23 Ide Peluang Usaha Masa Depan yang Perlu Anda Ketahui

usaha masa depan

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuka berbagai peluang usaha yang diprediksi akan menjadi model bisnis terbaru di masa depan.

Apabila Anda ingin membuka bisnis, ada baiknya Anda melakukan analisis apa saja usaha di masa depan yang bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Bagi para pemilik usaha, ada baiknya Anda terus melakukan penyesuaian dan inovasi terbarukan.

Artikel ini akan membagikan 23 ide peluang usaha di masa depan yang wajib Anda ketahui. Apa saja ya?

1. Outsourcing

usaha masa depan

Menurut laporan World Economic Forum (WEF), lingkungan kerja akan berubah di masa depan dan bisnis outsourcing akan booming dalam dekade mendatang.

Majalah Forbes mengungkapkan bahwa 50% populasi negara maju seperti Amerika, Australia, Kanada mampu bekerja secara mandiri tetapi mereka membutuhkan karyawan untuk bekerja.

Jika mereka mempekerjakan karyawan secara lokal, mereka tidak dapat menghasilkan keuntungan yang baik karena biaya operasional yang tinggi.

Jadi, untuk mengurangi biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan, bisnis mengalihdayakan proyek kepada orang-orang di negara berkembang di mana orang-orang terpelajar tersedia dengan upah yang cukup murah.

Indonesia, India, Vietnam dan Cina adalah contoh penyedia tenaga kerja dengan biaya yang murah.

2. Industri Internet of Things (IoT)

Internet of things menyebabkan setiap objek yang digunakan oleh manusia memiliki konektivitas internet untuk mengirim dan menerima data.

Mckinsey memperkirakan bahwa IOT akan memiliki potensi pertumbuhan dan dampak sebesar $11.1 Triliun terhadap perekonomian global pada tahun 2025.

Contoh terbaiknya adalah layanan Gojek dan Grab di mana Anda mendapatkan tumpangan kendaraan melalui aplikasi.

Ini adalah salah satu ide usaha baru yang memiliki masa depan cerah ubahkan hingga tahun 2030.

Baca juga: 10 Tips Sukses Berbisnis Tanpa Hutang

3. CO Working Space

Tren kantor layanan masa depan diprediksi akan berubah. Hal ini dikarenakan biaya sewa yang tinggi, sehingga sangat sulit bagi usaha kecil untuk membeli ruang kantor terpisah.

Jadi orang-orang memilih untuk bekerja di ruang kerja bersama. Ini tidak hanya membantu mereka untuk mengurangi biaya sewa, tetapi juga untuk berbagi keahlian dan keterampilan.

Jika Anda memiliki ruang kosong maka mulailah mengerjakan bisnis co working space.

Ini adalah ide usaha baru yang sangat futuristik dan salah satu ide bisnis terbaik di masa depan.

4. Printing 3D

Bisnis 3D printing menjadi salah satu bisnis yang paling menguntungkan saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis ini semakin terkenal di seluruh dunia.

Awalnya, printer 3D sangat mahal dan tidak terjangkau oleh beberapa pengusaha, tetapi seiring berjalannya waktu, harga secara bertahap menurun.

Harga printer 3D tergantung pada spesifikasi dan fitur yang Anda butuhkan. Yang Anda butuhkan hanyalah membeli satu set peralatan untuk toko dan memulai usaha baru Anda.

Baca juga: Cara Terbaik Menghindari Bisnis Bangkrut, Penting!

5. Bisnis Barang dan Jasa Konsumen

Para ahli berpandangan bahwa populasi kelas menengah di beberapa negara akan meningkat pesat dan negara di mana populasi kelas menengah meningkat dipandang sebagai pasar yang sedang berkembang.

Dengan ekspansi kelas menengah, konsumsi barang dan jasa akan mengalami kenaikan yang tajam.

Ini adalah peluang bagus bagi mereka yang ingin memulai bisnis barang dan jasa seperti memulai toko ritel.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Minuman Kekinian Ini Wajib untuk Dicoba, Apa Saja?

6. Real Estat

Dengan tingkat urbanisasi yang cepat setiap tahun menyebabkan ribuan orang bermigrasi ke kota-kota besar.

Mungkin ada beberapa alasan di baliknya seperti mencari pekerjaan yang baik, meningkatkan standar hidup, dan alasan lainnya.

Karena tren ini, kebutuhan akan rumah yang terjangkau pun meningkat pesat.

Ini telah menciptakan peluang besar bagi industri real estat, pialang, dan perusahaan konstruksi untuk menawarkan layanan mereka.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, Anda harus memiliki pengalaman yang relevan dan izin pemerintah untuk beroperasi di daerah Anda.

7. Layanan Perawatan Kesehatan

Karena perubahan gaya hidup, orang menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan masalah perawatan kesehatan. Menurut Fortune, industri Healthcare akan tumbuh pesat di masa depan.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk menghubungkan dengan klien Anda. Dengan begitu, klien Anda bisa melakukan konsultasi tanpa harus bertemu Anda secara langsung.

Jika Anda dapat terjun ke industri ini dalam bentuk apa pun, Anda pasti akan menikmati keuntungan yang tinggi di masa depan.

Ini adalah salah satu ide usaha masa depan terbaik di Indonesia.

Baca juga: 18 Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Dicoba Para Pemula

8. Konsultasi

Bisnis konsultasi dalam bentuk apa pun akan menjadi peluang bagus bagi para profesional dan ahli di masa depan.

Dengan meningkatnya persaingan dan komplikasi di bidang bisnis, para pelaku usaha akan melakukan konsultasi untuk mempertahankan bisnis mereka dan meningkatkan keuntungan mereka.

Ada berbagai jenis bisnis konsultasi yang bisa dimulai dengan seperti agen konsultan pendidikan, perusahaan perekrutan, konsultasi karir atau konsultasi pelanggan.

9. Energi Terbarukan

Dunia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Akan tetapi kita masih menghadapi banyak masalah terkait energi.

Beberapa negara Asia masih sangat bergantung pada sumber energi tradisional seperti pembangkit listrik tenaga batu bara, bahan bakar fosil, energi nuklir atau air yang dihasilkan dari sumber yang dianggap berbahaya bagi lingkungan kita.

Pada saat yang sama, sumber energi terbarukan telah banyak ditekankan agar lingkungan dapat diselamatkan.

Ini adalah peluang besar bagi mereka yang ingin memulai bisnis dalam skala menengah.

10. Perusahaan Ekpedisi Pengiriman

usaha masa depan

Bisnis pengiriman disinyalir akan terus mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Apalagi, saat ini, terjadi perubahan gaya konsumsi dimana masyarakat lebih tertarik melakukan pembelian secara online sehingga membutuhkan jasa pengiriman barang.

Ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu peluang bisnis mengingat bahwa masyarakat Indonesia merupakan salah satu konsumen online terbesar di dunia.

11. E-Wallet

Dengan pesatnya perkembangan teknologi di dunia mobile, masyarakat kini lebih memilih untuk tidak bertransaksi tunai, baik itu pembayaran, belanja maupun transfer dana.

Mereka mencari solusi pembayaran seluler yang andal, aman, dan terjamin.

Ide bisnis ini membutuhkan modal awal yang lumayan. Peretasan dan kejahatan dunia maya dan penipuan adalah beberapa hal yang membuat proyek ini sangat berisiko.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Perusahaan bagi Pemula

12. Gudang atau Manajemen Inventaris untuk E-Commerce

E-Commerce merupakan bidang bisnis yang telah berkembang pesat. Perusahaan pengelola gudang akan menyediakan pemenuhan untuk toko e-commerce.

Pada umumnya, para pelaku usaha akan melakukan penyetokan barang dan tidak langsung mendistribusikannya ke konsumen.

Oleh karenanya, mereka membutuhkan gudang untuk menyimpan barang,

Anda bisa memulai usaha sewa gudang atau pusat logistik berikat (PLB). Ini memang ide bisnis skala besar, tetapi juga berpotensi menghasilkan banyak uang.

Baca juga: Strategi Penjualan Ecommerce Terbaik di Tahun 2022

13. E-Commerce Budaya Indonesia

Banyak orang di seluruh dunia menghargai budaya India.

Mereka suka mendekorasi rumah mereka dengan karya seni otentik yang mencerminkan budaya Indonesia.

Dengan mendirikan toko e-niaga yang secara khusus menjual barang-barang budaya ini, Anda dapat memulai usaha inovatif yang menguntungkan.

Baca juga: Strategi Bisnis Online: Ini Cara Terbaik Menerapkannya

14. Infrastruktur Internet

Penggunaan internet yang semakin masif menyebabkan permintaan yang signifikan t untuk koneksi internet yang kuat di seluruh negeri.

Meskipun saat ini sudah ada penyedia internet, tetapi kurangnya kecepatan dan masalah konektivitas mengecewakan pengguna internet.

Ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis untuk memulai infrastruktur internet yang sempurna untuk dieksekusi.

Memang, bisnis ini membutuhkan modal besar, akan tetapi juga dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar.

15. Jasa Les Privat Online

Permintaan penyediaan jasa les privat online semakin meningkat. Terutama di masa pandemi yang membatasi peretemuan fisik secara langsung.

Ini bisa Anda jadikan sebagai ide peluang bisnis. Anda bisa menawarkan jasa mengajar secara lain.

Akan lebih baik apabila Anda mempunyai bimbingan belajar yang bisa dijadikan sebagai wadah penyalur para guru les dengan muridnya.

Anda bisa memanfaatkan platform seperti google meet dan zoom untuk menghubungkan guru dengan murid les Anda.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

16. Pembukuan Online

Seperti halnya pendidikan, teknologi memungkinkan banyak layanan pembukuan dilakukan secara online.

Jika Anda seorang akuntan yang menginginkan kebebasan dan otonomi menjalankan bisnis Anda sendiri, manfaatkan teknologi modern untuk memulai layanan pembukuan online Anda sendiri.

17. Web Developer

Jika Anda berpengetahuan dan berpengalaman dalam teknologi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan karir dalam pengembangan aplikasi.

Saat ini, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara pengguna telepon seluler Android maupun IOS terbesar di dunia.

Hal ini turut menyebabkan peningkatan terhadap permintaan aplikasi tertentu yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis.

18. Layanan Kebersihan

Jika Anda suka bersih-bersih, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi bisnis.

Dengan beberapa anggota staf, peralatan pembersih dan transportasi, Anda dapat menawarkan layanan pembersihan kepada pemilik rumah, kompleks apartemen, dan properti komersial.

Layanan kebersihan adalah bisnis langsung yang membutuhkan biaya overhead yang relatif kecil. Sebab, Anda hanya perlu melakukan perencanaan, dedikasi dan pemasaran untuk menarik pelanggan.

Jika Anda ingin membedakan diri Anda dari layanan pembersihan lainnya, pertimbangkan untuk menambahkan opsi premium seperti waxing lantai atau pencucian daya eksterior dengan biaya tambahan.

19. Penulis Konten Lepas

Jika Anda seorang ahli kata alami dengan sedikit pengetahuan pemasaran, Anda dapat menjadikan diri Anda sebagai copywriter lepas atau penulis konten.

Anda bisa menulis di blog, konten web, atau siaran pers dan timbal baliknya perusahaan akan membayar layanan Anda.

Tingkatkan nilai Anda dengan menggunakan pengetahuan SEO untuk membantu klien menyusun strategi seputar kata kunci tertentu yang sudah digunakan audiens target mereka dalam pencarian online mereka.

Di Indonesia, pendapatan seorang copywriter sangat menarik, lho. Anda berkesempatan meemperoleh pendapatan hingga belasan juta rupiah.

Copywriting freelance adalah bisnis yang bagus untuk dijalankan karena selama Anda memiliki koneksi internet, Anda dapat bekerja.

Ini adalah bisnis yang dapat Anda operasikan dari kenyamanan rumah Anda sendiri, atau bahkan dari jalan jika Anda bepergian.

Jika Anda membangun jaringan yang cukup besar dan mendapatkan referensi dari klien yang puas, Anda bahkan dapat menjadikan penulis lepas sebagai pekerjaan penuh waktu Anda.

20. Layanan Penerjemahan

Menurut penelitian dari IBISWorld, industri jasa penerjemahan mengalami penurunan pada tahun 2020, seperti halnya banyak industri.

Namun, IBISWorld memperkirakan peningkatan besar untuk industri selama lima tahun ke depan.

Pertumbuhan yang diproyeksikan itu tidak mengejutkan, karena internet telah menghapus sekat antar negara sehingga memungkinkan masyarakat berinteraksi dengan bahasa dari negara lain.

Tren ini telah membuka peluang bagi penutur multibahasa untuk menawarkan layanan tertentu, seperti terjemahan dokumen dan terjemahan informasi situs web ke dalam bahasa untuk digunakan di pasar lain.

Jika Anda fasih dalam berbagai bahasa, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini.

21. Digital Marketing

Pertumbuhan internet memunculkan ide bisnis baru bernama digital marketing. Begitu besarnya jumlah pengguna media sosial, mau tak mau mengharuskan bisnis untuk melakukan pemasaran secara digital.

Jika Anda memiliki keahlian dalam SEO, pemasaran konten, iklan bayar per klik, pengembangan web, atau manajemen media sosial, Anda dapat memanfaatkan peluang bisnis yang memberi Anda kebebasan untuk bekerja dari rumah.

Jika Anda suka menyusun strategi dan menerapkan rencana pemasaran dengan cermat, pemasaran digital bisa menjadi bisnis yang tepat untuk Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjadi pemasar afiliasi yang merupakan bentuk lain dari pemasaran digital.

22. Desain Grafis

Baik perusahaan besar, usaha kecil, maupun bisnis perorangan, semuanya pasti membutuhkan materi promosi yang menarik.

Namun, tidak semua orang bisa mengerti bagaimana cara membuat tampilan produk agar terlihat bagus dan menarik perhatian pelanggan.

Jika Anda memiliki bakat artistik dan tahu cara mengatur konten ke dalam format yang menyenangkan secara visual, Anda bisa memulai bisnis desain grafis untuk membuat pamflet, iklan digital, poster, dan materi visual menarik lainnya.

23. Dropshipper

Tidak semua perusahaan yang menjual barang dan menyimpannya di tempat.

Pelaku usaha dropshipping, akan mengambil barang dari pihak ketiga untuk kemudian dijual kembali melalui situs e-commerce.

Pihak ketiga disini adalah pengecer grosir atau entitas lain yang menjalankan operasi gudang dan pengiriman.

Dropshipping sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis penjualan barang tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Baca juga: 8 Cara Mengelola Toko Online Secara Efektif, Dijamin Laris!

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Demikian penjelasan mengenai 23 peluang usaha di masa depan yang perlu Anda ketahui.

Apabila Anda tertarik menjalankan bisnis tersebut, Anda harus meningkatkan wawasan pengetahuan dan berbafai keterampilan pendukung seperti keterampilan teknis, intrapersonal, maupun interpersonal.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa dalam menjalankan bisnis, Anda perlu melakukan pembukuan dan pencatatan akuntansi lainnya. Ini dilakukan agar Anda bisa mengelola keuangan bisnis secara benar dan bijak.

Namun, melakukan pencatatan akuntansi secara manual hanya akan membuang waktu dan biaya. Oleh karenanya, Anda perlu menggunakan bantuan software akuntansi seperti Kledo, untuk memudahkan jalannya bisnis Anda.

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud buatan anak bangsa yang mempunyai beragam fitur akuntansi terbaik mulai dari pencatatn pembukuan, manajemen persediaan, dan lebih dari 30 jenis fitur laporan keuangan lainnya.

Jadi tunggu apa lagi? Buat pencatatan akuntansi Anda menjadi lebih mudah dengan menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − eight =