11 Ide Promo Imlek Terbaik yang Ampuh untuk Menarik Pelanggan

ide promo imlek

Tahun baru imlek adalah momen yang tepat untuk mengawali tahun baru dengan cara yang berbeda. Khusus bagi Anda para pelaku bisnis, mulailah tahun ini dengan mengadakan berbagai promo imlek yang menarik.

Namun, apakah Anda sudah tahu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda saat perayaan imlek? Jangan khawatir, di sini Kledo akan membantu Anda.

Dalam artikel ini, Kledo akan membagikan beberapa ide promo imlek yang akan meningkatkan pendapatan bisnis Anda. Yuk, cekidot!

10 Promo Imlek Kreatif yang Bisa Anda Coba

gambar 1

Imlek atau tahun baru Cina adalah salah satu perayaan terbesar yang dinantikan oleh banyak orang, khususnya bagi masyarakat Tionghoa. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak bisnis yang berlomba-lomba untuk menawarkan promo spesial pada perayaan ini.

Jika Anda adalah salah satu bisnis yang ingin memikat pelanggan selama perayaan imlek, berikut adalah 10 ide promo imlek yang dapat Anda coba:

Hadiah spesial imlek

Ide promo Imlek yang pertama adalah memberikan hadiah gratis bagi pelanggan yang melakukan pembelian di atas nominal tertentu. Hadiah bisa berupa merchandise Imlek, kupon belanja, atau produk gratis.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin menawarkah promo hadiah gratis, di antaranya sebagai berikut:

  1. Tentukan nominal pembelian: Tentukan nominal pembelian yang harus dilakukan oleh pelanggan agar berhak mendapatkan hadiah gratis. Misalnya, pelanggan harus melakukan pembelian di atas nominal Rp. 500.000 untuk mendapatkan hadiah gratis.
  2. Pilih hadiah yang tepat: Pilih hadiah yang relevan dengan tema Imlek atau produk-produk yang Anda jual. Misalnya, hadiah dapat berupa merchandise Imlek seperti kotak kue Imlek, angpao atau produk gratis seperti voucher belanja, produk-produk baru yang sedang Anda promosikan, atau pernak-pernik Imlek yang cocok sebagai hadiah.
  3. Atur stok hadiah: Pastikan Anda memiliki stok hadiah yang cukup untuk diberikan kepada pelanggan yang berhak. Perhatikan juga ketersediaan hadiah tersebut agar tidak kehabisan saat ada pelanggan yang berhak mendapatkannya.
  4. Berikan informasi secara jelas: Sampaikan informasi dengan jelas mengenai syarat dan ketentuan untuk mendapatkan hadiah gratis. Pastikan juga pelanggan mengetahui periode promo dan stok hadiah yang tersedia.
  5. Promosikan hadiah gratis: Gunakan media sosial, email newsletter, atau promosi di toko untuk mempromosikan hadiah gratis tersebut. Berikan informasi tentang hadiah gratis yang tersedia dan bagaimana cara mendapatkannya.

Baca juga: 10 Tips dalam Mengelola Modal Usaha untuk Pemula

Paket Bundling

Bundling produk adalah strategi pemasaran dimana Anda menggabungkan beberapa produk menjadi satu paket dan memberikan harga khusus untuk paket tersebut.

Strategi ini biasanya digunakan untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan, dan mempercepat pengeluaran pelanggan, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Dalam konteks promo Imlek, Anda bisa membuat bundling produk yang cocok dengan tema Imlek, misalnya paket kue kering Imlek yang terdiri dari beberapa jenis kue kering yang cocok untuk disajikan saat Imlek.

Atau, Anda bisa membuat paket angpao dan bunga, dimana pelanggan membeli paket tersebut untuk disiapkan sebagai hadiah bagi keluarga atau teman pada saat Imlek.

Dalam menentukan bundling produk, pastikan produk yang Anda gabungkan memiliki kaitan atau relevansi dengan tema Imlek, agar paket ditawarkan menarik bagi pelanggan.

Selain itu, pastikan harga yang Anda berikan lebih murah atau lebih menarik dibandingkan jika pelanggan membeli produk satu per satu. Dengan begitu, pelanggan akan merasa tergoda untuk membeli paket bundling produk yang Anda tawarkan.

Kontes berhadiah

Kontes atau giveaway adalah strategi pemasaran yang populer untuk meningkatkan interaksi pelanggan dengan bisnis.

Kaitannya dengan promo Imlek, Anda bisa mengadakan kontes yang nyambung dengan tema Imlek, seperti mengirimkan foto pelanggan sedang merayakan Imlek dengan produk Anda atau membuat konten yang bertema Imlek.

Contoh dari kontes Imlek yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Kontes foto: Anda bisa mengadakan kontes foto dengan tema Imlek, dimana pelanggan diminta untuk mengirimkan foto mereka sedang merayakan Imlek bersama keluarga atau teman-teman dengan menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda. Sebagai imbalan, Anda bisa memberikan hadiah menarik seperti voucher belanja atau produk gratis untuk pemenang.
  • Konten kreatif: Anda bisa mengadakan konten kreatif seperti tulisan atau video yang berkaitan dengan Imlek dan produk atau jasa dari bisnismu. Anda bisa menentukan kriteria pemenang berdasarkan keaslian dan kreativitas konten, dan memberikan hadiah menarik seperti diskon atau produk gratis.

Dalam menentukan kontes Imlek yang Anda ingin adakan, pastikan kontes tersebut memiliki kaitan dengan produk atau jasa yang Anda jual, sehingga pelanggan merasa terkait dengan produk Anda.

Selain itu, pastikan hadiah yang Anda tawarkan menarik dan sesuai dengan tujuan kontes yang Anda adakan.

Baca juga: SAP ERP: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya

Diskon khusus

Diskon khusus adalah program promosi yang menawarkan produk atau jasa dengan harga yang lebih rendah dari harga normalnya selama periode tertentu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberikan diskon khusus kepada pelanggan selama periode Imlek, di antaranya:

Diskon langsung

Berikan potongan harga langsung pada produk tertentu selama periode Imlek. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon 10% pada semua produk makanan atau minuman selama periode Imlek.

Kupon diskon

Promo kupon diskon yang dapat digunakan pelanggan pada pembelian selanjutnya. Kupon diskon dapat diberikan secara gratis pada saat pembelian produk tertentu atau melalui konten sosial media.

Free shipping

Anda juga bisa menawarkan gratis ongkos kirim untuk pembelian selama periode Imlek, misalnya gratis ongkos kirim untuk pembelian di atas nominal tertentu.

Cashback

Salah satu promo terbaik imlek adalah memberikan cashback. Misalnya, Anda memberikan cashback sebesar 5% pada pembelian produk makanan atau minuman khusus Imlek.

Voucher belanja

Memberikan voucher belanja yang dapat digunakan pelanggan pada pembelian selanjutnya. Voucher belanja dapat diberikan secara gratis pada saat pembelian produk tertentu atau melalui konten sosial media.

Flash sale

Flash sale dilakukan dengan menawarkan diskon khusus selama periode tertentu dalam sehari (flash sale) untuk produk tertentu. Misalnya, memberikan diskon 20% pada semua produk makanan atau minuman selama periode Imlek pada pukul 12.00 siang sampai 14.00 siang.

Baca juga: Balanced Scorecard: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Dekorasi khas Imlek

Mendekorasi toko dengan ornamen khas Imlek adalah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memeriahkan Imlek dan menarik pelanggan agar mau berkunjung ke toko atau tempat Anda berbisnis.

Dekorasi toko ini bisa dilakukan dengan penggunaan dekorasi dan aksesori khusus yang terinspirasi oleh tema Imlek.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda adalah restoran, Anda bisa menghiasi dinding dan meja dengan dekorasi khas Imlek seperti lampion merah, tulisan kaligrafi Tionghoa, atau gambar zodiak Tionghoa.

Sementara jika bisnis Anda adalah toko pakaian, Andabisa menghias etalase dan ruang toko dengan dekorasi kain merah dan emas yang khas Imlek, serta manekin berbaju dan aksesoris terinspirasi dari tema Imlek.

Dalam membuat dekorasi toko khas Imlek, Anda perlu memperhatikan detail dan memastikan dekorasi tersebut memperlihatkan atmosfer yang hangat dan ramah.

Pastikan juga dekorasi khas Imlek yang Anda gunakan berkualitas dan tidak bertentangan dengan produk yang kamu jual atau merek bisnis Anda.

Baca juga: Strategi Menaikkan Harga Tanpa Harus Kehilangan Pelanggan

Acara bertema Imlek

Acara spesial Imlek bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan menciptakan pengalaman yang berkesan untuk pelanggan.

Beberapa contoh acara spesial Imlek yang bisa Anda adakan adalah:

Workshop atau kelas

Anda bisa mengadakan workshop atau kelas yang berkaitan dengan tema Imlek, misalnya membuat jajanan atau hiasan khas Imlek.

Acara ini dapat menarik minat pelanggan yang ingin belajar membuat sesuatu yang khas Imlek, dan juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan produk Anda.

Acara makan malam

Anda bisa mengadakan jamuan makan malam atau pesta kecil dengan tema Imlek, misalnya dengan menyajikan menu khas Imlek atau dekorasi khusus Imlek.

Acara ini dapat memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk merayakan Imlek bersama keluarga atau teman-temannya, serta kesmepatan bagus untuk mempromosikan bisnis Anda.

Pertunjukan budaya

Anda bisa mengadakan pertunjukan budaya atau tarian tradisional yang berkaitan dengan Imlek. Acara ini dapat memberikan pengalaman yang unik dan berkesan bagi pelanggan dan membuat mereka tertaik untuk membeli produk Anda.

Dalam mengadakan acara spesial Imlek, pastikan acara yang Anda adakan sesuai dengan bisnis Anda dan tema Imlek, serta menarik bagi pelanggan.

Pastikan juga promosi event telah disebarkan melalui berbagai saluran media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp, sehingga acara Anda dapat diikuti oleh sebanyak mungkin pelanggan.

Baca juga: 10+ Cara Menarik Investor yang Efektif dalam Bisnis

Kolaborasi dengan influencer

Kolaborasi dengan influencer adalah salah satu cara promosi yang populer di era digital saat ini. Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian pengikutnya.

Pelaku bisnis dapat melakukan kolaborasi dengan influencer yang berkaitan dengan tema Imlek dan produk atau jasa yang ditawarkan.

Contohnya, Anda dapat mengundang influencer untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan dan memposting ulasan positif tentang produk tersebut di media sosial mereka.

Influencer juga dapat membantu mempromosikan program promosi yang sedang berlangsung, seperti diskon khusus atau hadiah gratis, melalui akun media sosial mereka.

Baca juga: 20 Ide Usaha Kreatif dan Inovatif Serta Tips Memulainya

Packaging redesign

Packaging redesign yaitu melakukan perubahan pada kemasan produk agar lebih menarik dan sesuai dengan tema Imlek. Packaging redesign dapat meningkatkan daya tarik produk dan membantu menarik perhatian konsumen selama periode Imlek.

Contohnya, Anda bisa mengubah warna kemasan menjadi merah dan emas, warna yang umumnya dikaitkan dengan Imlek. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gambar atau simbol yang berkaitan dengan Imlek pada kemasan produk.

Tujuan dari packaging redesign adalah untuk membuat produk terlihat lebih menarik dan unik dibandingkan dengan kemasan produk sebelumnya.

Dengan kemasan yang menarik, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk dan dapat meningkatkan penjualan produk selama periode promosi Imlek.

Baca juga: Tips Memilih Supplier Bisnis Terpercaya dan Hal yang Harus Diperhatikan

Charity donation

Anda bisa memperlihatkan rasa kepedulian terhadap mereka yang kurang beruntung pada waktu Imlek dengan mendonasikan sebagian keuntungan dari penjualan untuk yayasan sosial atau organisasi amal.

Selain berkontribusi untuk kemanusiaan, hal ini juga dapat membantu memperoleh perhatian dari konsumen dan membangun citra positif bagi bisnis Anda.

Konten media sosial

Buat konten khusus Imlek di media sosial seperti video tutorial membuat makanan Imlek atau artikel yang membahas budaya dan tradisi Imlek. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran merek dan membangun koneksi dengan pelanggan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten sosial media khusus Imlek, yaitu:

  1. Tentukan tujuan konten: Tentukan tujuan Anda dalam membuat konten sosial media khusus Imlek. Apakah ingin meningkatkan kesadaran merek, menarik perhatian pelanggan baru, meningkatkan penjualan atau sekadar memberikan ucapan Imlek kepada pelanggan.
  2. Pilih tema konten: Pilih tema yang sesuai dengan Imlek dan sesuai dengan merek Anda. Misalnya, tema tentang keberuntungan, kebahagiaan, kebersamaan, dan tradisi Imlek. Pastikan konten yang Anda buat juga sesuai dengan nilai-nilai merek Anda.
  3. Gunakan media sosial yang tepat: Gunakan media sosial yang sesuai dengan target audiens Anda. Misalnya, Instagram dan TikTok cocok untuk target audiens yang lebih muda, sementara Facebook dan LinkedIn cocok untuk target audiens yang lebih tua.
  4. Buat konten yang menarik: Buat konten yang menarik dan kreatif. Gunakan gambar dan video yang berkualitas tinggi, serta teks yang menarik dan mudah dipahami. Gunakan juga hashtag dan caption yang sesuai dengan tema Imlek.
  5. Berikan nilai tambah: Berikan nilai tambah kepada pelanggan dengan memberikan informasi menarik mengenai produk Anda atau memberikan tips Imlek yang bermanfaat.
  6. Promosikan konten: Promosikan konten sosial media khusus Imlek yang Anda buat dengan membagikannya di platform sosial media dan melibatkan influencer atau public figure yang relevan dengan merek Anda.
Banner 3 kledo

Mengapa Bisnis Harus Memanfaatkan Momentum Imlek?

ide promo imlek 2

Imlek dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia dan menjadi momen penting bagi mereka.

Terdapat beberapa alasan mengapa Imlek cocok dijadikan sebagai momen untuk meningkatkan penjualan, yang dijelaskan sebagai berikut:

Tradisi belanja

Di Tiongkok, Hong Kong, dan Taiwan, Imlek menjadi momen belanja tahunan terbesar dan biasanya disertai dengan promosi besar-besaran dari berbagai toko dan restoran.

Kebiasaan belanja ini juga dipraktikkan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, Imlek menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Tahapan Business Process Management dan Contohnya

Libur panjang

Imlek biasanya diikuti oleh libur panjang selama satu minggu atau lebih di negara-negara di Asia Timur dan sebagian Asia Tenggara.

Hal ini dapat memicu banyak orang untuk bepergian atau berwisata, sehingga meningkatkan permintaan terhadap berbagai produk dan layanan, seperti tiket pesawat, penginapan, makanan, dan souvenir.

Tradisi memberi hadiah

Selama perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa sering kali memberikan hadiah atau angpao kepada keluarga, teman, dan rekan bisnis sebagai simbol keberuntungan dan penghormatan.

Hal ini dapat meningkatkan permintaan terhadap berbagai jenis produk, seperti makanan, minuman, barang-barang elektronik, dan produk-produk kecantikan.

Menarik konsumen dari berbagai kalangan

Imlek merupakan perayaan yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa, namun perayaan ini tidak hanya terbatas pada mereka yang memiliki latar belakang etnis Tionghoa.

Imlek sudah menjadi perayaan global dan semakin banyak orang yang merayakannya di seluruh dunia. Oleh karena itu, Imlek dapat menarik konsumen dari berbagai kalangan, bukan hanya masyarakat Tionghoa.

Baca juga: 10 Strategi Efisiensi dalam Bisnis Tanpa Harus PHK

Kesimpulan

Itulah 11 ide promo Imlek yang bisa Anda coba guna meningkatkan penjualan bisnis. Namun, seberapa sukses promo yang Anda jalankan akan tergantung pada seberapa tepat strategi pemasaran dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.

Dalam menjalankan bisnis, pastikan keuangan dikelola secara tepat dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo merupakan salah satu software akuntansi yang populer di Indonesia. Software ini menyediakan fitur-fitur seperti pencatatan transaksi keuangan, pembuatan laporan keuangan, manajemen pajak, manajemen persediaan, dan integrasi dengan sistem penjualan dan pembelian.

Sebagai platform berbasis cloud, Kledo juga memudahkan akses dan kolaborasi antar tim. Oleh karena itu, Kledo dapat menjadi pilihan yang terbaik bagi Anda yang mencari software akuntansi yang mudah digunakan dengan harga terjangkau.

Tertarik mencoba? Yuk, jangan lewatkan kesempatan free trial Kledo selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 16 =