tekstur lembut dan mudah meleleh, sangat cocok untuk dijadikan celupan atau permen cokelat.

2. Compound Chocolate

Compound chocolate merupakan hasil inovasi dari courverture chocolate yang lebih murah. Memiliki kandungan cocoa powder, lemak nabati, gula, lesitin, dan susu. Karena lebih praktis dan tidak cepat melelh, cokelat jenis ini sering dijadikan bahan olahan makanan dan cokelat dekorasi.

3. Cocoa Powder

Cocoa powder merupakan jenis cokelat yang terbuat dari biji kakao yang dihaluskan dan ditambah tepung dan gula. Cokelat ini memiliki aroma yang tajam namun tidak tidak dan sering digunakan untuk membuat roti atau minuman cokelat.

4. Cokelat Premium

Cokelat premium sangat cocok buat Kawan Kledo yang tetap ingin makan cokelat meskipun sedang diet. Cokelat jenis ini rendah kalori dan mengandung sedikit gula dan minyak nabati dibandingkan cokelat lainnya. Cokelat premium memiliki warna gelap dengan permukaan yang terlihat halus dan juga mengkilap.

5. Chocolate Pasta

Cokelat pasta memiliki bentuk pasta sesuai namanya, dengan tekstur cair dan kental. Mirip selai namun dengan rasa yang cenderung pahit. Cokelat pasta ini sering digunakan untuk memberikan aroma dan rasa pada kue, puding dan juga minuman.

6. Meses

Meses merupakan cokelat yang sudah sangat terkenal karena sering dijadikan topping roti, donat, pisang bakar, ataupun es krim. Meses dikenal sebagai rice chocolate dan terbuat dari bubur cokelat padat atau cokelat murni, lemak cokelat, minyak goreng, gula susu, esens, dan juga lesitin.

7. Dark Chocolate

Dark chocolate merupakan cokelat berwarna cokelat tua kehitam-hitaman. Cokelat jenis ini memiliki rasa yang lebih pahit karena lebih banyak mengandung cokelat cair, bubuk cokelat, dan minyak cokelat, serta tanpa adanya kandungan susu murni. Cokelat ini sangat baik untuk kesehatan.

8. Semi-sweet Chocolate

Cokelat semi-sweet chocolate sebenarnya merupakan jenis dark chocolate yang sudah ditambahi lemak cokelat dan gula. Karena memiliki rasa yang manis, semi-sweet chocolate biasa dipakai untuk bahan dessert atay langsung dimakan.

9. Cokelat Susu

Cokelat susu merupakan jenis cokelat yang paling banyak dijual. Cokelat jenis ini memiliki rasa yang sangat manis dan juga lembut. Buat Kawan Kledo yang sedang diet, sebaiknya mengurangi konsumsi cokelat susu karena mengandung banyak gula dan juga susu.

10. Cokelat Putih

Cokelat putih merupakan cokelat yang sebenarnya tidak mengandung padatan cokelat. Bahan utama yang digunakan untuk membuat cokelat ini adalah cocoa butter, gula, susu, lesitin, dan vanila.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan menghasilan, salah satunya dengan cara bisnis rumahan. Kawan Kledo bisa mencoba bisnis rumahan cokelat dengan bahan dan alat yang sederhana seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk menjualnya Kawan Kledo bisa menjualnya secara online ataupun offline.

Agar bisnis rumahan yang Kawan Kledo kelola bisa berjalan dengan lancar, Kawan Kledo harus mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan akuntansi manual ataupun menggunakan software akuntansi.

Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Tidak hanya itu, dengan basis cloud yang dimiliki Kledo, Kawan Kledo tidak perlu khawatir ketika komputer yang digunakan mengalami kerusakan atau hilang karena data-data Kawan Kledo tersimpan aman di server internet. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =