Cara Jualan di Lazada Terbaik dan Paling Mudah yang Wajib Dicoba

cara jualan di lazada

Marketplace menjadi salah satu tempat memasarkan produk secara online. Dengan marketplace ini Kawan Kledo tidak perlu lagi berjualan secara langsung dengan membuka toko atau menawarkannya dari rumah ke rumah. Salah satu marketplace yang bisa Kawan Kledo pilih adalah Lazada. Kawan Kledo bisa berjualan di marketplace Lazada ini. Lalu bagaimana cara jualan di Lazada?

Cara jualan di Lazada tidak jauh berbeda dengan marketplace lainnya. Kawan Kledo bisa memulainya dengan cara membuat akun terlebih dahulu, baik melalui website Lazada ataupun lewat aplikasi di smartphone. Untuk lebih lengkapnya terkait cara jualan di Lazada, yuk simak penjelasan yang ada di artikel ini.

Apa Itu Lazada

cara jualan di lazada

Lazada merupakan sebuah e-commarce yang berasal dari Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada tahun 2012 dan dimiliki oleh Alibaba Group. Pada tahun 2014, Lazada mengoperasikan situs-situs di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan juga Vietnam.

Dari pengeoperasian situs-situs ini, Lazada mendapatkan US$647 juta dari beberapa putaran investasi dar para investor mulai dari Tesco, Tamasek Holdings, Summit Partners, JPMorgan Chase, Investment AB Kinnevik, dan Rocket Internet.

Fitur-Fitur Lazada

jualan online

Untuk memanjakan semua pengguna Lazada, ada fitur-fitur di Lazada yang bisa dinikmati oleh seluruh penggunanya. Apa saja fitur-fitur tersebut?

1. Brand Untukmu

Fitur pertama yang bisa Kawan Kledo nikmati adalah fitur Brand Untukmu. Dengan fitur Brand Untukmu ini, Kawan Kledo akan mendapatkan tampilan rekomendasi brand ataupun produk yang personalize.

Ini berarti, dengan fitur ini Kawan Kledo bisa mendapatkan rekomendasi produk sesuai minat dan berdasarkan produk apa yang paling sering dicari oleh Kawan Kledo. Jadi, jika Kawan Kledo membutuhkan produk tersebut, Kawan Kledo tidak perlu mencarinya secara manual.

2. Brand Directory

Fitur kedua yang bisa Kawan Kledo dapatkan dari marketplace Lazada adalah Brand Directory. Dengan Brand Directory ini Kawan Kledo akan lebih mudah dalam menemukan brand yang Kawan Kledo sukai. Hal ini dikarenakan semua brand terkenal yang ada di Lazada masuk ke dalam Brand Directory.

3. Lazmall Murah Nampol

Lazada memiliki fitur spesial yang bisa dinikmati seluruh penggunanya, yaitu yang bernama Lazmall Murah Nampol. Dengan fitur satu ini, Lazada dapat memunculkan produk-produk dengan penawaran terbaik dari brand-brand yang ada di LazadaMall. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa mendapatkan harga pembanding di tempat lainnya.

4. Tombol Follow

Untuk mengikuti Lazmall, Lazada memiliki fitur tombol follow. Dengan tombol follow ini, pengguna bisa mendapatkan upate informasi terbaru dari Lazada Mall yang diikuti. Selain Lazmall, tombol follow juga ada di toko-toko lainnya di Lazada.

5. Gratis Ongkir dan Bayar di Tempat

Lazada juga memiliki fitur gratis ongkir seperti marketplace-marketplace lainnya. Dengan fitur ini, Kawan Kledo atau pengguna Lazada lainnya tidak perlu khawatir dengan biaya ongkir ketika membeli suatu barang di Lazada.

Selain gratis ongkir, Kawan Kledo juga bisa menikmati fitur bayar di tempat. Bayar di tempat ini akan memudahkan bagi pengguna karena tidak perlu melakukan transfer dan menjamin keamanan pembayaran karena barang dibayarkan ketika sampai di alamat pemesan.

Kelebihan dan Kekurangan Lazada

marketplace

Berikut kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Lazada:

Kelebihan

Sebagai salah satu marketplace yang bersaing di pasar Indonesia, Lazada memiliki beberapa kelebihan yang dijadikan sebagai keunggulan marketplace satu ini. Apa saja kelebihan tersebut?

  1. Lazada menyediakan beraneka jenis produk untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Kawan Kledo bisa membeli produk-produk kebutuhan pokok seperti makanan, fashion, ataupun peralatan-peralatan rumah tangga, hingga membeli kebutuhan untuk pekerjaan seperti laptop, ponsel, dan lainnya.
  2. Ada banyak diskon yang ditawarkan oleh Lazada, baik itu berupa potongan harga ataupun cashback.
  3. Di Lazada pengguna juga bisa menikmati fitur gratis ongkos kirim sehingga belanja menjadi lebih murah.
  4. Bisa melakukan pembayaran di tempat. Jadi, nggak perlu transfer lewat ATM atau minimarket untuk melakukan pembayaran. Cukup bayar pada kurir saat barang sampai di tujuan.
  5. Pengiriman di Lazada juga terbilang cepat. Jadi Kawan Kledo tidak perlu menunggu lama untuk menunggu pesanan Kawan Kledo.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan yang akan menarik pengguna Lazada, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Lazada. Apa saja kekurangan tersebut?

  1. Aktivasi pendaftaran akun yang tidak mudah. Ini dikarenakan ada persyaratan yang mengharuskan calon penjual atau seller untuk mencetak dan menandatangani surat perjanjian di atas materai kemudian discan dan dikirim ke pihak Lazada melalui email. Selain itu, calon seller juga harus melewati proses interview.
  2. Lazada memiliki manajemen yang tidak transparan. Ini dilihat dari tidak adanya informasi-informasi seperti penjualan, estimasi pengiriman, dan hal lainnya yang bisa merugikan seller.
  3. Pengembalian produk dari pelanggan tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak penjual.

Cara Jualan di Lazada

lazada

Buat Kawan Kledo yang ingin menjadi seller di Lazada, berikut cara jualan di Lazada yang bisa Kawan Kledo ikuti:

  1. Login di situs Lazada yaitu melalui https://www.lazada.co.id.
  2. Pilih dan klik “Menjadi Seller.”
  3. Kemudian klik “Daftar Menjadi Seller Sekarang.”
  4. Isi data-data yang diperlukan, kemudian klik Verifikasi.
  5. Pastikan Kawan Kledo sudah membaca dan memahami “Perjanjian Marketplace Lazada Syarat & Ketentuan.”

Berikut data-data yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai seller di Lazada:

Penjual Indvidu atau Perorangan

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Rekening bank dengan nama pemilik sesuai identitas seller.

Perusahaan

  1. Surat Izin Usaha dan NIB.
  2. Rekening bank atau rekening koran sesuai nama perusahaan atau nama orang yang bertanggung jawab izin usaha dan NIB.

Tips Jualan di Lazada

cara jualan di lazada

Agar produk yang Kawan Kledo jual menarik banyak calon pembeli, ada beberapa tips yang harus Kawan Kledo lakukan. Apa saja tips tersebut?

  1. Buat akun di Lazada, pastikan Kawan Kledo telah membaca semua persyaratan untuk mengajukan diri menjadi seller di Lazada.
  2. Berikan nilai tambah barang yang Kawan Kledo jual di Lazada agar calon pembeli tertarik.
  3. Buat deskripsi produk semenarik mungkin.
  4. Jalin komunikasi yang baik dengan pembeli. Jawablah pertanyaan pelangga secepat mungkin.
  5. Berikan informasi terkini dan kirimlah barang tepat waktu.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara daftar seller di Lazada yang bisa Kawan Kledo lakukan. Lazada menjadi salah satu marketplace yang banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk belanja online, jadi pastikan Kawan Kledo memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Jangan lupa juga untuk selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Gunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan keuangan menjaid lebih mudah. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 4 =