Cara Daftar GrabFood bagi Pemilik Bisnis Kuliner dan Juga Driver

cara daftar grabfood

Bergabung menjadi mitra GrabFood memberikan banyak keuntungan baik bagi Anda sebagai pelaku bisnis maupun mitra driver. Lantas, bagaimana cara daftar GrabFood?

Tak usah khawatir, di artikel ini, Kledo akan membagikan panduan cara daftar GrabFood bagi para pemilik bisnis kuliner dan bagi Anda yang berminat menjadi driver.

Cara Daftar GrabFood bagi Pemilik Bisnis Kuliner

cara daftar grabfood

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara daftar GrabFood bagi pelaku bisnis, yuk kita pahami dulu apa saja manfaat dan persyaratan mendaftar sebagai GrabFood Merchant.

Manfaat join GrabFood

GrabFood adalah salah satu layanan pesan antar makanan online terbesar di Indonesia. Berikut adalah beberapa keuntungan mendaftarkan bisnis kuliner di GrabFood:

Mempermudah penjualan

Saat ini, pengguna Grabfood ada di mana-mana. Dengan mendaftar sebagai Grabfood, akan mempermudah penjualan produk makanan dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Meningkatkan pendapatan bisnis

Dengan menjual produk makanan Anda melalui GrabFood, otomatis lebih banyak konsumen yang mengetahui bisnis kuliner Anda. Hal ini tentu akan mempengaruhi peningkatan penjualan, namun pastikan menu Anda berkualitas.

Mempermudah delivery order

Salah satu keuntungan menjadi GrabFood merchant adalah Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengantarkan pesanan online sendiri.

Pasalnya, driver GrabFood selaku mitra akan menerima pesanan dan mengantarkannya ke konsumen.

Sarana promosi hemat budget

Keuntungan lain menjadi GrabFood merchant adalah bisnis makanan dan minuman Anda akan muncul di aplikasi GrabFood, sehingga lebih murah untuk beriklan.

Tentu saja, hal ini secara tidak langsung memperluas kehadiran bisnis Anda. Semakin tinggi perolehan rating bintang dan ulasan konsumen yang positif, maka semakin baik pula brand image bisnis Anda.

Baca juga: Pengertian Rencana Strategis dan Bedanya dengan Rencana Bisnis

Persyaratan pendaftaran GrabFood

Berikut ini merupakan beberapa persayaratan yang harus dipenuhi agar bisa menjadi GrabFood merchant:

Informasi restoran atau kedai

Berikut adalah informasi yang perlu Anda persiapkan tentang restoran atau bisnis Anda.

  • Nama restoran atau kedai

Buatlah nama restoran yang tidak pasaran. Jika bisnis Anda sudah berdiri lama, pastikana nama yang didaftarkan sesuai dengan plang di tempat usaha Anda.

  • Alamat restoran dan koordinat peta Google

Sertakan alamat beserta desa dan kecamatan dimana lokasi usaha Anda berada. Jika di mall atau gedung, harap masukkan lantai dan nomor kios.

Pastikan alamat restoran yang Anda kirimkan sedekat mungkin dengan koordinat yang ditampilkan di aplikasi Google Maps Anda.

  • Nomor telepon restoran

Masukkan nomor telepon yang valid dan dapat dihubungi untuk akses mudah ke restoran.

  • Email restoran
  • Foto eksterior restoran

Pastikan spanduk atau banner restoran terlihat jelas. Sertakan juga foto pelaku bisnis di depan spanduk atau banner.

  • Foto interior restoran

Tunjukkan foto meja kasir, meja makan dan dapur. Selain makanan yang dijual di dapur, foto pemilik, asalkan wajah pemilik sesuai dengan foto di KTP dan tidak buram.

Informasi pemilik bisnis

  • Foto KTP

Pastikan informasi KTP terlihat jelas. KTP yang masih berlaku dapat ditemukan di https: //lindungihakhargamu.kpu.go.id/. Sementara WNA dapat menggunakan foto paspor mereka.

  • Selfie dengan KTP

Pastikan informasi KTP jelas dan terlihat lengkap serta tidak tertutup oleh tangan atau benda lainnya. Wajah juga harus terlihat jelas. Sedangkan WNA dapat menggunakan foto selfie bersama dengan paspor mereka.

  • Foto NPWP

Dokumen NPWP yang digunakan boleh dalam bentuk salinan.

  • Informasi bank

Terdiri dari foto buku tabungan atau e-banking dan nomor rekening tabungan.

  • Informasi menu makanan dan minuman

Meliputi daftar menu, foto daftar menu (harus terlihat jelas dan menunjukkan hidangan dan harga yang ditampilkan di aplikasi GrabFood), dan foto hidangan makanan serta minuman.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Banner 3 kledo

Cara daftar GrabFood bagi pemilik bisnis kuliner

Setelah mengetahui manfaat dan persyaratan mendaftar menjadi GrabFood merchant, kini saatnya kita membahas apa saja tahapan pendaftaran yang harus dilakukan:

Langkah 1. Membuat profil bisnis dan verifikasi akun

Jika Anda belum memiliki profil di situs merchant, langkah pertama adalah membuatnya dengan memberikan informasi berikut:

  • Nama Bisnis/Restoran
  • Alamat Bisnis/Restoran dan Kota
  • Nomor Ponsel
  • Alamat Email

Silakan lengkapi formulir yang diperlukan di halaman https:// Pilih www.grab.com / id/merchant/food/ lalu klik Daftar. Kemudian tunggu sekitar 15 menit untuk menerima kode verifikasi.

Anda kemudian akan menerima email konfirmasi dari tim GrabFood. Email konfirmasi harus diselesaikan dalam waktu 72 jam. Pastikan alamat email bisnis/restoran Anda berhasil didaftarkan dan diverifikasi.

Langkah 2. Unggah informasi bisnis/restoran Anda

Setelah email Anda dikonfirmasi, tim GrabFood akan menghubungi kontak bisnis untuk membahas langkah selanjutnya untuk informasi bisnis.

Anda akan menerima email yang meminta Anda untuk memasukkan informasi tentang bisnis/restoran Anda seperti: foto restoran, daftar menu, dll.

Baca juga: Punya Bisnis Rumah Makan? Ini Tips Sukses Mengembangkannya

Langkah 3. Menandatangani kontrak

Setelah Anda memasukkan informasi restoran, Anda akan menerima email dari tim GrabFood yang meminta Anda untuk menandatangani kontrak dengan GrabFood. ‍ HARAP BACA PERSYARATAN DENGAN TELITI SEBELUM MENANDATANGANI KONTRAK PERJANJIAN.

Langkah 4. Verifikasi email outlet

Setelah penandatanganan kontrak, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi outlet via email dalam kurun waktu 72 jam.

Pastikan email Anda diverifikasi tidak lebih dari 72 jam. Jika tidak diverifikasi, konfirmasi akan gagal. Anda harus menghubungi tim layanan pelanggan GrabFood untuk konfirmasi ulang. ‍

Langkah 5. Proses verifikasi OVO

OVO adalah dompet digital yang bekerja sama dengan Grab dan GrabFood sebagai opsi pembayaran dalam aplikasi.

Oleh karena itu, untuk menjadi merchant GrabFood, Anda harus mendaftar dan memverifikasi akun OVO Anda sebagai platform pembayaran bisnis konsumen Anda.

Tim OVO akan menghubungi Anda untuk verifikasi dan konfirmasi informasi bisnis/restoran Anda. Informasi yang diverifikasi meliputi nama restoran dan alamat restoran.

Langkah 6. Penyelesaian dan proses training

Setelah semua proses di atas berhasil dijalankan dan diverifikasi sepenuhnya. Anda akan menerima email dari tim GrabFood dengan materi pelatihan tentang cara menggunakan aplikasi merchant untuk menjalankan bisnis kuliner Anda.

Anda juga akan menerima informasi tentang cara mengaktifkan Akun GrabFood merchant. Ini adalah petunjuk dan pendaftaran GrabFood untuk pedagang yang ingin meningkatkan penjualan produknya.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Kuliner Online dan Bagaimana Tips Memulainya

Bagaimana sistem bagi hasil GrabFood Merchant?

Perlu Anda ketahui, bahwa konsumen bisa melihat dan menjangkau bisnis dengan jarak hingga 5-10 kilometer. Skema bagi hasil GrabFood sebesar 30% tampaknya terlalu besar, namun bukan berarti Anda tidak bisa memperoleh keuntungan.

Piliha metode pembayaran yang beragam membuat konsumen tertarik menggunakan GrabFood. Adapun pembayaran virtual menggunakan aplikasi OVO, GrabFood akan memotong komisi sebesar 30% belum termasuk PPN.

Misalnya, jika order Rp 100.000, pihak Grab akan menerima Rp 30.000. Tentu saja, potongan tersebut dianggap wajar karena Anda dapat menetapkan harga untuk modal dan keuntungan Anda sendiri.

Baca juga: 23 Ide Peluang Usaha Masa Depan yang Perlu Anda Ketahui

Cara Daftar GrabFood bagi Calon Driver

cara daftar grabfood

Berikutnya, mari kita membahas bagaimana cara daftar sebagai driver GrabFood. Namun, sebelum itu kita cek dulu yuk apa saja keuntungan dan persayaratan menjadi driver GrabFood.

Keuntungan menjadi driver GrabFood

GrabFood merupakan layanan delivery order favorit

Yup. GrabFood menjadi salah satu aplikasi delivery order dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Tentu saja, hal ini bisa mendatangkan banyak order dan penghasilan bagi para driver.

Jam kerja fleksibel

Tak ada aturan khusus terkait jam kerja driver. Jadi, Anda bisa bekerja kapan saja dan bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Penghasilan yang menjanjikan

Seperti yang telah kami bahas, GrabFood merupakan aplikasi delivery order yang banyak digunakan konsumen Indonesia. Hal ini tentu bisa menjadi peluang untuk memperoleh penghasilan.

Bebas order fiktif

Meski tidak 100% terbebas dari orderan fiktif, namun Anda bisa mengadukan dan mengajukan ganti apabila terkena order fiktif. Sehingga, uang Anda bisa kembali.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Anggaran Bisnis Restoran

Persyaratan mendaftar driver GrabFood

Nah, di bawah ini merupakan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar menjadi driver GrabFood:

  • WNI maksimal berusia 55 tahun
  • sehat jasmani dan rohani
  • bisa baca tulis
  • memiliki sepeda motor sesuai dengan standar yang ditetapkan GrabFood
  • jujur, bertanggung jawab, dan bersedia mengikuti semua tahapan seleksi dan pelatihan
  • menyediakan dana talangan minimal Rp. 150.000
  • membayar Rp. 150.000 bagi driver yang menggunakan HP dari GrabFood
  • membayar Rp. 150.000 bagi driver yang mempunyai HP dengan RAM 1 GB
  • menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), KTP, STNK, SIM, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Surat Keterangan Sehat.

Cara daftar driver GrabFood

Untuk pendaftaran driver GrabFood bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi kantor Grab terdekat pada hari kerja.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pendaftaran online dengan cara:

  • kunjungi laman situs www.grab.com/id/driver/ dan isi semua kolom formulir yang tersedia
  • lalu klik centang pada pernyataan Saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku dan klik tombol Daftar Sekarang
  • setelah itu, Anda akan menerima SMS yang berisikan link baru pendaftaran GrabFood.
  • klik link tersebut dan upload semua berkas yang disyaratkan
  • pihak Grab akan memproses data Anda selama 1×24 jam
  • jika disetujui, Anda akan menerima SMS berisi link Online Training Grab Academy beserta ID dan Password
  • jika tidak disetujui, Anda harus mendatangi kantor Grab terdekat untuk melakukan perbaikan
  • ikuti semua proses training dan jawab semua kuis
  • setelah lulus training, akun GrabFood/GrabBike Anda akan diaktifkan dalam waktu 24 jam.

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

Kesimpulan

Itulah keuntungan dan cara daftar GrabFood baik bagi Anda sebagai merchant maupun driver. Menjadi mitra GrabFood menawarkan beragam keuntungan karena Anda bisa menjangkau pasar konsumen yang lebih luas dan menghasilkan penghasilan tambahan bagi para driver.

Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu harus melakukan pembukuan untuk memantau kondisi keuangan bisnis. Guna memudahkan proses tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi dari Kledo.

Memang apa sih kelebihan Kledo? Kledo ini merupakan software berbasis cloud all in one yang menawarkan berbagai fitur dalam satu aplikasi.

Jadi, Anda bisa melakukan beragam pekerjaan mulai dari akuntansi, pajak, software inventory, dan buat invoice instan cukup dengan satu platform saja. Tak hanya itu, Anda bisa menggunakan Kledo dari berbagai jenis perangkat mulai dari laptop, tablet, dan smartphone.

Tertarik mencoba? Anda bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 15 =