10 Cara Menarik Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

10 cara menarik pelanggan

Ada banyak cara untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Untuk menarik pelanggan baru, Anda perlu menawarkan sesuatu yang unik dan berharga. Menciptakan identitas merek yang menonjol dari yang lain akan membantu.

Menarik pelanggan sangat penting karena mereka adalah sumber pendapatan utama bagi bisnis Anda. Pelanggan menghasilkan pendapatan dan profitabilitas bagi bisnis Anda dengan membeli produk atau menggunakan layanan yang Anda tawarkan.

Selain itu, pelanggan juga berperan dalam membangun reputasi dan citra merek Anda melalui pengalaman mereka.

Dengan menarik pelanggan, Anda tidak hanya meningkatkan penjualan dan pendapatan, tetapi juga memperluas basis pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menciptakan kesempatan untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Nah, pada artikel ini kami membagikan 10 cara menarik pelanggan untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Mengapa Penting untuk Menarik Pelanggan?

pentingnya menarik pelanggan

Pangsa pasar dan pengaruh dapat ditingkatkan dengan memperoleh pelanggan baru, yang membantu Anda bersaing dengan kompetitor bisnis. Menciptakan produk baru dan menyempurnakan produk saat ini sebagai respons terhadap persaingan dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran dan loyalitas merek.

Menarik pelanggan baru memungkinkan Anda menyadari kebutuhan mereka. Mendapatkan klien baru memberi perusahaan lebih banyak penjualan, meningkatkan margin keuntungan.

Setelah Anda mendapatkan loyalitas pelanggan, manfaatkan hal itu dengan meminta testimoni dan dukungan dari mereka. Pelanggan adalah orang yang paling penting dalam sebuah bisnis, yang mempunyai bobot lebih untuk bisnis baru.

Mendapatkan pelanggan baru membantu meningkatkan penjualan karena semakin banyak pelanggan potensial yang Anda tarik, semakin banyak Anda dapat menjual.

Baca juga: 10 Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Meresponnya

kledo pos 2

10 Cara Menarik Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus tahu bahwa salah satu tugas tersulit adalah mendapatkan dan mempertahankan pelanggan baru. Berikut beberapa ide untuk membantu Anda menarik dan mempertahankan pelanggan baru.

Berikut sepuluh cara untuk menarik pelanggan baru dan mengembangkan bisnis Anda.:

1. Mengumpulkan testimonial dan review online

Mengumpulkan testimonial dan ulasan online dari pelanggan lama adalah salah satu cara paling ampuh untuk memengaruhi prospek baru. Lebih baik lagi jika pihak luar perusahaan yang memberi pujian terhadap kualitar produk atau layanan Anda daripada Anda sendiri.

Anda dapat menampilkan testimoni pelanggan Anda di situs web, buletin, brosur, pamflet, dan lainnya. Tim marketing perusahaan juga dapat menggunakan testimonial ini dalam presentasi untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Testimoni Bisnis Positif dari Pelanggan

2. Buat program referral

Di antara pelanggan Anda saat ini, pasti ada beberapa yang menjadi penggemar berat produk Anda. Nah, mintalah pelanggan tersebut untuk mengajak orang terdekat atau kolega mereka untuk menggunakan produk Anda. Strategi ini kerap disebut sebagai referral.

Karena mereka sudah benar-benar menyukai produk/layanan Anda, mereka tidak akan ragu untuk merekomendasikan Anda kepada teman/rekan mereka.

Lalu, berikan mereka reward kepada pelanggan lama yang berhasil membawa pelanggan baru ke bisnis Anda. Untuk melakukan strategi referal ini tidak perlu menggunakan sesuatu yang rumit. Iklan sederhana dari mulut ke mulut pun sudah cukup dan justru lebih dipercaya karena disampaikan oleh orang terdekat/orang yang dipercayai calon prospek baru.

3. Membangun kemitraan

Anda bisa membangun kemitraan dengan bisnis lainnya di industri terkait sebagai bagian dari rencana pemasaran Anda.

Mitra Anda dapat membantu meningkatkan produk/layanan Anda kepada pelanggan mereka. Dalam kebanyakan kasus, ini merupakan situasi yang saling menguntungkan. Mitra Anda juga dapat membantu strategi pemasaran konten Anda dengan membagikannya kepada audiens mereka.

4. Mendukung badan amal

Anda dapat memilih badan amal tertentu dan mensponsori aktivitasnya dengan hasil bisnis. Mendukung badan amal atau LSM lokal akan memperdalam hubungan Anda dengan basis pelanggan Anda saat ini, dan mengadakan acara amal akan membantu membangun kepercayaan dan reputasi dengan pelanggan baru.

5. Ber-networking

Jaringan bisnis

Bergabung dengan jaringan komunitas secara langsung atau secara online merupakan cara terbaik lainnya untuk membangun bisnis Anda. Hal ini membantu Anda mendapatkan visibilitas dan bertemu calon pelanggan atau kolega bisnis lainnya.

Anda dapat mempelajari bagaimana kolega Anda menghadapi kondisi perekonomian saat ini. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan orang yang mungkin ingin bermitra dengan Anda.

Baca juga: Memahami 6 Jenis Pelanggan, Karakteristik, dan Tips Memperlakukannya

6. Tawarkan sampel gratis

Berikan sampel gratis, barang promosi, dan materi pemasaran lainnya sebagai bagian dari upaya pemasaran. Contohnya adalah iklan gratis yang dapat membantu bisnis Anda menarik pelanggan baru.

Jika Anda menawarkan sampel, pastikan sampel tersebut berkualitas tinggi dan menarik. Supaya nantinya, sampel tersebut dapat dibagikan ke orang-orang terdekat mereka sehingga bisa meningkatkan kesadaran merek dan membangun kepercayaan calon pelanggan.

7. Gunakan social media marketing

Ada berbagai cara untuk menarik pelanggan baru. Strategi pemasaran media sosial merupakan salah satu cara termudah dan paling efektif yang bisa Anda lakukan.

Platform media sosial seperti Facebook, X (Twitter), Instagram, LinkedIn, dan TikTok, memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan potensial.

Pemasaran media sosial adalah cara terbaik untuk mengiklankan bisnis Anda. Facebook, X (Twitter), LinkedIn atau Instagram telah menjadi platform media sosial terkemuka untuk bisnis.

Dengan membuat akun di salah satu akun tersebut, Anda dapat terhubung dengan klien potensial dan berbagi informasi tentang perusahaan Anda. Pilihan platform mana yang akan digunakan akan bergantung pada platform mana yang digunakan sebagian besar target pasar Anda.

Lalu bagikan postingan blog baru atau konten lainnya di media sosial. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pemasaran email untuk memberi tahu semua orang di daftar kontak/daftar email bisnis Anda tentang konten tersebut. Kampanye email yang disusun dan diterapkan dengan baik dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Bergantung pada model bisnis dan strategi pemasaran Anda, Anda juga harus mempertimbangkan penggunaan SEO untuk menyebarkan campaign pemasaran dan memperluas pangsa pasar jika Anda memiliki situs web.

8. Terapkan hukum pareto

Gunakan sebagian besar waktu Anda setiap harinya dengan fokus mencari pelanggan baru. Ini akan membantu Anda menemukan peluang pelanggan baru yang selama ini Anda abaikan.

Kemudian gunakan sisa waktu Anda untuk mempertahankan pelanggan setia Anda dan jangan meremehkan perntingnya loyalitas pelanggan.

Baca juga: 20 Cara Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

9. Memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa

Cara menarik pelanggan

Cara Anda memperlakukan pelanggan Anda saat ini juga penting. Untuk meningkatkan penjualan, menghindari apa pun yang dapat menyebabkan layanan pelanggan buruk adalah cara terbaik.

Selalu berikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan Anda yang sudah ada dibandingkan pesaing Anda. Anda harus selalu siap menjawab pertanyaan mereka atau memecahkan masalah mereka.

Berikan pengalaman pelanggan yang luar biasa kepada semua pelanggan. Pelanggan akan berbagi pengalamannya dengan teman-temannya sehingga akan menarik teman-teman mereka untuk beralih ke bisnis Anda.

Bergantung pada model bisnis dan anggaran pemasaran, cara tambahan untuk menawarkan pengalaman pelanggan yang luar biasa meliputi:

  • Buat program loyalitas untuk pelanggan dan berikan hadiah kepada pelanggan setia dengan penawaran khusus.
  • Tawarkan pengiriman atau pengantaran gratis.
  • Tawarkan diskon untuk barang-barang yang mereka beli. Namun lakukan ini dengan hati-hati agar Anda tidak memberikan kesan yang salah kepada pelanggan ideal bahwa produk atau layanan Anda sudah terlalu mahal.

10. Tindak lanjut

Tindak lanjuti potensi minat yang ditunjukkan siapa pun terhadap bisnis Anda. Ini adalah bagian integral dari proses penjualan.

Sekalipun orang tersebut tidak langsung menjadi pelanggan Anda, mereka mungkin akan menjadi pelanggan Anda di kemudian hari. Namun, jangan terlalu berlebihan agar calon prospek tersebut tidak merasa terganggu dan justru merasa risih dengan strategi pemasaran yang Anda lakukan.

Baca juga: Mau Pelanggan Melakukan Repeat Order? Lakukan Strategi Ini

Kesimpulan

Menarik pelanggan baru dan peluang bisnis baru sangat penting karena membantu Anda membangun hubungan dengan target pelanggan, sehingga Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadikan mereka sebagai pelanggan setia produk Anda.

Kemudian setelah Anda strategi menarik pelanggan sukses Anda lakukan, pastikan Anda mengelola transaksi penjualan dengan baik supaya pelanggan merasa puas.

Untuk memudahkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi kasir gratis Kledo POS. Dengan aplikasi ini, Anda tak perlu repot lagi mengurus penjualan secara manual.

Jadi tunggu apalagi? Yuk jangan lewatkan kesempatan mencoba Kledo POS gratis melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − five =