15 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Cake dan Bakery

bisnis cake and bakery

Untuk meningkatkan penjualan bisnis cake dan bakery, penting untuk menargetkan apa yang diinginkan pelanggan Anda. Artikel ini akan membahas beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan dan pelanggan dalam bisnis cake dan bakery, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk menerapkannya!

Jadi, baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat meningkatkan penjualan di bisnis cake dan bakery Anda.

Siapa Pelanggan Ideal Anda?

bisnis cake and bakery

Pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan adalah kepada siapa Anda mencoba menjual produk roti Anda? Anda mungkin berpikir bahwa memperluas basis pelanggan Anda harus menjadi ambisi Anda.

Akan tetapi, hal tersebut kurangtepat dilakukan. Akan lebih baik jika Anda membuat target pasar khusus. Ini akan membuat pelanggan menyukai toko roti Anda dan merupakan langkah pertama untuk mengubah bisnis Anda menjadi sebuah merek.

Apakah Anda ingin menjadi toko roti dengan harga terbaik di kota Anda? Membawa cita rasa negara asing seperti toko roti Italia? Toko roti tradisional dengan lebih banyak produk?

Fokus pada pengiriman untuk pelanggan yang ingin Anda layani dan situasi yang mungkin mereka inginkan untuk membeli produk roti. Jika Anda dapat menggabungkan keduanya, Anda akan membangun basis pelanggan yang lebih kuat.

Menargetkan pelanggan ideal Anda memberi Anda arahan dalam semua cara untuk meningkatkan penjualan toko roti Anda. Setelah Anda tahu ke mana tujuan bisnis, Anda dapat menggunakan strategi berikut untuk mendorong bisnis Anda menjadi keuntungan.

Baca juga: Pelanggan Potensial: Mengetahui Jenisnya dan Cara Menjangkau Mereka

15 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Cake dan Bakery

1. Buat Rencana Pemasaran

Inti dari setiap bisnis yang sukses adalah rencana pemasaran. Ini adalah bagaimana Anda dapat memperkenalkan bisnis Anda kepada pelanggan baru dan mendapatkan lebih banyak penjualan berulang dari yang sudah ada.

Rencana pemasaran roti dapat melibatkan penggunaan media sosial, pers lokal, iklan online, dan banyak lagi.

Baca juga: Mengenal Media Planning dalam Proses Pemasaran Bisnis

2. Menjual Banyak Produk

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata dan menarik pelanggan baru adalah dengan memiliki lebih banyak produk untuk dijual.

Menjual produk yang berumur jangka pendek bisa berisiko karena Anda bisa menghabiskan lebih banyak daripada yang Anda jual. Cobalah untuk mencari produk dengan masa simpan lebih dari satu hari seperti kue, atau yang dapat dipanggang dalam jumlah kecil sepanjang hari.

Memanfaatkan tren pasar saat ini seperti produk protein tinggi, bebas gluten, rendah lemak atau menggunakan produk lokal adalah cara yang pasti untuk mencapai hal ini.

Baca juga: Pebisnis, Ketahui 9 Penyebab Produk Tidak Laku dan Cara Mencegahnya

3. Dapatkan Umpan Balik

Banyak orang tidak akan mengeluh, tetapi jika pengalaman mereka tidak sebaik yang mereka harapkan, mereka memilih untuk meniggalkan produk Anda.

Gunakan dua minggu untuk mendapatkan umpan balik sebanyak mungkin dari pelanggan Anda. Anda dapat melakukannya melalui kuesioner, formulir online, atau dengan bertanya langsung kepada mereka.

Gunakan umpan balik ini untuk melihat apa yang Anda lakukan salah sehingga Anda dapat membuat perubahan, dan juga apa yang Anda lakukan dengan baik.

Umpan balik juga merupakan cara yang baik untuk melihat seberapa baik kinerja Anda dalam menarik pelanggan sasaran Anda. Jika, misalnya, Anda menargetkan individu kelas atas dengan menjual produk premium dan harga premium, Anda mungkin memiliki umpan balik yang mengatakan bahwa produk Anda terlalu mahal.

Pikiran pertama Anda mungkin untuk menurunkan harga Anda. Akan tetapi, jika harga produk Anda relatif berimbang dengan toko lainnya, bukan harga yang salah.

Hal ini menandakan bahwa Anda harus mampu menarik pelanggan yang sesuai dengan profill produk Anda.

Baca juga: 12 Cara Mengelola dan Memenuhi Permintaan Konsumen, Coba Sekarang!

4. Menjual Produk ke Pembeli Bisnis

Meningkatkan pendapatan harian Anda dengan satu atau dua pesanan reguler dapat membuat perbedaan antara mencapai titik impas dan mencapai profitabilitas toko roti.

Mengapa tidak menawarkan produk ke bisnis lokal dengan beberapa sampel untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan beberapa pelanggan?

Baca juga: Terbukti Efektif! Strategi Pemasaran B2B Ini Wajib Dicoba

5. Melakukan Promosi

Promosi dilakukan untuk mengenalkan produk Anda secara lebih luas. Banyak akun media sosial mendapatkan pengikut dengan meminta komunitas mereka untuk memperkenalkan pengikut baru dengan membagikan postingan dengan peluang memenangkan hadiah giveaway.

Tawarkan proposisi menarik kepada pemenang yang beruntung dan kemungkinan besar Anda akan menuai hasilnya dari pelanggan baru.

Baca juga: Tips Membuat Iklan Promosi yang Berhasil untuk Bisnis Anda

6. Membangun Customer Experience

Tidak peduli berapa banyak Anda menjual produk Anda, pelanggan Anda perlu merasa bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka bayar.

Tapi apa yang benar-benar akan membuat orang menyukai toko roti Anda adalah jika Anda memberi sedikit tambahan. Ini bisa berupa ucapan terima kasih tulisan tangan, diskon untuk pesanan di masa mendatang, atau bahkan hadiah gratis sesekali.

Mengapa tidak memberikan kue kecil atau kue kering gratis di hari spesial pelanggan Anda? Memang, hal tersebut memakan biaya. Namun, juga bisa meningkatkan jumlah pesanan dan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Membangun Customer Experience bagi Bisnis Anda

7. Memberi Label Produk yang Jelas

Sebagian besar negara mengharuskan bahan dan informasi alergi tersedia untuk semua produk yang dijual. Tetapi seberapa mudah Anda membuatnya bagi orang-orang dengan alergi untuk menemukan apa yang mereka inginkan?

Bisakah Anda membuat ini lebih mudah bagi mereka dengan pelabelan atau tiket yang lebih jelas? Ini tidak hanya akan menenangkan penderita alergi tetapi juga menunjukkan bahwa Anda peduli dengan semua pelanggan Anda.

Baca juga: Jenis Kode Produksi dan Pentingnya Bagi Produk Anda

8. Fokus pada Acara Musiman dan Lokal

bisnis cake and bakery

Menjalankan bisnis cake dan bakery membuthkan kerja keras! Anda selalu punya hal yang harus dilakukan dan mudah untuk fokus pada tugas sehari-hari.

Cobalah untuk mengambil langkah mundur untuk merencanakan acara musiman dan lokal sebelumnya. Acara seperti lebaran, natal dan liburan sekolah dapat menghasilkan banyak penjualan jika Anda mengerjakannya.

Perkenalkan lini musiman, promosi, dan ide hadiah untuk memastikan Anda memanfaatkan sepenuhnya periode pengeluaran yang biasanya tinggi ini.

Banner 1 kledo

9. Mengadakan Program Loyalitas

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan yang telah Anda tarik untuk kembali adalah dengan menjadikan mereka bagian dari klub.

Kartu member atau aplikasi diskon loyalitas adalah solusi tepat untuk melakukannya. Mereka tidak hanya menawarkan hadiah kepada pelanggan jika mereka tetap setia, tetapi aplikasi atau kartu berfungsi sebagai pengingat setiap kali mereka menemukannya.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

10. Bekerjasama dengan Bisnis Serupa

Jika ada bisnis yang menarik pelanggan yang sama yang ingin Anda layani, lihat apakah ada cara untuk berkolaborasi. YouTuber melakukan ini sepanjang waktu dengan wawancara tamu, tetapi Anda juga bisa melakukannya!

Bermitra untuk acara khusus, atau membuat postingan bersama di media sosial. Selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan yang akan berhasil dengan baik bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Jaringan Bisnis: Definisi, Manfaat, dan Tips Membangun Networking

11. Cari Cara Baru untuk Menjual Produk Anda

Jika Anda seorang pembuat roti, mengapa tidak mencoba cara lain untuk menjual produk Anda. Alih-alih mengharapkan pelanggan datang kepada Anda, bisakah Anda mendatangi pelanggan saja?

Caranya bisa dilakukan dengan menjual melalui situs web, media sosial, Facebook, menggunakan toko lokal untuk menjual produk Anda atau menjual produk di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

12. Menawarkan Produk Selain Roti

Salah satu hal utama yang menahan toko roti untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan adalah waktu. Untuk menghasilkan lebih banyak produk, Anda mungkin perlu mempekerjakan lebih banyak staf, berinvestasi dalam peralatan, atau menambah ruang pamer.

Ini semua membutuhkan waktu dan uang. Salah satu cara untuk menghindari masalah ini adalah dengan menambahkan produk yang menguntungkan yang tidak harus Anda buat sendiri.

Ide lain termasuk menjual produk yang tidak terlalu rumit seperti kopi atau membeli produk yang tidak dapat Anda buat sendiri, seperti kue kering, bumbu, pai, atau cokelat.

13. Mempercantik Tampilan Toko

Untuk mendapatkan pelanggan datang ke bisnis Anda, Anda harus menggairahkan mereka terlebih dahulu.

Display toko yang bagus, baik itu fisik, situs web, atau kehadiran media sosial adalah menjadi “titik kontak” pertama yang menghubungkan dengan pelanggan. Anda harus memberikan perhatian khusus agar sesuai dengan harapan pelanggan ideal Anda.

14. Tawarkan Kelas Membuat Kue

Untuk mendapatkan sedikit penghasilan tambahan, Anda dapat menawarkan kelas atau lokakarya membuat kue selama masa tenang.

Ini bisa sangat menguntungkan untuk keuntungan Anda dan memperluas kehadiran Anda di komunitas Anda sebagai seorang ahli.

15. Berikan Sampel Gratis

Punya produk hebat yang tidak diketahui siapa pun? Coba berikan beberapa sampel gratis untuk dinikmati orang. Tidak hanya itu cara yang bagus untuk mendapatkan umpan balik dari audiens lokal Anda, tetapi juga solusi sempurna untuk membawa pelanggan belanja lebih banyak lagi.

Baca juga: 15 Cara Menghemat Pengeluaran Bisnis

Kesimpulan

Anda baru saja membaca 15 cara untuk meningkatkan penjualan bisnis cake dan bakery. Lakukan semua yang Anda bisa untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan Anda. Yang pada akhirnya bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Selain 15 cara di atas, jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan dengan menggunakan software akuntansi terbaik dari Kledo. Dengan menggunakan software ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 15 laporan keuangan yang bisa diakses darimana saja dan kapan saja dibutuhkan.

Kledo juga dibekali dengan berbagai fitur lainnya mulai dari pembelian, buat invoice instan, perpajakan, inventory, dan masih banyak lagi. Jadi, apalagi yang perlu diragukan? Anda bisa membuktikannya dengan mencoba fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 4 =