4 Bisnis Menjanjikan untuk Mahasiswa

4 bisnis mahasiswa

Menjadi mahasiswa tidak sama seperti saat SMA. Saat menjadi mahasiswa, seseorang lebih diberikan kebebasan untuk mengekplorasi diri. Ada banyak kegiatan mahasiswa yang menarik untuk diikuti. Kamu bisa bergabung dengan organisasi kepemimpianan ataupun organisasi yang berdasarkan hobi. Tidak hanya menyediakan banyak organisasi, kampus juga biasanya sangat mendukung kegiatan wirausaha mahasiswa. Bahkan beberapa kampus menyediakan anggaran khusus untuk memberikan bantuan modal kepada mahasiswa. Namun ternyata menemukan ide bisnis untuk mahasiswa bukan perkara gampang. Banyak yang tanya bisnis apa sih yang menjanjikan untuk mahasiswa?

Sebelum menjelaskan bisnis apa yang menjanjikan untuk mahasiswa, ada beberapa alasan kenapa mahasiswa harus berbisnis. Alasan ini nggak soal mendapatkan hibah dana dari kampus. Hibah dana dan segala fasilitas lainnya yang diperoleh dari berbisnis menjadi bonus tersendiri.

Alasan Bisnis bagi Mahasiswa

Jangan Mengandalkan Kiriman Orang Tua

Setiap bulan, biasanya mahasiswa mendapatkan jatah uang bulanan dari orang tua. Terlebih untuk mahasiswa yang kos, kehidupan mereka bergantung pada uang kiriman orang tua. Sebenarnya wajar saja seorang mahasiswa mendapatkan jatah bulanan dari orang tua karena belum bekerja. Meski ada juga mahasiswa yang kuliah sembari bekerja, tapi bagi beberapa kampus, jangankan bekerja, bisa tidur cukup aja Alhamdulillah.

Namun bukan berarti tidak ada cara lain untuk mendapatkan tambahan uang jajan. Mungkin awal-awal kuliah, kamu bisa mengandalkan uang kiriman orang tua tapi nggak mungkin ini dilakukan sampai lulus. Apa lagi kadang ada banyak pengeluaran dadakan dan mau minta orang tua nggak enak karena baru minta. Jalan satu-satunya adalah dengan berbisnis. Setidaknya dengan bisnis kuliahmu tidak akan terganggu dan kamu bisa mendapatkan tambahan uang jajan.

Mempersiapkan karir setelah lulus

Tidak ada yang bisa menjamin karirmu akan mulus begitu lulus kuliah. Dengan persaingan kerja yang sangat ketat, tidak akan cukup jika hanya mengandalkan ijazah. Sebagai seorang sarjana, kamu harus memiliki sesuatu yang ditonjolkan selain ijazah, seperti aktif organisasi dan pengalaman berbisnis.

Berbisnis saat menjadi mahasiswa menjadi bekal untuk menghadapi kehidupan setelah wisuda. Pernah dengar kehidupan setelah lulus itu berat? Pernah membaca cerita-cerita dari sarjana yang harus menganggur sampai bertahun-tahun? Biasanya hal itu terjadi karena mahasiswa tersebut tidak memanfaatkan peluang mempersiapkan karir yang ada di kampus. Hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu jadi ketika ditanya, “Selama kuliah ngapain aja?” jadi bingung sendiri.

Ada beberapa kelebihan yang akan mahasiswa dapatkan ketika berbisnis, salah satunya adalah bisa mengikuti lomba-lomba bisnis khusus mahasiswa. Di tingkat perguruan tinggi ada beberapa lomba yang disediakan pemerintah untuk mendukung kegiatan bisnis mahasiswa, seperti PKM-K dan KBMI. PKM-K merupakan singkatan dari Program Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan. Di tingkat perguruan tinggi, PKM-K sangat terkenal. Biasanya mahasiswa akan diminta membuat proposal dan yang lolos akan mendapatkan hibah jutaan rupiah. Puncak dari PKM-K ini adalah PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Di sini seluruh peserta dari seluruh Indonesia berkumpul.

Hampir sama dengan PKM-K, KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia) juga menerima proposal dan akan memberikan hibah dana kepada yang lolos seleksi. KBMI juga memiliki puncak kegiatan yang bernama KMI-Expo dan di sini seluruh mahasiswa yang bisnisnya lolos seleksi KMI akan bertemu. Selain menambah pengalaman, dua kegiatan ini juga akan menambah teman dan relasi yang berguna bagi karirmu nantinya.

Bisnis yang Menjanjikan untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui alasan mahasiswa harus berbisnis, lalu bisnis apa saja yang bisa dilakukan oleh mahasiswa? Sebenarnya ada 2 jenis bisnis yang sangat cocok untuk mahasiswa. Pertama, bisnis tanpa modal yang bisa kamu baca di sini. Kedua, bisnis yang menjadikan lingkungan kampus sebagai target pasar. Apa saja bisnis-bisnis tersebut?

1. Pulsa dan Kuota

bisnis-mahasiswa-menjanjikan

Mahasiswa menjadi salah satu golongan orang yang hidupnya tidak bisa dipisahkan dari pulsa atau kuota. Mulai dari untuk keperluan kampus, untuk mencari materi, mengerjakan tugas sampai untuk chat doi. Biasanya chat doi yang paling bikin nggak tahan hidup tanpa kuota.

Tentu ini menjadi peluang bisnis bagi kamu yang mau menyisikan waktu untuk promosi di media sosial. Kamu bisa bekerja sama dengan supplier pulsa elektronik atau kamu bisa membelinya lewat ATM atau m-banking. Dengan teknologi yang ada sekarang, semuanya jadi lebih mudah. Kuncinya untuk bisnis ini ada kemauan dan ada usaha.

2. Makanan Ringan

snack

Di Indonesia, saat ini banyak bermunculan bisnis-bisnis makanan ringan seperti keripik, cireng, jamur krispi dan lainnya yang dijual di internet ataupun minimarket. Biasanya bisnis-bisnis ini dibangun oleh pemiliknya saat masih menjadi mahasiswa. Di kampus pun, biasanya produk unggulan bisnis mahasiswa tidak bisa lepas dari makanan ringan.

Memulai bisnis makanan ringan di kampus sangat mudah. Jika memungkinkan, kamu bisa memproduksi sendiri makanan ringan di rumah atau kosan. Namun jika kegiatan di kampus, kamu bisa bekerja sama dengan teman atau mengambil stok dari supplier. Selain bisnis makanan ringan seperti keripik, kamu juga bisa bisnis makanan untuk sarapan. Pasarmu adalah mahasiswa di kampus yang tidak sempat untuk sarapan.

3. Florist

florist

Untuk bisa lulus, mahasiswa harus melaksanakan seminar dan ujian, mulai dari seminar proposal, seminar hasil dan ujian skripsi. Di momen-momen seperti ini biasanya teman-teman dari mahasiswa yang melaksanakan seminar atau kompre akan membawa hadiah. Hadiah bisa berupa sovernir atau buket bunga. Tentu ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Kamu bisa menjual bunga segar yang diambil dari supplier. Tips memilih supplier bisa dibaca di sini. Selain bunga segar, kamu juga bisa menjual bunga flanel yang bisa dibuat sendiri. Tidak hanya dijual untuk hadiah seminar atau ujian, kamu juga bisa ikut buka lapak saat ada acara wisuda di kampus. Dengan memiliki bisnis ini, tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga bisa lebih berhemat saat memberi hadiah ke teman karena memakai produk sendiri. Kamu juga bisa sekalian promosi.

4. Make-up Artist-up

makeup-artist

Salah satu bisnis yang saat ini ramai di kalangan mahasiswa adalah dengan menjadi make-up artist atau MUA. MUA merupakan bisnis yang memberikan jasa make-up kepada pelanggan. Nah, buat kamu yang memang memiliki hobi dan kemampuan dalam merias orang lain, bisnis satu ini patut dicoba.

Di kalangan mahasiswa, target pasar dari bisnis ini adalah mahasiswa yang akan melakukan pemotretan untuk pas foto ijazah atau untuk make-up wisuda. Selain bisa menambah penghasilan, bisnis satu ini juga bisa sebagai cara menyalurkan hobi.

Tips Bisnis untuk Mahasiswa

Sudah tahu kan apa saja bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa? Kira-kira kamu mau memulai bisnis yang mana? Nah, setelah menentukan bisnis mana yang akan kamu mulai, ada beberapa tips berbisnis yang ingin aku bagikan. Kira-kira apa ya?

1. Tetap Utamakan Kuliah

Salah satu tantangan bagi mahasiswa yang memiliki bisnis adalah pembagian waktu antara kuliah dengan bisnis. Membagi waktu seperti ini bukan hal yang mudah, makanya beberapa mahasiswa yang berbisnis kuliah jadi terbengkalai. Meskipun bisnis membuatmu memiliki penghasilan yang nggak kacang-kacang, tapi kuliah tetap harus menjadi prioritas. Jangan sampai kuliah berantakan karena lebih fokus berbisnis. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu agar kuliah tetap lancar, bisnis juga jalan.

2. Atur Keuangan dengan Baik

Selain kuliah yang terbengkalai, kadang mahasiswa yang berbisnis sering mengabaikan keuangan bisnisnya. Ada berbagai alasan mulai dari sibuk membagi waktu kuliah dan bisnis, sampai tidak bisa membuat keuangan yang baik. Padahal sekarang udah ada banyak software akuntansi yang bisa membantu keuangan bisnis. Salah satu Kledo.com. Kelebihan dari Kledo ini, kamu nggak perlu instal aplikasi dan biaya tiap bulan juga murah.

Kesimpulan

Meski sering disebagai agen perubahan, kenyataannya ijazah doang nggak cukup untuk melamar pekerjaan. Harus ada yang ditonjolkan oleh seorang sarjana yang membedakan dirinya dengan sarjana-sarjana lainnya. Salah satu cara uang bisa dilakukan adalah dengan membangun bisnis. Selain bisa menambah uang jajan, bisnis bagi mahasiswa juga bisa untuk menambah relasi dan pengalaman. Jadi, buat kamu mahasiswa, jangan sampai menyia-nyiakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *